Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 58

Pasal 58

1. Dan terjadilah dalam tahun ke tiga puluh satu setelah orang Israel turun ke Mesir, yaitu dalam tahun ke tujuh puluh satu dalam hidup Yusuf, pada tahun itu matilah Par'oh raja Mesir, dan Magron putranya memerintah menggantikan dia.
2. Par'oh memerintahkan Yusuf sebelum kematiannya untuk menjadi ayah bagi putranya, Magron. Dan supaya Magron ada di bawah penjagaan Yusuf dan di bawah petunjuknya.
3. Seluruh Mesir menyetujui hal ini bahwa Yusuf akan menjadi raja atas mereka, karena seluruh orang Mesir mencintai Yusuf sampai waktu itu, hanya Magron ben Par'oh duduk di atas tahta ayahnya, dan dia menjadi raja pada waktu itu menggantikan ayahnya.
4. Magron berumur empat puluh satu tahun ketika dia mulai memerintah, dan empat puluh tahun lamanya dia memerintah di Mesir. Seluruh Mesir menyebut namanya Par'oh menurut nama ayahnya, sebab itu adalah kebiasaan mereka untuk dilakukan di Mesir kepada setiap raja yang memerintah atas mereka.
5. Dan terjadilah ketika Par'oh memerintah menggantikan ayahnya, dia menyerahkan hukum Mesir dan seluruh urusan pemerintahan di tangan Yusuf, seperti yang telah diperintahkan ayahnya kepadanya.
6. Yusuf menjadi raja atas Mesir, karena dia mengawasi seluruh Mesir. Dan seluruh Mesir ada di bawah penjagaannya dan di bawah petunjuknya, karena seluruh Mesir condong kepada Yusuf setelah kematian Par'oh, dan mereka sangat mencintainya untuk memerintah atas mereka.
7. Namun ada beberapa orang di antara mereka, yang tidak suka kepadanya, katanya, "Tidak ada orang asing yang boleh memerintah atas kita," namun tetap seluruh pemerintahan Mesir dilimpahkan kepada Yusuf pada waktu itu, setelah kematian Par'oh, dia menjadi pengatur, melakukan seperti yang dia kehendaki di seluruh negeri tanpa seorang pun mencampurinya.
8. Seluruh Mesir ada di bawah penjagaan Yusuf, dan Yusuf maju berperang melawan semua musuh-musuh di sekelilingnya, dan dia menaklukkan mereka. Juga seluruh negeri dan seluruh Pelishtim, sampai perbatasan Kanaan, ditaklukkan Yusuf, dan mereka semuanya ada di bawah kekuasaannya dan mereka memberikan upeti tahunan kepada Yusuf.
9. Par'oh raja Mesir duduk di atas tahta menggantikan ayahnya, namun dia ada di bawah kendali dan petunjuk Yusuf, seperti sebelumnya dia ada di bawah kendali ayahnya.
10. Dia juga tidak memerintah namun hanya di Mesir saja, di bawah petunjuk Yusuf, tapi Yusuf memerintah atas seluruh negeri pada waktu itu, mulai dari Mesir hingga ke sungai besar Perath.
11. Yusuf berhasil dalam semua jalan-jalannya, dan Yehuwah menyertai dia. Yehuwah memberikan kepada Yusuf tambahan hikmat, dan kehormatan, dan kemuliaan, dan cinta kepadanya di dalam hati orang Mesir dan di seluruh negeri. Yusuf memerintah atas seluruh negeri selama empat puluh tahun.
12. Seluruh negeri Pelishtim dan Kanaan dan Zidon, dan sisi seberang Yordan, membawa persembahan kepada Yusuf sepanjang hidupnya. Dan seluruh negeri ada di dalam tangan Yusuf, dan mereka membawa kepadanya upeti tahunan seperti yang telah diatur, karena Yusuf berperang melawan semua musuh-musuh di sekelilingnya dan menaklukkan mereka. Seluruh negeri ada di dalam tangan Yusuf, dan Yusuf duduk dengan aman di atas tahtanya di Mesir.
13. Juga semua saudaranya anak-anak Yakub tinggal dengan aman di negeri, sepanjang umur hidup Yusuf. Mereka beranak cucu dan berlipat ganda sangat banyak di negeri itu, dan mereka melayani Yehuwah sepanjang hidupnya, seperti yang telah diperintahkan ayah mereka Yakub kepada mereka.
14. Dan terjadilah sesudah waktu yang lama, ketika bani Esau tinggal dengan tenang di negeri mereka bersama Bela rajanya, bani Esau beranak cucu dan berlipat ganda di negeri itu. Dan mereka memutuskan untuk pergi berperang melawan anak-anak Yakub dan seluruh Mesir, dan untuk melepaskan saudara mereka Zefo bin Elifas, dan orang-orangnya, karena mereka pada waktu itu menjadi budak-budak Yusuf.
15. Bani Esau mengirim pesan kepada seluruh bani timur, dan mereka mengadakan perdamaian dengannya. Seluruh bani timur datang kepada mereka untuk pergi bersama bani Esau ke Mesir untuk berperang.
16. Di sana juga datang kepada mereka orang-orang Angeas, raja Dinhabah, dan mereka juga mengirim pesan kepada bani Ismael dan mereka juga datang kepadanya.
17. Seluruh orang ini berkumpul dan datang ke Seir untuk membantu bani Esau dalam peperangan mereka. Pasukan ini sangat besar dan penuh dengan orang, sangat banyak seperti pasir di laut, kira-kira delapan ratus ribu orang, yang berjalan kaki dan berkuda. Dan seluruh pasukan ini turun ke Mesir untuk berperang dengan anak-anak Yakub, dan mereka berkemah di Rameses.
18. Yusuf pergi bersama saudara-saudaranya dan orang-orang gagah perkasa Mesir, kira-kira enam ratus orang. Mereka berperang dengannya di tanah Rameses. Anak-anak Yakub pada waktu itu berperang kembali melawan bani Esau, dalam tahun kelima puluh setelah anak-anak Yakub turun ke Mesir, yaitu dalam tahun ketiga puluh pemerintahan Bela atas bani Esau di Seir.
19. Yehuwah menyerahkan seluruh orang-orang gagah perkasa Esau dan bani timur ke dalam tangan Yusuf dan saudara-saudaranya. Orang-orang dari bani Esau dan bani timur terpukul di hadapan Yusuf.
20. Orang-orang Esau dan bani timur yang terbunuh, di sana gugur di hadapan anak-anak Yakub kira-kira dua ratus ribu orang. Dan raja mereka Bela bin Beor gugur bersama mereka di dalam peperangan. Ketika bani Esau melihat bahwa raja mereka telah gugur dalam peperangan dan mati, tangan mereka menjadi lemas dalam pertempuran.
21. Yusuf dan saudara-saudaranya dan seluruh Mesir masih terus memukul orang-orang dari keluarga Esau, dan seluruh orang-orang Esau takut kepada anak-anak Yakub dan lari dari hadapan mereka.
22. Yusuf dan saudara-saudaranya dan seluruh Mesir mengejar mereka satu hari perjalanan, dan mereka masih membunuh dari antaranya kira-kira tiga ratus orang, terus memukul mereka di jalan. Selanjutnya mereka berbalik dari padanya.
23. Yusuf dan semua saudaranya kembali ke Mesir, tidak seorang pun hilang dari mereka, namun dari antara orang Mesir gugur dua belas orang.
24. Ketika Yusuf kembali ke Mesir dia memerintahkan Zefo dan orang-orangnya supaya ditambahkan ikatannya. Mereka membelenggunya dengan besi dan mereka menambahkan kesusahannya.
25. Seluruh orang dari bani Esau, dan bani timur, kembali dengan malu masing-masing ke kotanya, karena semua orang gagah perkasa yang ada bersama mereka telah gugur dalam peperangan.
26. Ketika bani Esau melihat bahwa raja mereka telah mati dalam peperangan, mereka bergegas dan mengambil seorang dari bani timur. Namanya Yobab bin Zerach, dari negeri Bozrah, dan mereka mengangkatnya untuk memerintah atas mereka menggantikan Bela raja mereka.
27. Yobab duduk di atas tahta menggantikan Bela sebagai raja. Yobab memerintah di Edom atas seluruh bani Esau selama sepuluh tahun. Bani Esau tidak pernah pergi lagi untuk berperang melawan anak-anak Yakub mulai dari waktu itu sampai seterusnya, karena anak-anak Esau tahu kegagah-beranian anak-anak Yakub, dan mereka sangat gentar kepadanya.
28. Namun sejak waktu itu sampai seterusnya bani Esau membenci anak-anak Yakub. Kebencian dan permusuhannya sangat kuat di antara mereka sepanjang masa, sampai hari ini.
29. Dan terjadilah sesudah itu, pada akhir tahun ke sepuluh, Yobab bin Zerach, dari Bozra, mati. Dan bani Esau mengambil seorang yang bernama Chusham, dari negeri Temani, dan mereka menjadikan dia raja atas mereka menggantikan Yobab. Chusham memerintah di Edom atas seluruh bani Esau selama dua puluh tahun.
30. Yusuf, raja Mesir, dan saudara-saudaranya, dan seluruh bani Israel tinggal dengan aman di Mesir pada waktu itu, bersama-sama dengan seluruh anak-anak Yusuf dan saudara- saudaranya, tanpa ada gangguan ataupun malapetaka. Tanah Mesir pada waktu itu berhenti dari peperangan semasa hidup Yusuf dan saudara-saudaranya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar