Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 31

Pasal 31

1. Dalam tahun ke tujuh, pelayanan Yakub kepada Laban telah genap, dan Yakub berkata kepada Laban, "Berikanlah kepadaku istriku, karena hari-hari pelayananku telah genap." Dan Laban melakukannya. Laban dan Yakub mengumpulkan semua orang di tempat itu dan mereka mengadakan sebuah perayaan.
2. Pada waktu petang Laban datang ke rumah itu, dan sesudah itu Yakub datang ke sana bersama para undangan. Maka Laban mematikan semua pelita yang ada di dalam rumah.
3. Yakub berkata kepada Laban, "Mengapakah engkau melakukan hal ini kepada kami?" Laban menjawab, "Demikianlah kebiasaan kami untuk dilakukan di negeri ini."
4. Kemudian Laban mengambil putrinya Lea, dan dia membawanya kepada Yakub, dan dia menghampirinya. Yakub tidak tahu bahwa dia itu Lea.
5.  Laban memberikan kepada putrinya Lea, hambanya Zilpa sebagai hamba perempuan.
6. Semua tamu undangan tahu apa yang Laban lakukan kepada Yakub, namun mereka tidak mengatakan hal itu kepada Yakub.
7. Semua tetangga datang pada malam itu ke rumah Yakub, dan mereka makan dan minum dan bersukacita, dan memainkan di depan Lea rebana, dengan tari-tarian, dan mereka berteriak di depan Yakub, "Heleah, Heleah."
8. Yakub mendengar kata-kata mereka namun tidak mengerti artinya, namun dia berpikir hal seperti itu mungkin kebiasaan mereka di negeri ini.
9. Para tetangga mengucapkan kata-kata ini di hadapan Yakub sepanjang malam itu. Seluruh pelita yang ada di dalam rumah telah Laban matikan malam itu.
10. Dan pada pagi harinya, ketika fajar menyingsing, Yakub berbalik kepada istrinya dan dia memperhatikan, dan lihatlah, itu adalah Lea yang sedang berbaring di dadanya. Yakub berkata, "Lihatlah, sekarang aku tahu apa yang dikatakan para tetangga tadi malam, 'Heleah,' kata mereka, dan aku tidak mengetahuinya."
11. Maka Yakub memanggil Laban dan berkata kepadanya, "Apakah yang telah engkau perbuat kepadaku ini? Sesungguhnya aku telah melayani engkau demi Rachel, dan mengapa engkau menipu aku dan memberikan kepadaku Lea?"
12. Maka Laban menjawab Yakub, katanya, "Tidak begitu dilakukan di tempat kami untuk memberikan yang muda mendahului yang tua, maka sekarang jika engkau ingin mengambil saudaranya juga, ambillah dia bagimu untuk pelayanan yang akan engkau lakukan bagiku selama tujuh tahun lagi."
13. Dan Yakub melakukannya, dan dia juga mengambil Rachel sebagai istri. Dia melayani Laban tujuh tahun lagi. Yakub juga mendatangi Rachel, dan dia lebih mencintai Rachel daripada Lea. Laban memberikan kepadanya hambanya Bilha sebagai hamba perempuan.
14. Dan ketika Yehuwah melihat bahwa Lea dibenci, Yehuwah membuka rahimnya, dan dia mengandung dan melahirkan bagi Yakub empat anak-anak lelaki pada waktu itu.
15. Inilah nama-nama mereka, Ruben, Simeon, Lewi, dan Yehuda, dan setelah itu dia berhenti melahirkan.
16. Pada waktu itu Rachel mandul, dan dia tidak mempunyai keturunan. Rachel iri kepada Lea saudara perempuannya, dan ketika Rachel melihat bahwa dia tidak melahirkan anak-anak bagi Yakub, dia mengambil hambanya Bilha, dan dia melahirkan bagi Yakub dua anak laki-laki, Dan dan Naftali.
17. Ketika Lea melihat bahwa dia telah berhenti melahirkan, dia juga mengambil hambanya Zilpa. Dan dia memberikannya kepada Yakub sebagai istri. Yakub juga menghampiri Zilpa, dan dia juga melahirkan bagi Yakub dua anak laki-laki, Gad dan Asyer.
18. Lea kembali mengandung dan melahirkan bagi Yakub pada waktu itu dua orang putra dan seorang putri. Inilah nama-nama mereka, Isakhar, Zebulon, dan saudari mereka, Dina".
19. Rachel masih mandul pada masa itu, dan Rachel berdoa kepada Yehuwah pada waktu itu, dan dia berkata, "Ya Yehuwah Allah, ingatlah akan aku dan perhatikanlah aku, aku mohon kepada-Mu, karena sekarang suamiku akan membuang aku, karena aku tidak melahirkan anak-anak baginya.
20. Sekarang ya Yehuwah Allah, dengarkanlah permohonanku di hadapan-Mu, dan lihatlah kesusahanku, dan berikanlah kepadaku anak-anak seperti salah satu anak hamba-hamba perempuan itu, supaya aku tidak lagi harus menanggung aibku."
21. Maka Allah mendengarkan dia dan membuka rahimnya. Rachel mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, katanya, "Yehuwah telah mengambil aibku," dan dia menyebut namanya Yusuf, katanya, "Semoga Yehuwah menambahkan kepadaku anak laki-laki lainnya." Yakub berumur sembilan puluh satu tahun ketika dia melahirkan baginya.
22. Pada waktu itu ibu Yakub, Ribkah, mengirim inangnya Debora binti Uz, dan dua orang hamba Ishak kepada Yakub.
23. Mereka datang kepada Yakub di Haran dan mereka berkata kepadanya, "Ribkah telah mengirim kami kepadamu supaya engkau kembali ke rumah ayahmu di tanah Kanaan." Dan Yakub mendengarkan mereka seperti yang telah dikatakan ibunya.
24. Pada waktu itu, tujuh tahun berikutnya dimana Yakub melayani Laban demi Rachel telah genap. Pada akhir tahun keempat belas setelah dia tinggal di Haran, Yakub berkata kepada Laban, "Berikan kepadaku istri-istriku dan biarlah aku pergi, supaya aku kembali ke negeriku, karena lihatlah, ibuku telah memanggil aku dari tanah Kanaan supaya aku kembali ke rumah ayahku.
25. Laban berkata kepadanya, "Tidak demikian, aku mohon. Jika aku mendapatkan kemurahan di matamu janganlah meninggalkan aku. Tetapkan bagiku upahmu dan aku akan memberikannya, dan tinggallah bersamaku."
26. Yakub berkata kepadanya, "Inilah yang harus engkau berikan kepadaku sebagai upah, supaya aku hari ini berjalan melewati seluruh kawanan dombamu dan mengambil dari antara mereka setiap domba yang berbelang-belang dan berbintik-bintik dan yang kecoklatan di antara kawanan domba, dan di antara kawanan kambing. Jika engkau melakukan hal ini bagiku, aku akan kembali dan memberi makan kawanan dombamu dan menjaganya seperti semula."
27. Dan Laban melakukannya. Laban memindahkan dari kawanan dombanya semua yang telah dikatakan Yakub dan memberikan mereka kepadanya.
28. Maka Yakub menyerahkan semua yang telah dia pindahkan dari kawanan domba Laban ke tangan anak-anak lelakinya. Dan Yakub tetap memberi makan sisa kawanan domba Laban.
29. Ketika hamba-hamba Ishak yang telah dia kirim kepada Yakub melihat bahwa Yakub tidak akan kembali bersama mereka ke tanah Kanaan kepada ayahnya, maka mereka meninggalkan dia, dan mereka pulang kembali ke tanah Kanaan.
30. Debora tinggal tetap dengan Yakub di Haran. Dia tidak kembali dengan hamba-hamba Ishak ke tanah Kanaan, dan Debora tinggal bersama Yakub dan anak-anaknya di Haran.
31. Yakub melayani Laban enam tahun lebih lama, dan ketika domba-domba itu melahirkan, Yakub memindahkan dari antara mereka yang berbelang-belang dan berbintik-bintik, seperti yang telah dia tentukan dengan Laban, dan Yakub melakukan seperti itu kepada Laban selama enam tahun. Dan orang ini bertambah-tambah sangat banyak dan dia memiliki kawanan ternak dan hamba-hamba perempuan dan hamba-hamba lelaki, kawanan unta dan keledai.
32. Yakub memiliki dua ratus kumpulan ternak, dan ternaknya berukuran besar dan bagus perawakannya dan sangat subur. Seluruh kaum keluarga anak-anak manusia ingin mendapatkan sebagian ternak Yakub, karena mereka sangat subur.
33. Banyak dari anak-anak manusia datang untuk mendapatkan sebagian kawanan domba Yakub. Yakub memberikan kepada mereka seekor domba untuk ditukar dengan seorang hamba laki-laki atau seorang hamba perempuan atau seekor keledai atau seekor unta, atau apa pun yang diinginkan Yakub dari mereka, mereka berikan.
34. Yakub mendapatkan kekayaan dan hormat dan harta benda dengan cara pertukaran seperti ini dengan anak-anak manusia, dan anak-anak Laban iri kepadanya karena kehormatan ini.
35. Dan dalam perjalanan waktu dia mendengar perkataan anak-anak lelaki Laban, katanya, "Yakub telah mengambil smua yang menjadi milik ayah kita, dan dari milik ayah kita itu dia telah mendapatkan segala kemuliaan ini."
36. Yakub melihat wajah Laban dan anak-anaknya, dan terlihat, itu tidak tertuju kepadanya pada waktu itu seperti hari-hari sebelumnya.
37. Dan Yehuwah menampakkan diri kepada Yakub pada akhir tahun keenam, dan berfirman kepadanya, "Bangkit, pergilah dari negeri ini, dan kembalilah ke negeri tempat kelahiranmu dan Aku akan menyertai engkau."
38. Yakub bangkit pada waktu itu dan dia menaikkan anak-anaknya dan istri-strinya dan semua milik kepunyaannya ke atas unta-unta. Dan dia pergi menuju ke tanah Kanaan kepada ayahnya, Ishak.
39. Laban tidak mengetahui bahwa Yakub telah meninggalkan dia, karena Laban pada hari itu sedang mengadakan pengguntingan bulu domba.
40. Rachel mencuri terafim ayahnya, dan dia membawanya dan menyembunyikannya di unta yang ditungganginya, dan dia pergi.
41. Dan beginilah rupa terafim itu: dengan mengambil seorang laki-laki yang menjadi anak sulung dan membunuhnya dan mengambil rambut di kepalanya, dan mengambil garam dan menggarami kepalanya dan mengurapinya dengan minyak. Lalu mengambil sedikit lempeng tembaga atau lempeng emas dan menuliskan nama di atasnya, dan menaruh lempeng itu di bawah lidahnya, dan mengambil kepala dengan lempeng di bawah lidahnya dan meletakkannya di dalam rumah, dan menyalakan pelita di hadapannya dan sujud menyembah kepadanya.
42. Pada saat mereka sujud menyembah kepadanya, berhala itu berbicara kepada mereka dalam segala hal yang mereka tanyakan kepadanya, melalui kuasa dari nama yang dituliskan di atasnya.
43. Beberapa membuatnya dalam rupa manusia, dari emas dan perak, dan pergi kepada mereka pada waktu-waktu tertentu. Patung-patung ini mendapatkan pengaruh dari bintang-bintang, dan mengatakan kepada mereka hal-hal yang akan datang, dan demikianlah terafim yang dicuri Rachel dari ayahnya.
44. Rachel mencuri terafim milik ayahnya ini, supaya Laban tidak dapat mengetahui dari mereka ke mana Yakub telah pergi.
45. Laban pulang ke rumah dan dia menanyakan tentang Yakub dan seisi rumahnya, namun dia tidak ditemukan. Laban mencari terafimnya untuk mengetahui ke mana Yakub telah pergi, namun tidak dapat menemukan mereka. Lalu dia pergi kepada terafim lainnya, dan dia menanyakan kepada mereka dan mereka mengatakan kepadanya bahwa Yakub telah lari dari padanya menuju ke ayahnya, ke tanah Kanaan.
46. Maka Laban bangkit dan dia membawa saudara-saudaranya dan seluruh hamba-hambanya. Dia pergi dan mengejar Yakub, dan menyusulnya di pegunungan Gilead.
47. Laban berkata kepada Yakub, "Apa yang telah engkau lakukan kepadaku dengan melarikan diri dan menipu aku, dan membawa anak-anakku perempuan dan anak-anak mereka seperti tawanan ditawan dengan pedang?
48. Engkau tidak membiarkan aku mencium mereka dan melepas mereka pergi dengan sukacita, dan engkau mencuri ilah-ilahku dan pergi."
49. Yakub menjawab Laban, katanya, "Karena aku takut jika engkau akan mengambil anak-anakmu perempuan dengan paksa dari padaku. Dan sekarang pada siapa engkau menemukan ilah-ilahmu, dia harus mati."
50. Laban mencari terafim itu dan dia memeriksa di seluruh kemah-kemah Yakub dan perabotannya, namun tidak dapat menemukan mereka.
51. Laban berkata kepada Yakub, "Kita akan membuat sebuah perjanjian bersama dan itu akan menjadi kesaksian antara engkau dan aku jika engkau menyusahkan anak-anakku perempuan, atau mengambil istri-istri lain selain putri-putriku, maka Allah akan menjadi saksi antara aku dan engkau dalam hal ini."
52. Dan mereka mengambil batu-batu dan membuat tumpukan. Laban berkata, "Tumpukan ini adalah saksi antara aku dan engkau," karena itu dia menyebut nama tempat itu Galed.
53. Yakub dan Laban mempersembahkan korban di atas gunung, dan mereka makan di sana di dekat tumpukan. Mereka tinggal di gunung itu sepanjang malam, dan Laban bangun pagi-pagi sekali. Dia menangis dengan anak-anaknya perempuan dan menciumi mereka, dan dia kembali ke tempatnya.
54. Dia bergegas dan mengirimkan anaknya laki-laki Beor, yang berumur tujuh belas tahun, bersama Abichorof bin Uz bin Nahor, dan bersama mereka ada sepuluh orang.
55. Mereka bergegas dan pergi dan melewati jalan mendahului Yakub. Mereka datang melalui jalan lain ketanah Seir.
56. Mereka datang kepada Esau dan berkata kepadanya, "Beginilah kata saudara dan kerabatmu, saudara ibumu Laban bin Betuel, katanya,
57. 'Sudahkah engkau dengar apa yang Yakub saudaramu perbuat kepadaku, yang pertama kali datang kepadaku dengan telanjang dan tangan kosong, dan aku pergi menyongsong dia, dan membawanya ke rumahku dengan kehormatan, dan aku menjadikan dia besar, dan aku memberikan kepadanya dua orang anakku perempuan sebagai istri dan juga dua orang hambaku perempuan.
58. Dan Allah memberkati dia karena aku, dan dia bertambah-tambah sangat banyak, dan memiliki anak-anak perempuan dan hamba-hamba perempuan.
59. Dia juga memiliki sangat banyak kawanan domba dan lembu, unta dan keledai, juga perak dan emas berlimpah-limpah. Dan ketika dia melihat kekayaannya bertambah, dia meninggalkan aku selagi aku pergi menggunting bulu domba-dombaku, dan dia bangkit dan melarikan diri dengan diam-diam.
60. Dia mengangkat istri-istri dan anak-anaknya ke atas unta-unta, dan dia menggiring seluruh ternaknya dan harta benda yang dia peroleh di negeriku, dan dia mengangkat wajahnya untuk pergi kepada ayahnya Ishak, ke tanah Kanaan.
61. Dia tidak membiarkan aku mencium anak-anakku perempuan dan anak-anak mereka, dia membawa anak-anakku perempuan seperti tawanan ditawan dengan pedang dan dia juga mencuri ilah-ilahku dan pergi.
62. Dan sekarang aku telah meninggalkan dia di pegunungan di sungai Yabok, dia dan semua milik kepunyaannya. Dia tidak kekurangan apa-apa.
63. Jika menjadi keinginanmu untuk pergi kepadanya, maka pergilah dan disana engkau akan menemukan dia, dan engkau dapat melakukan kepadanya seperti yang diinginkan hatimu.'" Para utusan Laban datang dan mengatakan kepada Esau semua hal ini.
64. Esau mendengar semua perkataan utusan-utusan Laban, dan amarahnya sangat meluap-luap terhadap Yakub. Dia mengingat kebenciannya, dan amarahnya berkobar-kobar dalam hatinya.
65. Esau bergegas dan membawa anak-anaknya dan hamba-hambanya dan seisi rumahnya, enam puluh orang laki-laki. Dia pergi dan mengumpulkan seluruh anak-anak Seir orang Hori dan orang-orang mereka, tiga ratus empat puluh orang dan membawa seluruhnya empat ratus orang dengan pedang terhunus, dan dia pergi kepada Yakub untuk memukul dia.
66. Esau membagi jumlah ini menjadi beberapa bagian. Dia mengambil enam puluh orang anak-anaknya dan hamba-hambanya dan seisi rumahnya sebagai satu kelompok, dan dia menyerahkan mereka ke dalam pimpinan Elifaz putra sulungnya.
67. Dan kelompok sisanya dia serahkan ke dalam pimpinan enam anak-anak lelaki Seir orang Hori. Dia menempatkan setiap orang atas keturunan dan anak-anaknya.
68. Seluruh pasukan ini pergi, dan Esau pergi bersama mereka kepada Yakub, dan dia membawa mereka bergerak cepat
69. Para utusan Laban meninggalkan Esau dan pergi ke tanah Kanaan, dan mereka datang ke rumah Ribkah ibu Yakub dan Esau.
70. Mereka mengatakan kepadanya, "Lihatlah anakmu Esau telah pergi menyerang saudaranya Yakub dengan empat ratus orang, karena dia mendengar bahwa dia telah datang, dan dia pergi untuk berperang dengannya, dan untuk memukul dia dan merampas segala sesuatu yang dia miliki."
71. Maka Ribkah bergegas dan mengirim tujuh puluh dua orang dari hamba-hamba Ishak untuk menemui Yakub di jalan. Karena katanya, "Barangkali Esau akan berperang di jalan ketika dia menjumpainya."
72. Para utusan ini pergi ke jalan untuk menyongsong Yakub, dan mereka menemukan dia di jalan di tepi sungai di seberang sungai Yabok. Yakub berkata ketika dia melihat mereka, "Perkemahan ini ditentukan bagiku oleh Allah," dan Yakub menyebut nama tempat itu Mahanaim.
73. Yakub mengenal semua orang-orang ayahnya, dan dia mencium mereka dan memeluk mereka dan pergi bersama mereka. Yakub bertanya kepada mereka mengenai ayahnya dan ibunya. Mereka berkata, "Mereka baik-baik saja."
74. Para utusan ini berkata kepada Yakub, "Ribkah ibumu telah mengirim kami kepadamu, katanya, 'Aku telah mendengar, anakku, bahwa saudaramu Esau telah pergi menyerang engkau di jalan bersama orang-orang dari anak-anak Seir orang Hori.
75. Karena itu anakku, dengarkanlah perkataanku dan lihatlah dengan pertimbangan, apa yang akan engkau lakukan, dan ketika dia datang kepadamu, mohonlah kepadanya, dan jangan berkata kasar kepadanya, dan berilah dia persembahan dari apa yang engkau miliki, dan dari apa yang telah Elohim karuniakan kepadamu.
76. Dan ketika dia bertanya kepadamu mengenai keadaanmu, jangan sembunyikan apa-apa dari padanya, barangkali dia dapat berubah dari amarahnya terhadap engkau dan karenanya engkau menyelamatkan nyawamu, engkau dan semua milik kepunyaanmu, karena adalah tugasmu untuk menghormati dia, karena dia adalah saudara tuamu.'"
77. Dan ketika Yakub mendengar kata-kata ibunya yang dikatakan para utusan itu kepadanya, Yakub menyaringkan suaranya dan menangis dengan sedih, dan melakukan seperti yang diperintahkan ibunya kepadanya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar