Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 38

Pasal 38

1. Ihuri raja Shiloh datang untuk menolong Elon. Dan dia mendekati Yakub, ketika Yakub menarik busur di tangannya dan dengan sebuah anak panah membidik Ihuri yang mengakibatkan kematiannya.
2. Ketika Ihuri raja Shiloh telah mati, keempat raja lainnya melarikan diri dari tempat mereka dengan sisa panglima, dan mereka berusaha untuk mundur, katanya, "Kita tidak punya kekuatan lagi melawan orang Ibrani setelah mereka membunuh tiga raja dan para panglima mereka yang lebih kuat dari kita."
3. Ketika anak-anak Yakub melihat bahwa raja lainnya telah menyingkir dari tempatnya, mereka mengejarnya. Yakub juga datang dari timbunan Sikhem dari tempat di mana dia berdiri. Mereka pergi mengejar raja-raja dan mendekatinya bersama hamba-hamba mereka.
4. Raja-raja dan para panglima dan sisa tentara mereka, melihat bahwa anak-anak Yakub mendekati mereka, ketakutan akan nyawa mereka dan melarikan diri hingga mereka mencapai kota Chazar.
5. Anak-anak Yakub mengejar mereka ke pintu gerbang kota Chazar, dan mereka memukul banyak orang dari antara raja- raja dan tentara mereka, kira-kira empat ribu orang. Dan sementara mereka memukul tentara para raja, Yakub mengisi busurnya dan memusatkan dirinya untuk membidik raja-raja, dan dia membunuh mereka semuanya.
6. Dia membunuh Parathon raja Chazar di pintu gerbang kota Chazar. Selanjutnya dia membidik Susi raja Sarton, dan Laban raja Bethchorin, dan Shabir raja Machnaymah. Dia membunuh mereka semua dengan anak panah, satu anak panah untuk masing-masing, dan mereka mati.
7. Anak-anak Yakub melihat bahwa semua raja telah mati dan bahwa mereka telah hancur dan mundur, terus melanjutkan peperangan dengan tentara raja-raja di seberang pintu gerbang Chazar. Mereka memukul kira-kira empat ratus dari orang-orang mereka.
8. Tiga orang hamba Yakub mati dalam pertempuran itu. Ketika Yehuda melihat tiga orang hambanya mati, itu sangat menyusahkan hatinya, dan amarahnya berkobar-kobar dalam hatinya terhadap orang Amori.
9. Seluruh orang yang tersisa dari tentara para raja sangat takut akan nyawanya. Mereka berlari dan memecahkan pintu gerbang tembok kota Chazar, dan mereka semuanya memasuki kota untuk menyelamatkan diri.
10. Mereka menyembunyikan dirinya di tengah kota Chazar, karena kota Chazar sangat besar dan luas. Ketika seluruh tentara ini telah memasuki kota, anak-anak Yakub berlari mengejar mereka ke kota.
11. Empat orang gagah perkasa, yang berpengalaman dalam pertempuran, pergi dari kota dan berdiri di seberang pintu masuk kota, dengan pedang terhunus dan tombak di tangan mereka. Mereka menempatkan diri mereka di seberang anak- anak Yakub, dan tidak mengijinkan mereka memasuki kota.
12. Naftali berlari dan datang ke antara mereka dan dengan pedangnya dia memukul dua orang dari padanya, dan memenggal kepala mereka dengan satu serangan.
13. Dia berbalik kepada dua lainnya, dan lihatlah, mereka telah melarikan diri. Dia mengejar mereka, menyusul mereka, memukul mereka dan membunuh mereka.
14. Anak-anak Yakub datang ke kota itu dan melihat, dan lihatlah, ada tembok lainnya pada kota itu. Mereka mencari pintu gerbang di tembok namun tidak dapat menemukannya. Yehuda meloncat ke atas tembok, Simeon dan Lewi mengikutinya. Mereka bertiga turun dari tembok ke dalam kota.
15. Simeon dan Lewi membunuh semua orang laki-laki yang lari menyelamatkan diri ke dalam kota itu. Juga penduduk kota bersama istri-istri dan anak-anaknya, mereka bunuh dengan mata pedang. Dan tangisan kota itu naik sampai ke langit.
16. Dan dan Naftali meloncat ke atas tembok untuk melihat apa yang menyebabkan suara ratapan, karena anak-anak Yakub merasa cemas dengan saudara-saudaranya. Mereka mendengar penduduk kota berbicara dengan tangisan dan permohonan, katanya, "Ambillah semua yang kami miliki di kota dan pergilah, hanya saja jangan membunuh kami."
17. Ketika Yehuda, Simeon, dan Lewi telah berhenti memukul penduduk kota, mereka naik ke tembok dan memanggil Dan dan Naftali, yang ada di atas tembok, dan saudara mereka yang lainnya. Simeon dan Lewi memberitahu mereka jalan masuk ke dalam kota, dan semua anak-anak Yakub datang untuk mengambil jarahan.
18. Anak-anak Yakub mengambil jarahan dari kota Chazar, kawanan domba dan lembu, dan harta benda, dan mereka mengambil semua yang dapat mereka rebut, dan pergi pada hari itu dari kota.
19. Pada keesokan harinya anak-anak Yakub pergi ke Sarton, karena mereka mendengar bahwa orang-orang Sarton yang tinggal di kota berkumpul untuk berperang melawan mereka karena telah membunuh raja mereka. Sarton adalah kota yang sangat tinggi dan berbenteng, dan memiliki kubu pertahanan yang dalam mengelilingi kota.
20. Pilar kubu pertahanan itu kira-kira lima puluh hasta dan lebarnya empat puluh hasta. Dan tidak ada tempat bagi seseorang untuk memasuki kota karena kubu pertahanan itu. Anak-anak Yakub melihat kubu pertahanan kota, dan mereka mencari jalan masuk ke dalamnya namun tidak dapat menemukannya.
21. Karena jalan masuk ke kota itu ada di belakang, dan setiap orang yang ingin masuk ke dalam kota datang melalui jalan itu dan berputar mengelilingi seluruh kota, dan kemudian dia memasuki kota.
22. Ketika anak-anak Yakub melihat bahwa mereka tidak dapat menemukan jalan ke dalam kota, amarah mereka sangat meluap-luap. Penduduk kota ketika melihat bahwa anak-anak Yakub mendatangi mereka, sangat ketakutan karena mereka telah mendengar kekuatan mereka dan apa yang telah mereka perbuat kepada Chazar.
23. Dan penduduk kota Sarton tidak dapat keluar menuju anak-anak Yakub setelah berkumpul di kota untuk berperang melawan mereka, kalau-kalau mereka mungkin dapat masuk ke kota. Namun ketika mereka melihat bahwa mereka mendatanginya, mereka sangat ketakutan kepadanya, karena mereka telah mendengar kekuatannya dan apa yang telah mereka perbuat kepada Chazar.
24. Jadi penduduk Sarton bergegas mengambil jembatan di jalan kota, dari tempatnya, sebelum anak-anak Yaqob datang, dan mereka membawanya masuk ke dalam kota.
25. Anak-anak Yaqob datang dan mencari jalan ke dalam kota, tapi tidak dapat menemukannya. Penduduk kota naik ke atas tembok, dan melihat. Lihatlah, anak-anak Yaqob sedang mencari jalan masuk ke dalam kota.
26. Penduduk kota itu mencemooh anak-anak Yakub dari atas tembok, dan mereka mengutukinya. Anak-anak Yakub mendengar cemoohan itu, dan mereka sangat marah, amarah mereka berkobar-kobar dalam hatinya.
27. Anak-anak Yaqob tersulut amarahnya kepada mereka, dan mereka semuanya bangkit dan meloncat ke atas kubu pertahanan dengan kekuatan tenaganya. Dan karena keperkasaannya mereka melewati kubu pertahanan selebar empat puluh hasta.
28. Ketika mereka telah melewati kubu pertahanan, mereka berdiri di bawah tembok kota, dan mereka mendapati seluruh pintu gerbang kota tertutup dengan pintu besi.
29. Anak-anak Yakub datang mendekat untuk mendobrak pintu-pintu gerbang kota, namun penduduk kota tidak membiarkannya. Dari atas tembok mereka melemparkan batu dan menembakkan anak panah kepada mereka.
30. Jumlah orang yang ada di atas tembok kira-kira empat ratus orang. Dan ketika anak-anak Yakub melihat bahwa orang-orang kota tidak membiarkan mereka membuka pintu- pintu gerbang kota, mereka meloncat dan naik ke atas tembok. Yehudah naik terlebih dahulu ke bagian timur kota.
31. Gad dan Asyer naik ke atas setelahnya ke sisi barat kota. Simeon dan Lewi ke utara, Dan dan Ruben ke selatan.
32. Orang-orang yang ada di atas tembok, penduduk kota itu, melihat bahwa anak-anak Yakub naik ke atas menuju mereka, semuanya melarikan diri dari tembok, turun ke dalam kota, dan menyembunyikan diri di tengah kota.
33. Isakhar dan Naftali yang tetap di bawah tembok mendekati dan mendobrak pintu gerbang kota, dan menyalakan api di pintu gerbang kota, sehingga besinya mencair. Semua anak-anak Yaqob datang ke dalam kota, mereka dan semua orang-orangnya, dan mereka berperang dengan penduduk kota Sarton, dan memukul mereka dengan mata pedang. Tidak seorang pun berdiri di hadapan mereka.
34. Kira-kira dua ratus orang laki-laki melarikan diri dari kota, dan mereka semua pergi dan menyembunyikan diri di sebuah menara di kota. Yehuda mengejar mereka ke menara dan dia meruntuhkan menara itu, yang jatuh menimpa orang-orang itu, dan mereka semuanya mati.
35. Anak-anak Yakub naik ke atas jalan di atap menara itu, dan mereka melihat, dan lihatlah, ada menara lainnya yang kuat dan tinggi di kejauhan di kota itu, dan ujungnya mencapai langit. Anak-anak Yakub bergegas dan turun, dan pergi dengan semua orang-orangnya ke menara itu, dan menemukan di dalamnya berisi kira-kira tiga ratus laki-laki, wanita dan anak-anak.
36. Dan anak-anak Yakub memukul banyak orang di antara orang-orang di menara itu dan mereka berlari dan menyelamatkan diri dari mereka.
37. Simeon dan Lewi mengejar mereka, ketika dua belas orang perkasa dan gagah berani keluar menghadapi mereka dari tempat di mana mereka menyembunyikan diri.
38. Dua belas orang itu bertahan dalam pertempuran sengit melawan Simeon dan Lewi. Simeon dan Lewi tidak dapat mengalahkan mereka. Orang-orang gagah itu menghancurkan perisai Simeon dan Lewi, dan salah satunya menghantam kepala Lewi dengan pedangnya, ketika Lewi dengan cepat menarik tangannya ke kepala, karena dia takut akan pedang itu. Pedang itu menghantam tangan Levi, dan itu tertahan namun tangan Levi sedikit terpotong.
39. Lewi merebut pedang dari orang gagah itu di tangannya, dan merebutnya dengan paksa dari orang itu, dan dengannya dia memukul kepala orang kuat itu, dan memenggal kepalanya.
40. Sebelas orang mendekat untuk bertarung dengan Lewi, karena mereka melihat salah seorang temannya telah mati, dan anak-anak Yakub bertarung, tetapi anak-anak Yakub tidak dapat mengalahkan mereka, karena orang-orang itu sangat kuat.
41. Anak-anak Yakub ketika melihat bahwa mereka tidak dapat mengalahkannya, Simeon memekik dengan suara keras dan luar biasa, dan kesebelas orang kuat ini tertegun karena suara pekikan Simeon.
42. Yehuda dari kejauhan mengenali suara teriakan Simeon, maka Naftali dan Yehuda berlari dengan perisai mereka menuju Simeon dan Lewi, dan mendapati mereka sedang bertarung dengan orang-orang kuat itu, tidak dapat mengalahkan mereka sedangkan perisai mereka telah hancur.
43. Naftali melihat bahwa perisai Simeon dan Lewi telah hancur, dia mengambil dua perisai dari hamba-hambanya dan membawanya kepada Simeon dan Lewi.
44. Simeon, Lewi dan Yehuda pada hari itu bertarung ketiganya melawan sebelas orang gagah perkasa hingga waktu matahari terbenam, namun mereka tidak dapat mengalahkannya.
45. Hal ini diberitahukan kepada Yakub, dan dia sangat bersedih. Dia berdoa kepada Yehuwah, dan dia beserta Naftali anaknya pergi melawan orang-orang gagah perkasa ini.
46. Yakub mendekat dan menarik busurnya, dan datang ke dekat orang-orang gagah perkasa itu, dan membunuh tiga orang dari mereka dengan busur. Delapan sisanya berbalik, dan lihatlah, peperangan terjadi kepada mereka dari depan dan belakang, dan mereka sangat takut akan nyawanya, dan tidak dapat berdiri melawan anak-anak Yakub, maka mereka melarikan diri dari hadapannya.
47. Dalam pelariannya mereka bertemu Dan dan Asyer yang mendatangi mereka. Dengan tiba-tiba mereka menyerbu dan bertarung dengannya, dan membunuh dua orang dari padanya. Yehuda dan saudara-saudaranya mengejar mereka, dan memukul sisanya, dan membunuh mereka.
48. Seluruh anak-anak Yakub kembali dan berjalan mengelilingi kota, mencari jika mereka dapat menemukan seseorang. Mereka menemukan kira-kira dua puluh orang muda di sebuah gua di kota. Gad dan Asyer memukul mereka semuanya. Dan dan Naftali mencari sisa orang-orang yang kabur dan melarikan diri dari menara kedua, dan memukul mereka semuanya.
49. Anak-anak Yakub memukul seluruh penduduk kota Sarton, namun perempuan dan anak-anak mereka biarkan tinggal di kota dan tidak membunuhnya.
50. Seluruh penduduk kota Sarton adalah orang-orang kuat. Seorang dari mereka akan mengejar seribu, dan dua orang dari mereka tidak akan melarikan diri dari sepuluh ribu orang lainnya.
51. Anak-anak Yakub membunuh seluruh penduduk kota Sarton dengan mata pedang. Tidak seorang pun dapat berdiri melawan mereka, dan mereka meninggalkan kaum perempuan di dalam kota.
52. Anak-anak Yakub mengambil seluruh jarahan kota itu, dan merebut apa yang mereka inginkan. Mereka mengambil kawanan domba dan lembu dan harta benda dari kota. Anak- anak Yakub melakukan kepada Sarton dan penduduknya seperti yang mereka perbuat kepada Chazar dan penduduknya, dan mereka berbalik dan pergi.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar