Laman

Senin, 01 Februari 2016

KItab Orang Jujur / Pasal 13

Pasal 13

 1. Terah mengambil anaknya Abram dan cucunya Lot bin Haran, dan Sarai menantunya, yakni istri Abram anaknya , dan semua orang seisi rumahnya dan pergi bersama mereka dari Ur Kasdim ke tanah Kanaan. Dan ketika mereka sampai di tanah Haran, mereka menetap di sana, karena itu tanah yang sangat baik untuk menggembalakan, dan karena cukup luas bagi mereka yang menyertainya. 
2. Orang-orang tanah Haran melihat bahwa Abram baik dan benar dengan Allah dan manusia, dan bahwa Yehuwah Allahnya menyertai dia, dan sebagian orang di tanah Haran datang dan bergabung dengan Abram. Dia mengajar mereka didikan Yehuwah dan jalan-jalan-Nya. Orang- orang ini tinggal bersama Abram di rumahnya dan mereka mengikut dia. 
3. Abram berdiam di negeri itu tiga tahun, dan setelah berlalu tiga tahun, Yehuwah menampakkan diri kepada Abram dan berfirman kepadanya, "Akulah Yehuwah yang membawa engkau keluar dari Ur Kasdim, dan melepaskan engkau dari tangan semua musuh-musuhmu. 
4. Maka sekarang, jika engkau mendengarkan suara-Ku dan berpegang pada perintah-perintah-Ku, ketetapan- ketetapan-Ku dan hukum-hukum-Ku, maka akan Aku akan membuat musuh-musuhmu jatuh di hadapanmu, dan Aku akan melipatgandakan keturunanmu seperti bintang-bintang di langit, dan Aku akan mengirimkan berkat-Ku ke atas seluruh pekerjaan tanganmu, dan engkau tidak akan kekurangan apapun. 
5. Bangkitlah sekarang, bawalah istrimu dan semua milik kepunyaanmu dan pergilah ketanah Kanaan dan tinggallah di sana, dan di sana Aku akan menjadi Allah bagimu, dan Aku akan memberkati engkau." Maka Abram bangkit dan mengambil istrinya dan semua milik kepunyaannya, dan dia pergi ke tanah Kanaan seperti yang difirmankan Yehuwah kepadanya. Abram berumur lima puluh tahun ketika dia pergi dari Haran. 
6. Dan Abram datang ketanah Kanaan dan tinggal di tengah¬tengah kota, dan di sana dia memasang kemahnya di antara anak-anak Kanaan, penduduk negeri itu. 
7. Dan Yehuwah menampakkan diri kepada Abram ketika dia datang ditanah Kanaan, dan berfirman kepadanya, "Inilah tanah yang Aku berikan kepadamu dan kepada keturunanmu sesudah engkau untuk selama-lamanya, dan Aku akan membuat keturunanmu seperti bintang-bintang di langit, dan Aku akan memberikan kepada keturunanmu sebagai warisan seluruh negeri yang engkau lihat" 
8. Dan Abram mendirikan sebuah mezbah ditempat di mana Allah telah berfirman kepadanya, dan di situ Abram memanggil nama Yehuwah. 
9. Pada waktu itu, pada akhir tiga tahun Abram tinggal di tanah Kanaan, dalam tahun itulah Nuh mati, yaitu pada tahun kelima puluh delapan dalam hidup Abram. Seluruh umur Nuh waktu ia hidup adalah sembilan ratus lima puluh tahun dan dia mati. 
10. Abram tinggal di tanah Kanaan, dia, istrinya, dan semua milik kepunyaannya, dan mereka semua yang menyertainya, bersama dengan mereka yang bergabung kepadanya dari antara orang-orang di negeri itu. Tetapi Nahor, saudara Abram, dan Terah ayahnya, dan Lot bin Haran dan semua milik kepunyaan mereka tinggal di Haran. 
11. Dalam tahun ke lima Abram tinggal ditanah Kanaan, orang-orang Sodom dan Gomora dan semua kota-kota di lembah memberontak dari kekuasaan Kedorlaomer, raja Elam. Karena seluruh raja kota-kota di lembah itu melayani Kedorlaomer selama dua belas tahun, dan memberikan kepadanya upeti tahunan, namun pada waktu itu dalam tahun ketiga belas, mereka memberontak terhadap dia. 
12. Dan dalam tahun kesepuluh Abram tinggal di tanah Kanaan, ada peperangan antara Nimrod raja Sinear dan Kedorlaomer raja Elam, dan Nimrod datang untuk berperang dengan Kedorlaomer dan untuk menaklukkan dia. 
13. Karena Kedorlaomer pada waktu itu salah satu pemimpin Pasukan Nimrod, dan ketika seluruh orang- orang di menara itu tersebar dan mereka yang tertinggal juga terserak ke seluruh muka bumi, Kedorlaomer pergi ke negeri Elam dan memerintah atasnya dan memberontak melawan tuannya. 
14. Pada waktu itu ketika Nimrod melihat kota-kota di lembah telah memberontak, dia datang dengan angkuh dan kemarahan untuk berperang dengan Kedorlaomer. Dan Nimrod mengumpulkan semua pemuka dan rakyatnya, kira- kira tujuh ratus ribu orang, dan pergi melawan Kedorlaomer, dan Kedorlaomer keluar untuk menyongsong dia dengan lima ribu orang laki-laki, dan mereka bersiap untuk berperang di lembah Babel yang ada di antara Elam dan Sinear. 
15.Seluruh raja berperang di sana, dan Nimrod dan orang-orangnya terpukul di hadapan orang-orang Kedorlaomer, dan di sana mati dari antara orang-orang Nimrod kira-kira enam ratus ribu orang, dan Mardon, putra raja juga gugur bersama mereka. 
16. Nimrod melarikan diri dan kembali dengan malu dan aib ke negerinya, dan dia ada di bawah kekuasaan Kedorlaomer untuk waktu yang lama. Kedorlaomer kembali ke negerinya dan mengirimkan para pemuka dari pasukannya kepada raja¬raja yang tinggal di sekelilingnya, kepada Ariokh raja Elasar, dan Tideal raja Goyim, dan membuat perjanjian dengan mereka, dan mereka semua taat kepada perintahnya. 
17. Pada tahun kelima belas Abram tinggal di tanah Kanaan, yaitu dalam tahun ketujuh puluh dari hidup Abram, maka Yehuwah menampakkan diri kepada Abram dalam tahun itu dan Dia berfirman kepadanya, "Akulah Yehuwah yang membawa engkau keluar dari Ur Kasdim untuk memberikan kepadamu negeri ini sebagai warisan. 
18. Maka sekarang berjalanlah di hadapan-Ku dan jadilah sempurna dan peganglah perintah-perintah-Ku, karena kepadamu dan kepada keturunanmu Aku akan memberikan negeri ini sebagai warisan, mulai dari sungai Mizraim sampai kepada sungai besar Perath. 
19. Dan engkau akan pergi kepada bapa leluhurmu dalam damai dan lanjut usia, dan keturunan yang keempat akan kembali ke sini ke negeri ini dan akan mewarisinya untuk selama-lamanya." Maka Abram mendirikan sebuah mezbah, dan dia memanggil nama Yehuwah yang menampakkan diri kepadanya, dan dia mempersembahkan korban di atas mezbah kepada Yehuwah. 
20. Pada waktu itu Abram kembali dan pergi ke Haran untuk melihat ayah dan ibunya, dan seisi rumah ayahnya. Abram dan istrinya dan semua milik kepunyaannya kembali ke Haran, dan Abram tinggal di Haran lima tahun. 
21. Dan banyak orang di Haran, kira-kira tujuh puluh dua orang, mengikuti Abram dan Abram mengajar mereka didikan Yehuwah dan jalan-jalan-Nya, dan dia mengajar mereka mengenal Yehuwah. 
22. Pada waktu itu Yehuwah menampakkan diri kepada Abram di Haran, dan Dia berfirman kepadanya, "Lihat, Aku telah berfirman kepadamu dua puluh tahun yang lalu, 
23. 'Pergilah dari negerimu, dari tempat kelahiranmu dan dari rumah ayahmu, ke negeri yang telah Aku tunjukkan kepadamu untuk memberikannya kepadamu dan kepada anak cucumu, karena di negeri itulah Aku akan memberkati engkau, dan menjadikan engkau bangsa yang besar, dan membuat namamu masyhur, dan melalui engkau bangsa-bangsa di bumi akan diberkati. 
24. Maka sekarang bangkitlah, pergilah dari tempat ini, engkau, istrimu, dan semua milik kepunyaanmu, juga setiap orang yang lahir di rumahmu dan semua orang yang engkau peroleh di Haran, dan bawalah mereka keluar bersamamu dari sini, dan bangkitlah untuk kembali ketanah Kanaan." 
25. Maka Abram bangkit dan membawa istrinya Sarai dan semua milik kepunyaannya dan semua yang lahir baginya di dalam rumahnya dan semua orang yang dia peroleh di Haran, dan mereka pergi ke tanah Kanaan. 
26. Abram pergi dan kembali ketanah Kanaan, menurut firman Yehuwah. Lot putra saudaranya Haran, ikut pergi bersamanya, dan Abram berumur tujuh puluh lima tahun ketika dia pergi dari Haran untuk kembali ke tanah Kanaan. 
27. Dan Abram datang ketanah Kanaan menurut firman Yahweh kepadanya. Dia memasang kemahnya dan dia tinggal di lembah Mamre, dan bersamanya ada Lot anak saudaranya, dan semua milik kepunyaannya. 
28. Dan Yehuwah menampakkan diri lagi kepada Abram dan berfirman, "Kepada keturunanmu akan Aku berikan negeri ini." Dan dia di sana mendirikan sebuah mezbah bagi Yehuwah yang menampakkan diri kepadanya,yang masih ada.mpai hari ini di lembah Mamre.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar