Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 26

PaSal 26

1. Dalam tahun ke lima puluh sembilan dari hidup Ishak bin Abraham, Ribkah istrinya masih mandul pada waktu itu.
2. Ribkah berkata kepada Ishak,"Sungguh telah aku dengar, tuanku, bahwa ibumu Sarah juga mandul waktu itu sampai tuanku Abraham, ayahmu, berdoa baginya dan dia mengandung olehnya.
3. Maka sekarang berdirilah, berdoalah juga engkau kepada Allah dan Dia akan mendengar doamu dan mengingat kita karena belas kasihan-Nya."
4. Ishak menjawab istrinya Ribkah, katanya, "Abraham telah berdoa bagiku kepada Allah supaya melipatgandakan keturunannya, maka sekarang kemandulan ini pasti terjadi kepada kita karena engkau."
5. Ribkah berkata kepadanya, "Tapi bangkitlah juga engkau sekarang dan berdoa, supaya Yehuwah mendengar doamu dan mengaruniakan aku anak-anak," dan Ishak mendengarkan perkataan istrinya. Ishak dan istrinya bangkit dan pergi ke tanah Moriyah untuk berdoa di sana dan mencari Yehuwah. Dan ketika mereka mencapai tempat itu Ishak berdiri dan berdoa kepada Yehuwah bagi istrinya karena dia mandul.
6. Ishak berkata,"Ya Yehuwah Allah surga dan bumi, yang kebaikan dan belas kasihan-Nya memenuhi bumi, Engkaulah yang mengambil ayahku dari rumah ayahnya dan dari tempat kelahirannya, dan membawa dia ke negeri ini, dan berfirman kepadanya, 'Kepada keturunanmu akan Aku berikan negeri dan Engkau berjanji kepadanya dan menyalakan kepadanya, .Aku akan melipatgandakan keturunanmu seperti bintang¬bintang di langit dan seperti pasir di laut. sekarang kiranya firman-Mu diteguhkan yang telah Engkau firmankan kepada ayahku.
7. Karena Engkaulah Yehuwah Allah kami, mata kami tertuju kepada-Mu supaya memberi kami keturunan manusia, seperti yang Engkau janjikan kepada kami, karena Engkaulah Yehuwah Allah kami dan mata kami terarah hanya kepada-Mu saja."
8. Dan Yehuwah mendengar doa Ishak bin Abraham, karena dia meminta dengan sangat kepada Yehuwah , dan Ribkah istrinya mengandung.
9. Kira-kira tujuh bulan kemudian anak-anak itu bergulat di dalam rahimnya. Dan itu sangat menyakitkannya sehingga dia lelah karenamereka. Dia bertanya kepada semua perempuan yang ada di negeri itu, "Apakah hal semacam ini terjadi kepadamu seperti yang terjadi kepadaku?" Mereka menjawabnya, "Tidak."
10. Dia berkata kepada mereka, "Mengapa hanya terjadi kepadaku saja di antara semua perempuan yang ada di burni?" Maka dia pergi ke tanah Moria untuk mencari Yehuwah karena hal ini. Dia pergi kepada Sem dan Eber anaknya untuk menanyakan kepada mereka hal ini, dan supaya mereka mencari Yehuwah baginya karena hal ini.
11. Dia juga bertanya kepada Abraham untuk mencari dan menanyakan kepada Yehuwah mengenai semua yang menimpanya.
12. Mereka semuanya menanyakan kepada Yehuwah mengenai hal ini. Maka mereka membawakannya firman dari Yehuwah dan mengatakan kepadanya, "Dua orang anak ada di dalam rahimmu, dan dua bangsa akan bangkit dari mereka. Bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lainnya, dan yang besar akan melayani yang muda."
13. Ketika harinya untuk melahirkan telah genap, dia berlutut, dan lihatlah, ada anak kembar di dalam rahimnya, seperti yang telah Yehuwah firmankan kepadanya.
14. Yang pertama keluar seluruhnya merah seperti pakaian berbulu, dan seluruh orang di negeri itu menyebut namanya Esau, karena katanya,"Yang satu ini menjadi genap dari rahim."
15. Dan sesudah itu keluarlah saudaranya, dan tangannya memegang tumit Esau, karenanya mereka menyebut namanya Yakub.
16. Ishak bin Abraham berumur enam puluh tahun ketika dia memperanakkan mereka.
17. Anak-anak itu bertumbuh besar sampai mencapai umur lima belas tahun, dan mereka datang ke antara masyarakat manusia. Esau menjadi seorang perencana dan penuh siasat, seorang ahli berburu di padang. Dan Yakub menjadi seorang yang sempurna dan bijaksana, tinggal di kemah-kemah, memberi makan kawanan domba dan belajar didikan Yehuwah dan perintah-perintah dari ayah dan ibunya.
18. Ishak dan anak-anak seisi rumahnya tinggal bersama ayahnya Abraham di tanah Kanaan, seperti Allah telah perintahkan kepada mereka.
19. Ismael bin Abraham pergi dengan anak-anaknya dan semua milik kepunyaan mereka, dan mereka kembali ke tanah Hawila, dan mereka tinggal di sana.
20. Seluruh anak-anak selir Abraham pergi untuk tinggal di negeri timur, karena Abraham mengirim mereka pergi jauh dari putranya, dan memberikan kepada mereka persembahan-persembahan, dan mereka pergi.
21. Abraham memberikan segala yang dia milikl kepada putranya Ishak, dan dia juga memberikan kepadanya segala harta bendanya.
22. Dan dia memerintahkannya, katanya, "Tidakkah engkau tahu dan mengerti bahwa Yehuwah adalah Allah di surga dan di bumi, dan tidak ada yang lain selain Dia?
23. Dialah yang membawa aku dari rumah ayahku, dan dari tempat kelahiranku, dan memberikan kepadaku segala kesukaan di atas bumi, yang melepaskan aku dari rencana orang jahat, karena dalam Dia aku percaya.
24. Dan Dia membawa aku ke tempat ini, dan Dia melepaskan aku dari Ur Kasdim. Dia berfirman kepadaku, 'Kepada keturunanmu akan Aku berikan seluruh negeri ini, dan mereka akan mewarisinya jika mereka berpegang pada perintah¬perintah-Ku, ketetapan-ketetapan-Ku dan peraturan¬peraturan-Ku yang Aku perintahkan kepadamu, dan yang Aku perintahkan kepada mereka.
25. Maka sekarang anakku, dengarkan perkataanku, dan peganglah perintah-perintah Yehuwah Allahmu, yang aku perintahkan kepadamu, jangan berbalik dari jalan yang benar dengan menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya baik keadaanmu dan anak-anakmu sesudah engkau untuk selamanya.
26. Dan ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib dari Yehuwah, dan kebaikan-Nya yang Dia tunjukkan kepada kita, dengan melepaskan kita dari tangan musuh-musuh kita, dan Yehuwah Allah kita membuat mereka jatuh ke tangan kita. Maka sekarang peganglah semua yang aku perintahkan kepadamu, dan jangan berpaling dari perintah-perintah Allahmu, dan jangan melayani yang lain selain Dia saja, supaya baik keadaanmu dan keturunanmu sesudah engkau.
27. Dan ajarlah anak-anakmu dan keturunanmu didikan Yehuwah dan perintah-perintah-Nya, dan ajarlah mereka jalan yang benar yang harus mereka tempuh, supaya baik keadaan mereka untuk selamanya."
28. Ishak menjawab ayahnya dan berkata kepadanya, "Apa yang Yehuwah perintahkan itulah yang akan aku lakukan, dan aku tidak akan meninggalkan perintah-perinah Yehuwah Allahku, aku akan berpegang pada semua yang Dia perintahkan kepadaku." Maka Abraham memberkati putranya Ishak, dan juga anak-anaknya. Abraham mengajar Yakub didikan Yehuwah dan jalan-jalan-Nya.
29. Dan pada waktu itulah Abraham mati, dalam tahun kelima belas dari hidup Yakub dan Esau, anak-anak lelaki Ishak. Seluruh umur Abraham adalah seratus tujuh puluh lima tahun, dan dia mati dan dikumpulkan kepada leluhurnya dalam usia lanjut, tua dan puas dengan hari-hari. Ishak dan Ismael anaknya menguburkan dia.
30. Dan ketika penduduk Kanaan mendengar bahwa Abraham mati, mereka semuanya datang dengan raja-raja dan para pemuka dan seluruh rakyat mereka untuk menguburkan Abraham.
31. Seluruh penduduk tanah Haran, dan seluruh kaum keluarga rumah Abraham, dan seluruh pemuka dan bangsawan, dan anak-anak Abraham dari selir-se1irnya, semuanya datang ketika mereka mendengar kematian Abraham, dan mereka membalas kebaikan Abraham, dan menghibur Ishak putranya. Mereka menguburkan Abraham di gua yang dia beli dari Efron orang Het dan anak-anaknya, sebagai milik untuk tempat penguburan.
32. Seluruh penduduk Kanaan, dan semua yang mengenal Abraham, menangisi Abraham setahun lamanya, laki-laki dan perempuan berkabung karenanya.
33. Seluruh anak-anak kecil, dan seluruh penduduk negeri itu menangis karena Abraham, karena Abraham sangat baik kepada mereka semua, dan karena dia benar terhadap Allah maupun manusia.
34. Tidak akan bangkit orang yang takut akan Allah seperti Abraham, karena dia takut akan Allahnya sejak masa mudanya, dan telah melayani Yehuwah, dan telah menjalani semua jalan-jalan-Nya sepanjang hidupnya, dari masa kecilnya sampai hari kematiannya.
35. Dan Yehuwah menyertainya dan melepaskan dia dari rencana Nimrod dan orang-orangnya, dan ketika dia berperang melawan empat raja-raja Elam dia menaklukkan mereka.
36. Dia membawa semua anak-anak bumi untuk melayani Yehuwah, dan dia mengajar mereka jalan-Jalan Yehuwah, dan menjadikan mereka mengenal Yehuwah.
37. Dia menanam pepohonan dan membuat kebun anggur di dalamnya, dan dia selalu menyiapkan dalam kemahnya makanan dan minuman bagi mereka yang melintasi negeri supaya mereka dapat dipuaskan dalam rumahnya.
38. Yehuwah Allah melepaskan seluruh bumi karena Abraham.
39. Dan sesudah kematian Abraham, Allah memberkati putranya, Ishak, dan anak-anaknya. Yehuwah menyertai Ishak seperti Dia telah menyertai ayahnya, Abraham, karena Ishak berpegang kepada seluruh perintah Yehuwah seperti yang Abraham, ayahnya, perintahkan kepadanya. Dia tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari jalan yang benar yang ayahnya perintahkan kepadanya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar