Laman

Senin, 01 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 7

Pasal 7

1. Dan inilah nama anak-anak Nuh: Yafet, Ham dan Sem. Anak-anak dilahirkan bagi mereka setelah air bah, karena mereka mengambil isteri sebelum air bah.
2. Inilah anak-anak lelaki Yafet: Gomer, Magog, Madai, Yawan, Tubal, Mesekh, dan Tiras, tujuh anak laki-laki.
3. Dan anak-anak lelaki Gomer ialah Askenas, Rifat dan Togarma.
4. Dan anak-anak lelaki Magog adalah Elichanaph dan Lubai.
5. Dan anak-anak lelaki Madai adalah Acho, Zeelo, Chazoni dan Lot.
6. Dan anak-anak lelaki Yawan adalah Elisa, Tarsis, orang Kitim dan orang Dodanim°.
7. Dan anak-anak lelaki Tubal adalah Adphi, Kesed dan Taari.
8. Dan anak-anak lelaki Meshek adalah Dedon, Zaron dan Shebashni.
9. Dan anak-anak Tiras adalah Benib, Gera, Lupirion dan Gilak Inilah anak-anak lelaki Yafet menurut kaum keluarga mereka. Jumlah mereka pada waktu itu kira-kira empat ratus enam puluh orang laki-laki.
10. Dan inilah anak-anak lelaki Ham:  Kush, Misraim, Put dan Kanaan, empat anaklaki-laki. Dan anak-anak lelaki Kush adalah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha.; dan anak-anak lelaki Raema adalah Syeba dan Dedan.
11. Dan anak-anak lelaki Mizraim adalah Ludim, Anamim, Patrusim, Kasluhim. dan Kaftorim.
12. Dan anak-anak lelaki Put adalah Gebul, Hadan, Benah dan Adan.
13. Dan anak-anak lelaki Kanaan adalah Sidon, Het, Amori, Girgasi, Hewi, Arki, Sini, Arwadi, Semari dan Hamati.
14. Ini adalah anak-anak lelaki Ham, menurut kaum keluarga mereka, dan jumlah mereka pada waktu itu kira-kira tujuh ratus tiga puluh orang laki-laki.
15. Dan inilah anak-anak lelaki Sem: Elam,Asyur,
Arpakhsad, Lud dan Aram, lima anak laki-laki. Dan anak-anak anak lelaki Elam adalah Shushan, Machul dan Harmon.
16. Dan anak-anak lelaki Asshur adalah Mirus dan Mokil. Dan anak-anak lelaki Arpakhsad adalah Selah, Aner dan Eshkol.
17. Dan anak-anak lelaki Lud adalah Pethor dan Bizayon, dan anak-anak lelaki Aram adalah Us, Hul, Geter dan Mas.
18. Inilah anak-anak lelaki Shem menurrot kaum keluarga mereka, dan jumlah mereka pada waktu itu kira-kira tiga ratus orang laki-laki.
19. Inilah keturunan Sem, Sem memperanakkan Arpakhsad dan Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber dan bagi Eber dilahirkan dua orang anak, nama yang seorang adalah Peleg, karena pada zamannya anak-anak manusia dibagi-bagi, dan di kemudian hari, bumi dibagi-bagi.
20. Dan nama yang kedua adalah Yoktan; artinya pada zamannya kehidupan anak-anak manusia akan menjadi lemah dan berkurang.
21.1nilah anak-anak lelaki Yoktan: Almodad, Selef, Hazar-Mawet, Yerah, Hadoram, Uzal, Dikla, Obal, 
Abimael, Syeba, Ofir, Hawila dan Yobab. Itulah semuanya anak-anak lelaki Yoktan.
22. Dan Peleg saudaranya memperanakkan Rehu, dan Rehu memperanakkan Serug, dan Serug memperanakkan Nahor dan Nahor memperanakkan Terah, dan Terah berumur tiga puluh delapan tahun, dan dia memperanakkan Haran dan Nahor.
23. Kush bin Ham bin Nuh, mengambil seorang istri pada waktu itu pada masa tuanya, dan dia melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka menyebut namanya Nimrod, karena katanya, "Pada waktu itu anak-anak manusa mulai kembali memberontak dan berdosa melawan Allah," dan anak ini bertumbuh besar, dan ayahnya sangat menyayanginya, karena dia anak laki-laki pada masa tuanya.
24. Dan pakaian-pakaian kulit yang Allah buat untuk Adam dan istrinya, ketika mereka keluar dari taman, diberikan kepada Kush.
25. Karena setelah kematian Adam dan istrinya, pakaian¬pakaian ini diberikan kepada Henokh bin Yared, dan ketika Henokh diangkat, kepada Allah, dia memberikannya kepada Metusalah, anaknya.
26. Pada waktu kematian Metusalah, Nuh mengambilnya dan membawanya ke dalam bahtera, dan itu ada bersamanya hingga dia keluar dari bahtera.
27. Dan setelah mereka keluar, Ham mencuri pakaian-pakaian itu dari Nuh ayahnya, dan dia mengambilnya dan menyembunyikannya dari saudara-saudaranya.
28. Ketika Ham memperanakkan putra sulungnya Kush, dia memberikan kepadanya pakaian-pakaian ini secarasembunyi-sembunyi, dan pakaian itu ada bersama Kush untuk waktu yang lama.
29. Kush juga menyembunyikannya dari anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dan ketika Kush memperanakkan Nimrod, dia memberikan kepadanya pakaian-pakaian ini karena rasa sayangnya kepadanya. Nimrod berturnbuh besar, dan ketika dia berumur dua puluh tahun dia mengenakan pakaian-pakaian itu.
30. Nimrod menjadi kuat ketika dia mengenakan pakaian-pakaian itu. Allah memberikan kepadanya keperkasaan dan kekuatan, dan dia menjadi seorang pemburu perkasa di bumi. Ya, dia seorang pemburu perkasa di padang dan dia memburu binatang-binatang dan dia mendirikan mezbah, dan dia mempersembahkan di atasnya binatang-binatang itu di hadapan Yehuwah.
31. Nimrod memperkuat dirinya sendiri, dan dia bangkit dari antara saudara-saudaranya. Dia bertempur dalam peperangan saudara-saudaranya melawan semua musuh mereka di sekelilingnya.
32. Yehuwah menyerahkan semua musuh-musuh saudaranya kedalam tangannya, dan Allah memberinya keberhasilan dari waktu kewaktu dalam peperangannya, dan dia memerintah atas bumi.
33. Karena itu menjadi umum pada waktu itu, ketika seorang laki-laki mengantar mereka yang dia latih ke peperangan, dia akan berkata kepada mereka, "Seperti yang Allah perbuat kepada Nimrod, seorang pemburu perkasa di bumi, dan yang berhasil dalam peperangan yang telah menaklukkan saudara¬saudaranya, sehingga dia melepaskan mereka dari tangan musuh-musuhnya. Semoga Elohim menguatkan kita dan melepaskan kita hari ini."
34. Ketika Nimrod berumur empat puluh tahun, pada waktu itu ada peperangan antara saudara-saudaranya dan anak-anak Yafet, sehingga mereka ada dalam kekuasaan musuh-musuh mereka.
35. Nimrod pergi pada waktu itu, dan dia mengumpulkan seluruh anak-anak Kush dan kaum keluarga mereka, kira-kira empat ratus enarn puluh orang, dan dia menyewa juga dari beberapa teman dan kenalannya kira-kira delapan puluh orang. Dia memberikan kepada mereka upahnya, dan dia pergi bersama-sama mereka ke peperangan. Ketika dia ada di jalan, Nimrod menguatkan hati orang-orang yang pergi bersamanya.
36. Dia berkata kepada mereka, "Jangan takut, jangan gelisah, karena semua musuh-musuh kita akan diserahkan ke dalam tangan kita, dan engkau boleh berbuat kepada mereka sesuai keinginanmu."
37. Dan seluruh orang yang pergi kira-kira lima ratus, dan mereka bemerang melawan musuh-musuhnya, dan mereka menghancurkannya, dan menaklukkan mereka. Nimrod menempatkan perwira pengawas atas mereka di tempat mereka masing-masing.
38. Dia mengambil beberapa orang anak-anak mereka sebagai jaminan, dan mereka semuanya hamba-hamba Nimrod dan saudara-saudaranya. Nimrod dan semua orang yang ada bersamanya kembali pulang.
39. Dan ketika Nimrod dengan gembira kembali dari peperangan, setelah menaklukkan musuh-musuhnya, sernua saudaranya, bersama orang-orang yang mengenal dia sebelumnya, berkumpul untuk menjadikan dia raja atas mereka. Mereka menaruh mahkota kerajaan di atas kepalanya.
40. Dia memerintah rakyatnya dan orang-orangnya, para pemimpin, para hakim, dan para penguasa, seperti kebiasaan di antara raja-raja.
41. Dia mengangkat Terah bin Nahor sebagai panglima pasukannya, dan dia mengagungkan dan meninggikannya di atas semua pembesamya.
42. Dan sementara dia memerintah sesuai keinginan hatinya, setelah menaklukkan semua musuh di sekelilingnya, dia mempertimbangkan dengan para penasihatnya untuk membangun sebuah kota sebagai istananya, dan mereka melakukannya.
43. Mereka menemukan suatu lembah besar yang berlawanan dengan sebelah timur,dan mereka mendirikan baginya sebuah kota yang besar dan luas. Nimrod menamakan kota yang dibangunnya Sinear, karena Yehuwah dengan keras telah mengguncang musuh-musuhnya dan menghancurkan mereka.
44. Nimrod menetap di Sinear, dan dia memerintah dengan aman. Dia berperang dengan musuh-musuhnya dan menaklukkan mereka, dan dia berhasil dalam semua peperangannya, dan kerajaannya menjadi sangat besar.
45. Seluruh bangsa dan bahasa mendengar kemasyhurannya,dan mereka menggabungkan diri kepadanya, dan sujud menyembah sampai ke tanah. Mereka membawa persembahan kepadanya, dan dia menjadi tuan dan raja mereka. Merekaemua menetap bersamanya di kota di Sinear, dan Nimrod memerintah di bumi atas semua anak-anak Nuh. Mereka semuanya ada di bawah kekuasaan dan nasihatnya.
46. Seluruh bumi itu satu bahasanya dan kata-katanya satu kesatuan, namun Nimrod tidak berjalan di dalam jalan-jalan Yehuwah, dan dia lebih jahat dari semua orang yang ada sebelum dia, sejak zaman air bah hingga masa itu.
47. Dia membuat ilah-ilah dari kayu dan batu, dan dia sujud menyembah kepada mereka, dan dia memberontak melawan Yehuwah, dan mengajar semua rakyatnya dan orang-orang di bumi jalan-jalannya yang jahat. Mardon putranya, lebih jahat dari ayahnya.
48. Setiap orang yang mendengar perbuatan-perbuatan Mardon bin Nimrod akan berkata mengenai dia, "Dari yang jahat keluar kejahatan." Karenanya itu menjadi kiasan di seluruh bumi, dikatakan, "Dari yang jahat keluar kejahatan," dan beredar kata-kata manusia sejak waktu itu sampai kini.
49. Terah bin Nahor, panglima pasukan Nimrod, pada waktu itu sangat besar di mata raja dan rakyatnya. Raja dan para pemimpin mencintainya, dan mereka sangat meninggikannya.
50. Terah mengambil seorang istri, namanya Amthelo binti Comebo. Istri Terah mengandung dan melahirkan baginYa seorang anak laki-laki pada waktu itu.
51. Terah berumur tujuh puluh tahun pada waktu dia memperanakkannya, dan Terah menyebut nama anak laki-laki yang telah lahir baginya itu Abram, karena raja telah mengangkatnya pada waktu itu, dan mengagungkan dia di atas semua pemimpin yang ada bersamanya.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar