Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 54

Pasal 54

1. Ketika Yehuda melihat perlakuan Yusuf kepada mereka, Yehuda mendekati dia dan mendobrak pintu, dan datang bersama-sama saudaranya ke hadapan Yusuf.
2. Yehuda berkata kepada Yusuf, "Biarlah jangan terlihat menyusahkan di mata tuanku, aku mohon, bolehkah hambamu mengucapkan sepatah kata di hadapanmu?" Yusuf berkata kepadanya, "Bicaralah."
3. Yehuda berbicara di hadapan Yusuf, dan saudara-saudaranya ada di sana berdiri di hadapan mereka. Yehuda berkata kepada Yusuf, "Sesungguhnya ketika kami pertama kali datang kepada tuanku untuk membeli makanan, engkau menganggap kami memata-matai negeri ini, dan kami membawa Benyamin ke hadapanmu, namun engkau masih mempermainkan kami pada hari ini.
4. Maka sekarang biarlah raja mendengarkan perkataanku, dan lepaskanlah, aku mohon, saudara kami supaya dia dapat pergi bersama kami kepada ayah kami kembali, supaya jangan nyawamu binasa hari ini bersama seluruh nyawa penduduk Mesir.
5. Tidakkah engkau tahu apa yang dilakukan dua orang saudaraku, Simeon dan Lewi, kepada kota Sikhem, dan kepada tujuh kota orang Amori, karena saudari kami Dina, dan juga apa yang akan mereka perbuat karena saudara mereka Benyamin?
6. Dan aku dengan kekuatanku, yang lebih besar dan kuat dibandingkan mereka berdua, datang hari ini kepadamu dan negerimu jika engkau tidak bersedia melepaskan saudara kami.
7. Belumkah engkau mendengar apa yang dilakukan Allah kami yang telah memilih kami kepada Par'oh karena Sarah ibu kami, yang dia ambil dari ayah kami, sehingga Dia memukulnya dan seisi rumahnya dengan tulah yang hebat, yang bahkan sampai hari ini orang Mesir menceritakan keajaiban ini satu kepada yang lainnya? Demikian juga Allah kami akan melakukan kepadamu karena Benyamin yang telah engkau ambil hari ini dari ayahnya, dan karena kejahatan yang hari ini engkau tumpukkan ke atas kami di negerimu. Karena Allah kami akan mengingat perjanjian-Nya dengan ayah kami Abraham dan mendatangkan malapetaka ke atasmu, karena engkau telah mendukakan jiwa ayah kami hari ini.
8. Maka sekarang dengarkanlah perkataanku yang hari ini  telah aku katakan kepadamu, dan lepaskanlah saudara kami supaya dia dapat pergi, supaya jangan engkau dan orang-orang negerimu mati karena pedang, karena engkau semuanya tidak dapat menang atas aku."
9. Dan Yusuf menjawab Yehuda, katanya, "Mengapa kamu membuka lebar mulutmu dan mengapa kamu sesumbar atas kami, dengan berkata, 'Kekuatan ada bersama kamu?' Demi Par'oh hidup, jika aku memerintahkan seluruh orangku yang gagah berani untuk berperang dengan kamu, sesungguhnya kamu dan saudara-saudaramu ini akan tenggelam ke dalam lumpur."
10. Yehuda berkata kepada Yusuf, "Sesungguhnya engkau dan orang-orangmu menjadi takut kepadaku. Demi Yehuwah yang hidup, jika aku satu kali mencabut pedangku, aku tidak akan menyarungkannya kembali sampai aku pada hari ini membunuh seluruh Mesir, dan aku akan mulai dengan engkau dan mengakhirinya dengan Par'oh tuanmu."
11. Dan Yusuf menjawab dan berkata kepadanya, "Sesungguhnya kekuatan bukan hanya milikmu saja. Aku lebih kuat dan perkasa dari kamu, sesungguhnya jika kamu mencabut pedangmu, aku akan menaruhnya ke lehermu dan leher semua saudara-saudaramu."
12. Yehuda berkata kepadanya, "Sesungguhnya jika aku hari ini membuka mulutku melawan engkau, aku akan menelan engkau sehingga engkau hancur dari muka bumi dan binasa pada hari ini dari kerajaanmu." Dan Yusuf berkata, "Sesungguhnya jika kamu membuka mulutmu, aku punya kuasa dan kekuatan untuk menutup mulutmu dengan batu sampai engkau tidak dapat mengucapkan sepatah kata. Lihatlah berapa banyak batu ada di hadapan kita, tentu aku dapat mengambil sebuah batu, dan menjejalkannya ke mulutmu dan menghancurkan rahangmu."
13. Yehuda berkata, "Allah adalah saksi antara kita, bahwa kami hingga sekarang tidak ingin berperang dengan engkau, hanya berikanlah saudara kami dan kami akan pergi dari padamu." Dan Yusuf menjawab dan berkata, "Demi Par'oh hidup, jika seluruh raja-raja Kanaan datang bersama-sama dengan kamu, kamu tidak dapat merebut dia dari tanganku.
14. Maka sekarang pergilah kepada ayahmu, dan saudaramu akan menjadi budak bagiku, karena dia telah merampok istana raja." Yehuda berkata, "Ada apa denganmu ataukah ini sifat raja, sesungguhnya raja mengirimkan dari rumahnya, ke seluruh negeri, perak dan emas baik berupa hadiah maupun pembayaran, dan engkau masih berbicara mengenai pialamu yang engkau taruh dalam kantung saudara kami dan berkata bahwa dia mencurinya dari padamu?
15. Allah melarang saudara kami Benyamin ataupun salah satu keturunan Abraham melakukan hal ini dengan mencuri dari padamu, atau dari orang lain, baik raja, pangeran, atau siapa pun.
16. Maka sekarang hentikanlah tuduhan ini supaya jangan seluruh bumi mendengar kata-katamu, bahwa, 'Karena sedikit perak raja Mesir bertengkar dengan orang-orang ini, dan dia menuduh mereka dan merebut saudara mereka sebagai budak.'"
17. Yusuf menjawab mereka dan berkata, "Ambillah bagimu piala ini dan pergilah dari padaku dan tinggalkan saudaramu sebagai budak, karena inilah hukuman bagi pencuri untuk menjadi seorang budak."
18. Dan Yehuda menjawab, "Mengapa engkau tidak malu dengan kata-katamu, untuk meninggalkan saudara kami dan mengambil pialamu? Sesungguhnya jika engkau memberikan kepada kami pialamu, atau ribuan kali lebih banyak, kami tidak akan meninggalkan saudara kami demi perak yang ada di tangan siapa pun, bahwa kami tidak bersedia mati karena dia."
19. Yusuf menjawab, "Dan mengapa kamu membiarkan saudaramu dan menjual dia demi dua puluh keping perak sampai hari ini, lalu mengapa kamu tidak melakukan hal yang sama kepada saudaramu yang ini?"
20. Yehuda berkata, "Yehuwah adalah saksi antara aku dan engkau bahwa kami tidak menginginkan peperanganmu. Maka sekarang berikanlah saudara kami dan kami akan pergi dari padamu tanpa perselisihan."
21. Yusuf menjawab dan berkata, "Jika semua raja-raja di seluruh negeri bergabung, mereka tidak akan dapat merebut saudaramu dari tanganku." Yehuda berkata, "Apakah yang harus kami katakan kepada ayah kami, jika dia melihat bahwa saudara kami tidak datang bersama-sama kami, dan akan mendukakan dia?"
22. Yusuf menjawab dan berkata, "Inilah yang harus kamu ucapkan kepada ayahmu, katakan, 'Tali itu hilang mengikuti timba.'"
23. Yehuda berkata, "Sesungguhnya engkau seorang raja, dan mengapa engkau mengucapkan hal-hal ini, memberikan pertimbangan yang salah. Celakalah raja yang seperti engkau."
24. Yusuf menjawab dan berkata, "Tidak ada pertimbangan yang salah dalam kata-kata yang aku ucapkan tentang saudaramu Yusuf, karena kamu semuanya menjual dia kepada orang Midyan demi dua puluh keping perak, dan kamu semua menyangkalnya di hadapan ayahmu dan berkata kepadanya, 'Seekor binatang buas telah menerkamnya, Yusuf telah dicabik-cabik.'"
25. Yehuda berkata, "Lihatlah api Sem membara dalam hatiku, sekarang aku akan membakar seluruh negerimu dengan api." Yusuf menjawab dan berkata, "Sesungguhnya saudari iparmu Tamar, yang membunuh putra-putramu, memadamkan api Sikhem."
26. Yehuda berkata, "Jika aku mencabut sehelai rambut dari dagingku, aku akan memenuhi seluruh Mesir dengan darahnya."
27. Yusuf menjawab dan berkata, "Seperti inilah kebiasaanmu untuk dilakukan seperti yang kamu perbuat kepada saudaramu yang kamu jual, dan kamu mencelupkan jubahnya dalam darah dan membawanya kepada ayahmu supaya dia dapat berkata, 'Seekor binatang buas menerkamnya dan inilah darahnya.'"
28. Ketika Yehuda mendengar hal ini dia amat sangat murka dan amarahnya berkobar-kobar dalam hatinya. Ada di hadapannya di tempat itu sebuah batu, yang beratnya kira-kira empat ratus syikal. Amarah Yehuda menyala-nyala dan dia mengambil batu itu dengan satu tangan dan melemparkannya ke langit dan menangkapnya dengan tangan kiri.
29. Kemudian dia meletakkannya di bawah kakinya, dan dia mendudukinya dengan seluruh kekuatannya, dan batu itu hancur menjadi debu karena kekuatan Yehuda.
30. Yusuf melihat perbuatan Yehuda dan dia sangat takut, tapi dia memerintahkan Manasye putranya dan dia juga melakukan hal yang sama dengan batu lain seperti yang diperbuat Yehuda. Maka berkatalah Yehuda kepada saudara-saudaranya, "Jangan ada dari padamu yang berkata, 'Orang ini orang Mesir,' tetapi dengan dia melakukan hal ini, dia adalah sanak saudara ayah kita."
31. Yusuf berkata, "Tidak hanya bagimu saja kekuatan diberikan, karena kami juga orang kuat, dan mengapa kamu sesumbar atas kami semua?" Yehuda berkata kepada Yusuf, "Lepaskanlah, aku mohon, saudara kami dan jangan hancurkan negerimu pada hari ini."
32. Yusuf menjawab dan berkata kepada mereka, "Pergilah dan katakan kepada ayahmu, 'Seekor binatang buas telah menerkam dia,' seperti yang kamu katakan mengenai saudaramu Yusuf."
33. Yehuda berbicara kepada saudaranya Naftali, dan berkata kepadanya, "Segeralah, pergi sekarang dan hitunglah seluruh jalan-jalan di Mesir dan datanglah dan beritahukan kepadaku." Simeon berkata kepadanya, "Janganlah hal ini menyusahkan engkau. Sekarang aku akan pergi ke gunung dan mengambil satu batu besar dari gunung dan melontarkannya kepada semua orang di Mesir, dan membunuh semua yang ada di dalamnya."
34. Yusuf mendengar semua kata-kata yang diucapkan saudara-saudaranya di hadapannya, dan mereka tidak tahu bahwa Yusuf memahami mereka, karena mereka membayangkan kalau dia tidak bisa berbahasa Ibrani.
35. Yusuf sangat takut akan perkataan saudara-saudaranya, kalau-kalau mereka akan menghancurkan Mesir. Dia memerintahkan anaknya Manasye, katanya, "Pergilah segera sekarang dan kumpulkan kepadaku seluruh penduduk Mesir, dan semua orang gagah berani bersama-sama. Biarlah mereka datang kepadaku sekarang menunggang kuda dan berjalan kaki dengan segala jenis alat-alat musik." Maka pergilah Manasye dan melakukannya.
36. Naftali pergi seperti yang Yehuda perintahkan kepadanya, karena Naftali larinya sangat cepat seperti rusa yang lincah. Dia dapat berlari di atas bulir-bulir gandum dan itu tidak pecah di bawah kakinya.
37. Dia pergi dan menghitung seluruh jalan-jalan di Mesir, dan mendapatinya ada dua belas. Dia datang segera dan memberitahu Yehuda, dan Yehuda berkata kepada saudara- saudaranya, "Segeralah dan sandanglah setiap orang pedang  di pinggangnya dan kita akan datang atas Mesir, dan memukul mereka semua, dan jangan biarkan ada sisa tertinggal."
38. Yehuda berkata, "Lihatlah, aku akan menghancurkan tiga dari jalan-jalan itu dengan kekuatanku, dan engkau masing-masing harus menghancurkan satu jalan." Ketika Yehuda sedang mengatakan hal ini, lihatlah penduduk Mesir dan semua orang gagah perkasa datang ke arah mereka dengan berbagai jenis alat-alat musik dan dengan teriakan yang nyaring.
39. Jumlah mereka lima ratus pasukan berkuda dan sepuluh ribu pasukan jalan kaki, dan empat ratus orang laki-laki yang dapat berperang tanpa pedang dan tombak, hanya dengan tangan kosong dan kekuatan mereka.
40. Semua orang gagah perkasa datang dengan serbuan besar dan teriakan. Mereka semua mengepung anak-anak Yakub dan menggentarkan mereka, dan tanah bergetar karena suara teriakan mereka.
41. Ketika anak-anak Yakub melihat pasukan ini mereka sangat ketakutan akan nyawa mereka. Yusuf melakukan ini untuk menggentarkan anak-anak Yakub supaya menjadi tenang.
42. Yehuda, melihat beberapa saudaranya ketakutan, berkata kepada mereka, "Mengapa engkau takut sementara anugerah Allah ada bersama kita?" Dan ketika Yehuda melihat seluruh orang Mesir mengepung mereka atas perintah Yusuf untuk menggentarkan mereka, hanya saja Yusuf memerintahkan mereka, katanya, "Jangan menjamah seorang pun dari mereka."
43. Maka Yehuda bergegas dan menghunus pedangnya, dan meneriakkan suara yang keras dan menyakitkan. Dia memukul dengan pedangnya, dan dia meloncat dari tanah dan terus berteriak terhadap semua orang.
44. Ketika dia melakukan hal ini Yehuwah membuat kegentaran akan Yehuda dan saudara-saudaranya menimpa orang-orang gagah berani dan semua orang yang mengepung mereka.
45. Mereka semuanya lari karena suara teriakan, dan mereka ketakutan dan jatuh yang satu ke atas yang lainnya. Banyak dari antara mereka yang mati ketika jatuh, dan mereka semuanya melarikan diri dari hadapan Yehuda dan saudara-saudaranya dan dari hadapan Yusuf.
46. Sementara mereka melarikan diri, Yehuda dan saudara-saudaranya mengejar mereka hingga ke rumah Par'oh. Mereka semuanya meloloskan diri, dan Yehuda duduk kembali di hadapan Yusuf dan meraung kepadanya seperti seekor singa, dan mengeluarkan pekikan yang keras dan dahsyat kepadanya.
47. Pekikan ini terdengar sampai di kejauhan, dan seluruh penduduk Sukot mendengarnya. Seluruh Mesir bergetar oleh suara pekikan, dan juga tembok-tembok Mesir dan tanah Gosyen runtuh karena getaran bumi. Par'oh juga jatuh dari tahtanya ke lantai. Juga semua perempuan mengandung di Mesir dan Gosyen keguguran ketika mereka mendengar suara getaran, karena mereka amat sangat ketakutan.
48. Par'oh mengirim pesan, katanya, "Apakah yang hari ini terjadi di tanah Mesir?" Dan mereka datang dan memberitahukan segala hal mulai dari awal hingga akhirnya. Par'oh sangat khawatir namun dia takjub dan sangat ketakutan.
49. Ketakutannya bertambah ketika dia mendengar semua hal ini, dan dia mengirim pesan kepada Yusuf, katanya, "Engkau telah membawa kepadaku orang Ibrani untuk menghancurkan seluruh Mesir. Apa yang akan engkau perbuat dengan budak-budak panjang tangan itu? Lepaskan dia dan biarlah dia pergi bersama saudara-saudaranya, dan janganlah kita musnah karena kejahatan mereka, yakni kita, engkau dan seluruh Mesir.
50. Dan jika engkau tidak menghendaki melakukan hal ini, campakkanlah dari padamu seluruh barang-barang berhargaku, dan pergilah bersama mereka ke negerinya, jika engkau menyukainya. Karena mereka akan menghancurkan seluruh negeriku hari ini dan membunuh seluruh rakyatku. Bahkan seluruh perempuan Mesir telah keguguran karena teriakan-teriakan mereka. Lihatlah apa yang telah mereka lakukan hanya dengan teriakan dan ucapannya, lebih lagi jika mereka berperang dengan pedang, mereka akan menghancurkan negeri ini. Maka sekarang pilihlah apa yang engkau inginkan, apakah aku atau orang Ibrani, apakah Mesir ataukah negeri orang Ibrani."
51. Mereka datang dan mengatakan kepada Yusuf seluruh ucapan Par'oh yang dikatakannya mengenai dia, dan Yusuf sangat takut akan kata-kata Par'oh. Yehuda dan saudara- saudaranya masih berdiri di hadapan Yusuf dengan geram dan murka. Semua anak-anak Yakub menggeram kepada Yusuf, seperti deru lautan dan gelombang-gelombangnya.
52. Yusuf sangat takut akan saudara-saudaranya dan karena Par'oh. Yusuf mencari dalih untuk menyatakan dirinya kepada saudara-saudaranya, supaya jangan mereka menghancurkan seluruh Mesir.
53. Yusuf memerintahkan anaknya Manasye, dan Manasye pergi dan mendekati Yehuda, dan menaruh tangannya di atas bahunya, maka amarah Yehuda ditenangkan.
54. Yehuda berkata kepada saudara-saudaranya, "Jangan ada dari padamu berkata bahwa ini perbuatan seorang pemuda Mesir karena ini perbuatan rumah ayahku."
55. Yusuf melihat dan mengetahui bahwa amarah Yehuda sudah diredakan, dia mendekat untuk berbicara kepada Yehuda dalam bahasa yang lembut.
56. Yusuf berkata kepada Yehuda, "Sesungguhnya kamu berkata benar dan hari ini membuktikan pernyataanmu tentang kekuatanmu. Dan semoga Allah yang berkenan kepadamu, menambah-nambahkan kesejahteraanmu. Namun katakan kepadaku dengan sebenarnya mengapa dari antara semua saudaramu, kamu bertengkar dengan aku karena anak itu, sedangkan tidak seorang pun dari mereka berbicara sepatah kata pun kepadaku tentang dia."
57. Yehuda menjawab Yusuf, katanya, "Sesungguhnya engkau harus tahu bahwa akulah yang menjaga anak ini bagi ayahnya, dengan berkata, jika aku tidak membawa dia kepadanya, aku harus menanggung kesalahannya selamanya.
58. Karena itu aku mendekati engkau dari antara semua saudaraku, karena aku melihat bahwa engkau tidak bersedia membiarkan dia pergi dari padamu. Maka sekarang kiranya aku mendapatkan kemurahan di matamu sehingga engkau melepaskannya pergi bersama kami, dan lihatlah, aku akan tinggal sebagai pengganti bagi dia, untuk melayani engkau dalam apa pun yang engkau inginkan, karena ke mana pun engkau mengirim aku, aku akan pergi untuk melayanimu dengan sekuat tenaga.
59. Kirimlah aku sekarang kepada raja perkasa yang telah memberontak melawan engkau, dan engkau akan tahu apa yang akan aku perbuat kepadanya dan kepada negerinya. Meskipun dia memiliki pasukan berkuda dan pasukan berjalan kaki atau sejumlah besar orang perkasa, aku akan membunuh mereka semua dan membawa kepala raja ke hadapanmu.
60. Tidakkah engkau tahu atau belumkah engkau dengar bahwa ayah kami Abraham bersama hambanya Eliezer membunuh seluruh raja-raja Elam beserta pasukan mereka dalam satu malam, mereka tidak membiarkan seorang pun tersisa? Dan sejak hari itu kekuatan ayah kami telah diberikan kepada kami sebagai warisan, bagi kami dan keturunan kami selamanya."
61. Yusuf menjawab dan berkata, "Kamu mengatakan kebenaran, dan kebohongan tidak ada dalam mulutmu, karena telah dikatakan kepada kami juga bahwa orang Ibrani memiliki kekuatan dan bahwa Yehuwah Allah mereka sangat menyukai mereka, dan siapakah yang dapat berdiri melawan mereka?
62. Namun, dengan syarat ini aku akan melepaskan saudaramu, jika kamu membawa ke hadapanku saudaranya, putra ibunya, yang tentang dia kamu katakan bahwa dia telah meninggalkan kamu untuk turun ke Mesir. Dan akan terjadi ketika kamu membawa kepadaku saudaranya, aku akan mengambil dia sebagai gantinya, karena tidak seorang pun dari kamu menjadi penjaga baginya untuk ayahmu. Dan jika dia telah datang kepadaku, aku akan melepaskan bagimu saudaranya yang kepadanya kamu menjadi penjaga."
63. Dan amarah Yehuda menyala-nyala lagi terhadap Yusuf ketika dia mengatakan hal ini, dan matanya meneteskan darah dengan amarah. Dia berkata kepada saudara-saudaranya, "Bagaimana orang ini pada hari ini mencari kehancurannya sendiri dan seluruh Mesir!"
64. Simeon menjawab Yusuf, katanya, "Tidakkah kami telah mengatakan kepadamu sejak semula bahwa kami tidak tahu ke tempat mana dia pergi, dan apakah dia sudah mati atau masih hidup, dan mengapakah tuanku berkata seperti ini?"
65. Yusuf yang mengamati wajah Yehuda mengetahui bahwa amarahnya mulai tersulut ketika dia berkata kepadanya, "Bawalah kepadaku saudaramu yang lain sebagai pengganti saudaramu yang ini."
66. Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya, "Sesungguhnya kamu katakan bahwa saudaramu mungkin sudah mati atau hilang, sekarang jika aku panggil dia hari ini dan dia datang ke hadapanmu, apakah kamu akan memberikan dia kepadaku sebagai ganti saudaranya?"
67. Dan Yusuf mulai berbicara dan memanggil, "Yusuf, Yusuf, datanglah hari ini ke hadapanku, dan muncullah kepada saudara-saudaramu dan duduklah di hadapan mereka."
68. Ketika Yusuf mengucapkan hal-hal ini di hadapan mereka, mereka masing-masing melihat ke arah yang berlainan untuk melihat dari manakah Yusuf akan muncul ke hadapan mereka.
69. Yusuf mengamati semua tindakan mereka, dan berkata kepada mereka, "Mengapa kamu melihat ke sana dan ke sini? Akulah Yusuf yang kamu jual ke Mesir! Maka sekarang janganlah bersusah hati bahwa kamu telah menjual aku, karena sebagai pemelihara selama kelaparanlah Allah mengirim aku mendahului kamu."
70. Dan saudara-saudaranya ketakutan kepadanya ketika mereka mendengar kata-kata Yusuf. Yehuda amat sangat ketakutan kepadanya.
71. Dan ketika Benyamin mendengar kata-kata Yusuf, dia ada di hadapan mereka di bagian dalam rumah, dan Benyamin berlari kepada Yusuf kakaknya, dan memeluk dia dan bersandar pada lehernya, dan mereka menangis.
72. Ketika saudara-saudara Yusuf melihat bahwa Benyamin merangkul leher saudaranya dan menangis bersamanya, mereka juga menjatuhkan diri pada Yusuf dan memeluk dia. Mereka menangis dengan suara nyaring bersama Yusuf.
73. Beritanya terdengar di dalam rumah Yusuf bahwa mereka saudara-saudara Yusuf. Dan itu sangat melegakan Par'oh, karena dia takut kepada mereka, kalau-kalau mereka menghancurkan Mesir.
74. Par'oh mengirim hamba-hambanya kepada Yusuf, mengucapkan selamat kepadanya mengenai saudara-saudaranya yang datang kepadanya. Seluruh perwira tentara dan pasukan yang ada di Mesir datang untuk bersukacita dengan Yusuf, dan seluruh Mesir sangat bersukacita atas saudara-saudara Yusuf.
75. Par'oh mengirim hamba-hambanya kepada Yusuf, katanya, "Katakan kepada saudara-saudaramu untuk menjemput semua milik kepunyaan mereka dan biarlah mereka datang kepadaku, dan aku akan menempatkan mereka di bagian terbaik dari tanah Mesir." Dan mereka melakukannya.
76. Yusuf memerintahkan orang yang ditempatkan atas rumahnya untuk membawa kepada saudara-saudaranya hadiah-hadiah dan pakaian. Dia membawa bagi mereka banyak pakaian seperti jubah kebesaran dan banyak hadiah. Yusuf membagi-bagikannya di antara saudara-saudaranya.
77. Dia memberikan kepada masing-masing saudaranya pakaian pengganti dari emas dan perak, dan tiga ratus keping perak. Yusuf memerintahkan mereka semua untuk mengenakan pakaian-pakaian ini, dan untuk menghadap Par'oh.
78. Par'oh yang melihat bahwa semua saudara Yusuf adalah orang-orang gagah berani, dan bagus penampilannya, dia sangat bersukacita.
79. Selanjutnya mereka mengundurkan diri dari hadapan Par'oh untuk pergi ke tanah Kanaan, kepada ayah mereka, dan saudara mereka Benyamin ada bersama mereka.
80. Yusuf bangkit dan memberikan kepada mereka sebelas kereta dari Par'oh. Yusuf memberikan kepada mereka keretanya, yang di atasnya dia naik pada hari dia dimahkotai di Mesir, untuk menjemput ayahnya ke Mesir. Yusuf mengirim kepada anak-anak saudaranya, pakaian-pakaian menurut jumlah mereka, dan seratus keping perak untuk masing- masing dari mereka. Dia juga mengirim pakaian kepada istri-istri saudara-saudaranya dari pakaian-pakaian istri-istri raja, dan dia mengirimkannya kepada mereka.
81. Dia memberikan kepada masing-masing saudaranya sepuluh orang untuk pergi bersama mereka ke tanah Kanaan untuk melayani mereka, untuk melayani anak-anak mereka dan seluruh kepunyaan mereka ketika datang ke Mesir.
82. Yusuf mengirim melalui tangan saudaranya Benyamin sepuluh potong pakaian bagi sepuluh anak-anaknya, sepotong lebih banyak dari cucu-cucu Yakub lainnya.
83. Dia mengirim untuk masing-masing orang lima puluh keping perak, dan sepuluh kereta karena Par'oh, dan dia mengirim kepada ayahnya sepuluh keledai yang dimuati segala macam kemewahan Mesir. Sepuluh keledai betina dimuati dengan gandum dan roti dan makanan bagi ayahnya, dan bagi semua yang ada bersamanya sebagai bekal di jalan.
84. Dia mengirim bagi saudarinya Dina pakaian-pakaian dari perak dan emas, dan kemenyan dan mur, dan gaharu dan hiasan-hiasan wanita dalam jumlah banyak. Dia mengirimkan yang sama dari istri-istri Par'oh kepada istri-istri Benyamin.
85. Dia memberikan kepada semua saudaranya, juga kepada istri-istri mereka, segala jenis batu onyx dan bdellium, dan dari semua barang berharga di antara pembesar-pembesar Mesir. Tidak ada yang tertinggal dari semua barang-barang berharga yang tidak Yusuf kirimkan kepada seisi rumah ayahnya.
86. Dia melepas saudara-saudaranya, dan mereka pergi. Dia melepaskan saudaranya Benyamin bersama dengan mereka.
87. Yusuf pergi bersama mereka untuk menyertai mereka di jalan hingga ke perbatasan Mesir. Dia memerintahkan mereka mengenai ayahnya dan seisi rumahnya, untuk datang ke Mesir.
88. Dia berkata kepada mereka, "Jangan bertengkar di jalan, karena hal ini berasal dari Yehuwah untuk menjaga bangsa yang besar dari kelaparan, karena masih akan ada lima tahun kelaparan di seluruh negeri."
89. Dia memerintahkan mereka, katanya, "Ketika kamu datang ke tanah Kanaan, jangan datang dengan tiba-tiba di hadapan ayahku mengenai hal ini, namun bertindaklah dengan kebijaksanaanmu."
90. Yusuf selesai memberikan perintah kepada mereka, dan dia berbalik dan kembali ke Mesir. Anak-anak Yakub pergi ke tanah Kanaan dengan sukacita dan hati gembira kepada ayah mereka Yakub.
91. Dan mereka sampai di perbatasan negeri itu. Mereka berkata satu sama lain, "Apakah yang harus kita perbuat mengenai hal ini di hadapan ayah kita, karena jika kita datang tiba-tiba kepadanya dan menceritakan kepadanya hal ini, dia akan sangat terkejut dengan kata-kata kita dan tidak akan percaya pada kita."
92. Mereka terus berjalan hingga sudah dekat dengan rumah-rumah mereka. Dan mereka menjumpai Serach binti Asyer, datang keluar untuk menyambut mereka, dan gadis ini sangat baik dan lembut, dan tahu bagaimana memainkan kecapi.
93. Mereka memanggilnya dan dia datang kepada mereka, dan dia menciumi mereka. Dan mereka membawanya dan memberikan kepadanya sebuah kecapi, katanya, "Pergilah sekarang kepada ayah kita, dan duduklah di hadapannya, dan petiklah kecapi, dan ucapkanlah kata-kata ini."
94. Mereka memerintahkan dia pergi ke rumah mereka, dan dia membawa kecapi dan bergegas mendahului mereka. Dia datang dan duduk di dekat Yakub.
95. Dia bermain dengan bagus dan bernyanyi, dan mengucapkan keindahan kata-katanya, "Yusuf pamanku masih hidup, dia memerintah seluruh tanah Mesir, dan dia tidak mati."
96. Dia terus mengulangi dan mengucapkan kata-kata ini, dan Yakub mendengarkan kata-katanya, dan itu dibenarkan olehnya.
97. Dia mendengarkan sementara dia mengulanginya dua dan tiga kali. Dan sukacita memasuki hati Yakub karena keindahan kata-katanya. Dan roh Allah ada di atasnya, dan dia tahu bahwa semua perkataannya adalah benar.
98. Dan Yakub memberkati Serach ketika dia mengucapkan kata-kata ini di hadapannya. Dia berkata kepadanya, "Putriku, semoga kematian tidak akan berkuasa atasmu, karena engkau telah membangkitkan rohku. Hanya berkata-kata di hadapanku seperti yang telah engkau ucapkan, karena engkau telah menggembirakan aku dengan semua kata-katamu."
99. Dia terus menyanyikan kata-kata ini, dan Yakub mendengarkannya. Itu menyenangkan baginya dan dia bersukacita, dan roh Allah ada di atasnya.
100. Sementara dia masih berbicara dengannya, lihatlah anak-anaknya datang kepadanya dengan kuda-kuda dan kereta-kereta dan pakaian kebesaran dan hamba-hamba yang berlari di depan mereka.
101. Yakub bangkit untuk menyambut mereka, dan melihat anak-anaknya berpakaian dalam pakaian kerajaan dan dia melihat seluruh harta benda yang Yusuf kirimkan kepada mereka.
102. Mereka berkata kepadanya, "Ketahuilah bahwa saudara kami Yusuf masih hidup, dan dialah yang memerintah atas seluruh tanah Mesir, dan dialah yang berbicara kepada kami seperti yang kami katakan kepadamu."
103. Yakub mendengar semua perkataan anak-anaknya, dan hatinya berdebar-debar karena kata-kata mereka, karena dia tidak dapat mempercayai mereka hingga dia melihat semua yang Yusuf berikan kepada mereka dan apa yang dia kirimkan kepadanya, dan semua tanda-tanda yang Yusuf katakan kepada mereka.
104. Dan mereka membuka semuanya di hadapannya, dan menunjukkan kepadanya segala yang telah Yusuf kirimkan. Mereka memberikan kepada masing-masing orang apa yang Yusuf kirimkan baginya. Dia tahu bahwa mereka mengatakan kebenaran, dan dia sangat bersukacita karena putranya.
105. Yakub berkata, "Cukup bagiku bahwa putraku Yusuf masih hidup, aku akan pergi dan melihat dia sebelum aku mati."
106. Anak-anaknya mengatakan kepadanya segala yang menimpa mereka, dan Yakub berkata, "Aku akan turun ke Mesir untuk melihat putraku dan keturunannya."
107. Yakub bangkit dan mengenakan pakaian yang Yusuf kirimkan kepadanya. Setelah dia membasuh diri dan mencukur rambutnya, dia mengenakan ke atas kepalanya sorban yang dikirimkan Yusuf kepadanya.
108. Seluruh orang di rumah Yakub dan istri-istri mereka mengenakan pakaian yang Yusuf kirimkan kepada mereka. Mereka sangat bersukacita akan Yusuf karena dia masih hidup dan bahwa dia memerintah di Mesir.
109. Seluruh penduduk Kanaan mendengar hal ini, dan mereka datang dan sangat bersukacita bersama Yakub bahwa dia masih hidup.
110. Yakub mengadakan sebuah perayaan bagi mereka selama tiga hari. Seluruh raja-raja Kanaan dan para bangsawan negeri itu makan dan minum dan bersukaria di dalam rumah Yakub.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar