Laman

Senin, 01 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 16

Pasal 16

1. Pada waktu itu Kedorlaomer raja Elam memanggil semua raja-raja tetangganya, kepada Nimrod, raja Sinear yang sekarang ada di bawah kekuasaannya, dan kepada Tideal, raja Goyim, dan kepada Ariokh, raja Elasar, yang dengannya dia membuat perjanjian, katanya, "Datanglah kepadaku dan bantulah aku, supaya kita dapat memukul semua kota-kota Sodom dan penduduknya, karena mereka telah memberontak melawan aku selama tiga belas tahun ini."
2. Dan keempat raja ini pergi dengan seluruh pasukan mereka, kira-kira delapan ratus ribu orang. Mereka pergi pada waktu dan memukul setiap orang yang mereka jumpai di jalan.
3. Uma raja Sodom dan Gomora, Shinab raja Adma, Shemeber raja Zeboim, Bera raja Sodom, Birsha raja Gomora, dan Bela raja Zoar, keluar untuk menyongsong mereka, dan mereka semuanya bergabung bersama di lembah
4. Kesembilan raja ini berperang di lembah Siddim, dan raja-raja Sodom dan Gomora terpukul di hadapan raja-raja Elam.
5. Lembah Siddim penuh dengan sumur-sumur kapur dan raja-raja Elam mengejar raja-raja Sodom. Raja-raja Sodom dan pasukan mereka melarikan diri dan terperosok ke dalam sumur-sumur kapur. Dan semua yang masih tersisa pergi ke pegunungan untuk menyelamatkan diri. Lima raja Elam mendatangi mereka dan mengejarnya sampai ke pintu gerbang Sodom, dan mereka merampas semua yang ada di Sodom.
6. Mereka menjarah seluruh kota-kota Sodom dan Gomora, dan mereka juga membawa Lot, putra saudara Abram, dan miliknya. Mereka merampas seluruh harta benda kota-kota Sodom, dan mereka pergi. Dan Unic, hamba Abram, yang ada dalam pertempuran, melihat hal ini, dan memberitahu Abram semua yang raja-raja ini perbuat terhadap kota-kota Sodom, dan bahwa Lot telah ditawan oleh mereka.
7. Abram mendengar ini, dan dia bangkit bersama kira-kira tiga ratus delapan belas orang yang ada bersamanya. Malam itu dia mengejar raja-raja ini dan memukul mereka, dan mereka semuanya gugur di hadapan Abram dan orang-orangnya.Tidak ada yang tersisa kecuali empat raja yang melarikan diri, dan mereka pergi masing-masing memilih jalannya sendiri.
8. Abram memperoleh kembali semua milik kepunyaan Sodom. Dia juga memperoleh kembali Lot dan semua miliknya, istri-istrinya dan anak-anak dan semua milik kepunyaannya, sehingga Lot tidak kurang apa-apa.
9. Ketika dia kembali setelah memukul raja-raja ini, dia dan orang-orangnya melintasi lembah Siddim di mana raja-raja ini berperang.
10. Bera raja Sodom, dan sisa-sisa orang yang ada bersamanya, keluar dari sumur kapur di mana mereka terperosok, untuk menyambut Abram dan orang-orangnya.
11. Adonizedeq raja Yerushalaim, yang juga adalah Sem, pergi keluar bersama orang-orangnya untuk menyongsong Abram dan orang-orangnya, membawa roti dan anggur. Dan mereka ada bersama-sama di lembah
12. Adonizedeq memberkati Abram, dan Abram memberikan kepadanya sepersepuluh dari semua yang dia bawa dari jarahan musuh-musuhnya, karena Adonizedeq adalah seorang imam di hadapan Elohim.
13. Semua raja Sodom dan Gomora yang ada disana, bersama hamba-hambanya, mendekati Abram dan memohon kepadanya untuk mengembalikan hamba-hamba mereka yang dia jadikan tawanan, dan untuk mengambil bagi dirinya sendiri semua harta benda.
14. Abram menjawab raja-raja Sodom, katanya, "Demi Yehuwah yang hidup yang menciptakan langit dan bumi, yang menebus jiwaku dari semua kesusahan, dan yang melepaskan aku hari ini dari musuh-musuhku, dan memberikan mereka ke dalam tanganku, aku tidak akan mengambil apa pun milik kepunyaanmu, supaya engkau tidak membesarkan diri kelak dengan berkata, 'Abram menjadi kaya dari harta benda kami yang dia selamatkan.
15. Karena Yehuwah Allah yang kepada-Nya aku percaya berfirman kepadaku, 'Engkau fidak akan kekurangan apa-apa, karena Aku akan memberkati engkau dalamsegala pekerjaan tanganmu.'
16. Maka sekarang, lihatlah, inilah semua milik kepunyaanmu, bawalah itu dan pergilah. Demi Yehuwah yang hidup, aku tidak akan mengambil dari padamu mulai dari nyawa yang hidup sampai kepada tali sepatu dan benang kecuali makanan dari mereka yang pergi bersama-sama aku ke pertempuran, juga bagian orang-orang yang pergi bersamaku, Aner, Eshkol, dan Mamre, mereka dan orang-orangnya, demikian juga mereka yang tinggal untuk menjaga barang-barang mereka akan mengambil bagian mereka dari jarahan."
17. Dan raja-raja Sodom memberikan kepada Abram menurut semua yang dia katakan, dan mereka mendesak dia untuk mengambil apa pun yang dia pilih, tetapi dia tidak mau.
18. Dia melepas raja-raja Sodom dan sisa-sisa pasukan mereka, dan dia memberikan perintah kepada mereka mengenai Lot. Maka mereka pergi ke tempatnya masing-masing.
19. Lot, putra saudaranya, juga dia lepas bersama milik kepunyaannya, dan dia pergi bersama mereka. Lot kembali ke rumahnya, ke Sodom. Abram dan orang-orangnya kembali ke rumah mereka di lembah Mamre, yaitu di Hebron.
20. Pada waktu itu Yehuwah sekali lagi menampakkan diri kepada Abram di Hebron, dan Dia berfirman kepadanya, "Jangan takut, upahmu sangat besar di hadapan-Ku, karena Aku tidak akan meninggalkan engkau, sampai Aku melipatgandakan engkau, dan memberkati engkau dan membuat keturunanmu seperti bintang-bintang di langit, yang tidak dapat diukur maupun dihitung.
21. Dan Aku akan memberikan kepada keturunanmu seluruh negeri yang engkau lihat dengan matamu, kepada mereka akan Aku berikan sebagai warisan untuk selamanya, hanya saja tetaplah kuat dan jangan takut, berjalanlah di hadapan-Ku dan jadilah sempurna."
22. Dalam tahun ketujuh puluh delapan dari hidup Abram, pada tahun itu matilah Reu bin Peleg, dan seluruh umur Reu adalah dua ratus tiga puluh sembilan tahun, dan dia mati.
23. Sarai binti Haran, istri Abram, masih mandul pada waktu itu. Dia tidak melahirkan bagi Abram baik anak laki-laki maupun perempuan.
25, Dan ketika dia melihat bahwa dirinya tidak melahirkan anak-anak, dia mengambil hambanya Hagar, yang diberikan Par'oh kepadanya, dan dia memberikannya kepada Abram suaminya sebagai istri.
25. Karena Hagar belajar semua jalan-jalan Sarai sebagaimana Sarai mengajarnya, dia sama sekali tidak kurang dalam mengikuti jalan-jalannya yang baik.
26. Sarai berkata kepada Abram, "Lihat, inilah hambaku Hagar, Pergilah kepadanya supaya dia dapat melahirkan di atas lututku, supaya aku juga mendapatkan anak-anak melalui dia."
27. Dan pada akhir tahun ke sepuluh setelah Abram tinggal di tanah Kanaan, yaitu dalam tahun kedelapan puluh lima dari hidup Abram, Sarai memberikan Hagar kepadanya.
28. Maka Abram mendengarkan perkataan istrinya Sarai, dan dia mengambil hambanya Hagar dan Abram menghampirinya dan dia mengandung.
29. Dan ketika Hagar tahu bahwa dia mengandung, dia sangat bersukacita, dan nyonyanya dipandang rendah di matanya. Dia berkats dalam hatinya, "Ini hanya dapat terjadi karena aku lebih baik di hadapan Allah dibandingkan Sarai nyonyaku, karena sepanjang hidup nyonyaku bersama Yehuwah, dia tidak mengandung, namun aku telah dibuat Yehuwah dalam waktu singkat untuk mengandung oleh Dia."
30. Ketika Sarai melihat bahwa Hagar telah mengandung oleh Abram, Sarai cemburu kepada hambanya, dan Sarai berkata dalam hatinya, "Ini sesungguhnya bukan lain karena dia lebih baik dari aku."
31. Dan Sarai berkata kepada Abram, "Kesalahanku ada atasmu, karena pada waktu engkau berdoa kepada Yehuwah untuk meminta anak-anak, mengapa engkau tidak berdoa bagiku, supaya Yehuwah memberikan aku keturunan dari padamu?
32. Dan ketika aku berbicara kepada Hagar di hadapanmu, dia memandang hina kata-kataku, karena dia telah mengandung, dan engkau tidak berkata apa-apa kepadanya. Kiranya Yehuwah menghakimi antara aku dan engkau atas apa yang telah engkau perbuat kepadaku."
33. Maka Abram berkata kepada Sarai, "Lihatlah, hambamu ada dalam tanganmu, perbuatlah kepadanya apa yang engkau pandang baik." Dan Sarai menindas dia, lalu Hagar melarikan diri dari padanya ke padang belantara.
34. Dan seorang malaikat Yehuwah menemukan dia di tempat di mana dia melarikan diri, di tepi sumur, dan dia berkata kepadanya, "Jangan takut, karena aku akan melipatgandakan keturunanmu, karena engkau akan melahirkan seorang anak laki-laki dan engkau akan menyebut namanya Ishmael. Maka sekarang kembalilah kepada Sarai nyonyamu, dan tundukkanlah dirimu di bawah tangannya."
35. Hagar menyebut nama tempat sumur itu Beer-lahai-roi, itu berada di antara Qadesh dan padang gurun Bered.
36. Dan Hagar pada waktu itu kembali ke rumah nyonyanya, dan di kemudian hari Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram. Abram memanggil namanya Ishmael. Abram berumur delapan puluh enam tahun pada waktu dia memperanakkannya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar