Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 88

Pasal 88

1. Setelah kematian Musa, Yehuwah berfirman kepada Yosua bin Nun, firman-Nya,
2. "Bangkit dan seberangilah Yordan ke negeri yang telah Aku berikan kepada bani Israel. Engkau harus membuat bani Israel mewarisi negeri ini.
3. Setiap tempat yang diinjak telapak kakimu akan menjadi milikmu, mulai dari padang gurun Lebanon hingga ke sungai besar sungai Perath    akan menjadi perbatasanmu.
4. Tidak ada orang yang dapat berdiri melawan engkau sepanjang umur hidupmu. Sama seperti Aku menyertai Musa, demikian Aku akan menyertai engkau, hanya jadilah kuat dan teguhkanlah hatimu untuk melakukan seluruh hukum yang Musa perintahkan kepadamu. Jangan berpaling dari jalan baik ke kanan atau ke kiri, supaya engkau berhasil dalam segala yang engkau lakukan."
5. Yosua memerintahkan para perwira Israel, katanya, "Jalanilah seluruh perkemahan dan perintahkanlah orang-orang, katakan, 'Persiapkan bagi dirimu perbekalan, karena dalam tiga hari lagi engkau akan menyeberangi Yordan untuk menduduki negeri itu."
6. Dan para perwira bani Israel melakukannya. Mereka memerintahkan orang-orang dan mereka melakukan semua yang Yosua perintahkan.
7. Yosua mengirim dua orang untuk memata-matai negeri Yericho. Orang-orang itu pergi dan memata-matai Yericho.
8. Pada akhir tujuh hari mereka datang kepada Yosua di perkemahan dan berkata kepadanya, "Yehuwah telah menyerahkan seluruh negeri itu ke dalam tangan kita. Penduduk di sana hatinya telah meleleh ketakutan karena kita."
9. Dan terjadilah sesudah itu, Yosua bangun pada pagi harinya dan seluruh Israel bersamanya. Mereka berjalan dari Sitim, dan Yosua beserta seluruh Israel bersamanya menyeberangi Yordan. Yosua berumur delapan puluh dua tahun ketika dia menyeberangi Yordan bersama Israel.
10. Orang-orang pergi dari Yordan pada hari kesepuluh dalam bulan pertama. Mereka berkemah di Gilgal di sebelah sisi timur Yericho.
11. Bani Israel menjalankan Paskah di Gilgal, di lembah Yericho, pada hari keempat belas dalam bulan itu, seperti yang tertulis di dalam hukum Musa.
12. Dan manna berhenti turun pada waktu itu pada pagi hari Paskah, dan tidak ada lagi manna untuk bani Israel. Mereka memakan hasil tanah Kanaan.
13. Yericho sepenuhnya tertutup terhadap bani Israel. Tidak ada orang yang keluar atau masuk.
14. Dan dalam bulan kedua, pada hari pertama bulan itu, Yehuwah berfirman kepada Yosua, "Bangkit, lihatlah, Aku telah berikan Yericho ke dalam tanganmu bersama seluruh orang-orangnya. Seluruh prajurit perangmu harus bergerak mengelilingi kota, satu kali setiap hari, demikian harus kamu perbuat selama enam hari.
15. Dan para imam harus meniup sangkakala-sangkakala. Dan ketika engkau mendengar suara sangkakala, seluruh umat harus berteriak nyaring, supaya tembok-tembok kota runtuh. Setiap orang harus naik ke atas, setiap orang melawan musuhnya."
16. Dan Yosua melakukan seperti semua yang Yehuwah perintahkan kepadanya.
17. Pada hari ke tujuh mereka pergi mengelilingi kota tujuh kali. Dan para imam meniup sangkakala-sangkakala.
18. Dan pada putaran ke tujuh, Yosua berkata kepada orang-orang, "Berteriaklah, karena Yehuwah telah menyerahkan seluruh kota ke dalam tangan kita.
19. Hanya kota dan segala sesuatu yang ada di dalamnya terkutuk bagi Yehuwah. Jagalah dirimu terhadap barang yang terkutuk, supaya jangan engkau menjadikan perkemahan Israel terkutuk dan mencelakainya.
20. Tapi semua perak dan emas dan tembaga dan besi harus dikuduskan bagi Yehuwah. Itu harus masuk ke perbendaharaan Yehuwah."
21. Dan orang-orang meniup sangkakala-sangkakala dan membuat teriakan yang nyaring. Maka tembok-tembok Yericho runtuh, dan semua orang naik ke atas, setiap orang berlari lurus ke depan, dan mereka merebut kota dan memusnahkan sama sekali semua yang ada di dalamnya, baik laki-laki maupun perempuan, muda dan tua, lembu dan domba dan keledai, dengan mata pedang.
22. Mereka membakar seluruh kota dengan api. Hanya cawan-cawan perak dan emas, dan tembaga dan besi, mereka masukkan ke perbendaharaan Yehuwah.
23. Dan Yosua bersumpah pada waktu itu, katanya, "Terkutuklah orang yang membangun Yericho. Dia harus meletakkan dasarnya dengan anak sulungnya, dan dengan anak bungsunya dia akan memasang pintu-pintu gerbangnya."
24. Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah bin Yehuda, melakukan pengkhianatan mengenai barang terkutuk. Dia mengambil barang terkutuk dan menyembunyikannya dalam kemah. Dan amarah Yehuwah menyala-nyala terhadap Israel.
25. Setelah itu ketika bani Israel telah kembali setelah membakar Yericho, Yosua mengirim orang untuk memata-matai juga Ai, dan untuk berperang melawannya.
26. Orang-orang itu pergi dan memata-matai Ai, dan mereka kembali dan berkata, "Janganlah semua orang pergi bersamamu ke Ai, hanya biarkan kira-kira tiga ribu orang saja yang pergi dan memukul kota, karena orang-orang di sana hanya sedikit."
27. Dan Yosua melakukannya, dan pergi ke sana bersamanya bani Israel kira-kira tiga ribu orang, dan mereka berperang melawan orang-orang Ai.
28. Peperangan itu berat terhadap Israel. Orang-orang Ai memukul tiga puluh enam orang dari Israel, dan bani Israel melarikan diri dari hadapan orang-orang Ai.
29. Ketika Yosua melihat hal ini, dia mengoyakkan pakaiannya dan tersungkur dengan mukanya ke tanah di hadapan Yehuwah, dia, bersama para tua-tua Israel, dan mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka.
30. Yosua berkata, "Mengapa ya Yehuwah, Engkau membawa orang-orang ini menyeberangi Yordan? Apa yang harus aku katakan setelah orang Israel berbalik badan terhadap musuh-musuh mereka?
31. Maka sekarang seluruh orang Kanaan, penduduk negeri ini, akan mendengar hal ini, dan mengepung kami dan melenyapkan nama kami."
32. Dan Yehuwah berfirman kepada Yosua, "Mengapa engkau tersungkur dengan wajahmu? Bangkit, pergilah, karena orang Israel telah berdosa, dan mengambil barang terkutuk. Aku tidak akan lagi bersama mereka kecuali mereka menghancurkan barang terkutuk dari antara mereka."
33. Maka Yosua bangkit dan mengumpulkan orang-orang. Dan membawa Urim oleh perintah Yehuwah, dan suku Yehuda yang kedapatan, dan Akhan bin Karmi yang kedapatan.
34. Yosua berkata kepada Akhan, "Katakan kepadaku anakku, apakah yang telah engkau perbuat." Dan Akhan berkata, "Aku melihat di antara jarahan pakaian yang indah dari Sinear dan dua ratus syikal perak, dan pasak emas seberat lima puluh syikal. Aku mengingininya dan mengambilnya, dan lihatlah, itu semuanya tersembunyi dalam tanah di tengah kemah."
35. Yosua mengirim orang-orang yang pergi dan mengambilnya dari kemah Akhan. Mereka membawanya kepada Yosua.
36. Yosua mengambil Akhan dan perabotan ini, dan anak-anak lelakinya dan anak-anak perempuannya dan semua milik kepunyaannya. Mereka membawanya ke lembah Akhor.
37. Yosua membakar mereka di sana dengan api, dan seluruh orang Israel merajam Akan dengan batu. Mereka membuat di atasnya tumpukan batu. Karena itu dia menyebut nama tempat itu lembah Akhor. Maka amarah Yehuwah diredakan. Dan Yosua selanjutnya mendatangi kota itu dan berperang melawannya.
38. Yehuwah berfirman kepada Yosua, "Jangan takut, juga janganlah engkau tawar hati. Lihatlah, Aku telah memberikan ke dalam tanganmu Ai, rajanya dan orang-orangnya. Dan engkau harus melakukan kepada mereka seperti yang engkau perbuat kepada Yericho dan rajanya. Hanya jarahan di sana dan ternaknya harus engkau ambil sebagai rampasan bagimu. Lakukan penyergapan terhadap kota itu dari belakang."
39. Maka Yosua melakukan seperti firman Yehuwah. Dia memilih dari antara pasukan perangnya tiga puluh ribu orang yang gagah berani, dan dia mengirim mereka. Mereka bersembunyi untuk menyergap kota itu.
40. Dia memerintahkan mereka, katanya, "Jika engkau melihat kami lari dari hadapan mereka dengan tipu daya, dan mereka mengejar kami, maka engkau harus bangkit dari penyergapan dan merebut kota." Dan mereka melakukannya.
41. Yosua berperang, dan orang-orang kota itu keluar mendatangi Israel, tidak mengetahui bahwa ada yang bersembunyi untuk menyergap mereka dari belakang kota.
42. Yosua dan seluruh orang Israel berpura-pura kelelahan di hadapan mereka, dan mereka lari ke arah padang belantara dengan tipu daya.
43. Dan orang-orang Ai mengumpulkan semua orang-orang yang ada di dalam kota untuk mengejar orang Israel. Mereka keluar dan terhalau dari kota, tidak satu pun yang tertinggal. Mereka meninggalkan kota terbuka dan mengejar orang Israel.
44. Dan mereka yang bersembunyi untuk menyergap bangkit dari tempat mereka, dan bergegas datang ke kota dan merebutnya dan membakarnya dengan api. Orang-orang Ai menoleh ke belakang, dan lihatlah, asap dari kota itu naik ke langit, dan mereka tidak bisa mundur, baik ke depan maupun ke belakang.
45. Seluruh orang-orang Ai ada di tengah-tengah Israel, sebagian di sebelah sini dan sebagian di sebelah sana. Mereka memukulnya sehingga tidak satu pun dari mereka yang tersisa.
46. Bani Israel menangkap Melosh raja Ai hidup-hidup. Mereka membawanya kepada Yosua, dan Yosua menggantungnya di pohon dan dia mati.
47. Bani Israel kembali ke kota setelah membakarnya, dan mereka memukul semua yang ada di dalamnya dengan mata pedang.
48. Jumlah mereka yang gugur dari orang-orang Ai, baik laki- laki maupun perempuan, ada dua belas ribu. Hanya ternak dan jarahan dari kota mereka ambil bagi diri mereka sendiri, menurut firman Yehuwah kepada Yosua.
49. Dan seluruh raja-raja di sisi Yordan, seluruh raja-raja Kanaan, mendengar malapetaka yang diperbuat bani Israel kepada Yericho dan Ai. Mereka berkumpul bersama-sama untuk berperang melawan Israel.
50. Hanya penduduk Gibeon yang sangat gentar untuk berperang melawan orang Israel, kalau-kalau mereka binasa, maka mereka bertindak dengan cerdik, dan mereka datang kepada Yosua dan seluruh Israel, dan berkata kepada mereka, "Kami telah datang dari negeri yang jauh, maka sekarang buatlah perjanjian dengan kami."
51. Dan penduduk Gibeon memperdayakan bani Israel, dan bani Israel membuat perjanjian dengan mereka. Mereka mengadakan perdamaian dengannya, dan para pemimpin umat bersumpah kepada mereka, namun kemudian bani Israel mengetahui bahwa mereka adalah tetangganya dan tinggal di antara mereka.
52. Namun bani Israel tidak membunuh mereka, karena mereka telah bersumpah kepadanya demi Yehuwah. Dan mereka menjadi pembelah kayu dan penimba air.
53. Yosua berkata kepada mereka, "Mengapa engkau menipu aku, dengan melakukan hal ini kepada kami?" Dan mereka menjawab dia, katanya, "Karena telah dikatakan kepada hamba-hambamu segala yang telah engkau perbuat kepada semua raja-raja orang Amori, dan kami sangat ketakutan akan nyawa kami, maka kami melakukan hal ini."
54. Dan Yosua menetapkan mereka pada hari itu untuk menjadi pembelah kayu dan penimba air. Dia membagi-bagi mereka sebagai budak-budak bagi seluruh suku-suku Israel.
55. Ketika Adonizedeq raja Yerusalem mendengar segala yang telah bani Israel perbuat kepada Yericho dan kepada Ai, dia memanggil Hoham raja Hebron  dan Piram  raja Yarmuth, dan Yaphia raja Lakhis dan Debir raja Eglon, katanya,
56. "Datanglah kepadaku dan tolonglah aku, supaya kita dapat memukul bani Israel dan penduduk Gibeon yang telah mengadakan perdamaian dengan bani Israel."
57. Dan mereka berkumpul bersama-sama dan lima raja-raja orang Amori pergi dengan seluruh pasukan mereka, sejumah besar orang perkasa seperti pasir di tepi laut.
58. Seluruh raja-raja ini datang dan berkemah di hadapan Gibeon. Mereka mulai berperang melawan penduduk Gibeon, dan seluruh orang Gibeon mengirim pesan kepada Yosua, katanya, "Datanglah segera kepada kami dan tolonglah kami, karena seluruh raja-raja orang Amori telah berkumpul bersama untuk berperang melawan kami."
59. Yosua dan seluruh pasukan perangnya pergi dari Gilgal. Yosua datang dengan tiba-tiba kepada mereka, dan memukul lima raja-raja ini dengan pembantaian hebat.
60. Yehuwah mengacaukan mereka di hadapan bani Israel, yang memukul mereka dengan pembantaian yang dahsyat di Gibeon, dan mengejar mereka sepanjang jalan menuju ke Beth Horon hingga Maqqedah, dan mereka melarikan diri dari hadapan bani Israel.
61. Dan sementara mereka melarikan diri, Yehuwah mengirim ke atas mereka hujan batu dari langit, dan lebih banyak dari mereka yang mati oleh hujan batu, daripada yang dibinasakan oleh bani Israel.
62. Bani Israel mengejar mereka, dan masih memukul mereka di jalan, berjalan sambil memukul mereka.
63. Dan ketika mereka sedang memukul, hari telah menjelang petang. Yosua berseru di depan mata seluruh umat, "Matahari, tetaplah diam di atas Gibeon, dan engkau bulan di lembah Ayalon," hingga bangsa itu membalaskan dirinya atas musuh-musuhnya.
64. Dan Yehuwah mendengarkan seruan Yosua. Matahari tetap diam di tengah-tengah angkasa, dan itu diam selama tiga puluh enam jam, dan bulan juga diam berdiri dan berlambat-lambat turun sepanjang hari.
65. Tidak ada hari seperti itu, sebelum itu atau sesudahnya, bahwa Yehuwah mendengarkan seruan seorang manusia, karena Yehuwah berperang bagi Israel.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar