Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 36

Pasal 36

1. Pada waktu itu Yehuwah menampakkan diri kepada Yakub, firman-Nya, "Bangkit, pergilah ke Bethel dan tinggallah di sana, dan buatlah di sana sebuah mezbah untuk Yehuwah yang menampakkan diri kepadamu, yang melepaskan engkau dan anak-anakmu dari kesusahan."
2. Maka Yakub bangkit dengan anak-anaknya dan semua milik kepunyaannya, dan mereka pergi dan datang ke Bethel menurut firman Yehuwah.
3. Yakub berumur sembilan puluh sembilan tahun ketika dia pergi ke Bethel. Yakub dan anak-anaknya dan semua orang yang ada bersamanya, tinggal di Bethel di Luz. Dan dia di sana mendirikan sebuah mezbah untuk Yehuwah yang menampakkan diri kepadanya. Yakub dan anak-anaknya tinggal di Bethel enam bulan.
4. Pada waktu itu matilah Deborah binti Uz, pengasuh Ribkah, yang ada bersama Yakub. Yakub menguburkan dia di dataran rendah Bethel di bawah pohon tarbantin yang ada di sana.
5. Ribkah binti Betuel, ibu Yakub, juga mati pada waktu itu di Hebron, yang juga bernama Kiryath-Arba, dan dia dikuburkan di gua Makpelah yang Abraham beli dari bani Het.
6. Umur Ribkah seratus tiga puluh tiga tahun, dan dia mati dan ketika Yakub mendengar bahwa ibunya Ribkah telah mati, dia menangis dengan sedihnya karena ibunya, dan membuat perkabungan besar baginya, dan bagi Deborah pengasuhnya di bawah pohon tarbantin, dan dia menyebut nama tempat itu Allon-bakuth.
7. Laban orang Aram itu mati pada waktu itu, karena Allah memukulnya karena dia melanggar perjanjian yang ada antara dia dan Yakub.
8. Yakub berumur seratus tahun pada waktu Yehuwah menampakkan diri kepadanya, dan memberkati dia dan menyebut namanya Israel. Rahel istri Yakub mengandung pada waktu itu.
9. Pada waktu itu Yakub dan semua milik kepunyaannya melakukan perjalanan dari Bethel ke rumah ayahnya, ke Hebron.
10. Dan sementara mereka pergi di jalan, dan di sana hanya ada sedikit jalan untuk datang ke Efrata, Rahel melahirkan seorang putra dan dia mengalami sulit bersalin dan dia mati.
11. Yakub menguburkan dia di jalan menuju ke Efrata, yaitu Betlehem. Dia mendirikan sebuah tugu di atas kuburannya, yang masih ada di sana sampai hari ini. Umur Rahel adalah empat puluh lima tahun dan dia mati.
12. Yakub menyebut nama anak laki-laki yang dilahirkan baginya, yang dilahirkan Rahel baginya, Benyamin, karena dia dilahirkan baginya di negeri di tangan kanan.
13. Setelah kematian Rahel, Yakub mendirikan kemahnya di kemah hambanya perempuan, Bilha.
14. Ruben iri bagi ibunya Lea karena hal ini, dan dia dipenuhi amarah. Dia bangkit dengan kemarahan dan pergi dan memasuki kemah Bilha dan sejak itu dia menyingkirkan tempat tidur ayahnya.
15. Pada waktu itu bagian hak kesulungan, beserta posisi kerajaan dan keimaman, disingkirkan dari anak-anak Ruben, karena dia telah mencemari tempat tidur ayahnya, dan hak kesulungan diberikan kepada Yusuf, posisi kerajaan kepada Yehuda, dan keimaman kepada Lewi, karena Ruben telah mencemari tempat tidur ayahnya.
16. Inilah keturunan Yakub yang dilahirkan baginya di Padan-Aram. Anak-anak lelaki Yakub ada dua belas.
17. Anak-anak lelaki Lea adalah Ruben anak sulungnya, dan Simeon, Lewi, Yehuda, Isakhar, Zebulon, dan saudari mereka Dina. Anak-anak lelaki Rahel adalah Yusuf dan Benyamin.
18. Anak-anak lelaki Zilpa, hamba Lea, adalah Gad dan Asyer. Anak-anak lelaki Bilha, hamba Rahel, adalah Dan dan Naftali. Inilah anak-anak lelaki Yakub yang dilahirkan baginya di Padan-aram.
19. Yakub dan anak-anaknya dan semua milik kepunyaannya melakukan perjalanan dan datang ke Mamre, di Kiryath-Arba, yaitu Hebron, di mana Abraham dan Ishak tinggal. Yakub dan anak-anaknya dan semua milik kepunyaannya, tinggal bersama ayahnya di Hebron.
20. Saudaranya Esau dan anak-anaknya, dan semua milik kepunyaannya pergi ke tanah Seir dan tinggal di sana, dan memiliki harta benda di tanah Seir. Anak-anak Esau beranak cucu dan berlipat ganda sangat banyak di tanah Seir.
21. Inilah keturunan Esau yang dilahirkan baginya di tanah Kanaan. Anak-anak lelaki Esau ada lima orang.
22. Adah melahirkan bagi Esau anak sulungnya Elifas, dan dia juga melahirkan baginya Reuel. Oholibamah melahirkan baginya Yeush, Yaalam dan Korah.
23. Inilah anak-anak Esau yang dilahirkan baginya di tanah Kanaan. Anak-anak lelaki Elifas bin Esau adalah Teman, Omar, Zefo, Gatam, Kenaz dan Amalek. Anak-anak lelaki Reuel adalah Nachath, Zerah, Syamah   dan Mizzah.
24. Anak-anak lelaki Yeush adalah Timnah, Alvah, Yetheth. Anak-anak lelaki Yaalam adalah Alah, Phinor dan Kenaz.
25. Anak-anak lelaki Korah adalah Teman, Mibzar, Magdiel dan Eram. Inilah kaum keluarga putra-putra Esau menurut kerajaan mereka di tanah Seir.
26. Inilah nama anak-anak lelaki Seir orang Hori, penduduk tanah Seir, Lotan, Shobal, Zibeon, Anah, Dishon, Ezer dan Dishan, tujuh anak laki-laki.
27. Anak-anak Lotan adalah Hori, Heman dan saudari mereka Timna, yaitu Timna yang datang kepada Yakub dan anak- anaknya, dan mereka tidak mau mendengarkan dia. Dia pergi dan menjadi selir Elifas bin Esau, dan dia melahirkan baginya Amalek.
28. Anak-anak lelaki Shobal adalah Alvan, Manahat, Ebal, Shepho, dan Onam. Anak-anak lelaki Zibeon adalah Ayah, dan Anah. Ini adalah Anah yang menemukan Yemim di padang belantara ketika dia memberi makan keledai-keledai Zibeon ayahnya.
29. Sementara dia memberi makan keledai-keledai ayahnya, dia membawa mereka ke padang belantara pada waktu yang berbeda untuk memberi mereka makan.
30. Pada suatu hari dia membawa mereka ke salah satu padang gurun di tepi pantai, di seberang padang belantara orang-orang itu. Dan sementara dia sedang memberi mereka makan, lihatlah, suatu badai yang besar datang dari seberang lautan dan turun ke atas keledai-keledai yang sedang makan di sana. Mereka semuanya diam berdiri.
31. Sesudah itu kira-kira seratus dua puluh binatang yang besar dan mengerikan keluar dari padang belantara dari seberang lautan, dan mereka semuanya datang ke tempat di mana keledai-keledai itu berada, dan mereka berdiam di sana.
32. Binatang-binatang itu, dari bagian tengah ke bawah, berbentuk anak-anak manusia. Dan dari bagian tengah ke atas, beberapa memiliki keserupaan dengan beruang, beberapa memiliki keserupaan dengan keephas, dengan ekor di bagian belakang mereka dari antara bahu sampai mencapai ke tanah, seperti ekor dari ducheephath. Binatang-binatang ini datang dan naik dan menunggangi keledai-keledai ini, dan membawa mereka pergi. Mereka pergi sampai hari ini.
33. Salah satu binatang ini mendekati Anah dan memukul dia dengan ekornya, dan kemudian melarikan diri dari tempat itu.
34. Dan ketika dia melihat tindakan ini, dia amat sangat ketakutan akan nyawanya. Maka dia lari dan meloloskan diri ke kota.
35. Dia menceritakan kepada anak-anaknya dan saudara- saudaranya semua yang terjadi kepadanya. Dan banyak orang pergi mencari keledai-keledai ini tetapi tidak dapat menemukan mereka. Anah dan saudara-saudaranya tidak pergi lagi ke tempat itu sejak hari itu dan seterusnya, karena mereka sangat ketakutan akan nyawa mereka.
36. Anak-anak Anah bin Seir, adalah Disyon dan saudarinya Oholibama. Anak-anak Disyon adalah Hemdan, Eshban, Ithran dan Cheran. Anak-anak Ezer adalah Bilhan, Zaavan dan Aqan. Anak-anak Dishan adalah Uz dan Aran.
37. Inilah kaum keluarga anak-anak Seir orang Hori, menurut kerajaan mereka di tanah Seir.
38. Esau dan anak-anaknya tinggal di tanah Seir orang Hori, penduduk negeri itu. Mereka memiliki harta benda di dalamnya dan beranak cucu dan berlipat ganda sangat banyak. Yakub dan anak-anaknya dan semua milik kepunyaannya, tinggal dengan ayah mereka Ishak di tanah Kanaan, seperti yang Yehuwah perintahkan kepada Abraham ayah mereka.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar