Laman

Senin, 01 Februari 2016

KItab Orang Jujur / Pasal 5

Pasal 5

1. Dalam tahun ke delapan puluh empat dari hidup Nuh, Enos bin Set mati. Dia berumur sembilan ratus lima tahun pada waktu mati.
2. Dalam tahun tahun ke seratus tujuh puluh lima dari hidup Nuh, Kenan bin Enos mati. Umur Kenan mencapai sembilan ratus sepuluh tahun, dan dia mati.
3. Dalam tahun ke dua ratus tiga puluh empat dari hidup Nuh matilah Mahalalel bin Kenan. Umur Mahalalel mencapai delapan ratus sembilan puluh lima tahun, dan matilah dia.
4. Yared bin Mahalalel mati pada waktu itu, pada tahun ketiga ratus tiga puluh enam dalam hidup Noah. Seluruh umur Yared adalah sembilan ratus enam puluh dua tahun, dan dia mati.
5. Semua orang yang mengikuti Yehuwah mati pada waktu itu, sebelum mereka melihat malapetaka yang akan dinyatakan Allah di atas bumi.
6. Setelah berselang bertahun-tahun, pada tahun keempat ratus delapan puluh tahun dalam hidup Nuh, ketika semua orang-orang yang mengikuti Allah telah mati meninggalkan anak-anak manusia, dan hanya Metusalah yang masih hidup, Allah berfirman kepada Nuh dan Metusalah, firman-Nya,
7. "Berbicaralah, serukanlah kepada anak-anak manusia, katakan, 'Beginilah firman Yehuwah, 'Kembalilah dari jalan-jalanmu yang jahat dan tinggalkanlah perbuatanmu, maka Yehuwah akan menyesal dari malapetaka yang Dia nyatakan untuk dilakukan kepadamu, supaya hal itu tidak terjadi.'
8. Beginilah firman Yehuwah, 'Lihat, Aku berikan kepadamu waktu seratus dua puluh tahun. lika engkau berpaling kepada-Ku dan meninggalkan jalan-jalanmu yang jahat, maka Aku akan berpaling juga dari malapetaka yang Aku firmankan kepadamu, dan itu tidak akan terjadi' demikianlah firman Yehuwah."
9. Nuh dan Metusalah menyampaikan seluruh firman Yehuwah kepada anak-anak manusia, hari demi hari, terus-menerus berbicara kepada mereka.
10. Namun anak-anak manusia tidak mau mendengarkan mereka, ataupun menyendengkan telinganya kepada kata-kata mereka, karena mereka tegar tengkuk.
11. Yehuwah menganugerahkan kepada mereka waktu seratus dua puluh tahun, firman-Nya, "Bila mereka kembali, maka Allah akan menyesal dari malapetaka ini, sehingga tidak akan menghancurkan bumi."
12. Nuh bin Lamekh menahan diri untuk tidak mengambil istri pada waktu itu, untuk melahirkan anak-anak, karena katanya, "Sesungguhnya Allah akan menghancurkan bumi, karenanya buat apa aku melahirkan anak?"
13. Nuh adalah seorang yang benar, dia sempurna dalam generasinya, dan Yehuwah memilih dia untuk membangkitkan keturunan dari benihnya di atas muka bumi.
14. Yehuwah berfirman kepada Nuh, "Ambillah bagimu seorang istri, dan lahirkanlah anak-anak, karena Aku melihat engkau benar di hadapan-Ku dalam generasi ini.
15. Engkau harus membangkitkan keturunan, anak-anakmu bersamamu, di atas bumi." Maka Nuh mengambil seorang perempuan dan dia memilih Naamah binti Henokh, yang berumur lima ratus delapan puluh tahun.
16. Nuh berumur empat ratus sembilan puluh delapan tahun pada waktu dia mengambil Naamah sebagai istri.
17. Maka Naamah mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan dia menyebut namanya Yafet, katanya, "Allah telah membuat aku besar di bumi." Lalu dia mengandung lagi dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan dia menyebut namanya Sem, katanya, "Allah telah menjadikan aku sisa-sisa, untuk membangkitkan keturunan di atas bumi."
18. Nuh berumur lima ratus dua tahun pada waktu Naamah melahirkan Sem, dan anak-anak itu bertumbuh dan berjalan dalam jalan-jalan Yehuwah, dalam semua yang diajarkan Metusalah dan Nuh ayahnya kepada mereka.
19. Dan Lamekh ayah Nuh mati pada waktu itu. Sesungguhnya dia tidak berjalan dengan segenap hatinya dalam jalan-jalan ayahnya, dan dia mati pada tahun ke seratus sembilan puluh lima dalam hidup Nuh.
20. Lamekh mencapai tujuh ratus tujuh puluh tahun, dan dia mati.
21. Semua anak-anak manusia yang mengenal Yehuwah, mati dalam tahun itu sebelum Yehuwah mendatangkan malapetaka kepada mereka. Karena Yehuwah menghendaki mereka mati, supaya mereka tidak melihat malapetaka yang akan Allah datangkan kepada saudara-saudara dan kerabat mereka, seperti yang telah Dia nyatakan untuk dilakukan.
22. Pada waktu itu, Yehuwah berfirman kepada Nuh dan Metusalah, "Berdirilah dan serukanlah kepada anak-anak manusia seluruh firman yang Aku katakan kepadamu pada waktu itu, barangkali mereka mau berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, supaya Aku menyesal akan malapetaka itu dan tidak jadi mendatangkannya."
23. Maka Nuh dan Metusalah berdiri, dan berseru kepada telinga anak-anak manusia, seluruh firman yang Allah katakan mengenai mereka.
24. Namun anak-anak manusia tidak mau mendengarkan, maupun menyendengkan telinga kepada semua seruan mereka.
25. Setelah semuanya itu Yehuwah berfirman kepada Nuh, "Akhir segala makhluk telah tiba di hadapan-Ku, karena perbuatan-perbuatan mereka yang jahat, dan lihatlah, Aku akan menghancurkan bumi.
26. Ambillah bagimu kayu gofir, dan pergilah ke suatu tempat dan buatlah sebuah bahtera besar, dan letakkan di tempat itu.
27. Beginilah engkau harus membuatnya: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya.
28. Dan engkau harus membuat bagimu sebuah pintu, terbuka di sisinya, dan sampai sehasta dari atas haruslah engkau selesaikan, dan lapisilah bagian dalam dan luarnya dengan pakal.
29. Lihatlah, Aku akan mendatangkan air bah ke atas bumi, dan seluruh makhluk akan binasa, dari yang ada di bawah langit, segala yang ada di atas bumi akan musnah.
30. Maka engkau dan seisi rumahmu haruslah pergi dan mengumpulkan dua ekor dari semua makhluk hidup, jantan dan betina, dan haruslah membawanya ke bahtera, untuk membangkitkan keturunan dari mereka di atas bumi.
31. Kumpulkan bagimu semua makanan yang dimakan oleh seluruh hewan, supaya ada makanan bagimu dan bagi mereka.
32. Dan engkau harus memilih bagi tiga putramu tiga anak-anak gadis, dari anak-anak perempuan manusia, dan mereka akan menjadi istri-istri putra-putramu.
33. Maka bangkitlah Nuh, dan dia membuat bahtera, di tempat di mana Allah perintahkan dia, dan Nuh melakukan seperti yang Allah perintahkan kepadanya.
34. Pada umur lima ratus sembilan puluh lima, Nuh mulai membangun bahtera, dan dia membuatnya dalam lima tahun, seperti yang Yahweh perintahkan.
35. Nuh mengambil tiga anak perempuan Elyakim bin Metusalah, sebagai istri-istri bagi putra-putranya, seperti yang diperintahkan Yehuwah kepada Nuh.
36. Dan pada waktu itulah Metusalah bin Henokh mati, sembilan ratus enam puluh tahun umurnya pada waktu kematiannya.


Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar