Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 53

Pasal 53

1. Dan anak-anak Yakub bangkit dan membawa Benyamin dan seluruh persembahan-persembahan. Mereka berangkat dan datang ke Mesir dan mereka berdiri di hadapan Yusuf kembali.
2. Yusuf melihat saudaranya Benyamin ada bersama mereka dan dia memberi salam kepada mereka. Orang-orang ini datang ke rumah Yusuf.
3. Yusuf memerintahkan pengawas rumahnya untuk memberikan kepada saudara-saudaranya makanan, dan dia melakukannya kepada mereka.
4. Dan pada waktu siang, Yusuf memanggil orang-orang datang ke hadapannya bersama Benyamin, dan orang-orang itu mengatakan kepada pengawas rumah Yusuf mengenai perak yang dikembalikan dalam karung mereka. Dia berkata kepada mereka, "Semoga baik keadaanmu, jangan takut," dan dia membawa saudara mereka Simeon kepada mereka.
5. Simeon berkata kepada saudara-saudaranya, "Tuan orang Mesir ini telah berlaku sangat baik kepadaku. Dia tidak terus mengikat aku, seperti yang engkau lihat dengan matamu, karena ketika engkau pergi dari kota dia melepaskan aku dan memperlakukan aku dengan baik di dalam rumahnya."
6. Yehuda memegang Benyamin di tangannya, dan mereka datang ke hadapan Yusuf. Mereka sujud menyembah kepadanya sampai ke tanah.
7. Orang-orang ini memberikan persembahan kepada Yusuf dan mereka semuanya duduk di hadapannya. Yusuf berkata kepada mereka, "Apakah baik keadaanmu, apakah baik keadaan anak-anakmu, apakah baik keadaan ayahmu yang sudah lanjut?" Dan mereka berkata, "Baik-baik saja." Dan Yehuda mengambil surat yang dikirimkan Yakub dan memberikannya ke tangan Yusuf.
8. Yusuf membaca surat itu dan mengenali tulisan ayahnya. Dan dia ingin menangis, maka dia pergi ke ruangan dalam dan dia menangis tersedu-sedu. Kemudian dia pergi keluar.
9. Dia mengangkat matanya dan memandang saudaranya Benyamin, dan dia berkata, "Inikah saudaramu yang engkau bicarakan kepadaku?" Dan Benyamin mendekati Yusuf, dan Yusuf menaruh tangannya ke atas kepalanya dan berkata kepadanya, "Semoga Allah bermurah hati kepadamu anakku."
10. Dan ketika Yusuf melihat saudaranya, putra ibunya, dia ingin menangis lagi, dan dia masuk ke kamar, dan dia menangis di sana. Kemudian dia membasuh wajahnya, dan keluar dan menahan tangisnya. Dia berkata, "Siapkan makanan."
11. Yusuf memiliki sebuah piala tempat dia minum. Itu terbuat dari perak yang dilapisi sangat indah dengan batu onyx dan bdellium. Yusuf memukul piala itu di depan mata saudara-saudaranya sementara mereka sedang duduk untuk makan bersama dia.
12. Yusuf berkata kepada orang-orang itu, "Aku tahu oleh piala ini bahwa Ruben adalah anak sulung, Simeon dan Lewi dan Yehuda, Isakhar dan Zebulon adalah anak-anak dari satu ibu. Dudukkan dirimu untuk makan sesuai kelahiranmu."
13. Dan dia juga menempatkan yang lainnya menurut kelahiran mereka, dan dia berkata, "Aku tahu bahwa saudaramu yang bungsu ini tidak punya saudara, dan aku, seperti dia, tidak punya saudara. Karena itu dia akan duduk makan bersama aku."
14. Dan Benyamin naik ke atas ke hadapan Yusuf dan duduk di atas tahta. Dan orang-orang melihat perbuatan Yusuf, dan mereka tercengang kepadanya. Orang-orang itu makan dan minum pada waktu itu bersama Yusuf, dan dia kemudian memberikan hadiah kepada mereka. Yusuf memberikan satu hadiah kepada Benyamin. Manasseh dan Ephraim melihat perbuatan ayahnya, dan mereka juga memberikan hadiah kepadanya. Asnath memberi dia satu hadiah, dan ada lima hadiah di dalam tangan Benyamin.
15. Yusuf membawakan bagi mereka anggur untuk diminum, namun mereka tidak mau minum. Mereka berkata, "Sejak hari ketika Yusuf hilang, kami tidak minum anggur, maupun makan makanan yang lezat."
16. Dan Yusuf bersumpah kepada mereka, dan dia mendesak mereka dengan kuat. Mereka minum banyak-banyak bersama dia pada hari itu. Yusuf kemudian berpaling kepada saudaranya Benyamin untuk berbicara dengan dia, dan Benyamin masih duduk di atas tahta di hadapan Yusuf.
17. Yusuf berkata kepadanya, "Sudahkah engkau memperanakkan anak-anak?" Dan dia menjawab, "Hambamu memiliki sepuluh orang putra, dan inilah nama-nama mereka, Bela, Beker, Ashbel, Gera, Naaman, Ahi, Rosh, Muppim, Chuppim, dan Ard. Dan aku menyebut nama mereka sesuai saudaraku yang tidak aku lihat."
18. Dan dia memerintahkan mereka untuk membawa ke hadapannya peta bintangnya, yang dengannya Yusuf mengetahui semua masa. Yusuf berkata kepada Benyamin, "Aku telah mendengar bahwa orang Ibrani mengenal semua hikmat, apakah engkau mengetahui semuanya ini?"
19. Benyamin berkata, "Hambamu ini juga mengenal semua hikmat yang diajarkan ayahku." Dan Yusuf berkata kepada Benyamin, "Lihatlah sekarang pada peralatan ini dan ketahuilah di manakah saudaramu Yusuf berada di Mesir, yang engkau katakan turun ke Mesir."
20. Benyamin memperhatikan peralatan dengan peta bintang-bintang di langit, dan dia bijaksana dan melihat ke dalamnya untuk mengetahui di manakah saudaranya berada. Benyamin membagi seluruh tanah Mesir menjadi empat bagian, dan dia mendapati bahwa yang sedang duduk di atas tahta di hadapannya adalah saudaranya, Yusuf. Benyamin sangat heran, dan ketika Yusuf melihat bahwa saudaranya Benyamin sangat tercengang, dia berkata kepada Benyamin, "Apakah yang engkau lihat, dan mengapa engkau tercengang?"
21. Benyamin berkata kepada Yusuf, "Aku dapat melihat melalui ini bahwa Yusuf saudaraku duduk di sini bersamaku di atas tahta." Dan Yusuf berkata kepadanya, "Akulah Yusuf saudaramu. Jangan ungkapkan hal ini kepada saudara-saudaramu. Lihatlah, aku akan melepaskan engkau pergi bersama mereka dan ketika mereka telah pergi, aku akan memerintahkan supaya mereka dibawa kembali ke dalam kota, dan aku akan merebut engkau dari mereka.
22. Dan jika mereka mempertaruhkan nyawa mereka dan berjuang bagimu, maka aku akan tahu bahwa mereka telah menyesali apa yang telah mereka perbuat kepadaku. Dan aku akan menyatakan diriku kepada mereka, namun jika mereka membiarkanmu ketika aku merebut engkau, maka haruslah engkau tinggal bersama aku, dan aku akan bertengkar dengan mereka, dan mereka harus pergi, dan aku tidak akan dikenali oleh mereka."
23. Pada waktu itu Yusuf memerintahkan perwiranya untuk mengisi karung-karung mereka dengan makanan. Dan untuk meletakkan kembali uang tiap-tiap orang ke dalam karungnya, dan untuk memasukkan piala ke dalam karung Benyamin. Dan memberikan mereka bekal untuk perjalanan, dan mereka melakukannya.
24. Dan pada keesokan harinya orang-orang itu bangun pagi-pagi sekali, dan mereka memuati keledai-keledainya dengan gandum. Dan mereka pergi bersama Benyamin, dan mereka menuju ke tanah Kanaan bersama saudara mereka Benyamin.
25. Mereka belum pergi jauh dari Mesir ketika Yusuf memerintahkan orang yang ditempatkan atas rumahnya, katanya, "Bangkit, kejarlah orang-orang ini sebelum mereka terlalu jauh dari Mesir, dan katakan kepada mereka, 'Mengapa engkau mencuri piala tuanku?'"
26. Dan perwira Yusuf bangkit dan dia menyusul mereka. Dia mengucapkan kepada mereka semua kata-kata Yusuf. Dan ketika mereka mendengar hal ini mereka menjadi sangat murka, dan berkata, "Dia yang padanya ditemukan piala tuanmu harus mati, dan kami juga akan menjadi budak."
27. Dan mereka bergegas dan setiap orang menurunkan karung dari keledainya. Mereka melihat ke dalam kantung mereka dan piala itu ditemukan di dalam kantung Benyamin. Maka mereka semua mengoyakkan pakaiannya dan mereka kembali ke kota. Dan mereka memukuli Benyamin di jalan, terus memukuli dia hingga sampai ke dalam kota, dan mereka berdiri di hadapan Yusuf.
28. Maka menyala-nyalalah amarah Yehuda, dan dia berkata, "Orang ini hanya membawa aku kembali untuk menghancurkan Mesir hari ini."
29. Dan orang-orang ini datang ke rumah Yusuf, dan mereka menjumpai Yusuf sedang duduk di atas tahtanya. Dan semua orang gagah perkasanya berdiri di sebelah kanan dan kirinya.
30. Yusuf berkata kepada mereka, "Perbuatan apa yang telah engkau lakukan ini, sehingga engkau mengambil piala perakku dan pergi? Tapi aku tahu bahwa kamu mengambil pialaku untuk mengetahui di bagian mana negeri ini saudaramu berada."
31. Yehuda berkata, "Apakah yang harus kami katakan kepada tuan kami, apakah yang harus kami katakan, dan bagaimana kami hendak membenarkan diri kami sendiri, Allah pada hari ini mendapati kejahatan semua hamba-hambamu. Karena itu Dia telah melakukan hal ini kepada kami hari ini."
32. Maka Yusuf bangkit dan memegang Benyamin dan merebutnya dari saudara-saudaranya dengan kekerasan. Dia pergi ke rumah dan mengunci pintunya bagi mereka. Yusuf memerintahkan orang yang ditempatkan atas rumahnya agar berkata kepada mereka, "Beginilah titah raja, 'Pergilah dalam damai kepada ayahmu, lihatlah, aku telah mengambil orang yang di dalam tangannya pialaku ditemukan.'"

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar