Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 29

Pasal 29

1. Ishak bin Abraham telah menjadi tua dan lanjut umur, dan matanya memudar karena usia, matanya rabun dan tidak dapat melihat.
2. Pada waktu itu Ishak memanggil anaknya Esau, katanya, "Ambillah senjatamu, aku mohon, tabung panahmu dan busur panahmu, bangkit dan pergilah ke padang dan dapatkan bagiku daging rusa, dan buatkan bagiku masakan yang lezat dan bawalah itu kepadaku, sehingga dapat aku makan supaya aku dapat memberkati engkau sebelum kematianku, karena sekarang aku telah menjadi tua dan beruban."
3. Maka Esau melakukannya. Dia mengambil senjatanya dan pergi ke padang untuk berburu daging rusa, seperti biasanya, untuk membawa kepada ayahnya seperti yang telah dia perintahkan kepadanya, supaya dia dapat memberkatinya.
4. Dan Ribkah mendengar semua perkataan yang Ishak ucapkan kepada Esau, maka dia bergegas dan memanggil anaknya Yakub, katanya, "Beginilah ayahmu berbicara kepada saudaramu Esau, dan beginilah aku dengar, maka sekarang bergegaslah engkau dan perbuatlah apa yang akan aku katakan kepadamu.
5. Bangkit dan pergilah, aku mohon, kepada kawanan domba dan ambilkan bagiku dua anak kambing terbaik dan aku akan menyediakan masakan lezat bagi ayahmu. Dan engkau harus membawa masakan lezat itu supaya dia memakannya sebelum saudaramu datang dari berburu, supaya ayahmu dapat memberkati engkau.
6. Yakub bergegas dan melakukan seperti yang ibunya perintahkan kepadanya. Dan dia membuat masakan lezat dan membawanya ke hadapan ayahnya sebelum Esau datang dari perburuannya.
7. Ishak berkata kepada Yakub, "Siapakah engkau, anakku?" Maka dia berkata, "Aku anak sulungmu Esau. Aku sudah melakukan seperti yang engkau perintahkan, maka sekarang bangkitlah aku mohon, dan makanlah buruanku, supaya jiwamu dapat memberkati aku seperti yang telah engkau ucapkan kepadaku."
8. Dan Ishak bangkit dan dia makan dan minum, dan hatinya dipuaskan. Maka dia memberkati Yakub dan Yakub pergi dari ayahnya. Segera sesudah Ishak memberkati Yakub dan dia telah pergi meninggalkannya, lihatlah, Esau datang dari perburuannya di padang. Dia juga membuat masakan lezat dan membawanya kepada ayahnya untuk dimakan supaya dia memberkatinya.
9. Ishak berkata kepada Essu, "Lalu siapakah dia yang telah membawa daging rusa dan membawanya kepadaku sebelum engkau datang dan siapakah yang telah aku berkati?" Maka tahulah Esau bahwa saudaranya Yakub telah melakukan ini, dan amarah Esau menyala-nyala terhadap saudaranya, Yakub, karena dia telah berbuat seperti itu kepadanya.
10. ESau berkata, "Tidakkah benar dia dinamai Yakub? Karena dia telah menggantikan aku dua kali, dia telah mengambil hak kesulunganku dan sekarang dia telah mengambil berkatku." Dan Esau menangis dengan keras. Ketika Ishak mendengar suara tangisan anaknya Esau, Yitschaq berkata kepada Esau, "Apa yang dapat aku lakukan, anakku, saudaramu datang dengan kelicikan dan mengambil berkatmu." Dan Esau membenci saudaranya Yakub karena berkat yang telah ayahnya berikan kepadanya, dan amarahnya menyala-nyala terhadap dia.
11. Yakub sangat takut kepada saudaranya, Esau, dan dia bangkit dan melarikan diri ke rumah Eber bin Sem. Dia menyembunyikan dirinya di sana karena saudaranya. Yakub berumur enam puluh tiga tahun ketika dia pergi dari tanah Kanaan dari Hebron, dan Yakub menyembunyikan diri di rumah Eber selama empat belas tahun karena saudaranya Esau. Dan di sana dia melanjutkan mempelajari jalan-jalan Yehuwah dan perintah-perintah-Nya.
12. Ketika Esau melihat bahwa Yakub telah lari dan meloloskan diri dari padanya, dan bahwa Yakub dengan tipu daya mendapatkan berkat, maka Esau sangat susah, dan dia juga sakit hati kepada ayahnya dan ibunya. Maka dia bangkit dan membawa istrinya dan pergi meninggalkan ayah dan ibunya menuju ke tanah Seir, dan menetap di sana. Esau melihat di sana seorang perempuan dari antara anak-anak perempuan Het yang bernama Basmat binti Elon orang Het. Dia mengambilnya sebagai istri sebagai tambahan dari istri pertamanya. Esau menyebut namanya Adah, katanya, berkat pada waktu itu berlalu dari padanya.
13. Esau tinggal di tanah Seir selama enam bulan tanpa melihat ayahnya dan ibunya. Selanjutnya Esau mengambil istri-istrinya dan bangkit dan kembali ke tanah Kanaan. Esau menempatkan dua orang istrinya di rumah ayahnya di Hebron.
14. Istri-istri Esau menyakitkan hati dan menyulut amarah Ishak dan Ribkah dengan perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka tidak berjalan dalam jalan-jalan Yehuwah, namun melayani illah ayah mereka dari kayu dan batu seperti diajarkan ayah mereka kepadanya, dan mereka lebih jahat dari ayah mereka.
15. Mereka berlaku sesuai keinginan-keinginan hatinya yang jahat dan mereka mengorbankan dan membakar dupa kepada Baal. Ishak dan Ribkah menjadi sangat lelah karena mereka.
16. Ribkah berkata, "Aku lelah dengan hidupku karena anak-anak perempuan Het itu. Jika Yakub mengambil seorang istri dari anak-anak perempuan Het, sama seperti anak-anak Perempuan negeri ini, apa gunanya hidup bagiku?"
17. Pada waktu itu Adah istri Esau mengandung dan melahirkan seorang putra baginya, dan ESau menyebut nama anaknya yang lahir baginya Eliphat. Esau berumur enam puluh lima tahun ketika istrinya melahirkan anak baginya.
18. Ismael bin Abraham mati pada waktu itu, dalam tahun keenam puluh empat dari hidup Yakub, dan seluruh umur Ismael waktu ia hidup adalah seratus tiga puluh tujuh tahun dan dia mati.
19. Dan ketika Ishak mendengar bahwa Ismael telah mati dia meratapinya, dan Ishak berkabung atasnya berhari-hari lamanya.
20. Pada akhir tahun keempat belas Yakub tinggal di rumah Eber, Yakub ingin melihat ayahnya dan ibunya. Maka Yakub datang ke rumah ayahnya dan ibunya di Hebron. Esau pada waktu itu sudah lupa apa yang telah dilakukan Yakub kepadanya dengan mengambil berkat dari padanya pada waktu itu.
21. Ketika Esau melihat Yakub datang kepada ayahnya dan ibunya, dia ingat apa yang Yakub telah perbuat kepadanya, dan dia sangat marah terhadapnya dan dia berusaha membunuhnya.
22. Ishak bin Abraham telah tua dan lanjut umur, dan Esau berkata, "Sekarang ayahku telah dekat dengan waktu kematiannya, dan ketika dia mati aku akan membunuh saudaraku Yakub."
23. Hal ini diberitahukan kepada Ribkah, dan dia bergegas mengirim orang memanggil Yakub anaknya, dan dia berkata kepadanya, "Bangkit, pergi dan larilah ke Haran kepada saudaraku Laban. Dan tinggallah di sana sementara waktu, sampai amarah saudaramu beralih dari padamu, dan kemudian haruslah engkau kembali."
24. Ishak memanggil Yakub dan berkata kepadanya, "Janganlah mengambil istri dari anak-anak Kanaan, karena demikianlah ayah kita Abraham telah memerintahkan kita sesuai firman Yehuwah yang telah Dia perintahkan kepadanya, firman-Nya, 'Kepada keturunanmu akan Aku berikan negeri ini. Jika anak-anakmu berpegang pada perjanjian-Ku yang telah Aku buat dengan engkau, maka Aku juga akan melakukan kepada anak-anakmu apa yang telah Aku firmankan kepadamu dan Aku tidak akan meninggalkan mereka.'
25. Maka sekarang anakku dengarkanlah perkataanku, kepada semua yang telah aku perintahkan kepadamu, dan tahanlah dirimu dari mengambil istri dari antara anak-anak perempuan Kanaan. Bangkit, pergilah ke Haran ke rumah Betuel ayah dari ibumu, dan ambillah bagimu seorang istri dari sana dari anak¬anak perempuan Laban saudara ibumu.
26. Karena itu perhatikanlah, supaya jangan engkau melupakan Yehuwah Allahmu dan semua jalan-jalan-Nya di negeri ke mana engkau pergi, dan berhubungan dengan orang¬orang negeri itu dan mengejar kesia-siaan dan meninggalkan Yehuwah Allahmu.
27. Tapi bila engkau datang ke negeri itu layanilah Yehuwah di sana, jangan berpaling ke kanan atau ke kiri dari jalan yang telah aku perintahkan kepadamu dan yang telah engkau pelajari.
28. Semoga Allah Yang Mahakuasa menganugerahkan kepadamu kemurahan di mata orang-orang di bumi, sehingga engkau dapat mengambil seorang istri di sana sesuai pilihanmu, seorang yang baik dan benar di dalam jalan-jalan Yahweh.
29. Semoga Allah memberikan kepadamu dan keturunanmu berkat ayahmu Abraham, dan membuat engkau beranak-cucu dan melipatgandakan engkau, dan semoga engkau menjadi orang-orang yang sangat banyak di negeri ke mana engkau pergi, dan semoga Allah membuat engkau kembali ke tanah ini, negeri kediaman ayahmu, dengan anak-anak dan dengan kekayaan yang besar, dengan sukacita dan dengan kesenangan.
30. Ishak telah selesai memerintahkan Yakub dan memberkatinya. Dia memberikan kepadanya banyak hadiah, bersama dengan perak dan emas, dan dia melepasnya pergi. Yakub mendengarkan ayahnya dan ibunya, dia mencium mereka dan bangkit dan pergi ke Padan-Aram. Yakub berumur tujuh puluh tujuh tahun ketika dia pergi dari tanah Kanaan dari Beersyeba.
31. Ketika Yakub berangkat untuk pergi ke Haran, Esau memanggil anaknya Elifaz dan diam-diam berbicara kepadanya, katanya, "Sekarang bergegaslah, ambillah pedang di tanganmu dan kejarlah Yakub dan berlarilah mendahuluinya di jalan. Intailah dia, dan bunuhlah dia dengan pedangmu di salah satu pegunungan, dan ambillah semua milik kepunyaannya dan kembalilah."
32. Elifaz bin Esau adalah seorang yang gesit dan ahli dengan busur seperti yang diajarkan ayahnya. Dia adalah seorang pemburu yang terkemuka di padang dan seorang yang gagah berani.
33. Elifaz melakukan seperti yang diperintahkan ayahnya kepadanya. Elifaz pada waktu itu berumur tiga belas tahun. Elifaz bangkit dan pergi dengan membawa sepuluh saudara ibunya bersamanya dan mengejar Yakub.
34. Dia membuntuti Yakub dari dekat, dan dia mengintainya di perbatasan tanah Kanaan berseberangan dengan kota Shekem.
35. Yakub melihat Elifaz dan orang-orangnya mengejar dia. Yakub diam berdiri di tempat di mana dia akan pergi, untuk mengetahui semuanya ini, karena dia tidak tahu apa-apa. Maka Elifaz menghunus pedangnya dan dia bergerak maju, dia dan orang-orangnya, menuju Yakub. Yakub berkata kepada mereka, "Apakah yang engkau perbuat sehingga engkau datang ke sini, dan apa artinya engkau mengejar dengan pedangmu?"
36 Elifaz datang mendekat kepada Yakub dan dia menjawab dan berkata kepadanya, "Demikianlah ayahku memerintahkan aku, maka sekarang aku tidak akan menyimpang dari perintah yang ayahku berikan kepadaku."Dan ketika Yagob melihat bahwa Esau telah mengatakan kepada Elifaz untuk menggunakan kekerasan, Yakub kemudian mendekati dan memohon kepada Elifaz dan orang-orangnya, katanya kepadanya,
37. "Lihatlah semua yang aku miliki dan apa yang diberikan ayahku dan ibuku kepadaku, ambillah bagimu dan pergilah dari padaku, dan janganlah membunuh aku, dan semoga hal ini diperhitungkan kepadamu sebagai kebenaran."
38. Maka Yehuwah menyebabkan Yakub mendapatkan kemurahan di mata Elifaz bin Esau dan orang-orangnya, dan mereka mendengarkan perkataan Yakub, dan mereka tidak membunuhnya. Elifaz dan orang-orangnya mengambil semua milik kepunyaan Yakub bersama-sama dengan perak dan emas yang dia bawa bersamanya dari Beersyeba. Mereka tidak meninggalkan apa pun baginya.
39. Elifaz dan orang-orangnya pergi dari padanya dan mereka kembali kepada Esau di Beersyeba. Mereka mengatakan kepadanya semua yang telah terjadi kepada mereka dengan Yakub, dan mereka memberikan kepadanya semua yang telah mereka ambil dari Yakub.
40. Maka Esau sangat marah kepada Elifaz anaknya, dan kepada orang-orangnya yang menyertainya, karena mereka tidak membunuh Yakub.
41. Mereka menjawab dan berkata kepada Esau, "Karena Yakub memohon kepada kami dalam hal ini supaya tidak membunuh dia. Belas kasihan kami timbul kepadanya, dan kami mengambil semua milik kepunyaannya dan membawanya kepadamu." Esau mengambil seluruh perak dan emas yang Elifaz ambil dari Yakub dan dia meletakkannya di dalam rumahnya.
42. Pada waktu itu ketika Esau melihat bahwa Ishak telah memberkati Yakub, dan telah memerintahkan kepadanya, katanya, "Engkau tidak boleh mengambil istri dari antara anak¬anak perempuan Kanaan," dan bahwa anak-anak Kanaan sangat buruk di mata Ishak dan Ribkah, 
43. maka dia pergi ke rumah Ismael pakdenya, dan sebagai tambahan bagi istri-istri tuanya dia mengambil Mahalat binti Ismael, saudara perempuan Nebayot, sebagai istri.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar