Laman

Senin, 01 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 18

Pasal 18

1. Dan Abraham bangkit dan melakukan semua yang telah Allah perintahkan kepadanya. Dia mengambil orang-orang lelaki seisi rumahnya dan mereka yang dibeli dengan uangnya, dan dia menyunatkan mereka seperti Yehuwah perintahkan kepadanya.
2. Tidak ada seorang pun yang tertinggal yang tidak dia sunatkan. Abraham dan putranya Ishmael disunatkan pada daging kulit khatan mereka. Umur Ishmael tiga belas tahun pada waktu dia disunakan pada daging kulit khatannya.
3. Pada hari ketiga Abraham keluar dari kemahnya dan duduk di pintu untuk menikmati panas matahari, selama rasa sakit pada dagingnya.
4. Dan Yahweh menampakkan diri kepadanya di lembah Mamre, dan mengirimkan tiga malaikat yang melayani-Nya untuk mengunjungi dia. Dia sedang duduk di pintu kemahnya, dan dia mengangkat matanya dan memandang, dan lihatlah, tiga orang sedang datang dari kejauhan. Maka bangkitlah dia dan berlari menyongsong mereka. Dia sujud kepada mereka dan membawanya ke dalam rumahnya.
5. Dia berkata kepada mereka, "Jika sekarang aku mendapatkan kemurahan di matamu, singgahlah dan makanlah sepotong roti. Dia mendesak mereka, dan mereka pun singgahlah. Dia memberikan mereka air, dan mereka membasuh kaki mereka. Dia menempatkan mereka di bawah pohon di pintu kemah.
6. Abraham berlari dan mengambil seekor anak sapi, lembut dan baik dan dia segera menyembelihnya, dan memberikannya kepada hambanya Eliezer untuk diolah.
7. Abraham datang kepada Sarah di dalam kemah, dan berkata kepadanya, "Siapkanlah segera tiga porsi makanan yang baik, remaslah adonan itu dan buatlah kue untuk menutup kuali berisi daging," dan dia melakukannya.
8. Abraham bergegas dan menyajikan kepada mereka mentega dan susu, daging dan potongan daging domba, dan menghidangkannya ke hadapan mereka untuk dimakan sebelum daging anak sapi itu cukup matang, dan mereka memakannya.
9. Dan ketika mereka selesai makan, salah seorang berkata kepadanya, "Aku akan kembali kepadamu menurut waktu kehidupan, dan Sarah istrimu akan memiliki seorang anak laki-laki."
10. Orang-orang ini kemudian beranjak dan pergi melanjutkan perjalanan mereka, ke tempat-tempat di mana mereka diutus.
11. Pada waktu itu semua orang Sodom dan Gomora, dan seluruh lima kota, sangatlah jahat dan penuh dosa terhadap Yehuwah dan mereka memancing murka Yehuwah dengan kejijikan mereka. Dan semakin tua mereka semakin memperbanyak kejijikan dan penghinaan di hadapan Yehuwah. Kefasikan dan kejahatan mereka pada waktu itu besar di hadapan Yehuwah.
12. Mereka memiliki di negeri mereka suatu lembah yang sangat luas, kira-kira setengah hari perjalanan luasnya, dan di dalamnya ada sumber mata air dan sejumlah besar tumbuh-tumbuhan hijau di sekeliling air.
13. Seluruh penduduk Sodom dan Gomora pergi ke sana empat kali dalam setahun, bersama istri-istri dan anak-anak dan semua milik kepunyaan mereka. Mereka bersukacita di sana dengan rebana dan tari-tarian.
14, Pada waktu sukaria itu mereka semuanya akan bangkit dan menjamah istri-istri tetangganya, dan beberapa, anak-anak perawan tetangganya, dan mereka menikmatinya. SetiaP orang melihat istri dan anak perempuannya di tangan tetangganya dan tidak mengucapkan sepatah kata pun.
15. Mereka melakukannya dari pagi sampai malam, dan selanjutnya mereka pulang setiap orang ke rumahnya dan setiap perempuan ke kemahnya. Jadi mereka selalu melakukannya empat kali dalam setahun.
16. Juga ketika seorang asing datang ke kota mereka dan membawa barang-barang yang dia beli untuk dijual disana, penduduk kota itu akan berkumpul, laki-laki, perempuan dan anak-anak, muda dan tua, dan pergi kepada orang itu dan merampas barang-barangnya dengan kekerasan, membagikannya sedikit demi sedikit kepada setiap orang sampai semua barang yang dibawa pemiliknya ke negeri itu habis.
17. Dan jika pemilik barang-barang itu bertengkar dengan mereka, dan berkata, "Perbuatan apa yang telah engkau lakukan kepadaku," maka mereka akan mendekati dia seorang demi seorang, dan setiap orang akan menunjukkan bagian yang mereka ambil dan mencemooh dia, katanya, "Aku hanya mengambil sedikit itu, yang engkau berikan kepadaku." Ketika dia mendengar ini dari mereka semuanya, dia akan bangkit dan meninggalkan mereka dengan sedih dan sakit hati, ketika mereka semuanya bangkit dan mengejarnya, dan mengusir dia keluar dari kota dengan teriakan dan keributan.
18. Ada seorang laki-laki dari negeri Elam yang pergi dengan santai di jalan, duduk di atas keledainya, yang membawa jubah halus beraneka warna, dan jubah itu terikat dengan tali pada keledai.
19. Orang ini sedang dalam perjalanannya melintasi jalanan Sodom ketika matahari terbenam pada waktu petang hari. Dia tingsal di sana supaya dapat bermalam, namun tidak seorang pun mengijinkan dia masuk ke dalam rumahnya. Pada waktu itu di Sodom ada seorang yang jahat dan pembuat onar, yang pintar melakukan kejahatan, namanya Hedad.
20. Dia mengangkat matanya dan melihat pengembara ini di jalanan kota. Dia datang kepadanya dan berkata, "Dari manakah engkau datang dan ke manakah engkau pergi?"
21. Orang itu berkata kepadanya, "Aku melakukan perjalanan dari Hebron menuju Elam di mana aku tinggal, dan selagi aku lewat matahari terbenam dan tidak seorang pun mengijinkan aku masuk ke rumahnya, meskipun aku punya roti dan air dan juga jerami dan makanan untuk keledaiku, dan tidak kekurangan apa-apa."
22. Hedad menjawab dan berkata kepadanya, "Apa yang engkau inginkan akan aku sediakan, namun di jalanan engkau tidak boleh tinggal semalaman."
23. Hedad membawa dia ke rumahnya, dan dia melepaskan jubah dari keledai dengan talinya, dan membawanya ke rumahnya. Dia memberikan keledai itu jerami dan makanan sementara pengembara itu makan dan minum di rumah Hedad. Dia menginap di sana malam itu.
24. Dan pada pagi harinya pengembara itu bangun pagi-pagi sekali untuk melanjutkan perjalanannya, ketika Hedad berkata kepadanya, "Tunggu, puaskanlah hatimu dengan sepotong roti dan kemudian pergilah," dan orang ini melakukannya. Dia tetap bersamanya, dan mereka berdua makan dan minum bersama sepanjang hari, ketika orang itu bangkit untuk pergi.
25. Hedad berkata kepadanya, "Lihatlah, sekarang hari telah sore, engkau lebih baik tinggal bermalam supaya hatimu senang. Dia mendesaknya supaya tinggal disana sepanjang malam. Dan pada hari kedua dia bangun pagi-pagi sekali untuk pergi, ketika Hedad memaksanya, katanya, "Puaskanlah hatimu dengan sepotong roti dan kemudian pergilah," dan dia juga tinggal dan makan bersamanya pada hari kedua, dan kemudian orang itu bangkit untuk melanjutkan perjalanannya.
26. Hedad berkata kepadanya, "Lihatlah sekarang hari sudah sore, tinggallah bersamaku untuk menyenangkan hatimu dan besok bangunlah pagi-pagi sekali dan lanjutkan perjalananmu."
27. Orang itu tidak mau tinggal, namun bangkit dan memasang pelana keledainya. Sementara dia memasang pelana keledainya istri Hedad berkata kepada suaminya, "Lihatlah, orang ini tinggal bersama kita selama dua hari makan dan minum dan dia tidak memberikan apa-apa kepada kita, dan sekarang haruskah dia pergi dari kita tanpa memberikan apa-apa?" Hedad berkata kepadanya, "Diamlah."
28. Orang ini memasang pelana keledainya untuk pergi, dan dia berkata kepada Hedad supaya memberikan ta1i dan jubahnya untuk diikat pada keledai.
29. Hedad berkata kepadanya, "Apa yang engkau katakan?" Dia berkata kepadanya, "Supaya engkau, tuanku, memberikan tali dan jubah beraneka warna yang engkau sembunyikan di dalam rumahmu untuk disimpan."
30. Hedad menjawab orang ini, katanya, "Inilah tafsir mimpimu, tali yang engkau lihat, artinya hidupmu akan diperpanjang seperti ta1i, dan melihat jubah yang diberi segala jenis warna, artinya engkau akan memiliki sebuah kebun anggur yang akan engkau tanami segala macam pohon buah-buahan."
31. Pengembara itu menjawab, katanya, "Tidak demikian tuanku, karena aku sedang sadar ketika aku memberikan kepadamu tali dan juga jubah yang ditenun dengan berbagai warna, yang engkau turunkan dari keledai untuk menyimpannya bagiku." Hedad menjawab dan berkata, "Sesungguhnya aku telah memberitahukan kepadamu tafsir mimpimu dan itu mimpi yang baik dan inilah tafsirnya.
32. Anak-anak manusia memberikan kepadaku empat keping perak, yaitu biaya menafsirkan mimpi, dan kepadamu aku hanya meminta tiga keping perak."
33. Orang ini tersulut amarahnya karena kata-kata Hedad, dan dia menangis dengan getirnya. Dia membawa Hedad kepada Serak hakim di Sodom.
34, Orang ini mengadukan perkaranya kepada hakim Serak, ketika Hedad menjawab, katanya, "Tidaklah demikian, tapi beginilah kejadiannya." Dan hakim berkata kepada pengembara itu, "Orang ini, Hedad, mengatakan kepadamu kebenaran, karena dia terkenal di kota-kota karena ketepatannya menafsirkan mimpi."
35. Orang ini menangis karena perkataan hakim itu, dan dia berkata, "Tidak demikian tuanku, karena pada hari itu aku memberikan kepadanya tali dan jubah yang ada di atas keledai, supaya disimpan di dalam rumahnya." Mereka berdua berdebat di hadapan hakim, yang satunya berkata, "Beginilah kejadiannya," dan yang lain menyatakan sebaliknya.
36. Hedad berkata kepada orang itu, "Berikan kepadaku empat keping perak sebagai upahku menafsirkan mimpi. Aku tidak akan memberikan keringanan. Dan berikan biaya empat kali makan yang engkau makan di rumahku."
37. Orang itu berkata kepada Hedad, "Sungguh aku membayar kepadamu untuk apa yang aku makan di rumahmu, hanya berikan kepadaku tali dan jubah yang engkau sembunyikan di dalam rumahmu."
38. Hedad menjawabnya di hadapan hakim dan berkata kepada orang itu, "Tidakkah aku mengatakan kepadamu tafsir mimpimu? Tali itu artinya hari-harimu akan diperpanjang seperti tali, dan jubah itu, bahwa engkau akan memiliki sebuah kebun anggur yang di dalamnya akan engkau tanami berbagai jenis pohon buah-buahan.
39. Inilah penafsiran yang tepat dari mimpimu, sekarang berikan kepadaku empat keping perak yang aku minta sebagai bayaran, karena aku tidak memberikan kepadamu keringanan."
40. Orang itu berteriak karena kata-kata Hedad dan mereka berdua bertengkar di hadapan hakim. Hakim memberi perintah kepada hamba-hambanya, yang segera mengusir mereka dari rumah dengan terburu-buru.
41. Mereka meninggalkan hakim sambil bertengkar, ketika orang-orang Sodom mendengar mereka. Dan mereka berkumpul di sekelilingnya dan mereka berteriak terhadap orang asing itu, dan cepat-cepat mengusirnya dari kota.
42. Orang itu melanjuthan perjalanan di atas keledainya dengan hati yang pilu, meratap dan menangis.
43. Dan sementara dia menyusuri jalan dia menangis karena apa yang terjadi kepadanya di kota Sodom yang rusak.


Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar