Laman

Senin, 01 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 19

Pasal 19

1. Kota-kota Sodom memiliki empat hakim bagi empat kota, dan inilah nama-nama mereka, Serak di kota Sodom, Sharkad di Gomora, Zabnac di Admah, dan Menon di Zeboim.
2. Eliezer hamba Abraham menyebut mereka dengan nama lain. Dia mengganti Serak menjadi Shakra, Sharkad menjadi Shakrura, Zabnac menjadi Kezobim, dan Menon menjadi Matzlodin.
3. Karena keinginan empat hakim ini orang-orang Sodom dan Gomora mendirikan banyak tempat fidur di jalanan kota-kota itu. Dan jika seorang laki-laki datang ke tempat itu, mereka memegangnya dan membawanya ke salah satu tempat tidur mereka itu, dan memaksa dia berbaring dengan mereka.
4. Selagi dia berbaring, tiga orang laki-laki akan berdiri di kepalanya dan figa orang di kakinya, dan mengukurnya dengan panjang tempat tidur. Dan jika orang itu lebih pendek dari tempat tidur, keenam orang ini akan menariknya dari dua ujung dan meskipun dia berteriak kepada mereka, mereka tidak akan menjawabnya.
5. Dan jika dia lebih panjang dan tempat tidur mereka akan menarik bersama-sama dua sisi tempat tidur pada ujungnya, sampai orang itu mencapai pintu gerbang kematian.
6. Dan jika dia terus berteriak kepada mereka, mereka akan menjawabnya, "Dernikianlah harus dilakukan kepada orang laki-laki yang datang ke negeri kami."
7. Ketika orang mendengar semua hal yang diperbuat orang¬orang di kota-kota Sodom ini, mereka urung datang ke sana.
8. Ketika seorang miskin datang ke negeri mereka, mereka akan memberinya perak dan emas, dan mengumumkan di seluruh kota untuk tidak memberikannya sepotong roti untuk dimakan. Dan orang asing itu harus tinggal di sana beberapa hari, dan mati kelaparan, tidak bisa mendapatkan sepotong roti, maka pada waktu kematiannya semua penduduk kota akan datang dan mengambil perak dan emas yang mereka berikan kepadanya.
9. Mereka yang dapat mengenali perak atau emas yang mereka berikan kepadanya akan merebutnya kembali. Dan pada saat kematiannya mereka juga menanggalkan semua pakaiannya, dan akan berkelahi untuk memperebutkannya, dan dia yang berhasil mengalahkan temannya akan mengambilnya.
10. Setelah itu mereka akan membawanya dan menguburkan dia di bawah belukar di padang gurun. Derniklanlah mereka lakukan sepanjang waktu kepada siapa pun yang datang kepada mereka dan mati di negeri mereka.
11. Pada suatu waktu Sarah mengirimkan Eliezer ke Sodom, untuk melihat Lot dan menanyakan kesejahteraannya.
12. Eliezer pergi ke Sodom, dan dia menjumpai seorang laki¬laki Sodom sedang berkelahi dengan orang asing. Orang Sodom itu melucuti seluruh pakaian orang miskin itu dan meninggalkannya.
13. Orang miskin ini menangis kepada Eliezer dan memohon kemurahannya atas apa yang orang Sodom telah perbuat kepadanya.
14. Dan dia berkata kepadanya, "Mengapa engkau bertindak seperti itu kepada orang miskin yang datang ke negerimu?"
15. Orang Sodom itu menjawab Eliezer, katanya, "Apakah orang ini saudaramu, atau sudahkah orang-orang Sodom menjadikan engkau hakim pada hari ini, sehingga engkau berbicara mengenai orang ini?"
16. Dan Eliezer bertengkar dengan orang Sodom karena orang miskin ini, dan ketika Eliezer mendekat untuk mengambil kembali pakaian orang miskin dari orang Sodom ini, dia bergegas dan dengan sebuah batu memukul Eliezer di dahinya.
17. Darah mengalir deras dari dahi Eliezer, dan ketika orang ini melihat darah dia memegangi Eliezer, katanya, "Berikan upahku karena membersihkan darah kotor yang ada di dahimu, karena seperti inilah kebiasaan dan hukum di negeri kami."
18. Eliezer berkata kepadanya, "Engkau telah melukai aku dan menuntut aku membayar upahmu?" Dan Eliezer tidak mau mendengarkan kata-kata orang Sodom.
19. Maka orang itu memegangi Eliezer dan membawanya kepada Shakra hakim Sodom untuk dihakimi.
20. Orang ini berbicara kepada hakim, katanya, "Aku mohon tuanku, beginilah telah dilakukan orang ini, karena aku memukul dia dengan batu sehingga darah mengalir dari dahinya, dan dia tidak mau memberikan kepadaku upahku."
21. Dan hakim berkata kepada Eliezer, "Orang ini berkata benar kepadamu, berikan kepadanya upahnya, karena inilah kebiasaan di negeri kami." Eliezer mendengarkan kata-kata hakim, dan dia mengangkat sebuah batu dan memukul hakim, dan batu itu menghantam dahinya. Darah mengalir deras dari dahi hakim, dan Eliezer berkata, "Jika ini kebiasaan di negerimu berikan kepada orang ini apa yang harus aku berikan kepadanya, karena inilah keputusanmu, engkau telah mengumumkannya."
22. Dan Eliezer meninggalkan orang Sodom dengan hakim itu, dan dia pergi.
23. Ketika raja-raja Elam berperang dengan raja-raja Sodom, raja-raja Elam merebut seluruh harta benda Sodom, dan mereka menawan Lot, bersama harta bendanya. Ketika diberitahukan kepada Abraham, dia pergi dan berperang dengan raja-raja Elam, dan dia merebut kembali dari tangan mereka seluruh harta benda Lot, demikian juga harta benda Sodom.
24. Pada waktu itu istri Lot melahirkan baginya seorang anak perempuan, dan dia menyebut namanya Paltith, katanya, "Karena Allah telah melepaskan dia dan seisi rumahnya dari raca-raja Elam." Paltith binti Lot bertumbuh besar, dan salah seorang laki-laki Sodom mengambil dia sebagai istri.
25. Dan seorang miskin datang ke kota untuk mendapatkan pemeliharaan, dan dia tinggal di kota itu beberapa hari. Semua orang Sodom mengumumkan kebiasaan mereka untuk tidak memberikan orang ini sepotong roti untuk dimakan, sampai dia tergeletak mati di tanah, dan mereka melakukannya.
26. Paltith binti Lot melihat orang ini tergeletak di jalanan karena kelaparan, dan tidak seorang pun memberikan kepadanya sesuatu untuk membuatnya bertahan hidup, dan dia sudah hampir mati.
27. Jiwanya dipenuhi rasa belas kasihan karena orang itu, dan dia memberinya makan sembunyi-sembunyi dengan roti selama berhari-hari, dan kekuatan orang ini pulih.
28. Karena ketika dia pergi untuk mengambil air, dia akan meletakkan roti di dalam buyung air, dan ketika dia datang ke tempat di mana orang miskin itu berada, dia mengambil roti dari buyung dan diberikan kepadanya untuk dimakan. Demikianlah dia melakukan hal ini selama berhari-hari.
29. Semua orang Sodom dan Gomora heran bagaimana orang ini tahan menderita kelaparan selama berhari-hari.
30. Mereka berkata satu sama lain, "Ini hanya dapat terjadi bila dia makan dan minum, karena tidak seorang pun sanggup menderita kelaparan selama berhari-hari ataupun hidup sama seperti orang ini, bahkan wajahnya tidak berubah." Dan tiga orang menyembunyikan diri mereka ditempat di mana orang miskin ini berada, untuk mengetahui siapakah yang membawakannya roti untuk dimakan.
31. Dan Paltith binti Lot pergi hari itu untuk mengambil air, dan dia meletakkan roti di dalam buyung airnya. Dia pergi untuk mengambil air di dekat tempat orang miskin itu, dan dia mengambil roti dari dalam buyung dan diberikan kepada orang miskin itu dan dia memakannya.
32. Tiga orang itu melihat apa yang Paltith lakukan kepada orang miskin itu, dan mereka berkata kepadanya, "Jadi engkaulah yang memelihara dia, dan karenanya dia tidak kelaparan, atau pun berubah penampilannya atau pun mati seperti yang lainnya."
33. Dan tiga orang ini keluar daritempat di mana mereka menyembunyikan diri, dan mereka menangkap Paltith dan merampas roti yang ada ditangan orang miskin
34. Mereka menangkap Paltith dan membawanya ke hadapan hakim mereka, dan berkata kepadanya, "Beginilah dia lakukan, dan dialah yang memelihara orang miskin ini dengan roti, sehingga dia tidak mati selama ini. Maka sekarang umumkanlah kepada kami hukuman yang pantas bagi perempuan ini karena telah melanggar hukum kita."
35. Maka orang-orang Sodom dan Gomora berkumpul dan menyalakan api di jalanan kota itu, dan mereka membawa perempuan itu dan melemparkannya ke dalam api sehingga dia terbakar sampai menjadi abu.
36. Di kota Admah juga ada seorang perempuan yang kepadanya mereka lakukan seperti itu juga.
37. Karena seorang pengembara datang ke kota Admah untuk tinggal di sana sepanjang malam, dengan maksud pulang ke rumahnya pada pagi harinya. Dan dia duduk diseberang pintu rumah ayah dari perempuan muda itu, untuk tinggal di sana, karena matahari telah terbenam ketika dia mencapai tempat itu. Perempuan muda itu melihat dia duduk di dekat pintu rumah.
38. Dia meminta kepadanya minum air ketika dia bertanya kepadanya, "Siapakah engkau?" Dia menjawabnya, "Aku pada hari ini melakukan perjalanan, dan tiba di sini ketika matahari terbenam, jadi aku akan tinggal di sini sepanjang malam, dan besok pagi aku akan bangun pagi-pagi sekali dan melanjutkan perjalananku."
39. Maka perempuan muda itu masuk ke rumah dan mengambilkan orang itu roti dan air untuk dimakan dan diminum.
40. Kejadian ini diketahui orang-orang Admah,dan mereka berkumpul dan menyeret perempuan muda ini ke hadapan hakim, supaya mereka menghakiminya karena perbuatan ini.
41. Dan hakim berkata, "Hukuman mati harus dijalankan kepada perempuan ini karena dia melanggar hukum kita, karena itu inilah keputusan tentang dia."
42. Penduduk kota itu berkumpul dan menyeret perempuan muda itu, dan menuangkan madu dari kepala sampai kaki, seperti keputusan hakim, dan mereka meletakkan dia di depan sekawanan lebah yang ada di sarangnya. Maka kawanan lebah itu terbang ke arahnya dan menyengatnya sehingga seluruh tubuhnya bengkak
43. Perempuan muda ini berteriak karena sengatan lebah ini, namun tidak seorang pun memperhatikannya ataupun berbelas kasihan kepadanya, dan teriakannya naik ke surga.
44. Dan Yehuwah tersulut amarah-Nya karena ini dan kepada semua perbuatan kota-kota Sodom, karena mereka memiliki makanan berlimpah-limpah, dan ada ketenteraman di antara mereka, namun tidak mau menopang yang miskin dan membutuhkan. Dan pada waktu itu perbuatan-perbuatan jahat dan dosa-dosa mereka menjadi besar di hadapan Yehuwah.
45. Yehuwah mengirimkan dua orang malaikatyang telah datang ke rumah Abraham, untuk menghancurkan Sodom dan kota-kotanya.
46. Malaikat-malaikat itu bangkit dari pintu kemah Abraham, setelah mereka makan dan minum, dan mereka mencapai Sodom pada waktu petang. Lot sedang duduk di pintu gerbang Sodom, dan ketika dia melihat mereka, dia bangkit untuk menyambut mereka. Dia bersujud sampai ke tanah.
47. Dia mendesak mereka dengan sangat dan membawa mereka masuk ke dalam rumahnya. Dia memberikannya makanan yang mereka makan, dan mereka tinggal sepanjang malam di dalam rumahnya.
48. Malaikat ini berkata kepada Lot, "Bangkitlah, pergilah dari tempat ini, engkau dan semua milik kepunyaanmu, supaya engkau jangan dimusnahkan kejahatan kota ini, karena Yehuwah akan menghancurkan tempat ini."
49. Dan para malaikat ini memegang tangan Lot dan tangan istrinya, dan tangan anak-anaknya, dan semua milik kepunyaannya. Mereka membawanya pergi dan menempatkan dia di luar kota.
50. Mereka berkata kepada Lot, "Larilah demi nyawamu," dan dia melarikan diri bersama semua milik kepunyaannya.
51. Lalu Yehuwah mendatangkan hujan ke atas Sodom dan ke atas Gomora dan ke atas seluruh kota-kota ini belerang dan api dari Yehuwah turun dari langit.
52. Dia menjungkirbalikkan kota-kota ini, seluruh lembah dan seluruh penduduk kota-kota ini, dan apa yang tumbuh di tanah. Dan Ado istri Lot menoleh ke belakang untuk melihat kehancuran kota-kota ini. Sebab hatinya tergerak oleh belas kasihan karena anak-anak perempuannya yang tetap tinggal di Sodom, karena mereka tidak pergi bersamanya.
53. Dan ketika dia menoleh ke belakang dia menjadi tiang garam, dan itu masih ada ditempat itu sampai hari ini.
54. Lembu-lembu yang berdiri di tempat itu setiap hari menjilati garam yang ada di kakinya, dan pada pagi harinya itu akan muncul kembali, dan mereka akan menjilatnya lagi demikian sampai hari ini.
55. Lot dan dua orang anak perempuannya yang bersamanya lari dan meluputkan diri ke gua Adullam, dan mereka tinggal di sana selama beberapa waktu.
56. Abraham bangun pagi-pagi sekali untuk melihat apa yang telah terjadi kepada kota-kota Sodom. Dia memandang, dan lihatlah asap kota-kota itu naik ke atas seperti asap dari dapur perapian.
57. Lot dan dua orang anak perempuannya tinggal di dalam gua, dan mereka membuat ayahnya minum anggur, kemudian mereka tidur dengan dia, karena mereka berkata tidak ada laki-laki di bumi yang dapat membangkitkan keturunan dari mereka, karena mereka berpikir seluruh bumi telah musnah.
58. Mereka berdua tidur dengan ayahnya, dan mereka mengandung dan melahirkan anak yang sulung menyebut nama anaknya Moab, karena katanya, "Dari ayahku aku mengandungnya." Dialah bapa orang Moab sampai hari ini.
59. Dan yang muda juga menyebut nama anaknya Ben'ammi. Dialah bapa bani Ammon sampai hari ini.
60. Setelah ini Lot dan kedua anak perempuannya pergi dari sana, dan dia tinggal di seberang sungai Yordan bersama kedua anak perempuannya dan anak-anak mereka. Anak-anak lelaki Lot bertumbuh besar, dan mereka pergi dan mengambil bagi diri mereka istri-istri dari tanah Kanaan, dan mereka melahirkan anak-anak dan mereka beranak cucu dan berlipat ganda.


Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar