Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 30

Pasal 30

1. Yakub pergi melanjutkan perjalanannya ke Haran. Dia datang sejauh gunung Moria, dan dia tinggal di sana sepanjang malam di dekat kota Luz. Dan Yehuwah menampakkan diri di sana kepada Yakub pada malam itu dalam sebuah mimpi, dan Dia berfirman kepadanya, "Akulah Yehuwah Allahnya Abraham dan Allahnya Ishak ayahmu. Negeri tempat engkau berbaring ini akan Aku berikan kepadamu dan keturunanmu.
2. Dan lihatlah, Aku menyertai engkau dan akan menjagamu ke manapun engkau pergi, dan Aku akan melipatgandakan keturunanmu seperti bintang-bintang di langit, dan Aku akan menjadikan semua musuh-musuhmu jatuh di hadapanmu. Ketika mereka berperang dengan engkau, mereka tidak akan menang atasmu, dan Aku akan membawa engkau lagi ke negeri ini dengan sukacita, dengan anak-anak dan dengan kekayaan yang besar."
3. Dan Yakub bangun dari tidurnya dan dia sangat bersukacita atas penglihatan yang telah dia lihat. Dia menyebut nama tempat itu Betel.
4. Yakub bangkit dari tempat itu dengan bersukacita, dan ketika dia berjalan kakinya terasa ringan baginya karena sukacita. Dia pergi dari sana ke negeri anak-anak Timur, dan dia kembali ke Haran dan dia menempati sumur para gembala.
5. Di sana dia menjumpai beberapa orang yang pergi dari Haran untuk memberi makan kawanan domba mereka. Yakub bertanya kepada mereka, dan mereka berkata, "Kami dari Haran."
6. Dia berkata kepada mereka, "Apakah engkau mengenal Laban bin Nahor?" Mereka berkata, "Kami mengenal dia, dan lihatlah, putrinya Rachel sedang datang untuk memberi makan kawanan domba ayahnya.
7. Sementara dia sedang berbicara dengan mereka, Rachel binti Laban datang untuk memberi makan kawanan domba ayahnya, karena dia seorang gembala.
8. Ketika Yakub melihat Rachel binti Laban, saudara ibunya, dia berlari dan menciumnya, menyaringkan suaranya dan menangis.
9. Yakub mengatakan kepada Rachel bahwa dia anak Ribkah, saudara perempuan ayahnya. Rachel berlari dan mengatakan kepada ayahnya, dan Yakub terus menangis karena dia tidak mempunyai apa-apa untuk dibawa ke rumah Laban.
10. Ketika Laban mendengar Yakub anak saudara perempuannya datang, dia berlari dan menciumnya dan memeluknya dan membawanya masuk ke rumah dan memberi dia roti, dan lalu dia makan.
11. Yakub menceritakan kepada Laban apa yang saudaranya Esau perbuat kepadanya, dan apa yang putranya, Elifaz perbuat kepadanya di jalan.
12. Yakub tinggal di rumah Laban selama satu bulan. Yakub makan dan minum di rumah Laban, dan setelah itu Laban berkata kepada Yakub, "Katakan kepadaku apa yang harus menjadi upahmu, karena bagaimana engkau dapat melayani aku dengan cuma-cuma?"
13. Laban tidak punya anak laki-laki namun hanya anak perempuan, dan istri-istrinya yang lain dan hamba-hambanya perempuan masih mandul pada waktu itu. Inilah nama-nama anak perempuan Laban yang dilahirkan istrinya Adinah baginya, nama yang sulung adalah Lea dan nama yang bungsu adalah Rachel. Lea memiliki mata yang lembut, namun Rachel cantik dan bagus perawakannya, dan Yakub mencintainya.
14. Yakub berkata kepada Laban, "Aku akan melayani engkau tujuh tahun untuk Rachel putrimu yang bungsu." Laban menyetujui hal ini dan Yakub melayani Laban tujuh tahun untuk putrinya Rachel.
15. Dalam tahun ke dua Yakub tinggal di Haran, yaitu dalam tahun ketujuh puluh sembilan dari hidup Yakub, dalam tahun itu matilah Eber bin Sem. Dia berumur empat ratus enam puluh empat tahun pada waktu kematiannya.
16. Ketika Yakub mendengar bahwa Eber telah mati dia sangat berdukacita, dan dia meratap dan berkabung atasnya selama berhari-hari.
17. Dalam tahun ketiga Yakub tinggal di Haran, Basmat binti Ismael, istri Esau, melahirkan baginya seorang putra, dan Esau menyebut namanya Reuel.
18. Dalam tahun keempat Yakub bertempat tinggal di rumah Laban, Yehuwah memperhatikan Laban dan mengingat dia karena Yakub. Anak-anak lelaki dilahirkan baginya, dan putra sulungnya adalah Beor, yang kedua Alib, dan ketiga adalah Chorash.
19. Yehuwah memberi Laban kekayaan dan kehormatan, anak¬anak lelaki dan perempuan, dan orang ini bertambah-lambah sangat banyak karena Yakub.
20. Yakub pada waktu itu melayani Laban dalam segala macam pekerjaan, di rumah dan di ladang, dan berkat Yehuwah ada dalam semua milik kepunyaan Laban, di rumah dan di ladang.
21. Dalam tahun kelima matilah Yudit binti Beeri, istri Esau, di tanah Kanaan. Dia tidak mempunyai anak-anak lelaki namun hanya anak-anak perempuan.
22. Inilah nama anak-anak perempuan yang dia lahirkan bagi Esau, nama yang tertua adalah Marzith, dan nama yang lebih muda adalah Puith.
23. Ketika Yudit mati, Esau bangkit dan pergi ke Seir untuk berburu di padang, seperti biasanya, dan Esau tinggal di tanah Seir untuk waktu yang lama.
24. Dalam tahun keenam Esau mengambil seorang istri, sebagai tambahan dari istri-istri lainnya, Oholibamah binti Zibeon orang Hiyi, dan Esau membawanya ke tanah Kanaan.
25. Oholibamah mengandung dan melahirkan bagi Esau tiga anak laki-laki, Yeush, Yaalam, dan Clorach.
26. Pada waktu itu, di tanah Kanaan, ada pertengkaran antara para gembala Esau dengan para gembala penduduk tanah Kanaan, karena ternak Esau dan harta bendanya terlalu banyak baginya untuk tetap tinggal di tanah Kanaan, di rumah ayahnya, dan tanah Kanaan tidak dapat menanggungnya karena ternaknya.
27. Ketika Esau melihat bertambahnya perselisihan dengan penduduk tanah Kanaan, dia bangkit dan membawa istrinya dan anak-anaknya lelaki dan perempuan, dan semua milik kepunyaannya, dan ternak yang dia miliki, dan seluruh harta benda yang dia peroleh di tanah Kanaan, dan dia pergi meninggalkan penduduk negeri itu ketanah Seir. Esau dan semua milik kepunyaannya tinggal di tanah Seir.
28. Namun waktu demi waktu Esau akan pergi dan menilik ayahnya dan ibunya di tanah Kanaan. Esau kawin-mengawin dengan orang-orang Hori, dan dia memberikan anak-anak perempuannya kepada anak-anak lelaki Seir, orang Hori.
29. Dia memberikan putri sulungnya Marzith kepada Anah bin Zibeon, saudara istrinya, dan Puith dia berikan kepada Azar bin Bilhan orang Hori. Esau tinggal di pegunungan, dia dan anak-anaknya, dan mereka beranak cucu dan berlipatganda.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar