Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 32

Pasal 32

1. Pada waktu itu Yakub mengirim utusan kepada Esau, saudaranya, ke tanah Seir, dan dia mengirimkan kepadanya kata-kata permohonan.
2. Dia berpesan kepada mereka, katanya, "Beginilah harus engkau katakan kepada tuanku, Esau, 'Beginilah perkataan hambamu Yakub, 'Janganlah tuanku membayangkan bahwa berkat ayahkulah yang telah membuat aku beruntung.
3. Karena aku selama dua puluh tahun ini bersama Laban, dan dia menipu aku dan mengubah upahku sepuluh kali, seperti semua yang telah dikatakan kepada tuanku.
4. Aku melayani dia di rumahnya dengan sangat bersusah payah, dan kemudian Allah melihat kesengsaraanku, jerih payahku dan pekerjaan tanganku, dan Dia membuat aku mendapatkan kasih karunia dan kemurahan di mata-Nya.
5. Dan aku selanjutnya melalui kasih karunia Allah yang besar telah memperoleh lembu dan keledai dan ternak, dan hamba-hamba lelaki dan hamba-hamba perempuan.
6. Sekarang aku datang ke negeriku dan ke rumahku kepada ayah dan ibuku, yang ada di tanah Kanaan. Dan aku telah mengirim pesan supaya tuanku mengetahui semuanya ini agar aku mendapatkan kemurahan di mata tuanku, supaya tuanku tidak membayangkan bahwa aku telah memperoleh kekayaan oleh karena berkat yang telah ayahku berikan yang telah menguntungkan bagiku.''"
7. Para utusan ini pergi kepada Esau, dan menemukan dia di perbatasan tanah Edom sedang bergerak menuju Yakub. Empat ratus orang bani Seir orang Hori berdiri dengan pedang terhunus.
8. Para utusan Yakub memberitahu Esau seluruh perkataan yang diucapkan Yakub kepada mereka mengenai Esau.
9. Esau menjawab mereka dengan angkuh dan penghinaan, dan berkata kepada mereka, "Sesungguhnya aku telah mendengar dan sebenarnya itu telah diberitahukan kepadaku apa yang Yakub perbuat kepada Laban, yang memuliakan dia di rumahnya dan memberikan kepadanya anak-anak perempuannya sebagai istri, dan dia memperanakkan anak- anak lelaki dan perempuan, dan bertambah-tambah sangat banyak dalam harta benda dan kekayaan di rumah Laban melalui cara-caranya.
10. Dan ketika dia melihat bahwa harta bendanya melimpah dan kekayaannya besar, dia melarikan diri dengan semua milik kepunyaannya, dari rumah Laban, dan dia membawa anak-anak perempuan Laban pergi dari wajah ayah mereka, seperti tawanan ditawan dengan pedang tanpa memberitahukan dia mengenai itu.
11. Dan tidak hanya kepada Laban saja Yakub telah melakukan ini namun kepadaku juga dia telah melakukannya dan dua kali menggantikan aku, jadi haruskan aku diam?
12. Maka sekarang aku pada hari ini datang dengan pasukanku untuk menyongsong dia, dan aku akan melakukan kepadanya menurut keinginan hatiku."
13. Dan para utusan ini kembali dan datang kepada Yakub dan berkata kepadanya, "Kami telah datang kepada saudaramu, kepada Esau, dan kami telah menyampaikan kepadanya semua kata-katamu, dan beginilah dia menjawab kami, dan lihatlah, dia datang untuk menyongsong engkau dengan empat ratus orang.
14. Maka sekarang ketahuilah dan lihatlah apa yang harus engkau lakukan, dan berdoalah di hadapan Allah untuk melepaskan engkau dari dia."
15. Dan ketika dia mendengar kata-kata saudaranya yang telah diucapkannya kepada para utusan Yakub, Yakub sangat ketakutan dan dia cemas.
16. Yakub berdoa kepada Yehuwah Allahnya, dan berkata, "Ya Yehuwah Allahnya bapa leluhurku, Abraham dan Ishak, Engkau telah mengatakan kepadaku ketika aku pergi dari rumah ayahku, firman-Mu,
17. 'Akulah Yehuwah Allah ayahmu Abraham dan Allahnya Ishak, kepadamu Aku berikan negeri ini dan keturunanmu sesudah engkau, dan Aku akan membuat keturunanmu seperti bintang-bintang di langit, dan engkau akan tersebar ke empat penjuru langit, dan di dalam engkau dan di dalam keturunanmulah seluruh kaum keluarga di bumi akan diberkati.'
18. Dan Engkau meneguhkan firman-Mu, dan memberikan kepadaku kekayaan dan anak-anak dan ternak, sejauh apa keinginan hatiku Engkau berikan kepada hamba-Mu. Engkau memberikan kepadaku segala sesuatu yang aku minta dari pada-Mu, sehingga aku tidak kekuranan apa-apa.
19. Dan Engkau selanjutnya berfirman kepadaku, 'Kembalilah ke orang tuamu dan ke tempat kelahiranmu dan Aku akan tetap berlaku baik kepadamu.'
20. Dan bahwa sekarang aku telah datang, dan Engkau telah melepaskan aku dari Laban, aku akan jatuh ke tangan Esau yang akan membunuh aku, ya, bersama-sama dengan para ibu anak-anakku.
21. Maka sekarang, ya Yehuwah Allah, lepaskanlah aku, aku mohon, juga dari tangan saudaraku Esau, karena aku sangat takut kepadanya.
22. Dan jika tidak ada kebenaran di dalamku, lakukanlah itu demi Abraham dan ayahku Ishak.
23. Karena aku tahu bahwa melalui kebaikan hati dan belas kasihanlah aku memperoleh kekayaan ini. Maka sekarang aku mohon kepada-Mu untuk melepaskan aku hari ini dengan kebaikan-Mu dan untuk menjawab aku."
24. Yakub selesai berdoa kepada Yehuwah, dan dia membagi orang-orang yang ada bersamanya dengan kawanan domba dan ternak menjadi dua kelompok. Dia memberikan separuh ke dalam pimpinan Damesek bin Eliezer, hamba Abraham, untuk satu kelompok, dengan anak-anaknya, dan separuhnya lagi dia berikan ke dalam pimpinan saudaranya Elianus bin Eliezer, sebagai satu kelompok dengan anak-anaknya.
25. Dia memerintahkan mereka, katanya, "Jagalah dirimu pada suatu jarak dengan kelompokmu, dan jangan terlalu dekat satu dengan yang lain, dan jika Esau datang kepada satu kelompok dan membunuhnya, kelompok lain yang berjarak dengannya akan melarikan diri dari padanya."
26. Yakub tinggal di sana malam itu, dan sepanjang malam itu dia memberi petunjuk kepada hamba-hambanya mengenai pasukan dan anak-anaknya.
27. Dan Yehuwah mendengar doa Yakub pada hari itu, maka Yehuwah melepaskan Yakub dari tangan saudaranya Esau.
28. Yehuwah mengirim tiga malaikat dari para malaikat surgawi, dan mereka pergi kepada Esau dan datang kepadanya.
29. Para malaikat ini menampakkan diri kepada Esau dan orang-orangnya seperti dua ribu orang, mengendarai kuda yang dipenuhi dengan berbagai macam senjata perang, dan mereka kelihatan di mata Esau dan semua orang-orangnya, kemudian terbagi menjadi empat pasukan, dengan empat pimpinan bagi mereka.
30. Dan satu pasukan pergi dan mereka mendapati Esau yang datang dengan empat ratus orang ke arah saudaranya Yakub, dan pasukan ini berlari ke arah Esau dan orang-orangnya dan menggentarkan mereka. Esau jatuh dari kudanya dengan ketakutan, dan seluruh orang-orangnya terpisah darinya di tempat itu, karena mereka sangat ketakutan.
31. Dan seluruh pasukan berseru kepada mereka ketika mereka pergi dari Esau, dan seluruh tentara perang itu menjawab, katanya,
32. "Sesungguhnya kami hamba-hamba Yakub, yang adalah hamba Allah, dan siapakah yang dapat bertahan melawan kami?" Dan Esau berkata kepada mereka, "Jika demikian, tuanku dan saudaraku Yakub adalah tuanmu, yang belum aku lihat dua puluh tahun ini, dan aku sekarang pada hari ini datang untuk melihatnya, apakah engkau memperlakukan aku dengan cara seperti ini?"
33. Dan para malaikat menjawab dia katanya, "Demi Yehuwah yang hidup, tidakkah Yakub yang engkau katakan itu saudaramu, kami tidak akan membiarkan seorang pun tersisa dari engkau dan orang-orangmu, namun hanya karena Yakub kami tidak akan melakukan apa-apa kepada mereka."
34. Dan pasukan ini berlalu dari Esau dan orang-orangnya dan pergi. Esau dan orang-orangnya telah berjalan meninggalkan mereka kira-kira tiga mil jauhnya ketika pasukan kedua datang ke arahnya dengan segala macam persenjataan, dan mereka juga melakukan kepada Esau dan orang-orangnya seperti yang dilakukan pasukan pertama kepada mereka.
35. Dan ketika mereka telah membiarkannya pergi, lihatlah pasukan ketiga datang ke arahnya dan mereka semuanya sangat ketakuan. Esau jatuh dari kuda, dan seluruh pasukan berseru, dan berkata, "Sesungguhnya kami hamba-hamba Yakub, yang adalah hamba Allah, dan siapakah yang dapat berdiri melawan kami?"
36. Dan Esau menjawab mereka lagi, katanya, "Jika demikian, Yakub tuanku dan tuanmu adalah saudaraku, dan selama dua puluh tahun belum aku lihat wajahnya dan mendengar hari ini bahwa dia telah datang, aku pergi hari ini untuk menyongsong dia, dan apakah engkau memperlakukan aku dengan cara seperti ini?"
37. Maka mereka menjawabnya, dan berkata kepadanya, "Demi Yehuwah yang hidup, tidakkah Yakub saudaramu seperti yang telah engkau katakan, kami tidak akan meninggalkan sisa dari engkau dan orang-orangmu, namun karena Yakub yang engkau katakan sebagai saudaramu, kami tidak akan mencampuri engkau dan orang-orangmu.
38. Dan pasukan ketiga juga berlalu dari mereka, dan dia tetap melanjutkan perjalanannya dengan orang-orangnya ke arah Yakub, ketika pasukan keempat datang ke arahnya, dan mereka juga melakukan kepadanya dan orang-orangnya seperti yang telah dilakukan lainnya.
39. Ketika Esau melihat celaka yang dilakukan empat malaikat kepadanya dan orang-orangnya, dia menjadi sangat gentar akan saudaranya Yakub, dan dia pergi untuk menyongsongnya dengan damai.
40. Esau menyembunyikan kebenciannya terhadap Yakub, karena dia takut akan nyawanya karena saudaranya Yakub, dan karena dia membayangkan bahwa empat pasukan yang telah dia jumpai adalah hamba-hamba Yakub.
41. Yakub tinggal malam itu dengan hamba-hambanya di perkemahan mereka, dan dia memutuskan dengan hamba-hambanya untuk memberikan kepada Esau suatu persembahan dari semua yang ada padanya, dan dari semua harta bendanya. Yakub bangun pagi harinya, dia dan orang-orangnya, dan mereka memilih dari antara ternaknya suatu persembahan bagi Esau.
42. Inilah jumlah persembahan yang Yakub pilih dari kawanan dombanya untuk diberikan kepada saudaranya Esau. Dia memilih dua ratus empat puluh ekor domba, dan dia memilih dari kawanan unta dan keledainya masing-masing tiga puluh ekor, dan dari kawanan lembunya dia memilih lima puluh ekor.
43. Dia menempatkan mereka semuanya dalam sepuluh rombongan, dan dia menempatkan tiap jenis tersendiri, dan dia menyerahkan mereka ke tangan sepuluh orang hamba- hambanya, setiap rombongan tersendiri.
44. Dia memerintahkan mereka, dan berkata kepadanya, "Jagalah dirimu pada suatu jarak satu dengan yang lain, dan buatlah ruangan antar rombongan, dan ketika Esau dan mereka yang ada bersamanya menjumpai engkau dan bertanya kepadamu, 'Siapakah engkau, dan ke manakah engkau pergi, dan milik siapakah semua yang ada di hadapanmu ini,' engkau harus berkata kepada mereka, 'Kami adalah hamba-hamba Yakub, dan kami datang untuk menyambut Esau dengan damai, dan lihatlah, Yakub datang di belakang kami.
45. Dan apa yang ada di hadapan kami adalah persembahan yang dikirim dari Yakub kepada saudaranya Esau.'
46. Dan jika mereka berkata kepadamu, 'Mengapa dia berlambat-lambat di belakangmu, untuk datang menemui saudaranya dan untuk melihat wajahnya,' maka engkau harus berkata kepada mereka, 'Sesungguhnya dia datang dengan bersukacita di belakang kami untuk menemui saudaranya.'" Karena dia berkata, "Aku akan menenangkan dia dengan persembahan yang berjalan lebih dulu kepadanya, dan setelah ini aku akan melihat wajahnya, barangkali dia mau menerima aku."
47. Maka seluruh persembahan itu diserahkan ke tangan hamba-hambanya, dan pergi mendahuluinya pada hari itu, dan dia menginap malam itu dengan perkemahannya di  perbatasan sungai Yabok. Dia bangkit di tengah malam, dan mengambil istri-istrinya dan hamba-hambanya perempuan, dan semua milik kepunyaannya, dan dia malam itu menyeberangkan mereka melewati sungai Yabok.
48. Ketika dia menyeberangkan semua milik kepunyaannya melewat sungai, Yakub tertinggal sendirian, dan seorang laki-laki menemuinya. Dia bergulat dengannya pada malam itu hingga fajar, dan tulang paha Yakub keluar dari sendinya karena bergulat dengan dia.
49. Pagi waktu fajar orang itu meninggalkan Yakub di sana, dan dia memberkatinya dan pergi. Maka Yakub menyeberangi sungai pada waktu fajar, dan dia terhenti karena pahanya.
50. Fajar telah menyingsing atasnya ketika dia menyeberangi sungai, dan dia datang ke tempat ternak dan anak-anaknya.
51. Mereka berjalan terus hingga tengah hari, dan sementara mereka berjalan, rombongan persembahan berjalan mendahului mereka.
52. Yakub mengangkat matanya dan memandang, dan lihatlah Esau ada di kejauhan, datang bersama banyak orang, kira-kira empat ratus orang. Yakub sangat gentar kepada saudaranya.
53. Yakub bergegas dan membagi anak-anaknya kepada istri-istrinya dan hamba-hambanya perempuan. Anak perempuannya, Dina, dia masukkan ke dalam peti, dan menyerahkannya ke tangan hamba-hambanya.
54. Dia berjalan mendahului anak-anak dan istri-istrinya untuk menyambut saudaranya, dan dia bersujud sampai ke tanah; dia bersujud tujuh kali hingga dia mendekati saudaranya. Dan Allah membuat Yakub mendapatkan kasih karunia dan kemurahan di mata Esau dan orang-orangnya, karena Allah telah mendengar doa Yakub.
55. Rasa takut kepada Yakub dan kegentaran kepadanya menimpa saudaranya Esau. Sebab Esau sangat takut kepada Yakub karena apa yang malaikat Allah telah perbuat kepada Esau. Kemarahan Esau terhadap Yakub berubah menjadi kebaikan hati.
56. Ketika Esau melihat Yakub berlari ke arahnya, dia juga berlari ke arahnya dan dia memeluknya dan bersandar di lehernya. Mereka saling mencium dan menangis.
57. Allah menaruh kegentaran dan kebaikan hati terhadap Yakub di dalam hati orang-orang yang datang bersama Esau, dan mereka juga menciumi Yakub dan memeluknya.
58. Juga Elifaz bin Esau, dengan empat orang saudaranya, putra-putra Esau, menangis bersama Yakub, dan mereka menciumi dia dan memeluknya, karena kegentaran akan Yakub menimpa mereka semuanya.
59. Esau mengangkat matanya dan melihat wanita-wanita dan keturunan mereka, anak-anak Yakub, berjalan di belakang Yakub dan berlutut sepanjang jalan kepada Esau.
60. Esau berkata kepada Yakub, "Siapakah mereka yang bersamamu ini, saudaraku? Apakah mereka anak-anakmu atau hamba-hambamu?" Yakub menjawab Esau dan berkata, "Mereka adalah anak-anakku yang telah Allah karuniakan kepada hambamu."
61. Sementara Yakub sedang berbicara kepada Esau dan orang-orangnya, Esau memandang keseluruhan rombongan, dan dia berkata kepada Yakub,"Dari mana engkau memperoleh seluruh rombongan yang aku jumpai kemarin malam?" Yakub berkata, "Untuk mendapatkan kemurahan di mata tuanku, itulah yang dikaruniakan Allah kepada hambamu."
62. Dan persembahan datang kepada Esau. Yakub mendesak Esau, katanya, "Ambillah, aku mohon, persembahan yang aku bawa kepada tuanku." Esau berkata, "Apakah ini tujuanku? Simpanlah apa yang engkau miliki bagi dirimu."
63. Yakub berkata, "Sudah menjadi kewajibanku memberikan semua ini, karena aku telah melihat wajahmu, bahwa engkau masih hidup dalam damai."
64. Esau menolak menerima persembahan itu, dan Yakub berkata kepadanya, "Aku mohon tuanku, jika sekarang aku mendapat kemurahan di matamu, maka terimalah persembahan dari tanganku, karena aku telah melihat wajahmu, seperti aku telah melihat wajah Allah, karena engkau telah berkenan kepadaku."
65. Esau menerima persembahan itu, dan Yakub juga memberikan kepada Esau perak dan emas dan bdellium, karena dia sangat memaksanya sehingga dia menerimanya.
66. Esau membagi-bagi ternak yang ada dalam rombongan. Dia memberikan separuhnya kepada orang-orang yang datang bersamanya, karena mereka datang dengan upahan. Separuhnya lagi dia serahkan ke tangan anak-anaknya.
67. Perak dan emas dan bdellium dia berikan ke tangan Elifaz putra sulungnya. Esau berkata kepada Yakub, "Biarlah kami tetap bersamamu, dan kami akan berjalan pelan-pelan bersamamu sampai engkau tiba di tempatku, supaya kita dapat tinggal di sana bersama-sama."
68. Dan Yakub menjawab saudaranya dan berkata, "Aku akan melakukan seperti yang tuanku katakan kepadaku, namun tuanku tahu bahwa anak-anak masih lemah, dan bersamaku ada kawanan domba dan kawanan lembu yang masih muda, berjalan dengan lambat, karena jika dipaksa bergerak cepat mereka semuanya akan mati, karena engkau tahu beban dan kelelahan mereka.
69. Karena itu biarlah tuanku berjalan mendahului hambanya, dan aku akan berjalan perlahan demi anak-anak dan kawanan domba, sampai aku datang ke tempat tuanku di Seir."
70. Esau berkata kepada Yakub, "Aku akan menempatkan beberapa orang yang ada bersamaku untuk menjagamu di jalan, dan untuk menanggung kelelahan dan bebanmu." Dia berkata, "Buat apa tuanku, jika aku mendapatkan kasih karunia di matamu?
71. Lihatlah, aku akan datang kepadamu di Seir untuk tinggal di sana bersama-sama seperti yang engkau katakan, pergilah engkau bersama orang-orangmu karena aku akan mengikuti engkau."
72. Yakub mengatakan hal ini kepada Esau untuk menyingkirkan Esau dan orang-orangnya dari padanya, sehingga Yakub selanjutnya dapat pergi ke rumah ayahnya di tanah Kanaan.
73. Esau mendengarkan perkataan Yakub, dan Esau kembali dengan empat ratus orang yang ada bersamanya ke jalan menuju Seir. Yakub dan semua milik kepunyaannya pergi hari itu sejauh pinggiran luar tanah Kanaan di perbatasannya. Dia tinggal di sana beberapa waktu.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar