Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 73

Pasal 73

1. Dalam tahun kelima puluh lima pemerintahan Par'oh raja Mesir, yaitu tahun keseratus lima puluh tujuh setelah orang Israel turun ke Mesir, memerintahlah Musa di Kush.
2. Musa berumur dua puluh tujuh tahun ketika dia mulai memerintah atas Kush, dan empat puluh tahun dia memerintah.
3. Dan Yehuwah mengaruniakan kepada Musa kemurahan dan kasih karunia di mata seluruh bani Kush. Bani Kush sangat mencintainya, demikianlah Musa disukai baik oleh Yehuwah maupun manusia.
4. Pada hari ketujuh pemerintahannya, seluruh bani Kush berkumpul dan datang ke hadapan Musa dan bersujud kepadanya sampai ke tanah.
5. Semuanya berbicara bersama-sama di hadapan raja, katanya, "Berilah kami nasihat supaya kami tahu apa yang harus dilakukan kepada kota ini.
6. Karena sekarang sudah sembilan tahun kami mengepung sekeliling kota, dan belum melihat anak-anak dan istri-istri kami."
7. Maka raja menjawab mereka, katanya, "Jika engkau mau mendengarkan perkataanku dalam segala yang akan aku perintahkan kepadamu, maka Yehuwah akan memberikan kota itu ke dalam tangan kita dan kita akan menaklukkannya.
8. Karena jika kita berperang dengan mereka seperti pada peperangan sebelumnya yang telah kita lakukan kepada mereka sebelum kematian Kikianus, banyak dari kita akan jatuh terluka seperti sebelumnya.
9. Maka sekarang lihatlah, inilah nasihat bagimu dalam hal ini. Jika engkau mendengarkan perkataanku, maka kota itu akan diserahkan ke dalam tangan kita."
10. Maka seluruh pasukan itu menjawab raja, seraya berkata, "Segala yang tuanku perintahkan akan kami lakukan."
11. Musa berkata kepada mereka, "Berjalanlah melintas dan serukanlah di seluruh perkemahan kepada semua orang, katakan,
12. 'Beginilah titah raja, 'Pergilah ke hutan dan bawalah bersamamu burung bangau yang masih muda, setiap orang seekor di tangannya.
13. Setiap orang yang melanggar perkataan raja, siapa yang tidak membawa seekor, dia akan mati, dan raja akan mengambil semua milik kepunyaannya.
14. Dan ketika kamu membawanya, mereka harus ada dalam penjagaanmu, engkau harus membesarkannya hingga mereka bertumbuh besar, dan engkau harus mengajarkan mereka bergerak mematuk, seperti cara elang muda.''"
15. Maka seluruh bani Kush mendengar perkataan Musa, dan mereka bangkit dan mengeluarkan pengumuman di seluruh perkemahan, dikatakan,
16. "Kepadamu, seluruh bani Kush, perintah raja adalah, supaya engkau pergi semuanya bersama-sama ke hutan, dan tangkaplah di sana burung bangau muda, setiap orang seekor di tangannya, dan engkau harus membawa mereka pulang.
17. Setiap orang yang melanggar perintah raja harus mati, dan raja akan mengambil semua milik kepunyaannya."
18. Dan seluruh orang melakukannya, dan mereka pergi ke hutan dan mereka mendaki pohon cemara dan menangkap, setiap orang seekor di tangannya, semua burung bangau yang muda. Dan mereka membawanya ke padang gurun dan membesarkan mereka sesuai perintah raja. Mereka mengajarnya untuk bergerak mematuk, sama seperti burung elang muda.
19. Setelah bangau muda ini dibesarkan, raja memerintahkan supaya mereka dibuat lapar selama tiga hari. Dan semua orang melakukannya.
20. Pada hari ketiga, raja berkata kepada mereka, "Kuatkanlah dirimu dan jadilah orang yang gagah berani. Kenakan setiap orang perisainya dan sandangkan pedangnya, dan tunggangilah setiap orang kudanya dan bawalah setiap orang bangau muda di tangannya.
21. Dan kita akan bangkit dan berperang melawan kota di tempat di mana ular-ular berada." Dan semua orang melakukan seperti yang diperintahkan raja.
22. Mereka membawa setiap orang bangau muda di tangannya, dan mereka pergi. Dan ketika mereka tiba di tempat ular-ular, raja berkata kepada mereka, "Lepaskanlah setiap orang bangau mudanya ke atas ular-ular."
23. Dan mereka melepaskan setiap orang bangau mudanya sesuai perintah raja. Dan bangau-bangau muda itu berlari kepada ular-ular itu dan mereka menghabiskan semuanya dan menghancurkan mereka dari tempat itu.
24. Ketika raja dan orang-orang melihat bahwa seluruh ular-ular telah dibinasakan di tempat itu, semua orang meneriakkan seruan yang nyaring.
25. Dan mereka mendekat dan berperang melawan kota dan merebutnya dan menaklukkannya, lalu mereka memasuki kota.
26. Di sana, pada hari itu mati seribu seratus orang dari kota, semua yang menghuni kota, namun dari orang-orang yang mengepung tidak ada satu pun yang mati.
27. Maka seluruh bani Kush pergi masing-masing ke rumahnya, kepada istrinya dan anak-anak dan semua milik kepunyaan mereka.
28. Bileam tukang sihir, ketika dia melihat kota telah direbut, dia membuka pintu gerbang, lalu dia dan kedua putranya dan delapan saudaranya melarikan diri dan kembali ke Mesir kepada Par'oh raja Mesir.
29. Mereka adalah para ahli sihir dan ahli nujum yang disebutkan dalam Kitab Hukum, yang berdiri menentang Musa ketika Yehuwah mendatangkan tulah-tulah atas Mesir.
30. Maka Musa merebut kota dengan hikmatnya, dan bani Kush menempatkan dia di atas tahta menggantikan Kikianus raja Kush.
31. Mereka mengenakan mahkota kerajaan di atas kepalanya, dan mereka memberikan kepadanya seorang istri, Adoniah ratu Kush, istri Kikianus.
32. Musa takut akan Yehuwah Allah bapa leluhurnya, sehingga dia tidak menghampirinya, tidak juga dia mengarahkan mata kepadanya.
33. Karena Musa mengingat bagaimana Abraham membuat hambanya Eliezer bersumpah, dengan berkata kepadanya, "Engkau tidak boleh mengambil seorang perempuan dari anak-anak Kanaan bagi putraku Ishak."
34. Juga apa yang diperbuat Ishak ketika Yakub melarikan diri dari saudaranya, ketika dia memerintahkan kepadanya, katanya, "Engkau tidak boleh mengambil seorang istri dari anak-anak perempuan Kanaan, ataupun membuat persekutuan dengan siapa pun dari anak-anak Ham."
35. Karena Yehuwah Allah kita memberikan Ham bin Nuh, dan anak-anaknya dan seluruh keturunannya, sebagai budak bagi anak-anak Sem dan bagi anak-anak Yafet, dan kepada keturunan sesudah mereka sebagai hamba, untuk selamanya.
36. Karena itu Musa tidak memalingkan hatinya maupun matanya kepada istri Kikianus sepanjang waktu ketika dia memerintah atas Kush.
37. Musa takut akan Yehuwah Allahnya sepanjang hidupnya. Musa berjalan di hadapan Yehuwah dalam kebenaran, dengan segenap hatinya dan jiwanya, dia tidak berpaling dari jalan yang benar sepanjang umur hidupnya. Dia tidak menyimpang dari jalan itu baik ke kanan maupun ke kiri, seperti Abraham, Ishak dan Yakub telah menjalaninya.
38. Musa memperkuat kedudukannya di dalam kerajaan bani Kush, dan dia membimbing bani Kush dengan hikmatnya. Musa berhasil di dalam kerajaannya.
39. Pada waktu itu Aram dan bani timur mendengar bahwa Kikianus raja Kush telah mati, sehingga Aram dan bani timur memberontak melawan Kush pada waktu itu.
40. Musa mengumpulkan seluruh bani Kush, orang-orang yang sangat perkasa, kira-kira tiga puluh ribu orang, dan dia pergi untuk berperang melawan Aram dan bani timur.
41. Mereka pergi mulanya kepada bani timur, dan ketika bani timur mendengar laporan ini, mereka datang untuk menghadangnya, dan terlibat peperangan dengan mereka.
42. Peperangan itu berat bagi bani timur, sehingga Yehuwah memberikan seluruh bani timur ke dalam tangan Musa. Kira-kira tiga ratus orang mati terbunuh.
43. Seluruh bani timur berbalik dan mundur, sehingga Musa dan bani Kush mengejar mereka dan menaklukkannya, dan mengenakan pajak atas mereka, seperti kebiasaan mereka.
44. Musa dan semua orang yang bersamanya melintas dari sana ke negeri Aram untuk berperang.
45. Orang-orang Aram juga keluar untuk menghadapinya. Mereka berperang melawannya, dan Yehuwah menyerahkan mereka ke dalam tangan Musa, dan banyak dari orang-orang Aram jatuh terluka.
46. Aram juga ditaklukkan oleh Musa dan orang-orang Kush, dan juga memberikan pajak mereka seperti biasanya.
47. Musa menaklukkan Aram dan bani timur di bawah kekuasaan bani Kush. Musa dan semua orang yang ada bersamanya, berbalik kembali ke negeri Kush.
48. Musa memperkuat kedudukannya di kerajaan bani Kush. Yehuwah menyertai dia, dan seluruh bani Kush gentar kepadanya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar