Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 52

Pasal 52

1. Mereka memasuki rumahnya, dan masing-masing orang membuka karungnya dan mereka melihat, dan lihatlah, kantung uang setiap orang ada di sana, yang membuat mereka dan ayah mereka sangat ketakutan.
2. Yakub berkata kepada mereka, "Apakah yang engkau lakukan kepadaku ini? Aku mengirim saudaramu Yusuf untuk menanyakan tentang kesejahteraanmu dan engkau berkata kepadaku, 'Seekor binatang buas menerkamnya.'
3. Dan Simeon pergi bersamamu untuk membeli makanan dan engkau berkata, 'Raja Mesir telah menahannya dalam penjara,' dan engkau ingin membawa Benyamin untuk menyebabkan kematiannya juga, dan membuat rambut ubanku turun dengan kesedihan ke dalam kuburan karena Benyamin dan kakaknya Yusuf.
4. Maka sekarang putraku tidak akan pergi dengan engkau, karena kakaknya sudah mati dan hanya dia saja yang masih ada. Celaka dapat menimpa dia di jalan ke mana engkau pergi, seperti yang menimpa kakaknya."
5. Ruben berkata kepada ayahnya, "Engkau bisa membunuh kedua putraku jika aku tidak membawa anakmu dan menempatkannya di hadapanmu." Dan Yakub berkata kepada anak-anaknya, "Tinggallah engkau di sini dan jangan turun ke Mesir, karena putraku tidak akan turun bersamamu ke Mesir, atau dia akan mati seperti kakaknya."
6. Yehuda berkata kepada mereka, "Tahanlah dirimu dari padanya sampai gandum telah habis, dan dia akan berkata, 'Bawalah saudaramu,' pada waktu dia mendapati nyawanya dan nyawa seisi rumahnya dalam bahaya kelaparan."
7. Dan pada waktu itu kelaparan sangat merajalela di seluruh negeri, dan semua orang di bumi pergi dan datang ke Mesir untuk membeli makanan, karena kelaparan sangat hebat atas mereka. Anak-anak Yakub tinggal di Kanaan selama satu tahun dua bulan hingga gandum mereka habis.
8. Dan terjadilah sesudah gandum mereka habis, seisi rumah Yakub terdesak dengan kelaparan. Dan semua anak-anak Yakub yang masih kecil datang bersama-sama dan mereka mendekati Yakub. Mereka semua mengelilinginya, dan berkata kepadanya, "Berikanlah kami roti, dan mengapakah kami semua harus mati kelaparan di hadapanmu?"
9. Yakub mendengar perkataan anak-anak putranya, dan dia menangis dengan sedihnya. Belas kasihannya timbul karena mereka, dan Yakub memanggil anak-anaknya dan mereka semua datang dan duduk di hadapannya.
10. Yakub berkata kepada mereka, "Belumkah engkau lihat bagaimana anak-anakmu telah menangis kepadaku hari ini, dengan berkata, 'Berikanlah kepada kami roti,' namun tidak ada sama sekali? Maka sekarang kembalilah dan belilah bagi kita sedikit makanan."
11. Yehuda menjawab dan berkata kepada ayahnya, "Jika engkau hendak mengirim saudara kami bersama kami, kami akan pergi dan membeli gandum bagimu, dan jika engkau tidak mau mengirim dia maka kami tidak akan pergi, karena sesungguhnya raja Mesir telah memerintahkan kami secara khusus, katanya, 'Kamu tidak boleh melihat wajahku kecuali saudaramu ada bersamamu,' karena raja Mesir itu raja yang kuat dan perkasa. Dan lihatlah, jika kami pergi kepadanya tanpa saudara kami, kami semuanya pasti akan dihukum mati.
12. Tidakkah engkau tahu dan belumkah engkau mendengar bahwa raja ini sangat kuat dan bijaksana, dan tidak ada seorang pun yang seperti dia di seluruh bumi? Lihatlah, kami telah melihat semua raja-raja di bumi dan kami belum pernah melihat seseorang seperti raja itu, raja Mesir. Sesungguhnya di antara semua raja-raja di bumi tidak ada seorang pun yang lebih besar daripada Abimelek raja Pelishtim, namun raja Mesir lebih besar dan perkasa dibandingkan dia. Abimelek hanya dapat dibandingkan dengan salah satu perwiranya.
13. Bapa, engkau belum melihat istananya dan tahtanya, dan semua hamba-hambanya yang berdiri di hadapannya. Engkau belum melihat raja itu di atas tahtanya dalam kemegahan dan kebesaran kerajaannya, berpakaian jubah kerajaannya dengan mahkota besar dari emas di atas kepalanya. Engkau belum melihat kehormatan dan kemuliaan yang telah diberikan Allah kepadanya, karena tidak ada seorang pun seperti dia di seluruh bumi.
14. Bapa, engkau belum melihat hikmat, dan pengertian dan pengetahuan yang diberikan Allah di dalam hatinya, atau pun mendengar kata-katanya yang indah ketika dia berbicara kepada kami.
15. Kami tidak tahu, bapa, siapakah yang membuat dia mengenali nama-nama kami dan apa yang menimpa kami, namun dia juga bertanya tentang engkau, katanya, 'Apakah ayahmu masih hidup, dan apakah baik-baik keadaannya?'
16. Engkau belum melihat urusan pemerintahan Mesir diatur oleh dia, tanpa bertanya kepada Par'oh tuannya. Engkau belum melihat kekaguman dan kegentaran yang dia timbulkan atas seluruh orang Mesir.
17. Juga ketika kami meninggalkan dia, kami mengancam hendak melakukan kepada Mesir seperti kepada kota-kota orang Amori lainnya, karena kami sangat murka terhadap semua kata-kata yang dia ucapkan kepada kami seperti mata-mata, dan sekarang jika kami harus datang kembali ke hadapannya, kegentarannya akan menimpa kami semua, dan tidak seorang pun dari kami akan dapat berbicara kepadanya baik hal kecil maupun besar.
18. Maka sekarang bapa, lepaslah kami mohon, anak itu bersama kami, dan kami akan pergi dan membeli bagimu makanan untuk kebutuhan kita, supaya kita tidak mati kelaparan." Dan Yakub berkata, "Mengapa engkau berlaku buruk kepadaku dengan memberitahu raja bahwa engkau punya seorang saudara? Apakah yang telah engkau lakukan kepadaku ini?"
19. Dan Yehuda berkata kepada Yakub ayahnya, "Berikan anak itu ke dalam pengawasanku dan kami akan bangkit dan turun ke Mesir dan membeli gandum, dan kemudian kembali. Dan jika kami kembali dan anak itu tidak bersama kami, maka biarlah aku menanggung kesalahanmu selamanya.
20. Sudahkah engkau melihat semua anak-anak kami yang kecil menangis kepadamu karena lapar dan tidak ada kuasa dalam tanganmu untuk mengenyangkan mereka? Sekarang biarlah belas kasihanmu timbul bagi mereka dan lepaskanlah saudara kami bersama kami dan kami akan pergi.
21. Karena bagaimana kebaikan Yehuwah kepada nenek moyang kita akan dinyatakan kepadamu jika engkau berkata bahwa raja Mesir akan mengambil putramu? Demi Yehuwah yang hidup, aku tidak akan meninggalkan dia hingga aku membawanya dan menempatkan dia kembali di hadapanmu. Namun berdoalah bagi kami kepada Yehuwah, supaya Dia berlaku baik kepada kami, untuk membuat kami menerima kemurahan dan kebaikan di hadapan raja Mesir dan orang- orangnya, karena jika kita tidak menunda-nunda, sesungguhnya sekarang kami sudah kembali kedua kalinya bersama dengan putramu."
22. Dan Yakub berkata kepada anak-anaknya, "Aku percaya dalam Yehuwah Allah bahwa Dia akan melepaskan engkau dan memberikan kepadamu kemurahan di mata raja Mesir, dan di mata semua orang-orangnya.
23. Maka sekarang bangkit dan pergilah kepada orang itu, dan bawalah bagi dia persembahan dalam tanganmu dari apa yang dapat diperoleh di negeri ini dan bawalah ke hadapannya. Semoga Allah Yang Mahakuasa memberikan kepadamu belas kasihan di hadapannya supaya dia melepaskan Benyamin dan Simeon saudaramu bersama engkau."
24. Dan semua orang itu bangkit, dan mereka membawa saudaranya Benyamin, dan mereka membawa dalam tangannya suatu persembahan yang besar dari yang terbaik di negeri ini, dan mereka juga membawa perak dua kali lipat.
25. Yakub dengan keras memerintahkan anak-anaknya mengenai Benyamin, katanya, "Perhatikan dia di jalan ke mana engkau pergi, dan jangan pisahkan dirimu dari padanya di jalan, demikian juga di Mesir."
26. Dan Yakub bangkit dari anak-anaknya dan merentangkan tangannya dan dia berdoa kepada Yehuwah bagi anak-anaknya, katanya, "Ya Yehuwah Allah surga dan bumi, ingatlah perjanjian-Mu dengan ayah kami Abraham, ingatlah dengan ayahku Ishak, dan berbuatlah baik kepada anak-anakku dan janganlah menyerahkan mereka ke tangan raja Mesir. Lakukanlah aku mohon, ya Allah, demi belas kasihan-Mu dan tebuslah semua anak-anakku dan selamatkanlah mereka dari kekuasaan orang Mesir, dan lepaskanlah bagi mereka kedua saudaranya."
27. Semua istri anak-anak Yakub dan anak-anak mereka mengangkat mata mereka ke surga dan mereka semuanya menangis di hadapan Yehuwah dan berteriak kepada-Nya supaya melepaskan ayah-ayah mereka dari tangan raja Mesir.
28. Yakub menulis surat kepada raja Mesir dan memberikannya ke tangan Yehuda dan ke tangan anak-anaknya bagi raja Mesir, tulisnya,
29. "Dari hambamu Yakub bin Ishak bin Abraham orang Ibrani, pangeran Allah, kepada raja yang berkuasa dan bijaksana, penyingkap rahasia, raja Mesir, salam.
30. Ketahuilah tuanku raja Mesir, kelaparan sangat hebat atas kami di tanah Kanaan, dan aku mengirim anak-anakku kepadamu untuk membeli bagi kami sedikit makanan dari padamu untuk kebutuhan kami.
31. Karena anak-anakku mengelilingi aku dan aku yang telah menjadi sangat tua tidak dapat melihat dengan mataku, karena mataku telah menjadi sangat berat karena usia, demikian juga karena menangisi putraku setiap hari, karena Yusuf yang telah hilang dari hadapanku, dan aku memerintahkan anak-anakku supaya mereka tidak memasuki pintu-pintu gerbang kota ketika mereka datang ke Mesir, karena penduduk negeri ini.
32. Aku juga memerintahkan mereka ke sekitar Mesir untuk mencari anakku Yusuf, barangkali mereka dapat menemukan dia di sana, dan mereka melakukannya, dan engkau menganggap mereka sebagai mata-mata di negeri.
33. Belumkah kami mendengar tentang engkau bagaimana engkau menafsirkan mimpi Par'oh dan mengatakan yang sebenarnya kepada dia? Lalu bagaimanakah engkau tidak mengetahui dalam hikmatmu apakah anak-anakku adalah mata-mata ataukah bukan?
34. Maka sekarang, tuanku dan raja, lihatlah aku telah mengirim putraku ke hadapanmu, seperti yang telah engkau katakan kepada anak-anakku. Aku mohon supaya engkau mengawasinya sampai dia kembali kepadaku dalam damai bersama saudara-saudaranya.
35. Karena tidakkah engkau mengetahui, atau belumkah engkau mendengar apa yang Allah kami perbuat kepada Par'oh ketika dia mengambil ibuku Sarah, dan apa yang Dia perbuat kepada Abimelek raja Pelishtim karena dia, dan juga apa yang ayah kami Abraham perbuat kepada sembilan raja-raja Elam, bagaimana dia memukul mereka semuanya hanya dengan sedikit orang yang ada bersama dia?
36. Dan juga apa yang dua orang putraku, Simeon dan Lewi perbuat kepada delapan kota-kota orang Amori, bagaimana mereka menghancurkannya karena saudari mereka Dina?
37. Dan juga karena saudara mereka Benyamin, mereka menghibur diri mereka karena kehilangan saudaranya Yusuf. Apa yang akan mereka perbuat bagi dia jika mereka melihat tangan siapa pun berkuasa atas mereka, demi dia?
38. Tidakkah engkau tahu, ya raja Mesir, bahwa kuasa Allah ada bersama kami, dan bahwa Allah juga selalu mendengar doa-doa kami dan tidak membiarkan kami sepanjang masa?
39. Dan ketika anak-anakku mengatakan kepadaku perlakuanmu kepada mereka, aku tidak berseru kepada Yehuwah karena engkau, karena jika demikian engkau akan musnah bersama orang-orangmu sebelum putraku Benyamin datang ke hadapanmu, namun aku berpikir karena Simeon anakku ada di dalam rumahmu, barangkali engkau akan berlaku baik kepadanya, karena itu aku tidak melakukan hal ini kepadamu.
40. Maka sekarang, lihatlah Benyamin putraku telah datang kepadamu bersama anak-anakku. Perhatikanlah dia dan awasilah dia, maka Allah akan mengawasi engkau dan seluruh kerajaanmu.
41. Sekarang aku telah mengatakan kepadamu segala yang ada dalam hatiku, dan lihatlah anak-anakku datang kepadamu dengan saudara mereka, selidikilah seluruh muka bumi demi mereka dan kirimkanlah mereka kembali dalam damai  bersama saudara-saudara mereka."
42. Yakub memberikan surat ini kepada anak-anaknya dalam pengawasan Yehuda untuk diberikan kepada raja Mesir.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar