Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 83

Pasal 83

1. Dalam bulan ke dua belas, pada hari kedua puluh tiga dalam bulan itu, Musa membawa Harun dan anak-anaknya. Dia mengenakan kepada mereka pakaian-pakaian mereka, dan mengurapi mereka dan melakukan kepada mereka seperti yang Yehuwah perintahkan kepadanya. Musa membawa seluruh persembahan yang Yehuwah perintahkan kepadanya hari itu.
2. Musa selanjutnya membawa Harun dan anak-anaknya, dan berkata kepada mereka, "Selama tujuh hari haruslah engkau tinggal di pintu tabernakel, karena demikianlah aku diperintahkan."
3. Harun dan anak-anaknya melakukan segala yang Yehuwah perintahkan kepada mereka melalui Musa, dan mereka tinggal selama tujuh hari di pintu tabernakel.
4. Pada hari ke delapan, yaitu hari pertama pada bulan pertama, dalam tahun kedua setelah orang Israel pergi dari Mesir, Musa mendirikan tempat kudus. Musa menempatkan seluruh perabotan tabernakel dan seluruh perabotan tempat kudus. Dia melakukan semua yang Yehuwah telah perintahkan kepadanya.
5. Musa memanggil Harun dan anak-anaknya, dan mereka membawa persembahan bakaran dan persembahan penghapus dosa bagi diri mereka sendiri dan bani Israel, seperti Yehuwah perintahkan kepada Musa.
6. Pada hari itu dua anak Harun, Nadab dan Abihu, membawa api asing dan membawanya ke hadapan Yehuwah yang tidak memerintahkan mereka. Dan api keluar dari hadapan Yehuwah, dan menghanguskan mereka. Mereka mati di hadapan Yehuwah pada hari itu.
7. Maka pada hari itu ketika Musa telah menyelesaikan pendirian tempat kudus, para pemimpin bani Israel mulai membawa persembahan mereka ke hadapan Yehuwah untuk pentahbisan mezbah.
8. Mereka membawa persembahan mereka, setiap pemimpin untuk satu hari. Seorang pemimpin setiap hari selama dua belas hari.
9. Dan seluruh persembahan yang mereka bawa, setiap orang pada harinya, satu pinggan perak seberat seratus tiga puluh syikal, satu mangkuk perak seberat tujuh puluh syikal menurut syikal tempat kudus, keduanya penuh dengan tepung halus, dicampur dengan minyak untuk korban sajian.
10. Satu cawan emas, seberat sepuluh syikal, penuh dengan dupa.
11. Seekor lembu jantan muda, seekor domba jantan, seekor domba tahun pertama sebagai persembahan bakaran.
12. Dan satu anak kambing sebagai persembahan penghapus dosa.
13. Dan sebagai korban persembahan pendamaian, dua ekor lembu, lima ekor domba jantan, lima ekor kambing jantan, lima ekor anak domba berumur setahun.
14. Demikianlah diperbuat dua belas pemimpin Israel hari demi hari, setiap orang pada harinya.
15. Dan setelah itu, pada hari ketiga belas dalam bulan itu, Musa memerintahkan bani Israel untuk merayakan Paskah.
16. Bani Israel merayakan Paskah pada waktunya pada hari keempat belas pada bulan itu, seperti yang Yehuwah perintahkan kepada Musa, demikian dilakukan bani Israel.
17. Dalam bulan kedua, pada hari pertama, Yehuwah berfirman kepada Musa, firman-Nya,
18. "Hitunglah jumlah seluruh laki-laki dari bani Israel mulai dari usia dua puluh tahun ke atas, engkau dan saudaramu Harun dan dua belas pemimpin Israel."
19. Dan Musa melakukannya. Harun datang bersama dua belas pemimpin Israel, dan mereka menghitung bani Israel di padang gurun Sinai.
20. Jumlah bani Israel sesuai keluarga bapa leluhurnya, mulai dua puluh tahun ke atas, ada enam ratus tiga ribu lima ratus lima puluh.
21. Namun anak-anak Lewi tidak dihitung bersama saudara-saudara mereka bani Israel.
22. Dan jumlah seluruh laki-laki dari bani Israel mulai usia satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu dua ratus tujuh puluh tiga.
23. Jumlah anak-anak Lewi mulai usia satu bulan ke atas, ada dua puluh dua ribu.
24. Musa menempatkan para imam dan orang Lewi, setiap orang sesuai pelayanannya dan tugasnya untuk melayani tempat kudus tabernakel, seperti Yehuwah telah perintahkan kepada Musa.
25. Pada hari kedua puluh dalam bulan itu, awan itu terangkat dari tabernakel kesaksian.
26. Pada waktu itu bani Israel melanjutkan perjalanan mereka dari padang gurun Sinai, dan mereka melakukan perjalanan tiga hari, dan awan itu berhenti di padang gurun Paran. Di sana amarah Yehuwah menyala-nyala terhadap Israel, karena mereka telah menyulut murka Yehuwah dengan meminta kepada-Nya daging, supaya mereka bisa makan.
27. Yehuwah mendengarkan seruan mereka, dan memberikan mereka daging yang mereka makan selama satu bulan.
28. Namun setelah itu amarah Yehuwah menyala-nyala terhadap mereka, dan Dia memukul mereka dengan pembantaian besar, dan mereka dikuburkan di sana di tempat itu.
29. Bani Israel menyebut nama tempat itu Kibrot-Taawa, karena mereka menguburkan orang-orang yang bernafsu akan daging.
30. Mereka berangkat dari Kibrot-Taawa dan berkemah di Hazerot, yaitu di padang gurun Paran.
31. Dan sementara bani Israel ada di Hazerot, amarah Yehuwah menyala-nyala terhadap Miryam karena Musa, dan dia terkena kusta, putih seperti salju.
32. Dia diasingkan di luar perkemahan selama tujuh hari, sampai dia diterima kembali sesudah kustanya.
33. Bani Israel selanjutnya berangkat dari Hazerot, dan berkemah di tepi padang gurun Paran.
34. Pada waktu itu, Yehuwah berfirman kepada Musa untuk mengirim dua belas orang dari bani Israel, seorang dari tiap suku, untuk pergi dan menjelajahi tanah Kanaan.
35. Musa mengirim dua belas orang, dan mereka pergi ke tanah Kanaan untuk menyelidiki dan memeriksanya. Mereka menjelajahi seluruh negeri mulai dari padang gurun Zin sampai Rehob   jika engkau pergi ke arah Hamat.
36. Pada akhir empat puluh hari mereka datang kepada Musa dan Harun. Mereka membawa kepadanya berita seperti yang ada dalam hati mereka. Sepuluh orang membawa laporan jahat kepada bani Israel, tentang negeri yang mereka jelajahi, katanya, "Lebih baik bagi kita untuk kembali ke Mesir daripada pergi ke negeri ini, suatu negeri yang memangsa penduduknya."
37. Tapi Yosua bin Nun, dan Kaleb bin Yefunne, yang termasuk mereka yang menjelajahi negeri itu berkata, "Negeri itu amat sangat baik.
38. Jika Yehuwah berkenan kepada kita, maka Dia akan membawa kita ke negeri itu dan memberikannya kepada kita, karena itu negeri yang dialiri susu dan madu."
39. Namun bani Israel tidak mau mendengarkan mereka. Mereka mendengarkan kata-kata sepuluh orang yang membawa laporan jahat tentang negeri itu.
40. Yehuwah mendengar persungutan bani Israel dan Dia marah dan bersumpah, firman-Nya,
41. "Sesungguhnya tidak satu orang pun dari generasi yang jahat ini akan melihat negeri ini mulai yang berumur dua puluh tahun ke atas kecuali Kaleb bin Yefunne dan Yosua bin Nun.
42. Tapi sesungguhnya generasi yang jahat ini akan binasa di padang belantara ini, dan anak-anak mereka akan masuk ke negeri itu dan mereka akan mewarisinya." Maka amarah Yehuwah menyala-nyala terhadap Israel, dan Dia membuat mereka mengembara di padang belantara selama empat puluh tahun hingga akhir dari keturunan yang jahat itu, karena mereka tidak mengikuti Yehuwah.
43. Orang-orang tinggal di padang gurun Paran untuk waktu yang lama, dan sesudahnya mereka terus ke padang belantara di tepi jalan Laut Merah.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar