Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 45

Pasal 45

1. Pada suatu waktu dalam tahun itu, yaitu tahun Yusuf turun ke Mesir setelah saudara-saudaranya menjual dia, Ruben bin Yakub pergi ke Timnah dan mengambil bagi dirinya seorang istri, Eliuram binti Avi orang Kanaan, dan dia menghampirinya.
2. Eliuram istri Ruben mengandung dan melahirkan baginya Henokh, Pallu, Chetzron dan Karmi, empat anak laki-laki. Saudaranya Simeon mengambil Dina saudarinya sebagai istri, dan dia melahirkan baginya Yemuel, Yamin, Ohad, Yakin dan Zochar, lima anak laki-laki.
3. Setelah itu dia datang kepada Bunah perempuan Kanaan, yaitu Bunah yang Simeon ambil sebagai tawanan dari kota Shekem. Bunah ada di hadapan Dina dan melayani dia. Simeon menghampirinya, dan dia melahirkan baginya Shaul.
4. Yehuda pada waktu itu pergi ke Adulam, dan dia datang kepada seorang laki-laki Adulam, namanya Hirah. Yehuda melihat di sana anak perempuan orang Kanaan, namanya Aliyat, anak perempuan Shua. Dia mengambilnya, dan menghampirinya, dan Aliyat melahirkan bagi Yehuda, Er, Onan dan Shelah, tiga anak laki-laki.
5. Lewi dan Isakhar pergi ke negeri timur, dan mereka mengambil bagi diri mereka istri anak-anak perempuan Yobab bin Yoktan bin Eber. Yobab bin Yoktan punya dua orang anak perempuan, nama yang tertua Adina, dan nama yang muda Arida.
6. Lewi mengambil Adina, dan Isakhar mengambil Arida, dan mereka pergi ke tanah Kanaan, ke rumah ayahnya. Adina melahirkan bagi Lewi, Gerson, Kehat dan Merari, tiga anak laki-laki.
7. Arida melahirkan bagi Isakhar Tola, Puah, Yob dan Shimron, empat anak laki-laki; Dan pergi ke tanah Moab dan mengambil seorang istri, Aphlaleth binti Chamudan orang Moab, dan membawanya ke tanah Kanaan.
8. Aphlaleth mandul, dia tidak punya keturunan. Allah kemudian mengingat Aphlaleth istri Dan, dan dia mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki. Dia menyebut namanya Chushim.
9. Gad dan Naftali pergi ke Haran dan mengambil dari sana anak-anak perempuan Amuram bin Uz bin Nahor, sebagai istri.
10. Inilah nama-nama anak perempuan Amuram, nama yang tertua Merimah, dan nama yang muda Uzith. Naftali mengambil Merimah, dan Gad mengambil Uzith, dan membawa mereka ke tanah Kanaan, ke rumah ayahnya.
11. Merimah melahirkan bagi Naftali Yahzee, Guni, Yezer dan Shillem, empat anak laki-laki. Uzith melahirkan bagi Gad Ziphion, Chaggi, Shuni, Ezbon, Eri, Arodi dan Areli, tujuh anak laki-laki.
12. Asyer pergi dan mengambil Adon binti Aphlal bin Hadad bin Ismael, sebagai istri, dan dia membawanya ke tanah Kanaan.
13. Adon istri Asyer mati pada waktu itu. Dia tidak punya keturunan. Setelah kematian Adon, Asyer pergi ke seberang sungai dan mengambil sebagai istri Hadurah binti Abimael bin Eber bin Sem.
14. Perempuan muda ini cantik parasnya, dan seorang wanita yang pengertian. Dia telah menjadi istri Malkiel bin Elam bin Sem.
15. Hadurah melahirkan seorang anak perempuan bagi Malkiel, dan dia menyebut namanya Serach. Malkiel mati sesudah itu, dan Hadurah pergi dan tinggal di rumah ayahnya.
16. Setelah kematian istrinya, Asyer pergi dan mengambil Hadurah sebagai istri, dan membawanya ke tanah Kanaan. Serach putrinya juga dibawa bersama mereka, dan dia berumur tiga tahun, dan anak gadis ini dibawa ke rumah Yakub.
17. Anak gadis ini cantik parasnya, dan dia hidup di dalam jalan-jalan pengudusan anak-anak Yakub. Dia tidak kekurangan apa-apa, dan Yehuwah memberinya kebijaksanaan dan pengertian.
18. Hadurah istri Asyer mengandung dan melahirkan baginya Yimnah, Yishvah, Yishvi    dan Beriah, empat anak laki-laki.
19. Zebulon pergi ke Midyan, dan mengambil sebagai istri Merishah binti Molad bin Abida bin Midyan, dan membawanya ke tanah Kanaan.
20. Merishah melahirkan bagi Zebulon Sered, Elon dan Yahleel, tiga anak laki-laki.
21. Yakub mengirim orang kepada Aram bin Zoba bin Terah, dan dia mengambil bagi putranya Benyamin, Mechalia binti Aram, dan dia datang ke tanah Kanaan ke rumah Yakub. Benyamin berumur sepuluh tahun ketika dia mengambil Mechalia binti Aram sebagai istri.
22. Mechalia mengandung dan melahirkan bagi Benyamin Bela, Beker, Ashbel, Gera dan Naaman, lima anak laki- laki. Benyamin kemudian pergi dan mengambil sebagai istri, Aribah binti Shomron bin Abraham, sebagai tambahan bagi istri pertamanya, waktu dia berumur delapan belas tahun. Aribah melahirkan bagi Benyamin Ehi, Rosh, Muppim, Chuppim, dan Ard, lima anak laki-laki.
23. Pada waktu itu Yehuda pergi ke rumah Sem dan mengambil Tamar binti Elam bin Sem, sebagai istri bagi anak sulungnya Er.
24. Er menghampiri istrinya Tamar, dan dia menjadi istrinya. Dan ketika dia menghampirinya, dia mengucurkan benihnya di luar. Perbuatannya jahat di mata Yehuwah, dan Yehuwah membunuh dia.
25. Setelah kematian Er, anak sulung Yehuda, berkatalah Yehuda kepada Onan, "Pergilah kepada istri kakakmu dan kawinilah dia sebagai kerabat terdekat, dan bangkitkan keturunan bagi saudaramu."
26. Onan mengambil Tamar sebagai istri dan dia menghampirinya. Onan juga melakukan seperti yang diperbuat kakaknya. Dan perbuatannya jahat di mata Yehuwah, dan Dia membunuhnya juga.
27. Ketika Onan mati, Yehuda berkata kepada Tamar, "Tinggallah di rumah ayahmu hingga anakku Shelah telah menjadi dewasa." Yehuda tidak berkenan lagi kepada Tamar, untuk memberikan kepadanya Shelah, karena dia berkata, "Barangkali dia juga akan mati seperti saudara-saudaranya."
28. Tamar bangkit dan pergi dan tinggal di rumah ayahnya. Tamar ada di rumah ayahnya untuk beberapa waktu lamanya.
29. Pada pergantian tahun, Aliyath istri Yehuda mati. Yehuda dihiburkan karena istrinya, dan setelah kematian Aliyath, Yehuda pergi bersama temannya Hirah ke Timnah untuk menggunting bulu domba mereka.
30. Tamar mendengar bahwa Yehuda pergi ke Timnah untuk menggunting bulu domba, dan bahwa Shelah telah dewasa, namun Yehuda tidak berkenan kepada dia.
31. Tamar bangkit dan menanggalkan pakaian kejandaannya, dan dia mengenakan cadar, dan mengerudungi dirinya. Dia pergi dan duduk di jalanan umum, yaitu di jalan menuju Timnah.
32. Yehuda lewat dan melihatnya dan mengambilnya dan menghampiri dia, maka dia mengandung karenanya. Dan pada waktu hendak melahirkan, lihatlah, ada anak kembar di dalam rahimnya. Dia menyebut nama yang sulung Perez dan nama yang bungsu Zerach.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar