Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 35

Pasal 35

1. Dan raja-raja orang Amori datang dan mengambil tempat di padang dan berunding dengan para penasihat mereka apa yang harus dilakukan kepada anak-anak Yakub, karena mereka masih gentar kepada mereka, katanya, "Lihatlah, dua orang dari mereka membunuh seluruh kota Sikhem."
2. Dan Yehuwah mendengar doa-doa Ishak dan Yakub, dan Dia memenuhi hati semua penasihat raja dengan ketakutan yang besar dan kegentaran sehingga mereka berseru dengan suara bulat,
3. "Apakah engkau bodoh hari ini, atau tidak adakah pengertian di dalammu, sehingga engkau akan berperang dengan orang Ibrani, dan mengapa engkau senang dengan kehancuranmu sendiri hari ini? 
4. Lihatlah, dua orang dari mereka datang ke kota Sikhem tanpa takut atau gentar, dan mereka membunuh seluruh penduduk kota, dan tidak ada seorang pun berdiri melawan mereka. Bagaimana engkau dapat berperang melawan mereka semuanya?
5. Sesungguhnya engkau tahu bahwa Allah mereka sangat menyayangi mereka, dan telah melakukan perbuatan perkasa bagi mereka. Seperti itu tidak pernah dilakukan sejak zaman dahulu kala, dan di antara semua allah bangsa-bangsa, tidak ada seorang pun dapat melakukan seperti perbuatan- perbuatan-Nya yang perkasa.
6. Sesungguhnya dia melepaskan ayah mereka Abraham, orang Ibrani, dari tangan Nimrod, dan dari tangan semua orangnya yang berulang kali berusaha membunuh dia.
7. Dia melepaskannya juga dari api yang ke dalamnya raja Nimrod melemparkan dia, dan Allahnya melepaskan dia dari dalamnya.
8. Siapa lagi yang dapat melakukan seperti ini? Sesungguhnya Abraham yang membunuh lima raja Elam, ketika mereka menjamah putra saudaranya yang waktu itu tinggal di Sodom.
9. Dan mengambil hambanya yang setia di rumahnya dan sedikit orang-orangnya, dan mereka mengejar raja-raja Elam dalam satu malam dan membunuh mereka, dan mengembalikan kepada putra saudaranya seluruh harta benda yang telah mereka ambil darinya.
10. Dan sesungguhnya engkau tahu Allah orang Ibrani ini sangat senang dengan mereka, dan mereka juga senang dengan-Nya, karena mereka tahu bahwa Dia melepaskan mereka dari semua musuh-musuh mereka.
11. Dan lihatlah, karena kasihnya kepada Allahnya, Abraham mengambil satu-satunya putranya yang berharga dan bermaksud membawanya sebagai persembahan bakaran kepada Allahnya. Jika bukan Allah yang mencegah dia melakukan ini, dia tentu sudah melakukannya karena kasihnya kepada Allahnya.
12. Dan Allah melihat semua perbuatannya, dan bersumpah kepadanya, dan berjanji kepadanya bahwa Dia akan melepaskan anak-anaknya dan seluruh keturunannya dari setiap masalah yang akan menimpa mereka, karena dia telah melakukan hal ini, dan karena kasihnya kepada Allahnya telah memadamkan belas kasihannya kepada anaknya.
13. Belumkah engkau dengar apa yang dilakukan Allah mereka kepada Par'oh raja Mesir, dan kepada Abimelek raja Gerar, karena mengambil istri Abraham, yang berkata tentangnya, 'Dia saudariku,' supaya jangan mereka membunuh dia karenanya, dan berpikir untuk mengambilnya sebagai istri? Dan Allah melakukan kepada mereka dan rakyatnya segala yang telah engkau dengar.
14. Dan lihatlah, kita sendiri melihat dengan mata kita bahwa Esau, saudara Yakub, datang kepadanya dengan empat ratus orang, dengan maksud membunuh dia, karena dia mengingat bahwa dia telah mengambil dari padanya berkat ayahnya.
15. Dan dia datang untuk menyongsongnya ketika dia datang dari Aram, untuk memukul ibu dengan anak-anaknya, dan siapakah yang melepaskan dia dari tangannya jika bukan Allahnya yang kepada-Nya dia percaya? Dia melepaskannya dari tangan saudaranya dan juga dari tangan musuh-musuhnya, dan sesungguhnya Dia akan melindungi mereka lagi.
16. Siapakah yang belum tahu bahwa Allah merekalah yang membangkitkan mereka dengan kekuatan untuk melakukan kepada kota Sikhem malapetaka yang engkau dengar?
17. Dapatkah dengan kekuatan mereka sendiri, dua orang dapat menghancurkan sebuah kota yang demikian besar seperti Sikhem jika bukan karena Allah yang kepada-Nya mereka percayai? Dia berfirman dan melakukan kepada mereka semuanya untuk membunuh penduduk kota mereka.
18. Dapatkah engkau menang melawan mereka yang telah datang bersama dari kotamu untuk berperang melawan mereka seluruhnya, bahkan jika seribu kali lipat lagi datang untuk membantu engkau?
19. Sesungguhnya engkau tahu dan mengerti bahwa engkau tidak datang untuk berperang melawan mereka, tapi engkau datang untuk berperang melawan Allah mereka yang telah memilih mereka, dan karenanya engkau semuanya telah datang hari ini untuk dihancurkan.
20. Maka sekarang tahanlah malapetaka ini, yang engkau usahakan dengan keras untuk datang ke atasmu. Adalah lebih baik bagimu untuk tidak pergi berperang melawan mereka, meskipun mereka sedikit jumahnya, karena Allah mereka ada bersamanya."
21. Dan ketika raja-raja orang Amori mendengar seluruh perkataan para penasihat mereka, hati mereka dipenuhi kegentaran, dan mereka takut kepada anak-anak Yakub dan tidak mau berperang melawan mereka.
22. Dan mereka menyendengkan telinganya kepada perkataan para penasihat mereka, dan mendengarkan seluruh ucapan mereka. Perkataan para penasihat itu sangat memuaskan raja-raja, dan mereka melakukannya.
23. Maka raja-raja berpaling dan menahan diri dari anak-anak Yakub, karena mereka tidak berani mendekatinya untuk berperang melawannya, karena sangat gentar kepada mereka. Hati mereka meleleh di dalam diri mereka karena ketakutan kepadanya.
24. Karena hal ini berasal dari Yehuwah kepada mereka, karena Dia mendengar doa-doa hamba-Nya Ishak dan Yakub, karena mereka percaya kepada-Nya. Seluruh raja ini kembali ke perkemahan mereka pada hari itu, masing-masing ke kotanya sendiri, dan mereka pada waktu itu tidak berperang dengan anak-anak Yakub.
25. Anak-anak Yakub tetap berada pada tempatnya hari itu hingga petang, di seberang gunung Sihon. Dan melihat bahwa raja-raja ini tidak datang untuk berperang melawan mereka, anak-anak Yakub pulang kembali.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar