Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 84

Pasal 84

1. Pada waktu itu Korah bin Yizhar ben Kehat bin Lewi, membawa banyak orang dari bani Israel, dan mereka bangkit dan bertengkar dengan Musa dan Harun dan seluruh umat.
2. Dan Yehuwah marah kepada mereka, sehingga bumi membuka mulutnya, dan menelan mereka, bersama rumah-rumah mereka dan semua milik kepunyaan mereka, dan semua orang-orang yang bersama Korah.
3. Sesudah ini Allah membuat orang-orang memutar melalu jalan ke Gunung Seir untuk waktu yang lama.
4. Pada waktu itu Yehuwah berfirman kepada Musa, "Jangan memancing peperangan terhadap bani Esau, karena Aku tidak akan memberikan kepadamu apa pun milik kepunyaan mereka, bahkan setapak kaki pun tidak, karena Aku telah memberikan Gunung Seir sebagai warisan kepada Esau.
5. Karena bani Esau berperang melawan bani Seir pada waktu lampau, dan Yehuwah menyerahkan bani Seir ke dalam tangan bani Esau, dan menghancurkannya dari hadapan mereka. Bani Esau berdiam menggantikan mereka sampai hari ini.
6. Karena itu Yehuwah berfirman kepada bani Israel, "Jangan berperang melawan bani Esau saudaramu, karena negeri mereka bukan kepunyaanmu. Tapi engkau boleh membeli makanan dari mereka dengan uang dan memakannya, dan engkau boleh membeli air dari mereka dengan uang dan meminumnya."
7. Dan bani Israel berbuat sesuai firman Yehuwah.
8. Bani Israel pergi ke sekitar padang belantara, bergerak memutari Gunung Sinai untuk waktu yang lama, dan tidak menjamah bani Esau. Mereka terus berada di daerah itu selama sembilan belas tahun.
9. Pada waktu itu matilah Latinus raja bani Kittim, dalam tahun ke empat puluh lima masa pemerintahannya, yaitu tahun keempat belas setelah bani Israel pergi dari Mesir.
10. Mereka menguburkannya di tempatnya yang telah dia bangun bagi dirinya sendiri di negeri Kittim. Dan Abimnas memerintah menggantikannya selama tiga puluh delapan tahun.
11. Bani Israel melintasi perbatasan bani Esau pada waktu itu, pada akhir tahun ke sembilan belas, dan mereka tiba dan melintasi jalan menuju padang gurun Moab.
12. Yehuwah berfirman kepada Musa, "Jangan mengepung Moab, dan jangan berperang melawan mereka, karena Aku tidak akan memberikan apa-apa dari negeri mereka."
13. Dan bani Israel melintasi jalan di padang gurun Moab selama sembilan belas tahun, dan mereka tidak berperang melawannya.
14. Dalam tahun ke tiga puluh enam setelah bani Israel berangkat dari Mesir, Yehuwah menggerakkan hati Sihon, raja orang Amori, dan dia maju berperang, dan pergi untuk berperang melawan bani Moab.
15. Sihon mengirim utusan kepada Beor bin Yaneas bin Bileam, penasihat raja Mesir, dan kepada Bileam putranya, untuk mengutuk Moab, supaya dapat diserahkan ke dalam tangan Sihon.
16. Para utusan itu pergi dan membawa Beor bin Yaneas, dan Bileam putranya, dari Pethor di Aram Naharayim. Maka Beor dan Bileam putranya datang ke kota Sihon dan mereka mengutuk Moab dan rajanya di hadapan Sihon raja orang Amori.
17. Maka Sihon pergi bersama seluruh tentaranya, dan mereka pergi ke Moab dan berperang melawan mereka, dan dia menaklukkan mereka. Yehuwah menyerahkan mereka ke dalam tangannya, dan Sihon membunuh raja Moab.
18. Sihon merampas seluruh kota-kota Moab dalam peperangan itu. Dia juga merebut Hesybon dari mereka, karena Hesybon juga salah satu kota-kota Moab. Sihon menempatkan para pemimpin dan para bangsawannya di Hesybon, dan Hesybon menjadi milik Sihon pada waktu itu.
19. Karena itu para penyair, Beor dan Bileam putranya mengucapkan kata-kata ini, katanya, "Datanglah ke Hesybon, kota Sihon akan dibangun dan dikokohkan.
20. Celakalah engkau Moab! Engkau telah kalah, ya orang-orang Kamos!" Lihatlah, itu tertulis di Kitab Hukum Allah.
21. Dan ketika Sihon telah menaklukkan Moab, dia menempatkan para penjaga di kota-kota yang telah dia rebut dari Moab. Sejumlah besar bani Moab jatuh dalam peperangan ke tangan Sihon. Dia menawan banyak orang dari mereka, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan, dan dia membunuh raja mereka. Maka Sihon berbalik dan kembali ke negerinya.
22. Sihon memberikan banyak persembahan perak dan emas kepada Beor dan Bileam putranya. Dan dia melepas mereka pergi. Mereka pergi ke Aram Naharayim ke rumah dan negerinya.
23. Pada waktu itu seluruh bani Israel melintas dari jalan di padang gurun Moab, dan kembali dan mengelilingi padang gurun Edom.
24. Jadi seluruh jemaah datang ke padang gurun Zin dalam bulan pertama pada tahun keempat puluh sejak mereka pergi dari Mesir. Bani Israel tinggal di sana di Kadesh, di padang gurun Zin. Miryam mati di sana dan dia dikuburkan di sana.
25. Pada waktu itu Musa mengirim para utusan kepada Hadar raja Edom, katanya, "Beginilah perkataan saudaramu Israel, 'Biarkanlah kami melintas, aku mohon, melalui negerimu. Kami tidak akan melintasi ladang ataupun kebun anggur, kami tidak akan minum air dari sumur. Kami akan berjalan di jalanan raja.'"
26. Dan Edom berkata kepadanya, "Engkau tidak boleh berjalan melintasi negeriku." Edom pergi untuk menghadapi bani Israel dengan orang-orang perkasa.
27. Bani Esau menolak untuk membiarkan bani Israel melintasi negeri mereka, maka orang Israel menyingkir dari mereka dan tidak berperang melawan mereka.
28. Karena sebelumnya Yehuwah telah memerintahkan bani Israel, firman-Nya, "Engkau tidak boleh berperang melawan bani Esau." Karena itu orang Israel menyingkir dari mereka dan tidak berperang melawan mereka.
29. Bani Israel berangkat dari Kadesh, dan seluruh umat sampai ke Gunung Hor.
30. Pada waktu itu Yehuwah berfirman kepada Musa, "Katakan kepada saudaramu Harun bahwa dia akan mati di sana, karena dia tidak akan masuk ke negeri yang Aku berikan kepada bani Israel."
31. Dan Harun mendaki ke atas, sesuai perintah Yehuwah, ke Gunung Hor, dalam tahun keempat puluh, dalam bulan kelima, pada hari pertama dalam bulan itu.
32. Harun berumur seratus dua puluh tiga tahun ketika dia mati di Gunung Hor.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar