Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 50

Pasal 50

1. Pada waktu itu bani Tarshish datang melawan bani Ismael, dan berperang dengan mereka. Bani Tarshish menjarah orang Ismael sejak waktu yang lama.
2. Bani Ismael jumlahnya sedikit pada waktu itu, dan mereka tidak dapat mengalahkan bani Tarshish, dan mereka sangat tertindas.
3. Dan para tua-tua orang Ismael mengirimkan laporan kepada raja Mesir, katanya, "Kirimkanlah aku mohon, hamba- hambamu para perwira dan pasukan untuk menolong kami berperang melawan bani Tarshish, karena kami telah dimakan habis sejak waktu yang lama."
4. Dan Par'oh mengirim Yusuf beserta orang-orang gagah perkasa dan pasukan yang ada bersamanya, dan juga orang-orang perkasa dari rumah raja.
5. Mereka pergi ke tanah Chavilah kepada bani Ismael, untuk menolong mereka melawan bani Tarshish. Dan bani Ismael berperang dengan bani Tarshish, dan Yusuf memukul orang Tarshish dan dia menaklukkan seluruh negeri mereka. Bani Ismael tinggal di sana sampai hari ini.
6. Dan ketika negeri Tarshish telah ditaklukkan, semua orang Tarshish melarikan diri, dan pergi ke perbatasan saudara-saudara mereka anak-anak Yavan. Maka Yusuf dan semua orang gagah perkasanya dan pasukannya kembali ke Mesir, tidak seorang pun dari mereka yang hilang.
7. Pada pergantian tahun, dalam tahun kedua pemerintahan Yusuf atas Mesir, Yehuwah memberikan kelimpahan di seluruh negeri selama tujuh tahun seperti yang telah dikatakan Yusuf, karena Yehuwah memberkati semua yang dihasilkan bumi pada waktu itu selama tujuh tahun. Dan mereka makan dan amat sangat puas.
8. Dan Yusuf pada waktu itu memiliki perwira-perwira di bawahnya, dan mereka mengumpulkan seluruh makanan dalam tahun-tahun yang baik, dan menimbun gandum tahun demi tahun, dan mereka menempatkannya di dalam perbendaharaan Yusuf.
9. Pada setiap kali ketika mereka mengumpulkan makanan Yusuf memerintahkan supaya mereka membawa gandum dalam bulirnya, dan juga membawanya serta sebagian tanah dari ladang itu, supaya itu tidak rusak.
10. Yusuf melakukan seperti ini tahun demi tahun, dan dia menimbun gandum seperti pasir di laut karena limpahnya, karena gudang-gudangnya sangat besar dan tidak dapat dihitung jumlahnya karena limpahnya.
11. Juga seluruh penduduk Mesir mengumpulkan segala jenis makanan di gudang-gudang mereka dalam jumlah besar selama tujuh tahun yang baik, tapi mereka tidak melakukannya seperti yang diperbuat Yusuf.
12. Semua makanan yang dikumpulkan Yusuf dan orang Mesir selama tujuh tahun kelimpahan, disimpan di dalam gudang-gudang bagi negeri itu untuk tujuh tahun kelaparan, sebagai persediaan untuk seluruh negeri.
13. Penduduk Mesir mengisi masing-masing gudangnya dan ruang-ruang tersembunyi dengan gandum, untuk menjadi persediaan selama kelaparan.
14. Yusuf menaruh seluruh makanan yang telah dia kumpulkan di semua kota-kota Mesir, dan dia menutup seluruh gudang dan menempatkan para penjaga atasnya.
15. Istri Yusuf, Asnath binti Potiphera melahirkan baginya dua anak laki-laki, Manasye dan Efraim. Yusuf berumur tiga puluh empat tahun ketika dia memperanakkan mereka.
16. Dan anak-anak itu bertumbuh besar dan mereka berjalan dalam jalan-jalannya dan dalam pengajaran-pengajarannya. Mereka tidak menyimpang dari jalan yang diajarkan ayah mereka kepadanya, baik ke kanan maupun ke kiri.
17. Dan Yehuwah menyertai anak-anak itu, dan mereka bertumbuh besar dan memiliki pengertian dan keahlian dalam segala kebijaksanaan dan dalam semua urusan pemerintahan. Semua perwira raja dan pembesar-pembesarnya dari penduduk Mesir meninggikan anak-anak ini, dan mereka dibawa ke antara anak-anak raja.
18. Dan tujuh tahun kelimpahan yang ada di seluruh negeri akan berakhir, dan tujuh tahun kelaparan datang sesudahnya seperti yang telah dikatakan Yusuf. Kelaparan ini terjadi di seluruh negeri.
19. Seluruh orang Mesir melihat bahwa kelaparan telah dimulai di tanah Mesir, dan seluruh orang Mesir membuka gudang-gudang gandum mereka karena kelaparan itu melanda mereka.
20. Mereka mendapati seluruh makanan yang ada di gudang-gudang mereka, penuh dengan kutu dan tidak layak untuk dimakan. Dan kelaparan melanda seluruh negeri, dan seluruh penduduk Mesir datang dan menangis di hadapan Par'oh, karena kelaparan itu sangat berat bagi mereka.
21. Mereka berkata kepada Par'oh, "Berilah makanan bagi hamba-hambamu, dan mengapakah kami harus mati karena kelaparan di hadapan matamu, baik kami maupun anak-anak kami?"
22. Par'oh menjawab mereka, katanya, "Dan mengapakah kamu menangis kepadaku? Tidakkah Yusuf memerintahkan bahwa gandum harus ditimbun selama tujuh tahun kelimpahan untuk tahun-tahun kelaparan? Dan mengapakah kamu tidak mendengarkan perkataannya?"
23. Dan orang Mesir menjawab raja, katanya, "Demi hidup tuanku, hamba-hambamu telah melakukan semua yang Yusuf perintahkan, karena hamba-hambamu juga mengumpulkan seluruh hasil ladang selama tujuh tahun kelimpahan dan menimbunnya dalam gudang-gudang sampai hari ini.
24. Dan ketika kelaparan melanda hamba-hambamu kami membuka gudang-gudang kami. Dan lihatlah, semua hasil kami dipenuhi kutu dan tidak layak untuk makanan."
25. Ketika raja mendengar semua yang menimpa penduduk Mesir, raja sangat khawatir dengan kelaparan ini, dan dia sangat takut. Raja menjawab orang Mesir, katanya, "Karena semua ini terjadi kepadamu, pergilah kepada Yusuf, lakukan segala yang dia katakan kepadamu, jangan melanggar perintahnya."
26. Seluruh orang Mesir pergi dan datang kepada Yusuf, dan berkata kepadanya, "Berikanlah kami makanan, dan mengapakah kami harus mati di hadapanmu karena kelaparan? Karena kami mengumpulkan hasil kami selama tujuh tahun seperti yang telah engkau perintahkan, dan kami menaruhnya dalam gudang, dan beginilah telah menimpa kami."
27. Ketika Yusuf mendengar semua perkataan orang Mesir dan apa yang menimpa mereka, Yusuf membuka semua gudang-gudang makanannya dan dia menjualnya kepada orang Mesir.
28. Kelaparan menguasai seluruh negeri, dan kelaparan terjadi di seluruh bangsa, tapi di tanah Mesir ada makanan untuk dijual.
29. Seluruh penduduk Mesir datang kepada Yusuf untuk membeli gandum, karena kelaparan melanda mereka, dan seluruh gandum mereka rusak. Setiap hari Yusuf menjualnya kepada semua orang Mesir.
30. Seluruh penduduk tanah Kanaan dan Pelishtim, dan mereka yang di seberang Yordan, dan bani timur dan semua kota di negeri-negeri yang jauh dan dekat mendengar bahwa ada gandum di Mesir, dan mereka semua datang ke Mesir untuk membeli gandum, karena kelaparan melanda mereka.
31. Yusuf membuka gudang-gudang gandum dan menempatkan perwira-perwira atasnya, dan setiap hari mereka berdiri dan menjualnya kepada semua orang yang datang.
32. Yusuf mengetahui bahwa saudara-saudaranya juga akan datang ke Mesir untuk membeli gandum, karena kelaparan melanda seluruh bumi. Yusuf memerintahkan semua orangnya supaya mereka mengumumkan di seluruh tanah Mesir, titahnya,
33. "Adalah kehendak raja, orang keduanya dan para pembesar mereka, bahwa setiap orang yang hendak membeli gandum di Mesir tidak boleh mengirim hamba-hambanya ke Mesir untuk membeli, tetapi anak-anak lelakinya, dan juga setiap orang Mesir atau orang Kanaan, yang datang ke salah satu gudang untuk membeli gandum di Mesir, dan pergi untuk menjualnya lagi di seluruh negeri, dia harus mati, karena tidak seorang pun boleh membeli selain untuk kebutuhan seisi rumahnya.
34. Setiap orang yang membawa dua atau tiga binatang harus mati, karena setiap orang hanya boleh membawa binatangnya sendiri."
35. Yusuf menempatkan para penjaga di pintu-pintu gerbang Mesir, dan memerintahkan mereka, katanya, "Setiap orang yang datang untuk membeli gandum, jangan biarkan dia masuk hingga namanya, nama ayahnya, dan nama ayah dari ayahnya dituliskan, dan apa pun yang ditulis hari itu, kirimkan nama mereka kepadaku pada petang harinya supaya aku tahu nama-nama mereka."
36. Yusuf menempatkan para perwira di seluruh tanah Mesir, dan dia memerintahkan mereka melakukan semua ini.
37. Yusuf melakukan semuanya ini, dan membuat ketetapan-ketetapan ini, supaya dia tahu bila saudara-saudaranya datang ke Mesir untuk membeli gandum. Orang-orang Yusuf mengumumkannya setiap hari di Mesir menurut kata-kata ini dan ketetapan-ketetapan yang diperintahkan Yusuf.
38. Seluruh penduduk negeri timur dan barat, dan dari seluruh bumi, mendengar ketetapan-ketetapan dan peraturan- peraturan yang diberlakukan Yusuf di Mesir. Dan penduduk bagian-bagian terjauh dari bumi datang dan mereka membeli gandum di Mesir hari demi hari, dan mereka pergi lagi.
39. Semua perwira Mesir melakukan seperti yang telah diperintahkan Yusuf, dan semua yang datang ke Mesir untuk membeli gandum, para penjaga pintu gerbang akan menuliskan nama-nama mereka, dan nama-nama bapa leluhur mereka, dan setiap hari membawanya pada waktu petang kepada Yusuf.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar