Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 56

Pasal 56

1. Yakub tinggal di tanah Mesir tujuh belas tahun, dan hari-hari Yakub dan tahun-tahun hidupnya adalah seratus empat puluh tujuh tahun.
2. Pada waktu itu Yakub diserang penyakit yang menyebabkan kematiannya. Dia mengirim pesan dan memanggil putranya Yusuf dari Mesir. Yusuf putranya datang dari Mesir dan Yusuf datang kepada ayahnya.
3. Yakub berkata kepada Yusuf dan kepada anak-anaknya, "Lihatlah, aku akan mati. Dan Allah nenek moyangmu akan mengingat engkau, dan membawa engkau kembali ke negeri, yang telah Allah sumpahkan untuk memberikannya kepadamu dan kepada anak-anakmu sesudah engkau. Maka sekarang, ketika aku mati, kuburkanlah aku di dalam gua yang ada di Makpelah di Hebron di tanah Kanaan, di dekat nenek moyangku."
4. Yakub membuat anak-anaknya bersumpah untuk menguburkan dia di Makpelah, di Hebron, dan anak-anaknya bersumpah kepadanya mengenai hal ini.
5. Dia memerintahkan mereka, katanya, "Layanilah Yehuwah Allahmu, karena Dia yang melepaskan bapa leluhurmu juga akan melepaskan engkau dari segala kesulitan."
6. Yakub berkata, "Panggillah seluruh anak-anakmu kepadaku." Dan seluruh anak-anak dari putra-putra Yakub datang dan duduk di hadapannya. Yakub memberkati mereka, dan dia berkata kepada mereka, "Yehuwah Allah bapa leluhurmu akan mengaruniakan kepadamu seribu kali lipat lagi dan memberkati engkau. Semoga Dia memberikan kepadamu berkat ayahmu Abraham." Dan seluruh anak-anak dari putra- putra Yakub pergi pada hari itu setelah dia memberkati mereka.
7. Pada keesokan harinya Yakub memanggil kembali anak-anaknya, dan mereka semua berkumpul dan datang kepadanya dan duduk di hadapannya. Yakub pada hari itu memberkati anak-anaknya sebelum dia mati. Setiap orang dia berkati sesuai berkatnya. Lihatlah, itu tertulis di dalam Kitab Hukum Yehuwah bagi Israel.
8. Yakub berkata kepada Yehuda, "Aku tahu anakku bahwa engkau adalah seorang gagah perkasa bagi saudara-saudaramu. Memerintahlah atas mereka, dan anak-anakmu akan memerintah atas anak-anak mereka selamanya.
9. Hanya ajarlah anak-anakmu busur dan seluruh senjata perang, supaya mereka dapat bertempur dalam peperangan saudara-saudara mereka yang akan memerintah atas musuh-musuhnya."
10. Yakub memerintahkan lagi kepada anak-anaknya pada hari itu, katanya, "Lihatlah, aku pada hari ini akan dikumpulkan kepada leluhurku. Bawalah aku dari Mesir, dan kuburkanlah aku di dalam gua Makpelah seperti yang telah aku perintahkan kepadamu.
11. Tetapi perhatikanlah, aku mohon, bahwa jangan seorang pun anak-anakmu yang membawa aku. Hanyalah engkau, dan beginilah cara yang harus engkau perbuat kepadaku, ketika engkau membawa tubuhku untuk pergi ke tanah Kanaan untuk menguburkan aku,
12. Yehuda, Isakhar dan Zebulon harus membawa usungan kerandaku di sebelah timur. Ruben, Simeon dan Gad di selatan. Efraim, Manasye dan Benyamin di barat. Dan, Asyer dan Naftali di utara.
13. Jangan biarkan Lewi membawanya bersamamu, karena dia dan anak-anaknya akan mengangkat tabut perjanjian Yehuwah dengan orang Israel di perkemahan. Jangan pula biarkan Yusuf putraku mengangkatnya, karena sebagai seorang raja biarkanlah kemuliaannya. Akan tetapi, Efraim dan Manasye akan menggantikannya.
14. Demikianlah harus engkau perbuat kepadaku ketika engkau membawa aku pergi. Jangan mengabaikan apa pun dari semua yang telah aku perintahkan kepadamu. Dan akan terjadi ketika engkau melakukan hal ini kepadaku, bahwa Yehuwah akan mengingat engkau dengan baik dan anak-anakmu sesudah engkau untuk selamanya.
15. Dan engkau anak-anakku, hormatilah masing-masing saudaranya dan kerabatnya. Perintahkanlah anak-anak dan cucu-cucumu sesudah engkau untuk melayani Yehuwah Allah nenek moyangmu sepanjang masa.
16. Supaya engkau memperpanjang hari-harimu di negeri, engkau dan anak-anak dan cucu-cucumu untuk selamanya, jika engkau melakukan apa yang baik dan benar di mata Yehuwah Allahmu, untuk berjalan di dalam semua jalan-jalan-Nya.
17. Dan engkau, Yusuf putraku, ampunilah, aku mohon, pengkhianatan saudara-saudaramu dan seluruh perbuatan jahat yang merugikan yang mereka tumpukkan ke atasmu, karena Allah menghendakinya untuk keberuntunganmu dan anak-anakmu.
18. Ya putraku, janganlah tinggalkan saudara-saudaramu kepada penduduk Mesir, ataupun melukai perasaan mereka, karena lihatlah, aku menyerahkan mereka ke tangan Allah dan ke dalam tanganmu untuk menjaga mereka dari orang Mesir." Dan anak-anak Yakub menjawab ayah mereka, dan berkata, "Ya, bapa kami, segala yang engkau perintahkan kepada kami, akan kami perbuat. Hanya semoga Allah menyertai kita."
19. Yakub berkata kepada anak-anaknya, "Semoga Allah menyertai engkau jika engkau berpegang pada semua jalan-jalan-Nya. Jangan berpaling dari jalan-jalan-Nya, baik ke kanan ataupun ke kiri dalam melakukan apa yang baik dan benar di mata-Nya.
20. Karena aku tahu bahwa banyak kesulitan yang menyakitkan akan menimpa engkau di kemudian hari di negeri ini, ya, anak-anakmu dan cucu-cucumu. Hanya layanilah Yehuwah dan Dia akan menyelamatkan engkau dari semua kesulitan.
21. Dan akan terjadi jika engkau pergi mencari Allah untuk melayani Dia dan mengajar anak-anakmu yang ada sesudah engkau, dan cucu-cucumu, untuk mengenal Yehuwah, maka Yehuwah akan membangkitkan bagimu dan anak-anakmu seorang hamba dari antara anak-anakmu. Yehuwah akan melepaskan engkau melalui tangannya dari semua penindasan, dan membawa engkau keluar dari Mesir dan membawa engkau kembali ke negeri bapa leluhurmu untuk mewarisinya dengan aman."
22. Yakub selesai memerintahkan anak-anaknya, dan dia menarik kakinya ke atas tempat tidur. Dia mati dan dikumpulkan kepada nenek moyangnya.
23. Yusuf merebahkan diri ke atas ayahnya dan dia menangis dan meratapinya. Dia menciumnya, dan memanggil-manggil dengan sedihnya. Dia berkata, "Ya bapaku, bapaku."
24. Para istri anak-anaknya dan seisi rumahnya datang dan rebah ke atas Yakub. Mereka meratapinya, dan menangis keras-keras karena Yakub.
25. Semua anak-anak Yakub bangkit bersama-sama, dan mereka mengoyakkan pakaian mereka. Mereka semuanya mengenakan kain karung di pinggangnya, dan jatuh tersungkur. Mereka menghamburkan debu ke atas kepala mereka dan ke langit.
26. Hal ini diberitahukan kepada Asnath istri Yusuf. Dia bangkit dan mengenakan kain karung dan bersama-sama seluruh kaum perempuan Mesir dia datang dan berkabung dan menangisi Yakub.
27. Juga seluruh orang Mesir yang mengenal Yakub datang semuanya pada hari itu ketika mereka mendengar hal ini, dan seluruh Mesir menangis selama berhari-hari.
28. Juga dari tanah Kanaan, kaum perempuan datang ke Mesir ketika mereka mendengar bahwa Yakub telah mati. Mereka menangisinya di Mesir selama tujuh puluh hari.
29. Dan terjadilah sesudah itu, Yusuf memerintahkan hamba-hambanya para tabib untuk membalsem ayahnya dengan mur dan kemenyan dan segala jenis dupa dan wangi-wangian. Dan para tabib membalsem Yakub seperti yang Yusuf perintahkan kepada mereka.
30. Seluruh orang Mesir dan para tua-tua dan seluruh penduduk tanah Gosyen menangis dan berkabung atas Yakub. Seluruh putra-putranya dan anak-anak seisi rumahnya meratap dan berkabung atas ayah mereka Yakub selama berhari-hari.
31. Dan setelah hari-hari perkabungan berlalu, pada akhir tujuh puluh hari, Yusuf berkata kepada Par'oh, "Aku akan pergi dan menguburkan ayahku di tanah Kanaan sebagaimana dia telah membuat aku bersumpah, dan kemudian aku akan kembali."
32. Par'oh melepas Yusuf, katanya, "Pergilah dan kuburkan ayahmu seperti yang dia katakan, dan sebagaimana dia membuat engkau bersumpah." Yusuf bangkit bersama seluruh saudara-saudaranya untuk pergi ke tanah Kanaan untuk menguburkan ayah mereka Yakub seperti yang telah dia perintahkan kepada mereka.
33. Par'oh memerintahkan supaya diumumkan di seluruh Mesir, katanya, "Siapa pun yang tidak pergi bersama Yusuf dan saudara-saudaranya ke tanah Kanaan untuk menguburkan Yakub, harus mati."
34. Seluruh Mesir mendengar pengumuman Par'oh, dan mereka bangkit bersama-sama, seluruh hamba-hamba Par'oh, para tua-tua di rumahnya, dan seluruh tua-tua tanah Mesir pergi bersama-sama Yusuf. Dan seluruh perwira dan para bangsawan Par'oh pergi sebagai hamba-hamba Yusuf, dan mereka pergi untuk menguburkan Yakub di tanah Kanaan.
35. Anak-anak Yakub mengusung keranda tempatnya dibaringkan. Sesuai dengan segala yang diperintahkan ayahnya kepada mereka, demikianlah diperbuat anak-anaknya kepada dia.
36. Keranda itu terbuat dari emas murni, dan dilapisi sekelilingnya dengan batu onyx dan bdellium. Penutup keranda itu terbuat dari anyaman emas, disatukan dengan benang, dan di atasnya ada kait-kait dari batu onyx dan bdellium.
37. Yusuf memasang pada kepala ayahnya Yakub sebuah makhota besar dari emas, dan dia meletakkan tongkat emas di tangannya. Mereka mengelilingi keranda sebagaimana kebiasaan raja-raja selama mereka hidup.
38. Seluruh pasukan Mesir berjalan di depannya dalam barisan seperti ini, yang pertama semua orang gagah perkasa Par'oh, dan orang-orang gagah perkasa Yusuf, dan sesudah mereka selebihnya dari penduduk Mesir. Mereka semua menyandangkan pedang dan diperlengkapi dengan baju zirah, dan ornamen perang ada pada mereka.
39. Dan semua peratap dan pelayat ada pada suatu jarak berseberangan dengan keranda, berjalan dengan menangis dan meratap, dan orang-orang selebihnya berjalan di belakang keranda.
40. Yusuf dan seisi rumahnya berjalan bersama di dekat keranda dengan telanjang kaki dan meratap. Selebihnya dari hamba-hamba Yusuf berjalan di sekitarnya. Setiap orang membawa perlengkapannya, dan mereka semuanya dipersenjatai dengan senjata-senjata perang mereka.
41. Lima puluh orang hamba Yakub berjalan di depan keranda. Mereka menaburkan di sepanjang jalan mur dan gaharu, dan segala jenis wewangian. Seluruh anak Yakub yang mengusung keranda berjalan di atas wewangian. Hamba-hamba Yakub berjalan di depan mereka menaburkan wewangian di sepanjang jalan.
42. Yusuf berjalan bersama pasukan yang besar. Mereka melakukan dengan cara seperti ini setiap hari hingga mereka mencapai tanah Kanaan. Mereka sampai di tempat pengirikan Atad, yang ada di seberang Yarden. Mereka melakukan perkabungan besar dan meratap kuat-kuat di tempat itu.
43. Seluruh raja-raja Kanaan mendengar hal ini dan mereka semuanya pergi, masing-masing orang dari rumahnya, tiga puluh satu raja Kanaan. Mereka semua datang dengan orang-orangnya untuk berkabung dan menangisi Yakub.
44. Semua raja ini memandang keranda Yakub, dan lihatlah, mahkota Yusuf ada di atasnya. Mereka juga meletakkan mahkota mereka di atas keranda, dan mengitarinya dengan mahkota-mahkota.
45. Semua raja ini mengadakan di tempat itu suatu perkabungan yang besar dan meratap dengan nyaring bersama anak-anak Yakub dan Mesir atas Yakub, karena seluruh raja-raja Kanaan mengenal kegagah-beranian Yakub dan anak-anaknya.
46. Berita ini sampai kepada Esau, dikatakan, "Yakub mati di Mesir, dan anak-anaknya dan seluruh Mesir mengiring dia ke tanah Kanaan untuk menguburkannya."
47. Esau mendengar hal ini. Dia tinggal di pegunungan Seir, dan dia bangkit bersama anak-anaknya dan semua orang-orangnya dan seisi rumahnya, orang-orang yang jumlahnya sangat besar. Mereka pergi untuk berkabung dan menangisi Yakub.
48. Dan terjadilah, ketika Esau datang, dia meratapi saudaranya Yakub. Seluruh Mesir dan Kanaan bangkit kembali dan menangis keras-keras bersama Esau untuk meratapi Yakub di tempat itu.
49. Yusuf dan saudara-saudaranya membawa ayah mereka Yakub dari tempat itu, dan mereka pergi ke Hebron untuk menguburkan Yakub di gua di samping bapa leluhurnya.
50. Mereka sampai di Kiryat-Arba, ke gua. Dan sementara mereka datang Esau berdiri bersama anak-anaknya berhadapan dengan Yusuf dan saudara-saudaranya untuk menghalang-halanginya ke gua, katanya, "Yakub tidak boleh dikuburkan di sini, karena ini milik kami dan ayah kami."
51. Yusuf dan saudara-saudaranya mendengar perkataan putra-putra Esau, dan mereka amat sangat murka. Yusuf mendekati Esau, katanya, "Hal apakah yang mereka katakan ini? Sesungguhnya ayahku Yakub membelinya dari padamu dengan kekayaan yang besar setelah kematian Ishak, dua puluh lima tahun yang lalu. Dan juga seluruh tanah Kanaan dia beli dari padamu dan dari anak-anakmu, dan keturunanmu sesudah engkau.
52. Yakub membelinya bagi anak-anaknya dan keturunannya sesudah dia sebagai warisan untuk selamanya, dan mengapakah engkau mengucapkan hal-hal ini pada hari ini?"
53. Esau menjawab, katanya, "Engkau berkata dusta dan mengucapkan kebohongan, karena aku tidak menjual apa pun milik kepunyaanku di seluruh negeri ini, seperti katamu, tidak juga saudaraku Yakub membeli apa pun milik kepunyaanku di negeri ini."
54. Esau mengucapkan perkataan ini untuk menipu Yusuf dengan kata-katanya, karena Esau tahu bahwa Yusuf tidak ada pada hari-hari itu ketika Esau menjual semua milik kepunyaannya di tanah Kanaan kepada Yakub.
55. Yusuf berkata kepada Esau, "Sesungguhnya ayahku memasukkan hal ini dengan engkau di dalam catatan pembelian, dan catatan ini disaksikan para saksi. Lihatlah, itu ada pada kami di Mesir."
56. Esau menjawab, berkata kepadanya, "Bawalah catatan itu, semua yang engkau dapati dalam catatan itu, demikianlah akan kami lakukan."
57. Yusuf memanggil Naftali saudaranya, dan berkata, "Bergegaslah cepat, jangan diam, dan berlarilah, aku mohon, ke Mesir dan bawalah seluruh catatan. Catatan pembelian, catatan yang dimeteraikan dan catatan yang terbuka, dan juga seluruh catatan awal yang di dalamnya seluruh perjanjian hak kesulungan tercatat, ambillah.
58. Engkau harus membawanya kepada kami di sini, supaya kita dapat mengetahui dari padanya semua perkataan Esau dan anak-anaknya yang mereka ucapkan hari ini."
59. Dan Naftali mendengarkan perkataan Yusuf dan dia bergegas dan berlari menuju ke Mesir. Naftali sangat cepat larinya lebih dari rusa mana pun yang ada di padang belantara, sebab dia dapat berlari di atas bulir-bulir gandum tanpa menghancurkannya.
60. Ketika Esau melihat bahwa Naftali telah pergi untuk mengambil catatan-catatan itu, dia dan anak-anaknya semakin meningkatkan perlawanan mereka terhadap gua itu. Esau dan seluruh orang-orangnya bangkit melawan Yusuf dan saudara-saudaranya untuk berperang.
61. Semua anak Yakub dan orang Mesir berperang dengan Esau dan orang-orangnya. Anak-anak Esau dan orang-orangnya terpukul di hadapan anak-anak Yakub. Anak-anak Yakub membunuh dari orang-orang Esau sejumlah empat puluh orang.
62. Husim bin Dan bin Yakub, pada waktu itu bersama anak-anak Yakub, namun dia kira-kira seratus hasta jaraknya dari tempat peperangan, karena dia ada bersama cucu-cucu Yakub di sekitar keranda Yakub untuk menjaganya.
63. Husim itu bisu dan tuli, namun dia masih memahami suara ketakutan di antara orang-orang.
64. Dia bertanya, katanya, "Mengapa engkau tidak menguburkan orang mati ini, dan ketakutan besar apakah ini?" Mereka menjawab dia dengan kata-kata Esau dan anak-anaknya. Maka dia berlari kepada Esau di tengah-tengah peperangan, dan dia membunuh Esau dengan sebilah pedang. Dia memenggal kepalanya, dan itu terlempar sampai jauh. Esau gugur di antara orang-orang yang berperang.
65. Ketika Husim melakukan hal ini, anak-anak Yakub mengalahkan anak-anak Esau. Anak-anak Yakub menguburkan ayah mereka Yakub dengan paksa di dalam gua, dan anak-anak Esau menyaksikannya.
66. Yakub dikuburkan di Hebron, di dalam gua Makpelah yang Abraham beli dari bani Het sebagai milik untuk tempat penguburan, dan dia dikuburkan dengan pakaian yang sangat mahal.
67. Tidak ada raja yang mendapatkan kehormatan seperti itu seperti yang diberikan Yusuf kepada ayahnya pada waktu kematiannya, karena dia menguburkannya dengan kehormatan besar seperti penguburan raja-raja.
68. Yusuf dan saudara-saudaranya mengadakan perkabungan selama tujuh hari bagi ayah mereka.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar