Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 33

Pasal 33

1. Beberapa waktu kemudian Yakub pergi dari perbatasan negeri itu, dan dia datang ke negeri Salem, yaitu kota Sikhem, yang ada di tanah Kanaan. Dia tinggal hadapan kota itu.
2. Dan dia membeli sebidang tanah yang ada di sana, dari anak-anak Hamor penduduk negeri itu, seharga lima syikal.
3. Yakub mendirikan bagi dirinya di sana sebuah rumah, dan dia memasang kemahnya di sana. Dia membuat pondok- pondok bagi ternaknya, karena itu dia menyebut nama tempat itu Sukot.
4. Yakub tinggal di Sukot selama satu tahun enam bulan.
5. Pada waktu itu kaum perempuan penduduk negeri itu pergi ke kota Sikhem untuk menari dan bersukaria dengan anak- anak perempuan di kota. Ketika mereka pergi, Rahel dan Lea istri-istri Yakub dengan keluarga mereka juga pergi untuk melihat kegembiraan anak-anak perempuan kota itu.
6. Dina binti Yakub juga pergi bersama mereka dan melihat anak-anak perempuan kota. Mereka tetap di sana di hadapan anak-anak perempuan ini sementara seluruh penduduk kota berdiri di dekat mereka untuk menyaksikan kegembiraan mereka, juga seluruh pembesar kota ada di sana.
7. Dan Sikhem bin Hamor, pemimpin negeri itu juga berdiri di sana untuk menyaksikan mereka.
8. Sikhem melihat Dina binti Yakub sedang duduk dengan ibunya di hadapan anak-anak perempuan kota. Gadis itu sangat menyukakan hatinya, dan di sana dia menanyakan kepada teman-teman dan orang-orangnya, katanya, "Putri siapakah itu yang duduk di antara para wanita, yang tidak aku kenal di kota ini?"
9. Mereka berkata kepadanya, "Sesungguhnya dia anak perempuan Yakub bin Ishak orang Ibrani, yang tinggal di kota ini beberapa waktu lamanya. Dan ketika diceritakan bahwa anak-anak perempuan negeri ini pergi untuk bersukaria, dia pergi bersama ibunya dan hamba-hambanya perempuan dan duduk di antara mereka seperti yang engkau lihat."
10. Sikhem memandang Dina binti Yakub, dan ketika dia melihat kepadanya jiwanya terpaut kepada Dina.
11. Maka dia mengirim orang dan membawanya dengan paksa. Dina datang ke rumah Sikhem dan dia memegangnya dengan paksa dan menidurinya dan merendahkan dia. Dia mencintainya dengan sangat dan menempatkan dia di dalam rumahnya.
12. Maka mereka datang dan memberitahukan hal itu kepada Yakub. Dan ketika Yakub mendengar bahwa Sikhem telah mencemari putrinya Dina, Yakub mengirim dua belas hambanya untuk menjemput Dina dari rumah Sikhem. Mereka pergi dan datang ke rumah Sikhem untuk membawa pergi Dina dari sana.
13. Ketika mereka datang Sikhem keluar menemui mereka dengan orang-orangnya dan mengusir mereka dari rumahnya. Dia tidak mengijinkan mereka datang kepada Dina, malah Sikhem duduk bersama Dinah sambil menciumi dan memeluknya di depan mata mereka.
14. Hamba-hamba Yakub kembali dan memberitahukan kepadanya, katanya, "Ketika kami datang, dia dan orang- orangnya mengusir kami pergi, dan beginilah dilakukan Sikhem kepada Dinah di depan mata kami."
15. Yakub mengetahui lebih banyak lagi bahwa Sikhem telah mencemari putrinya, namun dia tidak berkata apa-apa. Anak- anak lelakinya sedang memberi makan ternaknya di padang, dan Yakub tetap diam hingga mereka kembali.
16. Sebelum anak-anak lelakinya pulang ke rumah, Yakub mengirim dua anak perempuan dari antara anak-anak perempuan hambanya untuk menjaga Dina di rumah Sikhem, dan untuk tinggal dengan dia. Sikhem mengirim tiga orang temannya kepada ayahnya Hamor bin Chiddekem bin Pered, katanya, "Ambilkan bagiku gadis ini sebagai istri."
17. Hamor bin Chiddekem orang Hivi datang ke rumah Sikhem putranya, dan duduk di depannya. Hamor berkata kepada putranya, Sikhem, "Tidak adakah perempuan di antara anak-anak perempuan kaummu sehingga engkau akan mengambil seorang perempuan Ibrani yang bukan berasal kaummu?"
18. Sikhem berkata kepadanya, "Hanya dia sajalah engkau ambilkan bagiku, karena dia sangat menyenangkan di mataku." Dan Hamor melakukan seperti perkataan anaknya, karena dia sangat disayanginya.
19. Hamor pergi kepada Yakub untuk berbicara dengannya mengenai hal ini. Dan ketika dia telah meninggalkan rumah putranya Sikhem, sebelum dia datang kepada Yakub untuk berbicara dengan dia, lihatlah anak-anak Yakub telah datang dari padang, segera sesudah mereka mendengar hal yang Sikhem bin Hamor telah perbuat.
20. Orang-orang itu sangat sakit hati mengenai saudari mereka, dan mereka semuanya pulang ke rumah dengan terbakar amarah, sebelum tiba waktu pengumpulan ternak mereka.
21. Mereka datang dan duduk di hadapan ayahnya dan mereka berbicara kepadanya menyala-nyala dengan murka, katanya, "Sesungguhnya kematian pantas bagi orang ini dan seisi rumahnya, karena Yehuwah Allah seluruh bumi memerintahkan Nuh dan anak-anaknya bahwa manusia tidak boleh merampok, atau melakukan perzinahan. Sekarang lihatlah Sikhem telah merampok dan melakukan percabulan dengan saudari kita, dan tidak seorang pun dari semua orang-orang di kota itu berbicara sepatah kata pun kepada dia.
22. Sesungguhnya engkau tahu dan mengerti bahwa hukuman mati pantas bagi Sikhem dan ayahnya, dan seluruh kota karena perbuatan yang telah dia lakukan."
23. Dan sementara mereka berbicara di hadapan ayah mereka mengenai hal ini, lihatlah Hamor ayah Sikhem datang untuk membicarakan dengan Yakub perkataan putranya mengenai Dina, dan dia duduk di hadapan Yakub dan anak-anaknya.
24. Hamor berbicara kepada mereka, katanya, "Jiwa putraku Sikhem mendambakan putrimu. Aku mohon berikanlah dia kepadanya sebagai istri dan kawin-mengawinlah dengan kami. Berikanlah kami putri-putrimu dan kami akan memberikan kepadamu putri-putri kami, dan engkau akan tinggal bersama kami di negeri kami dan kita akan menjadi satu bangsa di negeri ini.
25. Karena negeri kami sangat luas, jadi tinggallah dan berdaganglah di sini dan dapatkanlah harta benda, dan lakukanlah di sini sebagaimana engkau inginkan, dan tidak seorang pun akan mencegah engkau dengan mengatakan sepatah kata pun kepadamu."
26. Hamor selesai berbicara kepada Yakub dan anak-anaknya, dan lihatlah Sikhem putranya datang menyusul dia, dan dia duduk di hadapan mereka.
27. Sikhem berbicara di hadapan Yakub dan anak-anaknya, katanya, "Semoga aku mendapatkan kemurahan di matamu sehingga engkau akan memberikan kepadaku putrimu, dan apa pun yang engkau katakan kepadaku akan aku lakukan demi dia.
28. Mintalah kepadaku banyak mas kawin dan hadiah, dan aku akan memberikannya. Dan apa pun yang engkau katakan kepadaku akan aku lakukan. Dan siapa pun yang memberontak menentang perintahmu, dia akan mati. Hanya saja berikanlah kepadaku gadis itu sebagai istri."
29. Simeon dan Lewi menjawab Hamor dan Sikhem putranya dengan tipu muslihat, katanya, "Semua yang engkau katakan kepada kami akan kami lakukan bagimu.
30. Lihatlah, saudari kami ada di rumahmu, namun jauhilah dia sampai kami menyampaikan kepada ayah kami Ishak mengenai hal ini, karena kami tidak dapat melakukan apa-apa tanpa persetujuannya.
31. Karena dia mengenal jalan-jalan ayah kami Abraham, dan apa pun yang dia katakan kepada kami akan kami beritahukan kepadamu, kami tidak akan menyembunyikan apa-apa dari padamu."
32. Simeon dan Lewi berbicara seperti ini kepada Sikhem dan ayahnya untuk berdalih, dan mencari cara apa yang akan dilakukan kepada Sikhem dan kotanya mengenai hal ini.
33. Ketika Sikhem dan ayahnya mendengar perkataan Simeon dan Lewi, nampaknya baik di mata mereka, maka Sikhem dan ayahnya pulang ke rumah.
34. Ketika mereka telah pergi, anak-anak Yakub berkata kepada ayah mereka, katanya, "Lihatlah, kami mengetahui bahwa kematian adalah pantas bagi orang-orang jahat itu dan kota mereka, karena mereka melanggar apa yang Allah perintahkan kepada Nuh dan anak-anaknya dan keturunannya sesudah mereka.
35. Dan juga karena Sikhem melakukan hal ini kepada saudari kami Dina dengan mencemari dia, karena kebusukan seperti ini tidak boleh dilakukan di antara kita.
36. Maka sekarang ketahuilah dan lihatlah apa yang hendak engkau lakukan, dan carilah nasihat dan dalih apa yang harus dilakukan kepada mereka, untuk membunuh seluruh penduduk kota ini."
37. Simeon berkata kepada mereka, "Beginilah pertimbangan yang baik bagimu: katakan kepada mereka untuk menyunatkan setiap laki-laki di antara mereka seperti kita juga bersunat, dan jika mereka tidak mau melakukan ini, kita akan mengambil putri kita dari mereka dan pergi.
38. Dan jika mereka setuju untuk melakukan ini dan melakukannya, maka ketika mereka sedang dilanda kesakitan, kita akan menyerang mereka dengan pedang kita, seperti kepada seseorang yang tenang dan damai, dan kita akan membunuh setiap orang laki-laki di antara mereka."
39. Saran Simeon memuaskan mereka, maka Simeon dan Lewi berketetapan untuk melakukan kepada mereka seperti yang disarankan.
40. Pada keesokan harinya Sikhem dan Hamor ayahnya datang lagi kepada Yakub dan anak-anaknya, untuk berbicara mengenai Dina, dan untuk mendengar jawaban apa yang akan diberikan anak-anak Yakub atas perkataan mereka.
41. Anak-anak Yakub berbicara dengan tipu muslihat kepada mereka, katanya, "Kami memberitahukan ayah kami Ishak semua perkataanmu, dan itu memuaskan dia.
42. Namun dia berkata kepada kami, katanya, 'Demikianlah Abraham ayahnya memerintahkan dia dari Allah, Yehuwah seluruh bumi, bahwa setiap orang yang bukan keturunannya yang ingin mengambil salah seorang putrinya, harus memerintahkan semua orang laki-laki milik kepunyaannya untuk disunatkan, sama seperti kami juga bersunat, dan kemudian kami boleh memberikan kepadanya putri kami sebagai istri.
43. Sekarang kami telah memberitahukan kepadamu semua jalan-jalan kami yang ayah kami telah katakan kepada kami, karena kami tidak dapat melakukan apa yang engkau katakan kepada kami, untuk memberikan putri kami kepada orang yang tidak bersunat, karena itu aib bagi kami.
44. Namun beginilah kami akan setuju dengan engkau, untuk memberikan kepadamu putri kami, dan kami juga akan mengambil bagi kami putri-putrimu, dan akan tinggal di antara engkau dan menjadi satu bangsa seperti yang engkau katakan, jika engkau mendengarkan kami, dan setuju untuk menjadi seperti kami, untuk menyunatkan setiap orang laki-laki milik kepunyaanmu, seperti kami juga bersunat.
45. Dan jika engkau tidak mau mendengarkan kami, untuk menyunatkan setiap orang laki-laki seperti kami juga bersunat, seperti kami telah diperintahkan, maka kami akan datang kepadamu, dan mengambil putri kami dari padamu dan pergi."
46. Sikhem dan ayahnya Hamor mendengar perkataan anak- anak Yakub, dan hal ini sangat memuaskan mereka. Sikhem dan ayahnya Hamor bergegas melakukan keinginan anak-anak Yakub, karena Sikhem sangat mencintai Dina, dan jiwanya terpaut kepadanya.
47. Sikhem dan ayahnya, Hamor, bergegas ke pintu gerbang kota, dan mereka mengumpulkan seluruh laki-laki dari kota mereka dan berbicara kepada mereka perkataan anak-anak Yakub, katanya,
48. "Kami datang kepada orang-orang ini, anak-anak Yakub, dan kami berbicara kepada mereka mengenai putri mereka, dan orang-orang ini akan setuju melakukan permintaan kami, dan lihatlah negeri kita sangat luas bagi mereka, dan mereka akan tinggal di dalamnya, dan berdagang di dalamnya, dan kita akan menjadi satu bangsa. Kita akan mengambil putri-putri mereka, dan putri-putri kita akan kita berikan kepada mereka sebagai istri-istri.
49. Namun hanya dengan syarat ini orang-orang itu setuju untuk melakukan hal ini, bahwa setiap orang laki-laki di antara kita disunatkan sama seperti mereka juga bersunat, seperti yang Allah mereka perintahkan kepada mereka, dan ketika kita telah melakukan sesuai perintah mereka untuk disunatkan, maka mereka akan tinggal di antara kita, bersama- sama dengan ternak mereka dan harta bendanya, dan kita akan menjadi satu bangsa dengan mereka."
50. Dan ketika seluruh penduduk kota mendengar perkataan Sikhem dan ayahnya Hamor, maka seluruh orang laki-laki kota mereka setuju dengan permintaan ini. Mereka menurut untuk disunatkan, karena Sikhem dan ayahnya Hamor sangat dihormati oleh mereka, sebagai pemimpin negeri itu.
51. Pada keesokan harinya, Sikhem dan Hamor ayahnya bangun pagi-pagi sekali, dan mereka mengumpulkan seluruh orang laki-laki kota mereka di tengah kota. Mereka memanggil anak-anak Yakub, yang menyunatkan setiap orang laki-laki mereka pada hari itu dan besoknya.
52. Mereka menyunatkan Sikhem dan Hamor ayahnya, dan lima saudara Sikhem, dan setiap orang bangun lalu pulang ke rumah, karena hal ini berasal dari Yehuwah terhadap kota Sikhem, dan dari Yehuwahlah nasihat Simeon dalam hal ini, supaya Yehuwah dapat menyerahkan kota Sikhem ke dalam tangan kedua anak laki-laki Yakub.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar