Laman

Selasa, 02 Februari 2016

KItab Orang Jujur / Pasal 81

Pasal 81

1. Bani Israel melakukan perjalanan dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang berjalan kaki, di samping anak- anak dan istri-istri mereka.
2. Juga berbagai orang dalam jumlah besar ikut pergi bersama mereka, beserta kawanan domba dan kawanan lembu, dan banyak ternak.
3. Lamanya bani Israel tinggal di tanah Mesir dalam pekerjaan yang berat, adalah dua ratus sepuluh tahun.
4. Pada akhir tahun kedua ratus sepuluh, Yehuwah membawa bani Israel keluar dari Mesir dengan tangan yang kuat.
5. Bani Israel berjalan dari Mesir dan dari Gosyen dan dari Raamses, dan berkemah di Sukot pada hari kelima belas pada bulan yang pertama.
6. Orang Mesir menguburkan semua anak-anak sulung mereka yang telah Yehuwah pukul, dan seluruh orang Mesir mengubur orang-orang mati mereka selama tiga hari.
7. Bani Israel berjalan dari Sukot dan berkemah di Etam, di penghujung padang belantara.
8. Dan pada hari ketiga setelah orang Mesir menguburkan anak-anak sulung mereka, banyak orang bangkit dari Mesir dan mengejar Israel untuk membuat mereka kembali ke Mesir, karena mereka menyesal telah menyuruh orang Israel pergi dari perbudakan mereka.
9. Seseorang berkata kepada sesamanya, "Sesungguhnya Musa dan Harun berbicara kepada Par'oh, katanya, 'Kami akan pergi tiga hari perjalanan di padang belantara dan mempersembahkan korban kepada Yehuwah Allah kami.'
10. Maka sekarang marilah kita bangun pagi-pagi sekali dan membawa mereka kembali, dan akan terjadi jika mereka kembali bersama kita ke Mesir kepada tuan mereka, maka tahulah kita bahwa ada kepercayaan di dalam mereka, namun jika mereka tidak mau kembali, maka kita akan berperang melawan mereka, dan membuat mereka kembali dengan kekuatan yang besar dan tangan yang kuat."
11. Seluruh bangsawan Par'oh bangun pagi harinya, dan bersama mereka kira-kira tujuh ratus ribu orang. Mereka pergi dari Mesir pada hari itu, dan tiba di tempat di mana bani Israel berada.
12. Seluruh orang Mesir melihat dan lihatlah, Musa dan Harun dan seluruh bani Israel sedang duduk depan Pi-Hahirot, makan dan minum dan merayakan hari raya Yehuwah.
13. Dan seluruh orang Mesir berkata kepada bani Israel, "Sesungguhnya kamu berkata, 'Kami akan pergi sejauh tiga hari perjalanan di padang belantara dan mempersembahkan korban kepada Allah kami dan kembali.'
14. Maka sekarang hari ini telah lima hari sejak kamu pergi, mengapa kamu tidak kembali kepada tuanmu?"
15. Musa dan Harun menjawab mereka, katanya, "Karena Yehuwah Allah kami telah bersaksi kepada kami, firman-Nya, 'Engkau tidak akan kembali lagi ke Mesir,' tapi kami akan pergi ke negeri yang mengalir dengan susu dan madu, seperti yang Yehuwah Allah kami telah sumpahkan kepada nenek moyang kami untuk memberikannya kepada kami."
16. Dan ketika para bangsawan Mesir melihat bahwa bani Israel tidak mau mendengarkan mereka, untuk kembali ke Mesir, mereka mengikat pinggangnya untuk berperang melawan Israel.
17. Dan Yehuwah menguatkan hati bani Israel atas orang Mesir, sehingga mereka memberikan pukulan telak. Peperangan itu sangat berat bagi orang Mesir, dan seluruh orang Mesir lari dari hadapan bani Israel, karena banyak dari mereka binasa oleh tangan Israel.
18. Dan para bangsawan Par'oh pergi ke Mesir dan memberitahu Par'oh, katanya, "Bani Israel telah melarikan diri, dan tidak akan kembali lagi ke Mesir, dan seperti inilah Musa dan Harun berbicara kepada kami."
19. Dan Par'oh mendengar hal ini, dan hatinya dan hati seluruh rakyatnya berubah melawan Israel. Mereka menyesal bahwa mereka telah menyuruh Israel pergi. Dan seluruh orang Mesir menasihatkan Par'oh untuk mengejar bani Israel untuk membuat mereka kembali kepada perbudakan mereka.
20. Mereka berkata setiap orang kepada saudaranya, "Apakah yang telah kita perbuat ini, bahwa kita telah menyuruh Israel pergi dari perbudakan kita?"
21. Yehuwah menguatkan hati seluruh orang Mesir untuk mengejar orang Israel, karena Yehuwah berkehendak untuk menjungkirbalikkan orang Mesir di Laut Merah.
22. Par'oh bangkit dan mempersiapkan keretanya. Dia memerintahkan seluruh orang Mesir untuk berkumpul, tidak satu orang pun tertinggal kecuali anak-anak dan para perempuan.
23. Seluruh orang Mesir pergi bersama Par'oh untuk mengejar bani Israel, dan pasukan Mesir amat sangat besar jumlahnya dan sangat banyak, kira-kira satu juta orang.
24. Seluruh pasukan ini pergi dan mengejar bani Israel untuk membawa mereka kembali ke Mesir, dan mereka menyusulnya saat mereka sedang berkemah di tepi Laut Merah.
25. Bani Israel mengangkat mata mereka, dan melihat seluruh orang Mesir mengejar mereka. Bani Israel sangat ketakutan kepada mereka, dan bani Israel menangis kepada Yehuwah.
26. Karena orang Mesir, maka bani Israel terbagi menjadi empat kelompok, dan mereka terbagi-bagi pendapatnya, karena mereka takut kepada orang Mesir. Musa berbicara kepada mereka masing-masing.
27. Kelompok pertama adalah anak-anak Ruben, Simeon, dan Isakhar. Mereka memutuskan untuk mencampakkan diri ke dalam lautan, karena mereka amat sangat ketakutan terhadap orang Mesir.
28. Musa berkata kepada mereka, "Jangan takut, berdirilah teguh dan lihatlah keselamatan dari Yehuwah yang akan Dia lakukan pada hari ini kepadamu."
29. Kelompok ke dua adalah anak-anak Zebulon, Benyamin dan Naftali. Mereka memutuskan untuk kembali ke Mesir bersama orang Mesir.
30. Musa berkata kepada mereka, "Jangan takut, karena seperti engkau telah lihat orang Mesir hari ini, demikianlah engkau tidak akan lihat mereka kembali untuk selamanya."
31. Kelompok ke tiga adalah anak-anak Yehuda dan Yusuf. Mereka memutuskan untuk pergi menghadang orang Mesir dan berperang melawan mereka.
32. Musa berkata kepada mereka, "Berdirilah di tempatmu, karena Yehuwa akan berperang bagimu, dan engkau akan tetap diam saja."
33. Dan kelompok keempat adalah anak-anak Lewi, Gad, dan Asyer. Mereka memutuskan untuk pergi ke tengah-tengah orang Mesir untuk membingungkan mereka. Musa berkata kepada mereka, "Tetaplah di tempatmu dan jangan takut, hanya panggillah kepada Yehuwah supaya Dia menyelamatkan engkau dari tangan mereka."
34. Sesudah itu Musa bangkit dari tengah-tengah umat, dan dia berdoa kepada Yehuwah dan berkata,
35. "Ya Yehuwah Allah seluruh bumi, selamatkanlah sekarang umat-Mu yang telah Engkau bawa keluar dari Mesir, dan jangan biarkan orang Mesir membual bahwa kekuatan dan keperkasaan adalah milik mereka."
36. Maka Yehuwah berfirman kepada Musa, "Mengapa engkau berteriak kepada-Ku? Katakanlah kepada bani Israel supaya mereka terus berjalan, dan ulurkanlah tongkatmu ke atas lautan dan belahlah itu, maka bani Israel akan berjalan melintasinya."
37. Dan Musa melakukannya. Dia mengangkat tongkatnya ke atas lautan dan membelahnya.
38. Air lautan terbelah menjadi dua belas bagian, dan bani Israel berjalan melintasinya dengan berjalan kaki, dengan sepatu, seperti seseorang yang berjalan melintasi jalanan yang sudah dipersiapkan.
39. Yehuwah melakukan kepada bani Israel keajaiban-keajaiban-Nya di Mesir dan di lautan melalui tangan Musa dan Harun.
40. Dan ketika bani Israel telah memasuki lautan, orang Mesir mengejar mereka. Dan air lautan menimpa mereka, dan mereka semuanya tenggelam di dalam air. Tidak ada seorang pun yang tersisa kecuali Par'oh, yang bersyukur kepada Yehuwah dan percaya kepada-Nya. Karena itu Yehuwah membuat dia tidak binasa pada waktu itu bersama dengan orang Mesir.
41. Yehuwah memerintahkan seorang malaikat untuk membawa dia dari antara orang Mesir, dan membuang dia ke negeri Ninewe dan dia memerintah atasnya untuk waktu yang lama.
42. Pada hari itu Yehuwah menyelamatkan Israel dari tangan Mesir. Dan seluruh bani Israel melihat orang Mesir binasa, dan mereka melihat tangan Yehuwah yang besar, dalam apa yang Dia perbuat di Mesir dan di lautan.
43. Maka menyanyilah Musa dan bani Israel lagu ini bagi Yehuwah, pada hari ketika Yehuwah membuat orang Mesir gugur di hadapan mereka.
44. Seluruh Israel menyanyi bersama-sama, serunya, "Aku akan menyanyi bagi Yehuwah karena Dia sangat ditinggikan, kuda dan penunggangnya telah Dia campakkan ke dalam lautan." Lihatlah, itu tertulis di dalam Kitab Hukum Allah.
45. Setelah ini bani Israel melanjutkan perjalanan mereka, dan berkemah di Mara. Yehuwah memberikan kepada bani Israel ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan di tempat itu di Mara. Yehuwah memerintahkan bani Israel untuk berjalan dalam seluruh jalan-jalan-Nya dan untuk melayani Dia.
46. Dan mereka berjalan dari Mara dan tiba di Elim. Di Elim ada dua belas mata air dan tujuh puluh pohon korma. Mereka berkemah di sana di tepi air.
47. Mereka berjalan dari Elim dan tiba di padang gurun Sin, pada hari kelima belas bulan yang kedua setelah mereka pergi dari Mesir.
48. Pada waktu itu Yehuwah memberikan manna kepada bani Israel untuk dimakan, dan Yehuwah membuat makanan turun seperti hujan dari surga kepada bani Israel hari demi hari.
49. Bani Israel makan manna selama empat puluh tahun, sepanjang waktu selama mereka ada di padang belantara, hingga mereka sampai ke tanah Kanaan untuk mendudukinya.
50. Mereka melanjutkan perjalanan dari padang gurun Sin dan berkemah di Alus.
51. Mereka melanjutkan perjalanan dari Alus dan berkemah di Refidim.
52. Dan ketika bani Israel ada di Refidim, Amalek bin Elifas bin Esau, saudara Zefo, datang untuk berperang melawan Israel.
53. Dia membawa bersamanya delapan ratus satu ribu orang, para ahli sihir dan ahli tenung, dan dia mempersiapkan peperangan dengan Israel di Refidim.
54. Mereka melakukan peperangan yang besar dan dahsyat terhadap Israel. Dan Yehuwah menyerahkan Amalek dan orang-orangnya ke dalam tangan Musa dan bani Israel, dan ke dalam tangan Yosua bin Nun, orang Efraim, hamba Musa.
55. Bani Israel memukul Amalek dan orang-orangnya dengan mata pedang, namun peperangan itu sangat menyakitkan bagi bani Israel.
56. Yehuwah berfirman kepada Musa, "Tuliskanlah hal ini sebagi ingatan bagimu dalam sebuah kitab, dan taruhlah ke dalam tangan Yosua bin Nun, hambamu, dan engkau  harus memerintahkan bani Israel, katakanlah, 'Jika engkau tiba di tanah Kanaan, engkau harus menghapuskan sama sekali ingatan akan Amalek dari bawah langit.'"
57. Musa melakukannya, dan dia mengambil kitab dan menuliskan di atasnya kata-kata ini, katanya,
58. "Ingatlah apa yang telah diperbuat Amalek kepadamu di jalan ketika engkau pergi dari Mesir.
59. Yang menyongsong engkau di jalan dan memukul barisan belakangmu, yaitu mereka yang lemah di belakangmu ketika engkau letih dan lesu.
60. Karena itu haruslah ketika Yehuwah Allahmu telah memberikan kepadamu perhentian dari semua musuh-musuh di sekelilingmu di negeri yang akan diberikan Yehuwah Allahmu kepadamu sebagai warisan, untuk memilikinya, engkau harus menghapuskan ingatan kepada Amalek dari bawah langit, engkau tidak boleh melupakannya.
61. Dan raja yang menaruh belas kasihan kepada Amalek, atau atas ingatannya atau atas keturunannya, lihatlah, Aku akan menuntut itu dari padanya, dan Aku akan memusnahkan dia dari antara umatnya."
62. Dan Musa menuliskan semua hal ini di dalam sebuah kitab, dan dia memerintahkan bani Israel mengenai semua hal ini.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar