Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 27

Pasal 27

1. Pada waktu itu, setelah kematian Abraham, Esau sering pergi ke padang untuk berburu.
2. Dan Nimrod raja Babel, yang juga bernama Amraphel, juga sering pergi bersama orang-orang gagah perkasanya untuk berburu di padangdan berjalan-jalan bersama mereka pada waktu hari sejuk.
3. Nimrod mengawasi Esau sepanjang waktu, karena rasa cemburu timbul di dalam hati Nimrod terhadap Esau sepanjang waktu.
4. Dan pada suatu hari Esau pergi ke padang untuk berburu, dan dia mendapati Nimrod sedang berjalan di padang belantara bersama dua orangnya.
5. Semua orang gagah perkasa dan rakyatnya ada bersamanya di padang belantara, tetapi mereka mengambil jarak dengan dia, dan mereka pergi berlawanan arah dengannya untuk berburu. Esau menyembunyikan dirinya dari Nimrod, dan dia mengintainya di padang belantara.
6. Nimrod dan orang-orangnya yang ada bersamanya tidak tahu akan dia. Nimrod dan orang-orangnya sering berjalan-jalan di padang pada waktu hari sejuk, untuk mengetahui di mana orang-orangnya berburu di padang.
7. Nimrod dan dua orang yang menyertainya sampai ke suatu tempat di mana mereka berada, ketika Esau dengan tiba-tiba dari tempat persembunyiannya menghunus pedangnya, dan bergegas dan lari menuju Nimrod dan memenggal kepalanya.
8. Dan Esau berjuang mati-matian melawan dua orang yang menyertai Nimrod, dan ketika mereka berteriak kepadanya, Esau berpaling kepada mereka dan memukul mereka sampai mati dengan pedangnya.
9. Dan semua orang gagah perkasa Nimrod, yang meninggalkannya di padang belantara, mendengar teriakan dari jauh, dan mereka mengenal suara teriakan dua orang itu. Maka mereka berlari untuk mencari tahu apa sebabnya, ketika mereka menemukan raja mereka dan dua orang yang menyertainya tergeletak mati di padang belantara.
10. Dan ketika Esau melihat orang-orang gagah perkasa Nimrod datang di kejauhan, dia melarikan diri, sehingga lolos. Esau mengambil pakaian-pakaian berharga Nimrod, yang telah diwariskan ayah Nimrod kepadanya, yang dengannya menjadikan Nimrod berhasil menguasai seluruh negeri, dan dia lari dan menyembunyikannya di dalam rumahnya.
11. Esau mengambil pakaian-pakaian itu dan berlari ke kota karena orang-orang Nimrod, dan dia datang ke rumah ayahnya, lelah dan kehabisan tenaga karena pertarungan, dan ia hampir mati karena kelelahan ketika ia mendekati saudaranya Yakub dan duduk di depannya.
12. Dan dia berkata kepada saudaranya, Yagob, "Lihatlah, aku akan mati hari ini, dan karenanya buat apa aku menginginkan hak kesulungan?" Dan Yakub bertindak bijaksana terhadap Esau dalam hal ini, dan ESau menjual hak kesulungannya kepada Yakub, sebab itu terjadi demikian oleh karena Yehuwah.
13. Bagian Esau di gua di ladang Makpelah, yang Abraham beli dari bani Het sebagai milik untuk tempat penguburan, juga Esau jual kepada Yakub. Dan Yakub membeli semua ini dari saudaranya Esau dengan harga yang diberikan.
14. Yakub menulis semuanya ini dalam sebuah kitab, dan dia menyaksikannya dengan saksi-saksi, dan dia memeteraikannya, dan kitab itu tetap ada dalam tangan Yakub.
15. Dan ketika Nimrod bin Kush mati, orang-orangnya mengangkatnya dan membawanya dalam kegemparan yang besar, dan menguburkan dia di kotanya. Seluruh umur Nimrod waktu ia hidup adalah dua ratus lima belas tahun dan dia mati.
16. Lamanya Nimrod memerintah atas orang-orang negeri itu adalah seratus delapan puluh lima tahun. Nimrod mati oleh pedang Esau dalam cela dan penghinaan. Keturunan Abraham menyebabkan kematiannya seperti yang telah dia lihat dalam mimpinya.
17. Dan saat kematian Nimrod kerajaannya terbagi-bagi menjadi banyak bagian, dan seluruh bagian yang dikuasai Nimrod dikembalikan kepada masing-masing raja-raja negeri itu, yang mendapatkannya kembali setelah kematian Nimrod. Semua orang di rumah Nimrod untuk waktu yang lama diperbudak oleh semua raja-raja lain di negeri itu.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar