Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 82

Pasal 82

1. Bani Israel melanjutkan perjalanan dari Refidim dan mereka berkemah di padang gurun Sinai, dalam bulan yang ketiga setelah mereka keluar dari Mesir.
2. Pada waktu itu datanglah Rehuel orang Midyan, ayah mertua Musa, bersama Zipporah putrinya dan kedua anaknya, karena dia telah mendengar keajaiban-keajaiban Yehuwah yang telah Dia perbuat kepada Israel, bahwa Dia telah melepaskan mereka dari tangan Mesir.
3. Rehuel datang kepada Musa di padang belantara di mana dia berkemah, yaitu di gunung Allah.
4. Musa pergi menyambut ayah mertuanya dengan kehormatan besar, dan seluruh Israel menyertainya.
5. Rehuel dan anak-anaknya tinggal di antara orang Israel untuk waktu yang lama. Rehuel mengenal Yehuwah mulai dari hari itu sampai seterusnya.
6. Dalam bulan ketiga setelah bani Israel pergi dari Mesir, pada hari keenam, Yehuwah memberikan kepada Israel sepuluh perintah di Gunung Sinai.
7. Dan seluruh Israel mendengar seluruh perintah ini. Seluruh Israel sangat bersukacita dalam Yehuwah pada hari itu.
8. Kemuliaan Yehuwah tinggal di atas Gunung Sinai. Dia memanggil Musa, dan Musa datang ke tengah-tengah awan dan mendaki ke atas gunung.
9. Musa ada di atas gunung selama empat puluh hari empat puluh malam. Dia tidak makan roti dan tidak minum air. Yehuwah memerintahkan dia mengenai ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan untuk mengajar bani Israel.
10. Yehuwah menuliskan sepuluh perintah yang Dia perintahkan kepada bani Israel di atas dua loh batu, yang Dia berikan kepada Musa supaya memerintahkan bani Israel.
11. Pada akhir empat puluh hari empat puluh malam, ketika Yehuwah telah selesai berfirman kepada Musa di Gunung Sinai, maka Yehuwah memberikan kepada Musa loh-loh batu ini, yang ditulisi oleh jari Allah.
12. Ketika bani Israel melihat bahwa Musa berlambat-lambat untuk turun dari gunung, mereka berkumpul di sekeliling Harun, dan berkata, "Mengenai Musa ini, kita tidak tahu apa yang terjadi kepadanya.
13. Maka sekarang bangkitlah, buatlah bagi kami ilah yang akan berjalan di hadapan kita, supaya engkau jangan mati."
14. Harun sangat ketakutan kepada orang-orang itu, dan dia memerintahkan mereka untuk membawa kepadanya emas dan dia menjadikannya anak lembu tuangan bagi orang-orang itu.
15. Yehuwah berfirman kepada Musa, sebelum dia turun dari gunung itu, "Turunlah, karena umatmu yang engkau bawa keluar dari Mesir telah merusakkan dirinya.
16. Mereka telah membuat bagi dirinya anak lembu tuangan, dan telah bersujud menyembahnya. Maka sekarang biarkanlah Aku, supaya Aku dapat menghabiskan mereka dari muka bumi, karena mereka orang-orang yang tegar tengkuk."
17. Maka Musa memohonkan ketenangan Yehuwah, dan dia berdoa kepada Yehuwah bagi orang-orang itu karena anak lembu yang telah mereka buat. Selanjutnya dia turun dari gunung dan di tangannya ada dua loh batu, yang telah diberikan Allah kepadanya untuk memerintahkan orang Israel.
18. Musa mendekati perkemahan dan melihat anak lembu yang telah dibuat orang-orang itu. Amarah Musa menyala-nyala dan dia menghancurkan loh-loh itu di kaki gunung.
19. Musa datang ke perkemahan dan dia mengambil anak lembu itu dan membakarnya dengan api, dan menumbuknya hingga menjadi debu halus, dan menaburkannya ke atas air dan memberikannya kepada orang Israel untuk diminum.
20. Di sana matilah orang-orang oleh pedang, satu dengan yang lainnya, kira-kira tiga ribu orang yang telah membuat anak lembu itu.
21. Keesokan harinya Musa berkata kepada umat, "Aku akan naik kepada Yehuwah, barangkali aku dapat membuat pendamaian bagi dosa-dosamu yang telah kamu perbuat kepada Yehuwah."
22. Musa kembali naik kepada Yehuwah. Dia tinggal bersama Yehuwah empat puluh hari dan empat puluh malam.
23. Selama empat puluh hari Musa memohon kepada Yehuwah demi bani Israel. Yehuwah mendengarkan doa Musa, dan Yehuwah dimohonkan olehnya demi Israel.
24. Maka berfirmanlah Yehuwah kepada Musa untuk memahat dua loh batu dan membawanya ke atas kepada Yehuwah, yang akan menuliskan di atasnya sepuluh perintah.
25. Sekarang Musa melakukannya, dia turun dan memahat dua loh batu dan naik ke Gunung Sinai kepada Yehuwah. Dan Yehuwah menuliskan sepuluh perintah di atas loh-loh itu.
26. Musa masih tinggal bersama Yehuwah empat puluh hari dan empat puluh malam. Yehuwah memerintahkan dia dalam ketetapan-ketetapan dan perintah-perintah untuk diajarkan kepada Israel.
27. Yehuwah memerintahkan dia mengenai bani Israel supaya mereka membuat sebuah tempat kudus bagi Yehuwah, supaya nama-Nya dapat tinggal di dalamnya. Yehuwah menunjukkan kepadanya keserupaan tempat kudus dan keserupaan dari semua cawan-cawannya.
28. Pada akhir empat puluh hari, Musa turun dari gunung dengan dua loh ada di tangannya.
29. Musa datang kepada bani Israel dan berbicara kepada mereka seluruh firman Yehuwah. Dia mengajar mereka hukum-hukum, ketetapan-ketetapan dan perintah-perintah yang telah Yehuwah ajarkan kepadanya.
30. Musa mengatakan kepada bani Israel firman Yehuwah, bahwa sebuah tempat kudus harus dibuat bagi-Nya, untuk tinggal di antara bani Israel.
31. Dan orang-orang sangat bersukacita atas segala yang baik yang telah Yehuwah firmankan kepada mereka, melalui Musa. Mereka berkata, "Kami akan melakukan segala yang telah Yehuwah firmankan kepadamu."
32. Orang-orang itu bangkit dalam kesatuan dan mereka mempersembahkan persembahan sukarela bagi tempat kudus Yehuwah. Setiap orang membawa persembahan Yehuwah bagi pekerjaan tempat kudus, dan bagi semua pelayanannya.
33. Seluruh bani Israel membawa setiap orang dari segala sesuatu yang didapati dari milik kepunyaannya untuk pekerjaan tempat kudus Yehuwah: emas, perak dan tembaga, dan segala sesuatu yang berguna untuk tempat kudus.
34. Semua orang berhikmat yang ahli dalam pekerjaan, datang dan membuat tempat kudus Yehuwah, sesuai dengan segala sesuatu yang telah diperintahkan Yehuwah. Setiap orang dalam pekerjaan yang dia kuasai. Semua orang yang berhikmat dalam hatinya membuat tempat kudus, dan perabotannya dan seluruh cawan-cawannya untuk pelayanan kudus, seperti yang Yehuwah telah perintahkan kepada Musa.
35. Pekerjaan tempat kudus tabernakel itu selesai pada akhir lima bulan. Bani Israel melakukan segala yang telah diperintahkan Yehuwah kepada Musa.
36. Mereka membawa tempat kudus dan seluruh perabotannya kepada Musa. Seperti contoh yang telah Yehuwah tunjukkan kepada Musa, demikianlah dibuat bani Israel.
37. Dan Musa melihat pekerjaan itu, dan lihatlah, mereka melakukannya seperti yang Yehuwah perintahkan kepadanya. Maka Musa memberkati mereka.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar