Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 40

Pasal 40

1. Anak-anak Yakub membawa seluruh jarahan dari Gaash, dan pergi keluar dari kota itu malam hari.
2. Mereka berbaris keluar menuju benteng Bethchorin. Penduduk Bethchorin pergi ke benteng untuk menghadapi mereka. Pada malam itu anak-anak Yakub berperang melawan penduduk Bethchorin, di benteng Bethchorin.
3. Seluruh penduduk Bethchorin adalah orang-orang gagah perkasa. Seorang dari mereka tidak akan lari dari hadapan seribu orang. Mereka berperang malam itu di atas benteng. Teriakan mereka terdengar malam itu dari kejauhan, dan bumi bergetar karena teriakan mereka.
4. Semua anak Yakub takut kepada orang-orang itu, karena mereka tidak terbiasa berperang di dalam kegelapan, dan mereka sangat kebingungan. Anak-anak Yakub berteriak kepada Yehuwah, katanya, "Berilah pertolongan kepada kami ya Yehuwah, lepaskanlah kami agar kami tidak harus mati oleh tangan orang-orang tak bersunat ini."
5. Yehuwah mendengarkan seruan anak-anak Yakub, dan Yehuwah menyebabkan kegentaran besar dan kebingungan menguasai penduduk Bethchorin. Mereka berperang di antara mereka sendiri, satu dengan yang lainnya di dalam kegelapan malam, dan saling memukul dalam jumlah banyak.
6. Anak-anak Yakub, mengetahui bahwa Yehuwah mendatangkan roh kesesatan di antara orang-orang itu, dan bahwa mereka berperang satu dengan lainnya, pergi dari antara gerombolan orang-orang Bethchorin dan pergi sejauh turunan di benteng Bethchorin, dan lebih jauh, mereka tinggal di sana dengan aman bersama orang-orang muda mereka pada malam itu.
7. Orang-orang Bethchorin berperang sepanjang malam, seorang melawan saudaranya, dan yang lainnya melawan tetangganya. Mereka berteriak ke segala penjuru di benteng, dan teriakan mereka terdengar sampai jauh. Seluruh bumi bergetar karena suara mereka, karena mereka lebih kuat dari semua orang di bumi.  
8. Segenap penduduk kota-kota orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Hivi dan seluruh raja-raja Kanaan, juga mereka yang berada di seberang Yarden, mendengar suara teriakan pada malam itu.
9. Mereka berkata, "Sesungguhnya ini peperangan orang Ibrani yang berperang melawan tujuh kota, yang datang mendekati mereka. Siapakah yang dapat bertahan melawan orang Ibrani itu?"
10. Seluruh penduduk kota-kota orang Kanaan, dan semua yang ada di seberang Yordan, sangat takut kepada anak-anak Yakub, karena mereka berkata, "Lihatlah, hal yang sama akan diperbuat kepada kita seperti yang diperbuat kepada kota-kota itu, karena siapakah yang dapat bertahan melawan kekuatan perkasa mereka?"
11. Teriakan orang-orang Chorin sangat keras pada malam itu, dan terus bertambah. Mereka saling memukul satu dengan yang lainnya hingga pagi, dan sebagian dari mereka mati.
12. Pagi hari tiba, dan semua anak-anak Yakub bangkit pada waktu fajar dan pergi ke benteng. Mereka memukul yang tersisa dari orang Chorin dengan dahsyat. Mereka semuanya terbunuh di dalam benteng.
13. Dan hari keenam tiba, dan segenap penduduk Kanaan melihat dari kejauhan seluruh penduduk Bethchorin tergeletak mati di benteng Bethchroin, berserakan seperti mayat-mayat domba dan kambing.
14. Anak-anak Yakub membawa jarahan yang mereka rampas dari Gaash dan pergi ke Bethchorin. Mereka mendapati kota penuh dengan orang-orang seperti pasir di laut. Mereka berperang dengannya, dan anak-anak Yakub memukul mereka di sana hingga petang hari.
15. Anak-anak Yakub melakukan kepada Bethchorin seperti yang mereka perbuat kepada Gaash dan Tapnach, dan seperti yang mereka perbuat kepada Chazar, kepada Sarton dan kepada Shiloh.
16. Anak-anak Yakub membawa bersama mereka jarahan Bethchorin dan seluruh jarahan dari kota-kota, dan pada hari itu mereka pulang kembali ke Sikhem.
17. Anak-anak Yaqob pulang ke rumah di kota Sikhem, dan mereka tinggal di luar kota. Mereka kemudian beristirahat di sana dari perang, dan tinggal di sana sepanjang malam.
18. Seluruh hamba-hamba mereka bersama seluruh jarahan yang mereka ambil dari kota-kota, mereka tinggalkan di luar kota. Mereka tidak memasuki kota, karena mereka berkata, "Barangkali terjadi pertarungan lagi melawan kita, dan mereka mungkin datang untuk mengepung kita di Sikhem."
19. Yakub dan anak-anaknya dan hamba-hamba mereka tinggal pada malam itu dan keesokan harinya di daerah padang yang dibeli Yakub dari Hamor seharga lima syikal. Semua yang mereka rebut ada bersama mereka.
20. Seluruh rampasan yang direbut anak-anak Yakub, ada di daerah padang itu, sangat banyak seperti pasir di tepi laut.
21. Penduduk negeri itu mengawasi mereka dari jauh, dan seluruh penduduk negeri takut kepada anak-anak Yakub yang telah melakukan hal ini, karena tidak seorang pun raja dari zaman dahulu pernah melakukan yang seperti ini.
22. Tujuh raja-raja orang Kanaan memutuskan untuk membuat perdamaian dengan anak-anak Yakub, karena mereka sangat takut akan nyawanya, karena anak-anak Yakub.
23. Pada hari itu, yaitu hari ketujuh, Yaphia raja Hebron mengirim orang diam-diam kepada raja Ay, dan kepada raja Gibon, dan kepada raja Salem, dan kepada raja Adullam, dan kepada raja Lakish, dan kepada raja Chazar, dan kepada seluruh raja-raja orang Kanaan yang ada di bawah kekuasaan mereka, katanya,
24. "Pergilah bersamaku, dan datanglah kepadaku supaya kita dapat pergi kepada anak-anak Yakub, dan aku akan mengadakan perdamaian dengan mereka, dan membuat perjanjian dengan mereka, supaya jangan seluruh negeri dihancurkan oleh pedang anak-anak Yakub, seperti yang mereka lakukan kepada Sikhem dan kota-kota di sekitarnya, seperti yang telah engkau dengar dan lihat.
25. Dan jika engkau datang kepadaku, janganlah datang dengan banyak orang, tapi biarlah tiap raja membawa tiga kepala panglimanya, dan setiap panglima membawa tiga orang perwiranya.
26. Datanglah engkau semua ke Hebron, dan kita akan pergi bersama-sama kepada anak-anak Yakub, dan memohon kepada mereka supaya membuat perjanjian damai dengan kita."
27. Seluruh raja-raja itu melakukan seperti yang diutus raja Hebron kepada mereka, karena mereka semuanya ada di bawah petunjuk dan perintahnya. Seluruh raja-raja Kanaan berkumpul untuk pergi kepada anak-anak Yakub, untuk mengadakan perdamaian dengan mereka. Anak-anak Yakub kembali dan pergi ke daerah padang yang di Sikhem, karena mereka tidak mempercayai raja-raja negeri itu.
28. Anak-anak Yakub kembali dan tinggal di daerah padang selama sepuluh hari, dan tidak seorang pun datang untuk berperang melawan mereka.
29. Ketika anak-anak Yakub melihat bahwa tidak nampak peperangan, mereka semuanya berkumpul dan pergi ke kota Sikhem, dan anak-anak Yakub tinggal di Sikhem. 
30. Pada akhir hari keempat puluh, seluruh raja-raja orang Amori berkumpul dari seluruh tempat dan datang ke Hebron, kepada Yaphia, raja Hebron.
31. Jumlah raja-raja yang datang ke Hebron, untuk mengadakan perdamaian dengan anak-anak Yakub, ada dua puluh satu raja. Dan jumlah panglima yang datang bersama mereka ada enam puluh sembilan, dan orang-orang mereka ada seratus delapan puluh sembilan. Semua raja-raja ini bersama orang-orang mereka berdiam di Gunung Hebron.
32. Raja Hebron keluar bersama tiga orang panglimanya dan sembilan orang, dan raja-raja ini memutuskan untuk pergi kepada anak-anak Yakub untuk mengadakan perdamaian.
33. Dan mereka berkata kepada raja Hebron, "Pergilah engkau mendahului kami dengan orang-orangmu, dan berbicaralah bagi kami kepada anak-anak Yakub, dan kami akan datang menyusul engkau dan meneguhkan perkataanmu," dan raja Hebron melakukannya.
34. Anak-anak Yakub mendengar bahwa seluruh raja-raja Kanaan telah berkumpul bersama-sama dan berdiam di Hebron. Anak-anak Yakub mengirim empat orang hamba mereka untuk memata-matai, katanya, "Pergi dan intailah raja-raja ini, dan selidiki dan periksalah orang-orang mereka apakah mereka sedikit atau banyak, dan jika mereka sedikit  jumlahnya, hitunglah mereka semua dan kembalilah."
35. Hamba-hamba Yakub pergi dengan diam-diam kepada raja-raja ini, dan melakukan seperti yang diperintahkan anak- anak Yakub kepada mereka, dan pada hari itu mereka kembali kepada anak-anak Yakub, dan berkata kepada mereka, "Kami datang kepada raja-raja itu, dan mereka hanya sedikit jumlahnya, dan kami menghitung mereka semuanya, dan lihatlah, mereka dua ratus delapan puluh delapan, raja-raja dan orang-orangnya.
36. Anak-anak Yakub berkata, "Mereka hanya sedikit jumlahnya, karena itu kita tidak akan semuanya pergi kepada mereka." Pada pagi harinya anak-anak Yakub bangkit dan memilih enam puluh dua orang dari mereka, dan sepuluh anak-anak Yakub pergi bersamanya. Mereka menyandang senjata perangnya, dan berkata, "Mereka datang untuk berperang melawan kita," karena tidak tahu bahwa mereka datang untuk mengadakan perdamaian dengannya.
37. Anak-anak Yakub pergi bersama hamba-hamba mereka ke pintu gerbang Sikhem, menuju ke raja-raja itu, dan ayah mereka Yakub ada bersamanya.
38. Ketika mereka telah datang, lihatlah, raja Hebron dan ketiga panglimanya dan sembilan orang bersamanya sedang berjalan menuju kepada anak-anak Yakub. Anak-anak Yakub mengangkat mata mereka, dan melihat di kejauhan Yaphia, raja Hebron, dengan panglimanya, mendatangi mereka. Anak-anak Yakub berdiri di tempat mereka di pintu gerbang Sikhem, dan tidak beranjak.
39. Raja Hebron terus mendekat, dia dan panglimanya, hingga dia sampai di dekat anak-anak Yakub. Dia dan para panglimanya bersujud pada mereka sampai ke tanah, dan raja Hebron duduk dengan panglimanya di hadapan Yakub dan anak-anaknya.
40. Anak-anak Yakub berkata kepadanya, "Apa yang menimpa engkau, ya raja Hebron? Mengapa engkau datang kepada kami hari in? Apa yang engkau kehendaki dari kami?" Dan raja Hebron berkata kepada Yakub, aku mohon tuanku, seluruh raja-raja orang Kanaan pada hari ini datang untuk mengadakan perdamaian dengan engkau."
41. Anak-anak Yakub mendengar perkataan raja Hebron, namun mereka tidak menyetujui permohonannya, karena anak-anak Yakub tidak percaya kepadanya, karena mereka membayangkan bahwa raja Hebron mengucapkan tipu daya kepada mereka.
42. Raja Hebron tahu dari perkataan anak-anak Yakub, bahwa mereka tidak percaya akan kata-katanya. Dan raja Hebron lebih mendekat lagi kepada Yakub, dan berkata kepadanya, "Aku mohon, tuanku, untuk yakin bahwa semua raja-raja ini telah datang kepadamu dengan maksud damai, karena mereka tidak datang bersama seluruh pasukan mereka, tidak juga mereka membawa senjata perangnya, karena mereka datang untuk mencari perdamaian dari tuanku dan anak-anaknya."
43. Anak-anak Yakub menjawab raja Hebron, katanya, "Panggilah semua raja-raja ini, dan jika engkau mengatakan kebenaran kepada kami, biarlah tiap-tiap orang datang sendiri-sendiri kepada kami, dan jika mereka datang kepada kami tanpa senjata, kami akan tahu bahwa mereka mencari perdamaian dari kami."
44. Yaphia, raja Hebron, mengirim salah satu orangnya kepada raja-raja ini, dan mereka semuanya datang ke hadapan anak- anak Yakub, dan sujud menyembah kepada mereka sampai ke tanah. Raja-raja ini duduk di hadapan Yakub dan anak- anaknya, dan mereka berbicara kepadanya, katanya,
45. "Kami telah mendengar segala yang engkau perbuat kepada raja-raja orang Amori dengan pedangmu dan tangan yang sangat perkasa, sehingga tidak ada seorang pun dapat berdiri di hadapanmu, dan kami takut kepadamu demi nyawa kami, supaya jangan menimpa kami seperti yang terjadi kepada mereka.
46. Jadi kami datang kepadamu untuk mengadakan perjanjian damai di antara kita. Maka sekarang buatlah dengan kami suatu perjanjian damai dan kebenaran, bahwa engkau tidak akan mencampuri urusan kami, seperti kami juga tidak akan mencampuri urusanmu." 
47. Anak-anak Yakub tahu bahwa mereka benar-benar datang untuk mencari perdamaian dengan mereka, dan anak-anak Yakub mendengarkannya, dan membuat suatu perjanjian dengan mereka.
48. Anak-anak Yakub bersumpah kepadanya bahwa mereka tidak akan mencampuri urusannya, dan semua raja-raja orang Kanaan juga bersumpah demikian kepada mereka. Anak-anak Yakub membuat mereka membayar upeti mulai dari hari itu sampai seterusnya.
49. Setelah itu semua panglima raja-raja ini datang bersama orang-orang mereka ke hadapan Yakub, dengan persembahan di tangan mereka bagi Yakub dan anak-anaknya, dan mereka sujud kepadanya sampai ke tanah.
50. Raja-raja ini mendesak anak-anak Yakub dan memohon kepada mereka untuk mengembalikan seluruh jarahan yang mereka rampas dari tujuh kota orang Amori, dan anak-anak Yakub melakukannya. Mereka mengembalikan semua yang mereka rampas, perempuan, anak-anak, ternak dan seluruh jarahan yang telah mereka rampas, dan mereka mengirimnya kembali, dan mereka pergi masing-masing ke kotanya sendiri.
51. Semua raja-raja ini bersujud kembali kepada anak-anak Yakub, dan mereka mengirim atau membawa kepadanya banyak persembahan pada waktu itu. Dan anak-anak Yakub melepas raja-raja dan orang-orang mereka, dan mereka pergi dengan damai ke kota-kotanya. Anak-anak Yakub juga kembali ke rumah mereka, ke Sikhem.
52. Ada perdamaian mulai dari hari itu sampai seterusnya antara anak-anak Yakub dan raja-raja orang Kanaan, hingga bani Israel    datang untuk menduduki tanah Kanaan.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar