Laman

Selasa, 02 Februari 2016

KItab Orang Jujur / Pasal 90

Pasal 90

1. Pada waktu itu dalam tahun ke lima setelah bani Israel menyeberangi sungai Yordan, setelah bani Israel beristirahat dari peperangan mereka dengan orang Kanaan, pada waktu itu peperangan yang besar dan sengit terjadi antara Edom dan bani Kittim, dan bani Kittim berperang melawan Edom.
2. Abianus raja Kittim pergi keluar pada tahun itu, yaitu dalam tahun ke tiga puluh satu dari pemerintahannya. Dan suatu pasukan besar orang-orang gagah perkasa dari bani Kittim menyertainya. Dia pergi ke Seir untuk berperang melawan bani Esau.
3. Hadar raja Edom mendengar laporan ini, dan dia pergi untuk menyongsongnya dengan pasukan yang besar dan kuat, dan terlibat peperangan dengannya di padang Edom.
4. Dan kekuatan tangan Kittim menang atas bani Esau, dan bani Kittim membunuh bani Esau, dua puluh dua ribu orang. Seluruh bani Esau melarikan diri dari hadapan mereka.
5. Bani Kittim mengejarnya dan mereka mencapai Hadar raja Edom, yang melarikan diri dari hadapan mereka. Mereka menangkapnya hidup-hidup, dan membawanya kepada Abianus raja Kittim.
6. Abianus memerintahkan supaya dia dibunuh. Hadar raja Edom mati dalam tahun keempat puluh delapan dalam pemerintahannya.
7. Dan bani Kittim melanjutkan pengejaran mereka atas Edom. Mereka memukulnya dengan pembantaian besar dan Edom takluk kepada bani Kittim.
8. Bani Kittim memerintah atas Edom, dan Edom ada di bawah kekuasaan tangan bani Kittim dan menjadi satu kerajaan sejak hari itu.
9. Dan sejak waktu itu mereka tidak dapat lagi mengangkat kepalanya, dan kerajaan mereka menjadi satu dengan bani Kittim.
10. Abianus menempatkan para perwira di Edom dan seluruh anak-anak Edom ditaklukkan dan memberikan upeti kepada Abianus. Maka Abianus berbalik kembali ke negerinya, Kittim.
11. Dan ketika dia kembali, dia memperbaharui pemerintahannya dan mendirikan baginya sebuah istana yang luas dan berbenteng sebagai tempat tinggal kerajaannya. Dia memerintah dengan aman atas bani Kittim dan atas Edom.
12. Pada waktu itu, setelah bani Israel menghalau seluruh orang Kanaan dan orang Amori, Yosua telah menjadi tua dan lanjut umurnya.
13. Yehuwah berfirman kepada Yosua, "Engkau sudah tua, dan lanjut umur, dan bagian yang besar dari negeri ini masih harus diduduki.
14. Maka sekarang bagi-bagilah negeri ini sebagai warisan kepada sembilan suku dan setengah suku Manasye." Maka Yosua bangkit dan melakukan seperti yang Yehuwah firmankan kepadanya.
15. Dia membagi-bagi seluruh negeri itu kepada suku-suku Israel sebagai warisan menurut pembagian mereka.
16. Tapi kepada suku Lewi dia tidak memberikan warisan, persembahan kepada Yehuwah adalah warisan mereka seperti Yehuwah telah firmankan kepada mereka melalui tangan Musa.
17. Yosua memberikan Gunung Hebron kepada Kaleb bin Yefune, satu bagian lebih banyak dari saudara-saudaranya, seperti yang Yehuwah telah firmankan melalui Musa.
18. Karena itu Hebron menjadi warisan bagi Kaleb dan anak-anaknya sampai hari ini.
19. Yosua membagi-bagi seluruh negeri dengan membuang undi untuk seluruh Israel sebagai warisan, seperti yang Yehuwah perintahkan kepadanya.
20. Bani Israel memberikan kota-kota kepada orang Lewi dari warisan mereka, dan pinggiran kota bagi ternak mereka, dan harta milik, seperti yang Yehuwah telah perintahkan kepada Musa demikian diperbuat bani Israel. Mereka membagi-bagi negeri itu dengan membuang undi baik besar maupun kecil.
21. Dan mereka pergi untuk mewarisi negeri itu menurut perbatasan-perbatasan mereka. Bani Israel memberikan kepada Yosua bin Nun suatu warisan di antara mereka.
22. Melalui firman Yehuwah, mereka memberikan kepadanya kota yang dia inginkan, Timnat-Serah di Gunung Efraim. Dia membangun kota dan tinggal di sana.
23. Inilah warisan yang imam Eleazar dan Yosua bin Nun dan para kepala bapa leluhur suku-suku bagikan kepada bani Israel dengan membuang undi di Silo, di hadapan Yehuwah, di pintu tabernakel, dan mereka selesai membagi-bagikan negeri itu.
24. Dan Yehuwah memberikan tanah kepada orang Israel, dan mereka mendudukinya seperti yang Yehuwah telah firmankan kepada mereka, dan seperti yang Yehuwah telah sumpahkan kepada nenek moyang mereka.
25. Yehuwah memberikan kepada orang Israel perhentian dari semua musuh-musuh di sekeliling mereka. Tidak ada orang yang berdiri melawan mereka, dan Yehuwah menyerahkan semua musuh-musuh mereka ke dalam tangan mereka. Tidak ada yang gagal dari segala yang baik yang Yehuwah telah firmankan kepada bani Israel, ya, Yehuwah melakukan semuanya.
26. Yoshua memanggil seluruh bani Israel dan dia memberkati mereka, dan memerintahkan mereka untuk melayani Yehuwah. Selanjutnya dia menyuruh mereka pergi, dan mereka pergi masing-masing orang ke kotanya, dan setiap orang ke tempat warisannya.
28. Dan bani Israel melayani Yehuwah sepanjang umur hidup Yosua. Yehuwah memberikan mereka perhentian dari semua yang di sekeliling mereka dan mereka tinggal dengan aman dalam kota-kota mereka.
28. Dan terjadilah pada waktu itu, bahwa Abianus raja Kittim mati, dalam tahun ketiga puluh delapan pemerintahannya, yaitu dalam tahun ketujuh pemerintahannya atas Edom. Mereka menguburkan dia di tempat yang dia bagun bagi dirinya sendiri, dan Latinus memerintah menggantikan dia selama lima puluh tahun.
29. Dalam masa pemerintahannya dia memimpin tentara, dan pergi dan berperang melawan penduduk Britannia dan Kernania, anak-anak Elisha bin Yawan. Dia menang atas mereka dan membuat mereka memberikan upeti.
30. Kemudian dia mendengar bahwa Edom memberontak dari tangan kekuasaan Kittim. Latinus pergi kepada mereka dan memukulnya dan menaklukkannya, dan menempatkan mereka di bawah tangan kekuasaan bani Kittim. Edom menjadi satu kerajaan dengan bani Kittim sepanjang masa.
31. Selama bertahun-tahun tidak ada raja di Edom, dan pemerintahan mereka ada bersama bani Kittim dan raja mereka.
32. Dan dalam tahun kedua puluh enam setelah bani Israel menyeberangi Yordan, yaitu tahun keenam puluh enam setelah bani Israel pergi dari Mesir, pada waktu itu Yosua telah tua dan lanjut umur, telah seratus delapan tahun pada waktu itu.
33. Yosua memanggil seluruh Israel, kepada para tua-tua, hakim-hakim dan para perwira mereka, setelah Yehuwah memberikan kepada seluruh orang Israel perhentian dari semua musuh-musuh di sekitarnya. Yosua berkata kepada para tua-tua Israel, dan kepada hakim-hakim mereka, "Lihatlah, aku telah tua, lanjut umur, dan engkau telah melihat apa yang Yehuwah perbuat kepada seluruh bangsa-bangsa yang Dia halau dari hadapanmu, karena Yehuwah-lah yang berperang bagimu.
34. Maka sekarang kuatkanlah dirimu untuk berpegang dan untuk melakukan semua kata-kata hukum Musa, jangan menyimpang dari padanya baik ke kanan atau ke kiri. Dan janganlah datang ke antara bangsa-bangsa yang tersisa di negeri ini. Janganlah engkau menyebutkan nama ilah-ilah mereka, namun engkau harus berpaut kepada Yehuwah Allahmu, seperti yang telah engkau lakukan hari ini."
35. Yosua sangat mendesak bani Israel untuk melayani Yehuwah sepanjang hidup mereka.
36. Dan semua orang Israel berkata, "Kami akan melayani Yehuwah Allah kami seumur hidup kami, kami dan anak-anak kami, dan cucu-cucu kami dan keturunan kami untuk selamanya."
37. Yosua membuat perjanjian dengan orang-orang pada hari itu, dan dia menyuruh pergi bani Israel. Mereka pergi masing-masing orang ke tempat warisannya dan ke kotanya.
38. Dan pada waktu itulah, ketika bani Israel telah tinggal dengan aman di kota-kotanya, mereka menguburkan peti mati suku-suku nenek moyang mereka, yang mereka bawa dari Mesir. Setiap orang di tanah warisan anak-anaknya, dua belas anak-anak Yakub dikuburkan bani Israel, setiap orang di tanah warisan anak-anaknya.
39. Dan inilah nama kota-kota di mana mereka menguburkan kedua belas anak-anak Yakub, yang dibawa bani Israel dari Mesir.
40. Mereka menguburkan Ruben dan Gad di sisi Yordan, di Romia, yang Musa telah berikan kepada anak-anak mereka.
41. Simeon dan Lewi mereka kuburkan di kota Mauda, yang telah dia berikan kepada anak-anak Simeon, dan pinggiran kota itu bagi anak-anak Lewi.
42. Yehuda mereka kuburkan di kota Benyamin di seberang Bethlehem.
43. Tulang-belulang Isakhar dan Zebulon mereka kuburkan di Zidon, di bagian yang jatuh kepada anak-anaknya.
44. Dan dikuburkan di kota anak-anaknya di Eshtael. Naftali dan Asyer mereka kuburkan di Kadesh-Naftali, setiap orang di tempatnya yang telah dia berikan kepada anak-anaknya.
45. Tulang-belulang Yusuf mereka kuburkan di Sikhem, di bagian ladang yang Yakub beli dari Hamor, dan yang menjadi milik Yusuf sebagai tanah warisan.
46. Mereka menguburkan Benyamin di Yerusalem di seberang Yebusi, yang telah diberikan kepada anak-anak Benyamin. Bani Israel menguburkan bapa leluhur mereka setiap orang di kota anak-anaknya.
47. Pada akhir dua tahun, Yosua bin Nun mati, seratus sepuluh tahun. Lamanya Yosua menghakimi Israel adalah dua puluh delapan tahun, dan Israel melayani Yehuwah sepanjang umur hidupnya.
48. Perbuatan-perbuatan lain Yosua dan peperangannya dan teguran-tegurannya bagi Israel, dan semua yang dia perintahkan kepada mereka, dan nama kota-kota yang bani Israel warisi pada zamannya, lihatlah itu tertulis di dalam Kitab Perkataan Yosua kepada bani Israel, dan di dalam Kitab Peperangan Yehuwah, yang Musa dan Yosua dan bani Israel telah tuliskan.
49. Bani Israel menguburkan Yosua di perbatasan tanah warisannya, di Timnat-Serah, yang telah diberikan kepadanya di Gunung Efraim.
50. Eleazar bin Harun mati pada waktu itu, dan mereka menguburkan dia di bukit milik kepunyaan Pinehas putranya, yang telah diberikan kepadanya di Gunung Efraim.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar