Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 59

Pasal 59

1. Inilah nama anak-anak lelaki Israel yang tinggal di Mesir, yang datang bersama Yakub, seluruh anak lelaki Yakub datang ke Mesir, setiap orang beserta seisi rumahnya.
2. Anak-anak lelaki Lea adalah Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar dan Zebulon, dan saudari mereka Dina.
3. Anak-anak lelaki Rachel adalah Yusuf dan Benyamin.
4. Anak-anak lelaki Zilpa, hamba perempuan Lea, adalah Gad dan Asyer.
5. Anak-anak lelaki Bilha, hamba perempuan Rachel, adalah Dan dan Naftali.
6. Inilah keturunan mereka yang dilahirkan bagi mereka di tanah Kanaan, sebelum mereka datang ke Mesir bersama ayah mereka Yakub.
7. Anak-anak lelaki Ruben adalah Henokh, Pallu, Chetzron dan Karmi.
8. Anak-anak lelaki Simeon adalah Yemuel, Yamin, Ohad, Yakin, Zochar dan Shaul, putra seorang perempuan Kanaan.
9. Anak-anak lelaki Lewi adalah Gersom, Kehat dan Merari, dan saudari mereka Yokebed, yang dilahirkan baginya pada waktu perjalanan mereka turun ke Mesir.
10. Anak-anak lelaki Yehuda adalah Er, Onan, Syela, Peres dan Zerah.
11. Er dan Onan mati di tanah Kanaan. Anak-anak lelaki Peres adalah Hezron dan Hamul.
12. Anak-anak lelaki Isakhar adalah Tola, Pua, Ayub dan Simron.
13. Anak-anak lelaki Zebulon adalah Sered, Elon dan Yahleel. Anak Dan adalah Husim.
14. Anak-anak lelaki Naftali adalah Yahzeel, Guni, Yezer dan Shillem.
15. Anak-anak lelaki Gad adalah Ziphion, Chaggi, Shuni, Ezbon, Eri, Arodi dan Areli.
16. Anak-anak lelaki Asyer adalah Yimna, Yiswa, Yiswi, Beria dan saudari mereka Serah. Anak-anak lelaki Beria adalah Heber dan Malkiel.
17. Anak-anak lelaki Benyamin adalah Bela, Bekher, Asybel, Gera, Naaman, Ehi, Rosh, Mupim, Hupim dan Ared.
18. Anak-anak lelaki Yusuf, yang dilahirkan baginya di Mesir, adalah Manasye dan Efraim.
19. Seluruh jiwa yang berasal dari pinggang Yakub ada tujuh puluh jiwa. Inilah mereka yang pergi bersama Yakub ayah mereka ke Mesir untuk tinggal di sana. Yusuf dan seluruh saudara-saudaranya tinggal dengan aman di Mesir. Mereka memakan yang terbaik dari Mesir sepanjang umur hidup Yusuf.
20. Yusuf hidup di tanah Mesir sembilan puluh tiga tahun, dan Yusuf memerintah atas seluruh Mesir selama delapan puluh tahun.
21. Dan ketika Yusuf sudah dekat dengan saat kematiannya, dia mengirim pesan dan memanggil seluruh saudara- saudaranya dan seisi rumah ayahnya, dan mereka semuanya datang bersama dan duduk di hadapannya.
22. Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya dan kepada seisi rumah ayahnya, "Lihatlah, aku akan mati. Dan Allah pasti akan melawat engkau dan membawa engkau naik dari negeri ini ke negeri yang telah Dia sumpahkan kepada bapa leluhurmu untuk memberikannya kepada mereka.
23. Dan akan terjadi ketika Allah melawat engkau untuk membawa engkau naik dari sini ke negeri bapa leluhurmu, maka bawalah tulang-belulangku bersamamu dari sini."
24. Yusuf membuat anak-anak lelaki Israel bersumpah bagi keturunan mereka sesudah mereka, katanya, "Allah pasti akan memperhatikan engkau dan engkau harus membawa tulang-belulangku bersama kamu dari sini."
25. Dan terjadilah sesudah itu bahwa Yusuf mati dalam tahun itu, pada tahun ke tujuh puluh satu setelah orang Israel turun ke Mesir.
26. Yusuf berumur seratus sepuluh tahun ketika dia mati di tanah Mesir. Seluruh saudara-saudaranya dan semua hamba-hambanya bangkit dan mereka membalsem Yusuf, seperti kebiasaan mereka, dan saudara-saudaranya dan seluruh Mesir berkabung atasnya selama tujuh puluh hari.
27. Mereka meletakkan Yusuf dalam sebuah peti mati yang dipenuhi dengan rempah-rempah dan segala jenis wewangian. Mereka menguburkan dia di tepi sungai, yaitu Sihor. Dan anak- anaknya dan seluruh saudara-saudaranya, dan seisi rumah ayahnya mengadakan perkabungan selama tujuh hari bagi dia.
28. Dan terjadilah setelah kematian Yusuf, seluruh orang Mesir mulai dari waktu itu memerintah atas bani Israel. Dan Par'oh, raja Mesir, yang memerintah menggantikan ayahnya, mengambil seluruh hukum Mesir dan menjalankan seluruh pemerintahan Mesir di bawah petunjuknya, dan dia memerintah dengan aman atas rakyatnya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar