Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 51

Pasal 51

1. Yakub mendengar bahwa ada gandum di Mesir, dan dia memanggil anak-anaknya untuk pergi ke Mesir untuk membeli gandum, karena mereka juga dilanda kelaparan. Dia memanggil anak-anaknya, katanya,
2. "Lihatlah, aku dengar bahwa ada gandum di Mesir, dan semua orang di bumi pergi ke sana untuk membelinya. Maka sekarang mengapakah engkau menunjukkan dirimu baik-baik saja di hadapan seluruh bumi? Pergilah juga engkau ke Mesir dan belilah bagi kita sedikit gandum di antara mereka yang pergi ke sana, supaya kita tidak mati."
3. Maka anak-anak Yakub mendengarkan perkataan ayah mereka, dan mereka bangkit untuk turun ke Mesir untuk membeli gandum di antara orang-orang lain yang pergi ke sana.
4. Yakub ayah mereka memerintahkan, katanya, "Pada waktu engkau datang ke kota janganlah masuk bersamaan ke dalam satu pintu gerbang, karena penduduk negeri itu."
5. Anak-anak Yakub berangkat dan mereka pergi ke Mesir. Anak-anak Yakub melakukan semuanya seperti yang ayah mereka perintahkan, namun Yakub tidak mengirim Benyamin, karena dia berkata, "Supaya jangan suatu celaka menimpa dia di jalan seperti saudaranya." Maka pergilah sepuluh anak laki-laki Yakub.
6. Dan sementara anak-anak Yakub menyusuri jalan, mereka menyesal atas apa yang telah mereka perbuat kepada Yusuf, dan mereka berkata satu sama lain, katanya, "Kita tahu bahwa saudara kita Yusuf turun ke Mesir, dan sekarang kita akan mencarinya ke mana kita pergi. Dan jika kita menemukan dia, kita akan mengambilnya dari tuannya dengan tebusan, dan jika tidak, dengan kekerasan, karena kita bersedia mati demi dia."
7. Anak-anak Yakub menyetujui hal ini dan menguatkan diri mereka karena Yusuf, untuk melepaskan dia dari tangan tuannya, dan anak-anak Yakub pergi ke Mesir. Ketika mereka tiba di dekat Mesir mereka berpisah satu sama lain, dan mereka datang melalui sepuluh pintu gerbang Mesir. Penjaga pintu gerbang menuliskan nama-nama mereka pada hari itu, dan membawanya kepada Yusuf pada waktu petang.
8. Maka Yusuf membaca nama-nama dari tangan para penjaga pintu gerbang kota, dan dia menemukan bahwa saudara-saudaranya telah masuk dari sepuluh pintu gerbang kota. Dan Yusuf pada waktu itu memerintahkan supaya diumumkan di seluruh tanah Mesir, katanya,
9. "Pergilah kamu semua penjaga gudang, tutuplah semua gudang gandum dan biarkan hanya satu saja yang tetap buka, supaya mereka yang datang bisa membelinya dari situ."
10. Seluruh perwira Yusuf melakukannya waktu itu, dan mereka menutup semua gudang dan membiarkan hanya satu saja yang buka.
11. Yusuf memberikan nama-nama saudaranya yang tertulis kepada orang yang ditempatkan menjaga gudang yang buka, dan dia berkata kepadanya, "Siapa pun yang datang kepadamu untuk membeli gandum, tanyakanlah namanya, dan jika orang dengan nama-nama ini datang kepadamu, tangkaplah mereka dan kirimkan mereka." Dan mereka melakukannya.
12. Ketika anak-anak Yakub tiba di dalam kota, mereka bergabung bersama di dalam kota untuk mencari Yusuf sebelum mereka membeli gandum bagi diri mereka.
13. Mereka pergi ke tembok-tembok para pelacur, dan mereka mencari Yusuf di tembok-tembok pelacur selama tiga hari. Karena mereka berpikir bahwa Yusuf akan datang ke tembok-tembok pelacur, karena Yusuf sangat tampan dan bagus perawakannya. Anak-anak Yakub mencari Yusuf selama tiga hari, dan mereka tidak dapat menemukan dia.
14. Dan orang yang ditempatkan atas gudang yang buka mencari nama-nama itu yang Yusuf berikan kepadanya, namun dia tidak menemukan mereka.
15. Dia mengirimkan berita kepada Yusuf, katanya, "Tiga hari ini telah berlalu, dan orang-orang yang nama-namanya engkau berikan kepadaku itu belum juga datang." Yusuf mengirim hamba-hamba untuk mencari orang-orang itu di seluruh Mesir, dan untuk membawanya ke hadapan Yusuf.
16. Hamba-hamba Yusuf pergi dan sampai di Mesir namun tidak dapat menemukan mereka, kemudian pergi ke Gosyen namun mereka juga tidak ada di sana, lalu mereka pergi ke kota Rameses tapi tidak juga menemukan mereka.
17. Yusuf terus mengirimkan enam belas orang hambanya untuk mencari saudara-saudaranya, dan mereka pergi dan memisahkan diri ke empat penjuru kota. Empat orang hamba pergi ke rumah pelacuran, dan mereka menemukan sepuluh orang di sana sedang mencari saudara mereka.
18. Empat orang itu menangkap mereka dan membawanya ke hadapannya, dan mereka sujud menyembah kepadanya sampai ke tanah. Yusuf sedang duduk di atas tahtanya di baitnya, berpakaian kebesaran, dan di atas kepalanya ada sebuah mahkota emas besar, dan semua orang gagah perkasa duduk di sekelilingnya.
19. Anak-anak Yakub melihat Yusuf, dan penampilan dan keelokan dan kemuliaan wajahnya menakjubkan mata mereka. Dan mereka kembali bersujud kepadanya sampai ke tanah.
20. Yusuf melihat saudara-saudaranya, dan dia mengenali mereka, tapi mereka tidak mengenalinya, karena Yusuf sangat agung di mata mereka, karena itu mereka tidak mengenali dia.
21. Yusuf berkata kepada mereka, katanya, "Dari mana asalmu?" Mereka semua menjawab dan berkata, "Hamba- hambamu datang dari tanah Kanaan untuk membeli gandum, karena kelaparan melanda seluruh bumi, dan hamba-hambamu mendengar bahwa ada gandum di Mesir, maka kami datang di antara lainnya yang datang untuk membeli gandum demi memenuhi kebutuhannya."
22. Yusuf menjawab mereka, katanya, "Jika kamu datang untuk membeli seperti yang kamu katakan, mengapa kamu datang melalui sepuluh pintu gerbang kota? Itu hanya terjadi jika kamu datang untuk memata-matai seluruh negeri."
23. Maka mereka semuanya menjawab Yusuf, dan berkata, "Tidak demikian tuanku, kami orang benar, hamba-hambamu bukanlah mata-mata, tapi kami datang untuk membeli gandum, karena hamba-hambamu semuanya ini bersaudara, anak-anak lelaki dari satu orang di tanah Kanaan, dan ayah kami memerintahkan kami, katanya, 'Pada waktu engkau datang ke kota janganlah masuk bersamaan pada satu pintu gerbang, karena penduduk negeri itu.'"
24. Yusuf menjawab mereka lagi dan berkata, "Inilah yang aku katakan tentang kamu, 'Kamu datang untuk memata-matai seluruh negeri, karenanya kamu semua datang melalui sepuluh pintu gerbang kota. Kamu datang untuk melihat kelemahan negeri ini.
25. Sesungguhnya setiap orang yang datang untuk membeli gandum segera pergi ke tempatnya, namun kamu sudah tiga hari di negeri ini, dan apa yang kamu lakukan di tembok-tembok pelacur di mana kamu berada selama tiga hari ini? Sesungguhnya mata-mata melakukan hal-hal seperti ini.'"
26. Mereka berkata kepada Yusuf, "Jauhlah dari tuanku untuk berbicara seperti itu, karena kami ini dua belas bersaudara, anak-anak ayah kami Yakub, di tanah Kanaan, putra Ishak bin Abraham, orang Ibrani. Dan lihatlah, yang bungsu ada bersama ayah kami hari ini di tanah Kanaan, dan yang seorang tidak ada lagi, karena dia sudah hilang dari kami, dan kami berpikir mungkin dia ada di negeri ini, jadi kami mencari dia di seluruh negeri, dan datang bahkan ke rumah-rumah pelacuran untuk mencari dia di sana."
27. Yusuf berkata kepada mereka, "Sudahkah kamu mencari dia di seluruh bumi, sehingga hanya tinggal Mesir saja bagimu untuk mencari dia? Dan juga apakah yang hendak diperbuat saudaramu di rumah pelacuran, meskipun dia ada di Mesir? Tidakkah kamu berkata, bahwa kamu ini berasal dari anak-anak Ishak bin Abraham, dan apakah yang hendak diperbuat anak-anak Yakub di rumah-rumah pelacuran?"
28. Mereka berkata kepadanya, "Karena kami mendengar bahwa orang Ismael mencuri dia dari kami, dan telah diberitahukan kepada kami bahwa mereka menjual dia di Mesir, dan hambamu, saudara kami, sangat tampan dan bagus perawakannya, jadi kami berpikir dia pasti ada di rumah pelacuran, karena itu hamba-hambamu ini pergi ke sana untuk mencari dia untuk memberikan tebusan ganti dia."
29. Yusuf terus menjawab mereka, katanya, "Sesungguhnya kamu mengatakan dusta dan mengucapkan kebohongan, dengan mengatakan bahwa dirimu adalah anak-anak Abraham. Demi hidup Par'oh, kamu adalah mata-mata, karena itu kamu telah datang ke rumah-rumah pelacuran supaya kamu tidak diketahui."
30. Dan Yusuf berkata kepada mereka, "Dan sekarang jika kamu menemukan dia, dan tuannya menuntut dari padamu suatu harga yang tinggi, apakah kamu akan memberikan kepadanya?" Mereka berkata, "Itu akan diberikan."
31. Dia berkata kepada mereka, "Dan jika tuannya tidak setuju memberikannya dengan harga tinggi, apa yang hendak kamu lakukan kepadanya karena dia?" Mereka menjawab dia, katanya, "Jika dia tidak mau memberikannya kepada kami, kami akan membunuhnya, dan mengambil saudara kami dan pergi."
32. Yusuf berkata kepada mereka, "Inilah yang telah aku katakan kepadamu, 'Kamu adalah mata-mata, karena kamu datang untuk membunuh penduduk negeri ini, karena kami telah mendengar bahwa dua orang dari saudaramu memukul seluruh penduduk Sikhem, di tanah Kanaan, karena saudarimu, dan kamu sekarang datang untuk melakukan seperti itu di Mesir karena saudaramu.
33. Hanya oleh hal inilah aku akan tahu bahwa kamu orang benar, jika kamu mengirim pulang salah seorang dari antara kamu untuk menjemput saudaramu yang bungsu dari ayahmu, dan membawanya ke sini kepadaku, dan dengan melakukan hal ini aku akan mengetahui bahwa kamu benar."
34. Yusuf memanggil tujuh puluh orang gagah perkasanya, dan berkata kepada mereka, "Tangkaplah orang-orang ini dan bawalah mereka masuk ke dalam penjara."
35. Orang-orang gagah perkasa itu menangkap sepuluh orang, mereka memeganginya dan menempatkan mereka ke dalam penjara, dan mereka berada dalam penjara selama tiga hari.
36. Pada hari ketiga Yusuf menyuruh membawa mereka keluar dari penjara, dan dia berkata kepada mereka, "Lakukan ini bagi dirimu sendiri jika kamu orang benar, supaya kamu hidup, salah satu saudaramu harus ditahan di dalam penjara sementara kamu pergi dan membawa pulang gandum bagi seisi rumahmu di tanah Kanaan. Dan jemputlah saudaramu yang bungsu, dan bawalah dia ke sini kepadaku, supaya aku tahu bahwa kamu orang benar pada waktu kamu melakukan hal ini."
37. Dan Yusuf meninggalkan mereka dan masuk ke dalam kamar, dan menangis tersedu-sedu, karena belas kasihannya timbul kepada mereka. Dan dia membasuh wajahnya, dan kembali kepada mereka lagi, dan dia mengambil Simeon dari mereka dan memerintahkan dia supaya diikat, namun Simeon tidak bersedia melakukannya, karena dia orang yang sangat kuat dan mereka tidak dapat mengikat dia.
38. Yusuf memanggil orang-orang gagah perkasanya dan tujuh puluh orang yang gagah berani datang ke hadapannya dengan pedang terhunus di tangan mereka, dan anak-anak Yakub sangat ketakutan pada mereka.
39. Yusuf berkata kepada mereka, "Tangkap orang ini dan tahan dia di dalam penjara sampai saudara-saudaranya kembali kepadanya." Dan orang-orang Yusuf yang gagah berani bergegas dan mereka semua memegangi Simeon untuk mengikat dia, namun Simeon memekik dengan keras dan dahsyat sehingga teriakannya terdengar sampai jauh.
40. Semua orang-orang Yusuf yang gagah berani gentar mendengar suara pekikan itu, sehingga mereka jatuh tersungkur, dan mereka sangat ketakutan dan lari.
41. Semua orang yang ada bersama Yusuf melarikan diri, karena mereka sangat takut akan nyawanya, dan hanya Yusuf dan Manasye putranya tetap berada di sana. Manasye bin Yusuf melihat kekuatan Simeon, dan dia amat sangat murka.
42. Manasye bin Yusuf bangkit terhadap Simeon, dan Manasye memukul Simeon keras-keras dengan kepalan tangannya di belakang lehernya, namun Simeon masih tetap mengamuk.
43. Manasye memegangi Simeon dan menahannya dengan kasar dan mengikat dia dan membawanya ke dalam rumah tahanan. Semua anak-anak Yakub tercengang akan perbuatan anak muda itu.
44. Simeon berkata kepada saudara-saudaranya, "Tidak seorang pun dari engkau dapat berkata bahwa ini adalah pukulan orang Mesir, tapi ini adalah pukulan dari rumah ayahku."
45. Sesudah itu Yusuf memerintahkan memanggil orang yang ditempatkan atas gudang penyimpanan, untuk mengisi karung-karung mereka dengan gandum sebanyak yang dapat mereka bawa, dan untuk mengembalikan uang tiap-tiap orang ke dalam karungnya, dan untuk memberikan mereka bekal selama di jalan, dan demikianlah diperbuatnya kepada mereka.
46. Yusuf memerintahkan mereka, katanya, "Perhatikan supaya jangan kamu melanggar perintahku untuk membawa saudaramu seperti yang telah aku katakan kepadamu. Dan jika kamu telah membawa saudaramu kemari kepadaku, maka aku akan tahu bahwa kamu orang benar, dan kamu boleh berjalan-jalan di negeri ini, dan aku akan mengembalikan kepadamu saudaramu, dan kamu akan kembali dalam damai kepada ayahmu."
47. Dan mereka semua menjawab dan berkata, "Sesuai perkataan tuanku demikianlah akan kami perbuat," dan mereka sujud menyembah kepadanya sampai ke tanah.
48. Tiap-tiap orang mengangkat gandumnya ke atas keledainya, dan mereka keluar dan pergi ke tanah Kanaan kepada ayah mereka. Dan mereka tiba di penginapan dan Lewi membuka karungnya untuk memberi makanan kepada keledainya, ketika dia melihat, dan lihatlah, uangnya yang masih utuh ada di dalam karungnya.
49. Orang itu sangat ketakutan, dan dia berkata kepada saudara-saudaranya, "Uangku dikembalikan, dan lihatlah, itu ada di dalam karungku." Dan orang-orang itu sangat ketakutan, dan mereka berkata, "Apakah yang telah diperbuat Allah kepada kita ini?"
50. Mereka semuanya berkata, "Dan di manakah kebaikan Yehuwah kepada bapa leluhur kita, dengan Abraham, Ishak, dan Yakub, sehingga Yehuwah pada hari ini telah menyerahkan kita ke dalam tangan raja Mesir yang berencana jahat terhadap kita?"
51. Dan Yehuda menjawab mereka, "Sesungguhnya kita bersalah dengan berdosa di hadapan Yehuwah Allah kita dengan menjual saudara kita, daging kita sendiri, dan mengapakah engkau berkata, 'Di manakah kebaikan Yehuwah kepada bapa leluhur kita?'"
52. Ruben berkata kepada mereka, "Tidakkah aku berkata kepadamu, 'Jangan berbuat dosa terhadap anak itu,' namun engkau tidak mau mendengarkan aku? Sekarang Allah telah menuntut dia dari kita, dan beraninya engkau berkata, 'Di manakah kebaikan Yehuwah bagi bapa leluhur kita,' sementara engkau telah berdosa kepada Yehuwah?"
53. Mereka tinggal semalam di tempat itu, dan mereka bangun pagi-pagi sekali dan memuati keledainya dengan gandum, dan mereka menuntunnya dan melanjutkan perjalanan dan pergi ke rumah ayah mereka di tanah Kanaan.
54. Yakub dan seisi rumahnya keluar untuk menyongsong anak-anaknya, dan Yakub memandang dan lihatlah, saudara mereka Simeon tidak ada bersama mereka. Yakub berkata kepada anak-anaknya, "Di manakah saudaramu Simeon yang tidak aku lihat?" Dan anak-anaknya mengatakan kepada dia semua yang telah menimpa mereka di Mesir.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar