Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 49

Pasal 49

1. Setelah semua hal ini raja memanggil dan mengumpulkan seluruh perwira dan hamba-hambanya, dan seluruh pemimpin dan para pembesar kepunyaan raja, dan mereka semuanya datang ke hadapan raja.
2. Raja berkata kepada mereka, "Lihatlah, engkau telah melihat dan mendengar semua perkataan orang Ibrani ini, dan semua tanda-tanda yang dia nyatakan telah terjadi, dan tidak satu pun kata-katanya yang jatuh ke tanah.
3. Engkau tahu bahwa dia telah memberikan tafsir yang tepat dari mimpi, dan itu pasti akan terjadi. Maka sekarang pertimbangkanlah, dan ketahuilah apa yang akan engkau perbuat dan bagaimana negeri ini akan dilepaskan dari kelaparan.
4. Carilah sekarang dan lihatlah apakah yang seperti ini dapat ditemukan, yang dalam hatinya ada hikmat dan pengetahuan, dan aku akan menunjuk dia atas seluruh negeri.
5. Karena engkau telah mendengar apa yang dinasihatkan orang Ibrani mengenai hal ini untuk menyelamatkan negeri ini dari kelaparan. Dan aku mengetahui bahwa negeri ini tidak akan dilepaskan dari kelaparan kecuali oleh pertimbangan orang Ibrani itu, dia yang telah menasihati aku."
6. Mereka semuanya menjawab raja dan berkata, "Nasihat yang diberikan orang Ibrani mengenai hal ini bagus. Maka sekarang, tuan kami dan raja, lihatlah, seluruh negeri ini ada dalam tanganmu, perbuatlah apa yang baik di matamu.
7. Dia yang engkau pilih, dan yang dengan hikmatmu engkau ketahui bijaksana dan sanggup melepaskan negeri ini dengan hikmatnya, dialah yang harus ditunjuk raja untuk ada di bawahnya atas seluruh negeri."
8. Dan raja berkata kepada semua perwiranya, "Aku telah berpikir bahwa karena Allah telah memberitahukan kepada orang Ibrani itu semua yang telah dia katakan, tidak ada seorang pun yang berakal budi dan bijaksana di seluruh negeri seperti dia. Jika baik di matamu aku akan menempatkan dia atas seluruh negeri, supaya dia menyelamatkan seluruh negeri dengan hikmatnya."
9. Semua perwira menjawab raja dan berkata, "Tapi sesungguhnya telah tertulis dalam hukum Mesir, dan itu tidak boleh dilanggar, bahwa tidak seorang pun bisa memerintah atas Mesir, ataupun menjadi orang kedua dari raja, kecuali seseorang yang memiliki pengetahuan dalam semua bahasa anak-anak manusia.
10. Maka sekarang tuan kami dan raja, lihatlah orang Ibrani ini hanya bisa berbicara dalam bahasa Ibrani. Lalu bagaimana dia bisa berkuasa atas kami sebagai orang kedua dalam pemerintahan, seorang yang tidak mengerti bahasa kami?
11. Sekarang kami mohon, panggillah dia, dan biarlah dia datang ke hadapanmu, dan buktikan dia dalam segala hal, dan perbuatlah sebagaimana engkau anggap pantas."
12. Raja berkata, "Akan dilakukan besok, dan apa yang engkau katakan adalah baik." Dan seluruh perwira datang pada hari itu di hadapan raja.
13. Pada malam itu Yehuwah mengirim salah seorang malaikat pelayan-Nya, dan dia datang ke tanah Mesir kepada Yusuf. Malaikat Yehuwah berdiri di depan Yusuf, dan lihatlah, Yusuf sedang berbaring di tempat tidur malam itu di dalam penjara bawah tanah di rumah tuannya, karena tuannya telah menempatkan dia kembali ke dalam penjara bawah tanah karena kasus istrinya.
14. Malaikat itu membangunkan dia dari tidurnya, dan Yusuf terbangun dan berdiri. Lihatlah, malaikat Yehuwah berdiri di hadapannya, dan malaikat Yehuwah berbicara dengan Yusuf, dan dia mengajarkan kepadanya seluruh bahasa manusia pada malam hari itu, dan dia menyebut namanya Yehoseph.
15. Dan malaikat Yehuwah meninggalkan dia, dan Yusuf kembali dan berbaring di tempat tidurnya. Yusuf tercengang akan penglihatan yang dia lihat.
16. Dan terjadilah pada pagi harinya raja memanggil seluruh perwira dan hamba-hambanya, dan mereka semua datang dan duduk di hadapan raja. Raja memerintahkan Yusuf dibawa menghadap. Dan hamba-hamba raja pergi dan membawa Yusuf ke hadapan Par'oh.
17. Raja maju ke depan dan menaiki anak-anak tangga tahtanya. Yusuf berbicara kepada raja dalam semua bahasa. Yusuf naik kepadanya dan berbicara kepada raja hingga dia sampai di hadapan raja dalam tujuh puluh tingkat, dan dia duduk di hadapan raja.
18. Raja sangat bersukacita karena Yusuf, dan seluruh perwira raja sangat bersukacita bersama raja ketika mereka mendengar semua perkataan Yusuf.
19. Hal ini baik di mata raja dan para perwira, untuk menunjuk Yusuf menjadi orang kedua di bawah raja atas seluruh tanah Mesir. Raja berbicara kepada Yusuf, katanya,
20. "Sekarang engkau telah memberikan kepadaku nasihat untuk menunjuk seorang berhikmat atas seluruh tanah Mesir, supaya dengan kebijaksanaannya dapat menyelamatkan negeri ini dari kelaparan. Maka sekarang, karena Allah telah menyatakan semuanya ini kepadamu, dan semua kata-kata yang engkau ucapkan, tidak ada di seluruh negeri seorang pun yang berakal budi dan bijaksana seperti engkau.
21. Dan namamu tidak lagi akan disebut Yusuf, tetapi Zaphnath Paaneah akan menjadi namamu. Engkau akan menjadi orang kedua sesudah aku, dan menurut perkataanmulah segala urusan pemerintahanku, dan menurut perkataanmulah rakyatku harus pergi dan datang.
22. Juga dari tanganmulah hamba-hambaku dan para perwiraku menerima upah mereka yang akan diberikan kepada mereka setiap bulan. Kepadamu haruslah seluruh rakyat negeri ini bersujud. Hanya pada tahtaku inilah aku lebih besar dari padamu."
23. Raja menanggalkan cincin dari jarinya dan memasangnya ke jari Yusuf, dan raja memakaikan Yusuf pakaian kebesaran, dan dia meletakkan sebuah mahkota emas di atas kepalanya, dan dia mengalungkan rantai emas di lehernya.
24. Dan raja memerintahkan hamba-hambanya, dan mereka menaikkannya ke dalam kereta kedua milik raja, yang ada di seberang kereta raja. Dia menaikkannya ke atas kuda besar dan kuat dari antara kuda-kuda raja, dan dituntun melalui jalan-jalan di tanah Mesir.
25. Raja memerintahkan mereka semua yang memainkan rebana, kecapi dan alat-alat musik lainnya supaya pergi bersama Yusuf. Seribu rebana, seribu mecholoth, dan seribu nebalim pergi mengikutinya.
26. Lima ribu orang laki-laki, dengan pedang terhunus yang berkilau-kilauan di tangan mereka, dan mereka pergi berbaris dan memainkan di hadapan Yusuf. Dua puluh ribu orang kuat milik raja mengenakan ikat pinggang kulit yang dilapisi emas, berbaris di sebelah kanan Yusuf, dan dua puluh ribu di sebelah kirinya. Seluruh kaum perempuan dan gadis-gadis naik ke atap atau berdiri di jalan sambil bermain dan bersukacita karena Yusuf, dan memandang penampilan Yusuf dan keindahannya.
27. Rakyat raja berjalan di depannya dan di belakangnya, menaburkan wangi-wangian di jalan dengan kemenyan dan kayu teja, dan dengan segala jenis wewangian yang terbaik, dan menyebarkan mur dan gaharu di sepanjang jalan. Dua puluh orang menyerukan kata-kata ini di hadapannya di seluruh negeri dengan suara nyaring,
28. "Apakah kau lihat orang ini yang dipilih raja untuk menjadi orang kedua? Segala urusan pemerintahan akan diatur oleh dia, dan orang yang melanggar perintahnya, atau yang tidak bersujud di hadapannya sampai ke tanah, harus mati, karena dia memberontak melawan raja dan orang keduanya."
29. Dan ketika pembawa berita berhenti berbicara, seluruh rakyat Mesir sujud menyembah sampai ke tanah di hadapan Yusuf dan berkata, "Hiduplah raja, juga orang keduanya." Dan seluruh penduduk Mesir sujud menyembah di sepanjang jalan, dan ketika pembawa berita mendekati mereka, mereka sujud menyembah, dan mereka bersukacita dengan segala jenis rebana, mechol dan nebal di hadapan Yusuf.
30. Yusuf di atas kudanya mengangkat matanya ke surga, dan memanggil dan berkata, "Dia membangkitkan orang miskin dari debu. Dia mengangkat orang yang kekurangan dari kotoran. Ya Yehuwah Zabaoth, berbahagialah orang yang percaya kepada-Mu."
31. Yusuf berjalan melintasi seluruh tanah Mesir bersama hamba-hamba Par'oh dan perwira-perwiranya, dan mereka menunjukkan kepadanya seluruh tanah Mesir dan seluruh perbendaharaan harta benda raja.
32. Yusuf kembali dan datang pada hari itu ke hadapan Par'oh, dan raja memberikan kepada Yusuf tanah milik di Mesir, kepemilikan ladang dan kebun anggur, dan raja memberikan kepada Yusuf tiga ribu talenta perak dan seribu talenta emas, dan batu onyx dan bdellium dan banyak hadiah.
33. Pada keesokan harinya raja memerintahkan seluruh rakyat Mesir untuk membawa kepada Yusuf persembahan dan hadiah, dan mereka yang melanggar perintah raja harus mati. Mereka mendirikan tempat tinggi di jalan kota, dan mereka membentangkan pakaian-pakaian di sana, dan setiap orang yang membawa apa pun bagi Yusuf meletakkannya di tempat tinggi itu.
34. Seluruh rakyat Mesir melemparkan sesuatu ke tempat tinggi itu, yang seorang anting-anting emas, dan yang lain cincin dan anting-anting, dan berbagai cawan emas dan perak, dan batu onyx dan bdellium mereka lemparkan ke tempat tinggi itu. Setiap orang memberikan sesuatu dari yang dia miliki.
35. Yusuf mengambil semuanya ini dan menaruhnya dalam perbendaharaannya, dan seluruh perwira dan bangsawan milik raja meninggikan Yusuf, dan mereka memberikan kepadanya banyak persembahan, karena raja telah memilih dia menjadi orang keduanya.
36. Raja memanggil Potiphera bin Ahiram imam di On, dan dia mengambil anak gadisnya Asnath dan memberikannya kepada Yusuf sebagai istri.
37. Anak gadis itu sangat cantik, seorang perawan, belum mengenal laki-laki, dan Yusuf mengambilnya sebagai istri. Raja berkata kepada Yusuf, "Akulah Par'oh, selain engkau tidak ada seorang pun boleh mengangkat tangan atau kakinya untuk mengatur rakyatku di seluruh tanah Mesir."
38. Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika dia berdiri di hadapan Par'oh, dan Yusuf pergi dari hadapan raja, dan dia menjadi orang kedua raja di Mesir.
39. Raja memberikan kepada Yusuf seratus hamba-hamba untuk melayani dia dalam rumahnya. Yusuf juga memanggil dan membeli banyak hamba dan mereka tinggal di rumah Yusuf.
40. Yusuf kemudian membangun bagi dirinya sebuah rumah yang sangat bagus seperti rumah raja-raja, di hadapan halaman istana raja. Dan dia membangun di dalam rumah itu sebuah bait yang sangat besar, sangat indah penampilannya dan nyaman sebagai tempat tinggalnya. Tiga tahun lamanya Yusuf membangun rumahnya.
41. Yusuf membangun bagi dirinya suatu tahta yang sangat indah dari kelimpahan emas dan perak, dan dia melapisinya dengan batu onyx dan bdellium. Dan dia membangun di atasnya keserupaan seluruh tanah Mesir dan keserupaan sungai Mesir yang mengairi seluruh tanah Mesir. Yusuf duduk dengan aman di atas tahtanya di dalam rumahnya dan Yehuwah menambah-nambahkan hikmat Yusuf.
42. Seluruh penduduk Mesir dan hamba-hamba Par'oh dan para pemukanya sangat mencintai Yusuf, karena hal ini berasal dari Yehuwah bagi Yusuf.
43. Yusuf memiliki tentara yang maju berperang, yang bergerak keluar dalam pasukan besar dan prajurit sejumlah empat puluh ribu enam ratus orang, sanggup mengangkat senjata untuk melindungi raja dan Yusuf terhadap musuh, disamping perwira-perwira raja dan hamba-hambanya dan penduduk Mesir yang tidak terhitung jumlahnya.
44. Yusuf memberikan kepada orang-orang gagah perkasanya, dan kepada seluruh pasukannya, perisai dan tombak, dan topi dan baju zirah dan batu untuk pengumban.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar