Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 89

Pasal 89

1. Maka diucapkan Yosua lagu ini, pada hari ketika Yehuwah menyerahkan orang Amori ke dalam tangan Yosua dan bani Israel, dan dia mengucapkannya di depan mata seluruh Israel.
2. "Engkau telah melakukan hal-hal perkasa, ya Yehuwah, Engkau telah melakukan perbuatan-perbuatan besar. Siapakah yang seperti Engkau? Bibirku akan menyanyi bagi nama-Mu.
3. Kebaikanku dan bentengku, menaraku yang tinggi, aku akan menyanyikan nyanyian baru kepada-Mu, dengan ucapan syukur aku akan menyanyi bagi-Mu, Engkaulah kekuatan keselamatanku.
4. Semua raja-raja bumi akan memuji-Mu, pemimpin- pemimpin dunia akan menyanyi bagi-Mu, bani Israel bersukacita dalam keselamatan-Mu, mereka akan menyanyi dan memuji kuasa-Mu.
5. Kepada-Mu, ya Yehuwah, kami percaya. Kami berkata Engkaulah Allah kami, karena Engkaulah perlindungan kami dan menara yang kuat terhadap musuh-musuh kami.
6. Kepada-Mu kami berteriak dan tidak akan malu, dalam Engkau kami percaya dan dilepaskan. Ketika kami berteriak kepada-Mu, Engkau mendengar seruan kami, Engkau melepaskan nyawa kami dari pedang, Engkau menunjukkan kepada kami kasih karunia-Mu, Engkau memberikan kepada kami keselamatan-Mu, Engkau membuat sukacita hati kami dengan kekuatan-Mu.
7. Engkau pergi keluar untuk keselamatan kami, dengan tangan-Mu Engkau menebus umat-Mu. Engkau menjawab kami dari surga kekudusan-Mu, Engkau menyelamatkan kami dari berpuluh-puluh ribu orang.
8. Matahari dan bulan tetap diam di langit, dan Engkau berdiri dalam murka-Mu terhadap para penindas kami dan memerintahkan penghakiman-Mu atas mereka.
9. Semua pemimpin-pemimpin bumi berdiri, raja-raja bangsa-bangsa telah berkumpul bersama-sama, mereka tidak beranjak dari hadapan-Mu, mereka menginginkan peperangan-Mu.
10. Engkau bangkit melawan mereka dalam amarah-Mu, dan menurunkan murka-Mu atas mereka. Engkau menghancurkan mereka dalam amarah-Mu, dan memusnahkan mereka dalam hati-Mu.
11. Bangsa-bangsa akan terbakar dengan geram-Mu, kerajaan-kerajaan runtuh karena murka-Mu, Engkau melukai raja-raja pada hari amarah-Mu.
12. Engkau mencurahkan geram-Mu atas mereka, murka amarah-Mu mencengkeram mereka. Engkau membalikkan kejahatannya ke atas mereka, dan memusnahkannya dalam kefasikan mereka.
13. Mereka menyebarkan perangkap, mereka jatuh ke dalamnya, di dalam jaring mereka bersembunyi, kaki mereka terjerat.
14. Tangan-Mu siap bagi semua musuh-Mu yang berkata, 'Dengan pedang mereka menduduki negeri, dengan lengannya mereka tinggal di kota.' Engkau memenuhi wajah mereka dengan malu, Engkau mencampakkan tanduk mereka ke tanah, Engkau menggentarkan mereka dalam murka-Mu, dan menghancurkan mereka dalam amarah-Mu.
15. Bumi bergetar dan berguncang karena suara angin badai- Mu atas mereka, Engkau tidak menahan nyawa mereka dari kematian, dan membawa nyawa mereka turun ke dalam kubur.
16. Engkau mengejar mereka dalam angin badai-Mu, Engkau menghabiskan mereka dalam angin puting beliung-Mu, Engkau mengubahkan hujan mereka menjadi hujan batu, mereka  jatuh ke sumur-sumur yang dalam sehingga mereka tidak dapat bangkit.
17. Mayat-mayat mereka seperti sampah yang dicampakkan di tengah jalan.
18. Mereka terbakar dan hancur dalam amarah-Mu, Engkau menyelamatkan umat-Mu dengan keperkasaan-Mu.
19. Karena itu hati kami bersukacita di dalam Engkau, jiwa kami mengagungkan keselamatan-Mu.
20. Lidah kami akan menceritakan keperkasaan-Mu, kami akan menyanyi dan memuji pekerjaan-pekerjaan-Mu yang ajaib.
21. Karena Engkau menyelamatkan kami dari musuh-musuh kami, Engkau melepaskan kami dari mereka yang bangkit melawan kami, Engkau menghancurkan mereka dari hadapan kami dan menindas mereka di bawah kaki kami.
22. Demikianlah seluruh musuh-musuh-Mu binasa ya Yehuwah, dan orang fasik akan seperti debu jerami ditiup angin, dan kekasih-kekasih-Mu akan seperti pohon-pohon yang ditanam di tepi air."
23. Maka Yosua bersama seluruh Israel kembali ke perkemahan di Gilgal, setelah memukul seluruh raja-raja, sehingga tidak ada sisa yang tertinggal dari mereka.
24. Lima raja melarikan diri dari peperangan dengan berjalan, dan menyembunyikan diri mereka dalam sebuah gua. Yosua mencari mereka di lembah peperangan, namun tidak menemukan mereka.
25. Dan sesudah waktu itu dikatakan kepada Yosua, "Raja-raja itu telah ditemukan dan lihatlah, mereka bersembunyi di dalam gua."
26. Yosua berkata, "Pilihlah orang-orang untuk pergi ke mulut gua, dan jagalah mereka, supaya mereka tidak melarikan diri." Dan bani Israel melakukannya.
27. Yosua memanggil seluruh Israel dan berkata kepada para perwira perang, "Letakkan kakimu di leher raja-raja ini," dan Yosua berkata, "Demikianlah akan Yehuwah lakukan kepada seluruh musuhmu."
28. Lalu Yosua memerintahkan supaya mereka membunuh raja-raja itu dan melemparkan mereka ke dalam gua, dan meletakkan batu-batu besar di mulut gua.
29. Yosua kemudian pergi bersama semua orang-orang yang ada bersamanya pada hari itu ke Maqqedah, dan dia memukulnya dengan mata pedang.
30. Dia memusnahkan sama sekali semua yang bernyawa dan segala yang ada di kota itu. Dia melakukan kepada raja dan orang-orang di sana seperti yang telah dia perbuat kepada Yericho.
31. Dia berjalan terus dari sana ke Libna dan dia berperang melawannya. Yehuwah menyerahkannya ke dalam tangannya. Yosua memukulnya dengan mata pedang, juga semua yang bernyawa di dalamnya. Dia melakukan kepadanya dan kepada rajanya seperti yang telah dia perbuat kepada Yericho.
32. Dari sana dia berjalan terus ke Lakhis untuk berperang melawannya. Horam raja Gezer pergi untuk membantu orang-orang Lakhis. Yosua memukul dia dengan orang-orangnya hingga tidak ada lagi yang tersisa baginya.
33. Yosua merebut Lakhis dan semua orang yang ada di dalamnya, dan dia melakukan kepadanya seperti yang telah dia perbuat kepada Libnah.
34. Yosua bergerak dari sana ke Eglon, dan dia merebutnya juga. Dia memukulnya, juga semua orang yang ada di dalamnya dengan mata pedang.
35. Dan dari sana dia berjalan terus ke Hebron dan berperang melawannya dan merebutnya dan menghancurkannya sama sekali. Dia kembali dari sana bersama seluruh Israel ke Debir dan berperang melawannya dan memukulnya dengan mata pedang.
36. Dia membinasakan semua yang bernyawa di dalamnya, dia tidak meninggalkan satu pun yang tersisa. Dia melakukan kepadanya dan kepada rajanya seperti yang telah dia perbuat kepada Yericho.
37. Yosua memukul seluruh raja-raja orang Amori mulai dari Kadesh-Barnea hingga ke Gaza. Dia merebut negeri mereka semuanya, karena Yehuwah yang berperang bagi Israel.
38. Kemudian Yosua dan seluruh Israel kembali ke perkemahan di Gilgal.
39. Ketika waktu itu Yabin raja Chazor mendengar segala yang telah Yosua perbuat kepada raja-raja orang Amori, Yabin memanggil Yobab raja Madon, dan Laban raja Shimron, dan Yephal raja Akshaph, dan semua raja-raja orang Amori, katanya,
40. "Datanglah segera kepada kami dan tolonglah kami, supaya kita dapat memukul bani Israel, sebelum mereka mendatangi kami dan melakukan kepada kami seperti yang telah mereka perbuat kepada raja-raja orang Amori yang lain."
41. Dan semua raja-raja ini mendengarkan perkataan Yabin, raja Chazor. Mereka pergi bersama seluruh pasukan mereka, tujuh belas raja, dan pasukan mereka seperti pasir di tepi laut banyaknya. Bersama-sama dengan kuda-kuda dan kereta-kereta tak terhitung jumlahnya, dan mereka tiba dan berkemah bersama-sama di mata air Merom. Mereka berkumpul bersama-sama untuk berperang melawan Israel.
42. Dan Yehuwah berfirman kepada Yosua, "Jangan takuti mereka, karena besok kira-kira waktu ini Aku akan menyerahkan mereka semuanya terbunuh di hadapanmu, engkau harus melumpuhkan kuda-kuda mereka dan membakar kereta-kereta mereka dengan api."
43. Dan Yosua beserta seluruh prajurit datang dengan tiba-tiba atas mereka dan memukulnya. Mereka jatuh ke dalam tangannya, karena Yehuwah telah menyerahkan mereka ke dalam tangan bani Israel.
44. Maka bani Israel mengejar semua raja-raja ini bersama pasukan mereka, dan memukul mereka hingga tidak ada yang tersisa dari mereka. Yosua melakukan kepada mereka seperti yang Yehuwah firmankan kepadanya.
45. Yosua kembali pada waktu itu ke Chazor dan memukulnya dengan pedang dan membinasakan semua yang bernyawa di dalamnya dan membakarnya dengan api. Dan dari Chazor, Yosua berjalan terus ke Shimron dan memukulnya dan menghancurkannya sama sekali.
46. Dari sana dia berjalan terus ke Akshaph dan dia melakukan kepadanya seperti yang telah dia perbuat kepada Shimron.
47. Dari sana dia berjalan terus ke Adulam dan dia memukul semua orang di dalamnya. Dia melakukan kepada Adulam seperti yang telah dia perbuat kepada Akshaph dan Shimron.
48. Dia berjalan terus dari mereka ke semua kota raja-raja yang telah dia pukul. Dia memukul semua orang yang tersisa dari mereka dan dia membinasakan mereka semuanya.
49. Hanya barang jarahan dan ternak mereka saja yang diambil orang Israel bagi dirinya sendiri sebagai rampasan, tapi setiap manusia mereka pukul, mereka tidak membiarkan satu nyawa pun untuk hidup.
50. Seperti Yehuwah perintahkan kepada Musa demikianlah dilakukan Yosua dan seluruh Israel, mereka tidak melalaikan apa pun.
51. Maka Yosua dan seluruh bani Israel memukul seluruh tanah Kanaan seperti Yehuwah telah perintahkan kepada mereka, dan memukul semua raja-raja mereka, ada tiga puluh satu raja. Dan bani Israel merebut seluruh negeri mereka.
52. Selain kerajaan Sihon dan Og yang ada di seberang Yarden, yang daripadanya Musa telah memukul banyak kota, Musa memberikannya kepada orang Ruben dan orang Gad dan separuh suku Manasye.
53. Yosua memukul semua raja yang ada di sisi Yordan sebelah barat, dan memberikannya sebagai warisan kepada sembilan dan setengah suku Israel.
54. Selama lima tahun Yosua menjalankan peperangan dengan raja-raja ini, dan dia memberikan kota-kota mereka kepada orang Israel. Lalu negeri itu menjadi tenang dari peperangan di seluruh kota-kota orang Amori dan orang Kanaan.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar