Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 65

Pasal 65

1. Dan terjadilah setelah hal-hal ini, bahwa seluruh penasihat Par'oh, raja Mesir, dan seluruh tua-tua Mesir berkumpul dan datang ke hadapan raja dan bersujud sampai ke tanah, dan mereka duduk di hadapannya.
2. Para penasihat dan tua-tua Mesir berbicara kepada raja, katanya,
3. "Lihatlah orang-orang dari bani Israel lebih besar dan lebih kuat daripada kita, dan engkau mengetahui seluruh kejahatan yang mereka lakukan kepada kita di jalan ketika kita kembali dari peperangan.
4. Dan engkau juga telah melihat kekuatan mereka yang besar, karena kekuatan ini ada pada mereka dari bapa leluhur mereka, karena hanya dengan sedikit orang dapat berdiri melawan orang-orang yang sangat banyak seperti pasir, dan memukul mereka dengan mata pedang, dan dari antara mereka tidak seorang pun ada yang gugur, jadi bila mereka berjumlah banyak, pastilah akan menghancurkan mereka sepenuhnya.
5. Maka sekarang berilah kami petunjuk apa yang harus dilakukan terhadap mereka, hingga kita secara perlahan menghancurkan mereka dari antara kita, supaya jangan mereka menjadi terlalu banyak bagi kita di negeri ini.
6. Karena jika bani Israel bertambah-tambah di negeri ini, mereka akan menjadi rintangan bagi kita, dan jika terjadi suatu peperangan, mereka dengan kekuatannya yang besar akan bergabung dengan musuh kita melawan kita, dan berperang melawan kita, menghancurkan kita dari negeri ini dan pergi dari semuanya itu."
7. Jadi raja menjawab tua-tua Mesir dan berkata kepada mereka, "Inilah rencana terhadap Israel, yang daripadanya kita tidak akan menyimpang.
8. Lihatlah di negeri ini ada Pithom dan Rameses, kota-kota yang tidak berbenteng terhadap peperangan, itu menjadi kewajiban bagimu dan bagi kita untuk membangunnya, dan untuk membentenginya.
9. Maka sekarang pergilah engkau juga dan bertindaklah dengan licik terhadap mereka, dan umumkanlah di Mesir dan di Gosyen perintah raja, isinya,
10. 'Kamu semua orang Mesir, Gosyen, Pathros, dan seluruh penduduknya! Raja telah memerintahkan kita untuk membangun Pithom dan Rameses, dan untuk membentengi mereka untuk peperangan. Siapa di antara kamu orang Mesir, dan bani Israel, dan seluruh penduduk kota-kota, harus bersedia membangun bersama kami, masing-masing upahnya diberikan kepadanya setiap hari sesuai perintah raja.' Jadi pergilah engkau sebelumnya dan bertindaklah dengan cerdik, dan kumpulkan dirimu dan datanglah ke Pithom dan Rameses untuk membangun.
11. Dan sementara engkau membangun, buatlah pengumuman seperti ini di seluruh Mesir setiap hari sesuai perintah raja.
12. Dan ketika beberapa orang bani Israel datang untuk membangun bersama engkau, engkau harus memberikan kepada mereka upahnya setiap hari selama beberapa hari.
13. Dan setelah mereka membangun bersama engkau sebagai orang sewaan tiap hari, undurkanlah dirimu menjauh dari mereka setiap hari seorang demi seorang dengan diam-diam. Dan sesudahnya engkau harus bangkit dan menjadi pengerah-pengerah dan perwira-perwira. Engkau harus membiarkan mereka sesudah itu untuk membangun tanpa upah, dan jika mereka menolak, maka paksalah mereka dengan seluruh kekuatanmu untuk membangun.
14. Dan jika engkau berbuat seperti ini, akan menjadi baik bagi kita untuk memperkuat negeri kita terhadap bani Israel, karena dengan kelelahan membangun dan bekerja, bani Israel akan berkurang, karena engkau akan menjauhkan mereka dari istri-istrinya hari demi hari."
15. Seluruh tua-tua Mesir mendengar nasihat raja, dan nasihat ini kelihatan baik di mata mereka dan di mata hamba-hamba Par'oh, dan di mata seluruh Mesir. Mereka bertindak seperti yang dikatakan raja.
16. Seluruh hamba-hamba pergi dari hadapan raja, dan mereka membuat pengumuman di seluruh Mesir, di Tachpanches dan di Gosyen, dan di seluruh kota-kota yang mengelilingi Mesir, katanya,
17. "Engkau telah melilhat apa yang bani Esau dan Ismael perbuat kepada kita, yang datang untuk berperang melawan kita dan menghendaki untuk menghancurkan kita.
18. Maka sekarang raja memerintahkan kita untuk membentengi negeri, untuk membangun kota-kota Pithom dan Rameses, dan untuk membentenginya bagi peperangan, jika mereka datang lagi melawan kita.
19. Barangsiapa dari kamu berasal dari seluruh Mesir dan dari bani Israel harus datang dan membangun bersama kami, dia akan mendapatkan upah harian diberikan oleh raja, seperti yang dia perintahkan kepada kami."
20. Ketika Mesir dan seluruh bani Israel mendengar semua yang dikatakan hamba-hamba Par'oh, datanglah dari orang Mesir dan bani Israel untuk membangun bersama hamba-hamba Par'oh, Pithom dan Rameses, namun tidak satu pun anak-anak Lewi datang bersama saudara-saudara mereka untuk membangun.
21. Seluruh hamba-hamba Par'oh dan para pemimpinnya datang pada mulanya dengan tipu daya untuk membangun bersama seluruh Israel sebagai pekerja sewa harian. Mereka memberikan kepada Israel upah harian pada awalnya.
22. Dan hamba-hamba Par'oh membangun bersama seluruh Israel, dan dipekerjakan dalam pekerjaan itu bersama Israel selama satu bulan.
23. Pada akhir bulan itu, seluruh hamba-hamba Par'oh mulai menarik diri dengan sembunyi-sembunyi dari orang Israel setiap hari.
24. Israel terus bekerja pada waktu itu, namun mereka menerima upah hariannya, karena beberapa orang Mesir masih turut bekerja bersama Israel pada waktu itu. Karena itu orang Mesir memberikan kepada Israel upah harian mereka pada hari-hari itu, supaya mereka, orang Mesir rekan kerjanya, juga bisa memperoleh upah pekerjaan mereka.
25. Pada akhir satu tahun empat bulan, seluruh orang Mesir telah menarik diri dari bani Israel, sehingga bani Israel ditinggalkan sendirian melakukan pekerjaan.
26. Setelah seluruh orang Mesir menarik diri dari bani Israel, mereka kembali dan menjadi penindas dan perwira atas mereka. Beberapa dari mereka berdiri atas bani Israel sebagai pengerah, untuk menerima semua yang diberikan mereka sebagai upah pekerjaannya.
27. Orang Mesir melakukan hal ini kepada bani Israel hari demi hari, untuk menindas dalam pekerjaan mereka.
28. Seluruh bani Israel sendirian mengerjakan pekerjaan, dan orang Mesir menahan upah yang diberikan kepada bani Israel mulai dari waktu itu sampai seterusnya.
29. Dan ketika beberapa orang Israel menolak untuk bekerja karena upah yang tidak diberikan kepada mereka, maka para pemeras dan hamba-hamba Par'oh menindas mereka dan memukul mereka dengan keras, dan membuat mereka kembali dengan kekerasan, untuk bekerja bersama saudara-saudara mereka. Beginilah diperbuat orang Mesir kepada bani Israel sepanjang waktu.
30. Seluruh bani Israel sangat takut kepada orang Mesir dalam hal ini, dan seluruh bani Israel kembali untuk bekerja sendirian tanpa upah.
31. Bani Israel membangun Pithom dan Rameses, dan seluruh bani Israel melakukan pekerjaan mereka, beberapa membuat batu-bata, dan beberapa membangun. Bani Israel membangun dan membentengi seluruh tanah Mesir dan tembok-temboknya. Bani Israel terlibat dalam pekerjaan ini selama bertahun-tahun, hingga tiba waktunya ketika Yehuwah mengingat mereka dan membawa mereka keluar dari Mesir.
32. Namun anak-anak Lewi tidak dipekerjakan dalam pekerjaan bersama saudara-saudara Israel mereka, sejak permulaan hingga kepada hari mereka keluar dari Mesir.
33. Karena seluruh anak-anak Lewi mengetahui bahwa orang Mesir telah mengucapkan semua kata-kata ini dengan tipu muslihat kepada orang Israel, karena itu anak-anak Lewi menolak untuk mendekati pekerjaan bersama saudara-saudara mereka.
34. Orang Mesir tidak mengarahkan perhatian mereka untuk membuat anak-anak Lewi bekerja selanjutnya, karena mereka tidak bersama saudara-saudaranya sejak semula, karena itu orang Mesir membiarkan mereka.
35. Tangan-tangan orang Mesir diarahkan terus dengan keras terhadap bani Israel dalam pekerjaan itu. Orang Mesir membuat bani Israel bekerja dengan keras.
36. Orang Mesir memahitkan hidup bani Israel dengan kerja keras, dalam semen dan batu bata, juga dalam segala jenis pekerjaan di ladang.
37. Bani Israel menyebut nama Melol raja Mesir "Meror, raja Mesir," karena dalam zamannya orang Mesir memahitkan hidup mereka dengan segala jenis pekerjaan.
38. Semua pekerjaan yang diberikan orang Mesir kepada bani Israel untuk dikerjakan, mereka paksakan dengan keras,  untuk menindas bani Israel. Namun semakin mereka menindasnya, semakin mereka bertambah-tambah dan semakin banyak. Orang Mesir sangat susah karena bani Israel.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar