Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 55

Pasal 55

1. Yakub berkata, "Aku akan pergi dan melihat putraku di Mesir dan kemudian akan kembali lagi ke tanah Kanaan yang atasnya Allah telah berfirman kepada Abraham, karena aku tidak dapat meninggalkan tanah tempat kelahiranku."
2. Tetapi firman Yehuwah datang kepadanya, demikian, "Turunlah ke Mesir dengan seisi rumahmu dan tinggallah di sana, janganlah takut untuk turun ke Mesir, karena di sana Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar."
3. Yakub berkata dalam hatinya, "Aku akan pergi dan melihat putraku apakah takut akan Allah masih ada dalam hatinya di antara seluruh penduduk Mesir."
4. Dan Yehuwah berfirman kepada Yakub, "Jangan takut mengenai Yusuf, karena dia masih mempertahankan kesungguhan hatinya untuk melayani Aku, yang akan kelihatan baik di matamu." Dan Yakub sangat bersukacita terhadap putranya.
5. Pada waktu itu Yakub memerintahkan anak-anaknya dan seisi rumahnya untuk pergi ke Mesir sesuai firman Yehuwah kepadanya. Dan Yakub bangkit bersama anak-anaknya dan seisi rumahnya. Dia pergi dari tanah Kanaan dari Beersyeba, dengan sukacita dan hati yang gembira, dan mereka pergi ke tanah Mesir.
6. Terjadilah ketika mereka sudah dekat Mesir, Yakub mengirim Yehuda mendahuluinya kepada Yusuf supaya dia dapat menunjukkan kepadanya keadaan di Mesir. Yehuda melakukan seperti perkataan ayahnya, dan bergegas dan berlari dan datang kepada Yusuf. Mereka menetapkan baginya suatu tempat di tanah Gosyen bagi seisi rumahnya, dan Yehuda kembali dan melewati jalan menuju ayahnya.
7. Yusuf menyiapkan kereta, dan dia mengumpulkan seluruh orang gagah perkasanya dan hamba-hambanya dan seluruh perwira Mesir untuk pergi dan menyambut ayahnya Yakub. Perintah Yusuf diumumkan di Mesir, titahnya, "Semua orang yang tidak pergi untuk menyambut Yakub harus mati."
8. Dan keesokan harinya Yusuf pergi beserta seluruh Mesir, suatu pasukan yang besar dan kuat, semuanya berpakaian lenan halus dan ungu dengan hiasan dari perak dan emas dan dengan persenjataan perangnya.
9. Mereka semua pergi untuk menyambut Yakub dengan berbagai jenis alat-alat musik, dengan tambur dan rebana, menaburkan mur dan gaharu di sepanjang jalan. Mereka semua pergi dengan cara ini, dan bumi bergetar karena teriakan mereka.
10. Seluruh kaum perempuan Mesir naik ke atap-atap di Mesir dan ke atas tembok-tembok untuk menyambut Yakub. Di atas kepala Yusuf ada mahkota kerajaan Par'oh, karena Par'oh mengirimkan baginya untuk dikenakan pada waktu dia pergi menyambut ayahnya.
11. Ketika Yusuf tiba lima puluh hasta dari ayahnya, dia meloncat dari keretanya dan berjalan menuju ayahnya. Ketika semua perwira Mesir dan para bangsawan melihat Yusuf berjalan kaki menuju ayahnya, mereka juga meloncat turun dan berjalan kaki menuju Yakub.
12. Ketika Yakub mendekati pasukan Yusuf, Yakub mengamati pasukan yang datang ke arahnya bersama Yusuf dan itu membuat dia bersyukur dan Yakub tercengang atasnya.
13. Yakub berkata kepada Yehuda, "Siapakah orang itu yang aku lihat dalam pasukan Mesir berpakaian jubah kerajaan dengan pakaian sangat merah dan mahkota kerajaan di atas kepalanya, yang telah meloncat dari keretanya dan mendatangi kita?" Yehuda menjawab ayahnya, katanya, "Dia putramu, Yusuf sang raja." Yakub bersukacita melihat kemuliaan putranya.
14. Yusuf datang mendekati ayahnya dan dia bersujud kepada ayahnya, dan seluruh pasukan itu bersujud sampai ke tanah bersama dia di hadapan Yakub.
15. Dan lihatlah, Yakub berlari dan bergegas menuju putranya Yusuf, dan menjatuhkan diri pada lehernya dan menciumi dia. Mereka menangis, dan Yusuf juga memeluk ayahnya dan menciumi dia. Mereka menangis dan seluruh orang Mesir ikut menangis bersama mereka.
16. Yakub berkata kepada Yusuf, "Sekarang aku akan mati dengan gembira setelah aku melihat wajahmu, bahwa engkau masih hidup dan dengan kemuliaan."
17. Anak-anak Yakub dan istri-istri mereka dan anak-anak mereka dan hamba-hamba mereka, dan seisi rumah Yakub menangis tersedu-sedu bersama Yusuf. Mereka menciumi dia dan menangis dengan nyaring bersama dia.
18. Yusuf dan seluruh rakyatnya kemudian pulang kembali ke Mesir. Yakub dan anak-anaknya dan seluruh anak-anak seisi rumahnya datang bersama Yusuf ke Mesir. Yusuf menempatkan mereka di bagian terbaik di Mesir, di tanah Gosyen.
19. Yusuf berkata kepada ayahnya dan kepada saudara-saudaranya, "Aku akan pergi dan berbicara kepada Par'oh, beginilah, 'Saudara-saudaraku dan seisi rumah ayahku dan semua milik kepunyaan mereka telah datang kepadaku, dan lihatlah, mereka ada di tanah Gosyen."
20. Yusuf melakukannya dan membawa dari antara saudara-saudaranya Ruben, Isakhar, Zebulon dan saudaranya Benyamin dan dia menempatkan mereka di hadapan Par'oh.
21. Yusuf berbicara kepada Par'oh, katanya, "Saudara-saudaraku dan seisi rumah ayahku dan semua milik kepunyaan mereka, bersama-sama dengan kawanan domba dan ternak mereka telah datang kepadaku dari tanah Kanaan, untuk singgah di Mesir. Karena kelaparan sangat hebat atas mereka."
22. Dan Par'oh berkata kepada Yusuf, "Tempatkan ayahmu dan saudara-saudaramu di bagian terbaik negeri ini, dan jangan menahan segala yang baik dari mereka, dan berilah mereka makanan yang terbaik dari negeri ini."
23. Yusuf menjawab, katanya, "Lihatlah, aku telah menempatkan mereka di tanah Gosyen, karena mereka para gembala. Karena itu biarlah mereka tetap di Gosyen untuk memberi makan kawanan domba mereka terpisah dari orang Mesir."
24. Par'oh berkata kepada Yusuf, "Lakukan kepada saudara-saudaramu semua yang mereka katakan kepadamu." Dan anak-anak Yakub bersujud kepada Par'oh, dan mereka pergi dari padanya dengan damai. Yusuf selanjutnya membawa ayahnya ke hadapan Par'oh.
25. Yakub datang dan bersujud kepada Par'oh. Yakub memberkati Par'oh, dan dia kemudian pergi. Yakub dan semua anak-anaknya, dan seisi rumahnya tinggal di tanah Gosyen.
26. Dalam tahun yang kedua, yaitu dalam tahun keseratus tiga puluh dari hidup Yakub, Yusuf memelihara ayahnya dan saudara-saudaranya, dan seisi rumah ayahnya, dengan roti menurut anak-anak mereka yang masih kecil, sepanjang waktu kelaparan, mereka tidak kekurangan apa-apa.
27. Yusuf memberikan kepada mereka bagian terbaik dari seluruh negeri. Yang terbaik dari Mesir bagi mereka sepanjang umur hidup Yusuf. Yusuf juga memberikan kepada mereka dan kepada seisi rumah ayahnya, pakaian dan jubah tahun demi tahun. Anak-anak Yakub tinggal dengan aman di Mesir sepanjang umur hidup saudaranya.
28. Yakub selalu makan di meja Yusuf. Yakub dan anak-anaknya tidak meninggalkan meja Yusuf malam maupun siang, selain dari apa yang dimakan anak-anak Yakub di rumah mereka.
29. Seluruh Mesir memakan roti sepanjang hari-hari kelaparan dari rumah Yusuf, karena semua orang Mesir menjual seluruh milik kepunyaan mereka oleh karena kelaparan.
30. Yusuf membeli seluruh tanah dan ladang-ladang Mesir dengan roti bagi Par'oh. Yusuf mencukupi seluruh Mesir dengan roti sepanjang waktu kelaparan. Yusuf mengumpulkan seluruh perak dan emas yang datang kepadanya demi gandum yang mereka beli di seluruh negeri. Dia mengumpulkan banyak emas dan perak, selain sejumlah besar batu onyx, bdellium dan pakaian-pakaian berharga yang mereka bawa kepada Yusuf dari setiap bagian negeri ketika uang mereka telah habis.
31. Yusuf mengambil seluruh perak dan emas yang datang ke tangannya, kira-kira tujuh puluh dua talenta emas dan perak. Dan juga batu onyx dan bdellium dalam jumlah yang limpah, dan Yusuf pergi dan menyembunyikannya menjadi empat bagian. Dia menyembunyikan satu bagian di padang belantara di dekat laut Merah, dan satu bagian di dekat sungai Perath, dan bagian ketiga dan keempat dia sembunyikan di padang gurun di seberang padang belantara Persia dan Media.
32. Dia mengambil bagian dari emas dan perak yang tersisa, dan memberikannya kepada semua saudaranya dan kepada seisi rumah ayahnya, dan kepada semua kaum perempuan di rumah ayahnya. Dan sisanya dia bawa ke rumah Par'oh, kira- kira dua puluh talenta emas dan perak.
33. Yusuf memberikan seluruh emas dan perak yang tersisa kepada Par'oh, dan Par'oh menaruhnya di dalam perbendaharaan. Dan sesudah itu hari-hari kelaparan berakhir dari negeri itu, dan mereka menabur dan menuai di seluruh negeri. Mereka mengumpulkan jumlah seperti biasanya tahun demi tahun, mereka tidak kekurangan apa-apa.
34. Yusuf tinggal dengan aman di Mesir, dan seluruh negeri ada di bawah petunjuknya. Ayahnya dan semua saudaranya tinggal di tanah Gosyen dan menguasainya.
35. Yusuf telah sangat tua, lanjut umurnya, dan kedua putranya, Efraim dan Manasye, tinggal tetap di rumah Yakub, bersama-sama dengan anak-anak dari putra-putra Yakub saudara-saudara mereka, untuk mempelajari jalan-jalan Yehuwah dan hukum-Nya.
36. Yakub dan anak-anaknya tinggal di tanah Mesir di tanah Gosyen, dan mereka menguasainya. Mereka beranak cucu dan berlipat ganda di dalamnya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar