Laman

Selasa, 02 Februari 2016

Kitab Orang Jujur / Pasal 47

Pasal 47

1. Ishak bin Abraham masih tinggal pada waktu itu di tanah Kanaan. Dia sangat lanjut usianya, seratus delapan puluh tahun, dan Esau anaknya, saudara Yakub, tinggal di tanah Edom, dia dan anak-anaknya memiliki harta benda di antara bani Seir.
2. Esau mendengar bahwa waktu ayahnya hampir tiba untuk mati. Dia dan anak-anaknya dan seisi rumahnya datang ke tanah Kanaan, ke rumah ayahnya. Yakub dan anak-anaknya pergi dari tempat di mana mereka tinggal di Hebron, dan mereka semuanya datang kepada ayah mereka Ishak. Mereka mendapati Esau dan anak-anaknya di dalam kemah.
3. Yakub dan anak-anaknya duduk di hadapan ayahnya Ishak, dan Yakub masih terus berkabung karena anaknya Yusuf.
4. Ishak berkata kepada Yakub, "Bawalah kemari anak-anakmu dan aku akan memberkati mereka." Maka Yakub membawa kesebelas anaknya ke hadapan ayahnya Ishak.
5. Ishak meletakkan tangannya ke atas semua anak-anak Yakub, dan dia memegang mereka dan memeluk mereka, dan mencium mereka satu per satu. Ishak memberkati mereka pada hari itu, dan dia berkata kepada mereka, "Semoga Allah bapa leluhurmu memberkati engkau dan menambah- nambahkan keturunanmu seperti jumlah bintang-bintang di langit."
6. Ishak juga memberkati putra-putra Esau, katanya, "Semoga Allah membuat engkau ditakuti dan kengerian bagi semua yang akan memandangmu, dan kepada semua musuh-musuhmu."
7. Ishak memanggil Yakub dan anak-anaknya, dan mereka semuanya datang dan duduk di hadapan Ishak. Ishak berkata kepada Yakub, "Yehuwah Allah seluruh bumi berfirman kepadaku, 'Kepada keturunanmu akan Aku berikan negeri ini sebagai warisan jika anak-anakmu berpegang pada ketetapan-Ku dan jalan-jalan-Ku. Dan Aku akan melakukan kepada mereka ikrar yang Aku sumpahkan kepada ayahmu Abraham.'
8. Maka sekarang anakku, ajarlah anak-anak dan cucu-cucumu untuk takut akan Yehuwah, dan untuk berjalan dalam jalan yang baik yang akan menyenangkan Yehuwah Allahmu, karena jika engkau berpegang pada jalan-jalan Yehuwah dan ketetapan-ketetapan-Nya, Yehuwah juga akan melakukan bagimu perjanjian-Nya dengan Abraham, dan akan berbuat baik kepadamu dan keturunanmu sepanjang masa."
9. Ketika Ishak telah selesai memerintahkan Yakub dan anak-anaknya, dia menyerahkan rohnya dan mati, dan dikumpulkan kepada nenek moyangnya.
10. Yakub dan Esau jatuh tersungkur di atas wajah ayah mereka Ishak, dan mereka menangis. Ishak berumur seratus delapan puluh tahun ketika dia mati di tanah Kanaan, di Hebron. Anak-anaknya membawanya ke gua Makpelah, yang telah dibeli Abraham dari bani Het sebagai milik untuk tempat penguburan.
11. Seluruh raja-raja tanah Kanaan pergi bersama Yakub dan Esau untuk menguburkan Ishak. Seluruh raja-raja Kanaan memberikan kepada Ishak penghormatan yang besar pada saat kematiannya.
12. Putra-putra Yakub dan putra-putra Esau berjalan keliling dengan bertelanjang kaki, berjalan dan meratap hingga mereka mencapai Qiryath-Arba.
13. Yakub dan Esau menguburkan ayah mereka Ishak di dalam gua Makpelah, yang ada di Qiryath-Arba di Hebron, dan mereka menguburkan dia dengan kehormatan yang sangat besar, sama seperti penguburan raja-raja.
14. Yakub dan anak-anaknya, dan Esau dan anak-anaknya, dan seluruh raja-raja Kanaan mengadakan perkabungan yang besar dan mendalam. Mereka menguburkan dia dan berkabung bagi dia selama berhari-hari.
15. Pada waktu kematian Ishak, dia meninggalkan ternaknya dan harta bendanya dan semua milik kepunyaannya kepada anak-anaknya. Esau berkata kepada Yakub, "Lihatlah, aku mohon, segala yang ditinggalkan ayah kita akan dibagi menjadi dua bagian, dan aku akan membuat pilihan." Yakub berkata, "Kita akan melakukannya."
16. Yakub mengambil semua yang ditinggalkan Ishak di tanah Kanaan, kawanan ternak dan harta benda, dan dia menempatkannya dalam dua bagian di hadapan Esau dan anak-anaknya. Dia berkata kepada Esau, "Lihatlah semua ini ada di hadapan matamu, pilihlah bagimu separuh dari apa yang hendak engkau ambil."
17. Yakub berkata kepada Esau, "Dengarkanlah, aku mohon, apa yang hendak aku katakan kepadamu, 'Yehuwah Allah surga dan bumi berfirman kepada bapa leluhur kita Abraham dan Ishak, firman-Nya, 'Kepada keturunanmu akan Aku berikan negeri ini sebagai warisan untuk selamanya.''
18. Maka sekarang segala yang ditinggalkan ayah kita ada di hadapanmu, dan lihatlah seluruh negeri ini ada di hadapanmu. Pilihlah dari padanya tempat yang engkau inginkan.
19. Jika engkau menghendaki seluruh negeri ambillah itu bagi dirimu dan anak-anakmu untuk selamanya, dan aku akan mengambil kekayaan ini, dan jika engkau menginginkan kekayaan ambillah itu bagimu, dan aku akan mengambil negeri ini bagiku dan bagi anak-anakku untuk mewarisinya selamanya."
20. Dan Nebayot bin Ismael, ada di negeri itu bersama anak-anaknya, dan Esau pergi pada hari itu dan berunding dengan dia, katanya,
21. "Beginilah Yakub berbicara kepadaku, dan beginilah dia telah menjawab aku, sekarang berikanlah pertimbanganmu dan kami akan mendengarkan."
22. Nebayot berkata, "Apakah yang telah dikatakan Yakub kepadamu ini? Lihatlah seluruh anak-anak Kanaan berdiam dengan aman di negeri mereka, dan Yakub berkata dia akan mewarisinya bersama keturunannya sepanjang masa.
23. Maka sekarang pergilah dan ambillah seluruh kekayaan ayahmu dan tinggalkan Yakub saudaramu di negeri ini, seperti yang telah dia katakan."
24. Maka Esau bangkit dan kembali kepada Yakub, dan melakukan semua yang Nebayot bin Ismael nasihatkan. Esau mengambil seluruh kekayaan yang ditinggalkan Ishak, hamba-hamba, binatang-binatang, ternak dan harta benda, dan seluruh kekayaan. Dia tidak memberikan apa pun kepada saudaranya Yakub, dan Yakub mengambil seluruh tanah Kanaan, mulai dari sungai Mizraim sampai ke sungai Perath. Dan dia mengambilnya sebagai milik kepunyaan untuk selamanya, bagi anak-anaknya dan bagi keturunannya sesudah dia untuk selamanya.
25. Yakub juga mengambil dari saudaranya Esau gua Makpelah, yang ada di Hebron, yang telah dibeli Abraham dari Efron sebagai milik untuk tempat penguburan bagi dia dan keturunannya selamanya.
26. Dan Yakub menuliskan semua hal ini dalam kitab pembelian, dan dia memberinya tanda tangan, dan dia menyaksikan semuanya ini bersama empat orang saksi yang setia.
27. Inilah kata-kata yang Yakub tuliskan dalam kitab, tulisnya, "Tanah Kanaan dan seluruh kota-kota orang Het, orang Hivi, orang Yebusi, orang Amori, orang Perizzi, dan orang Girgashi, seluruh tujuh bangsa mulai dari sungai Mizraim1 sampai ke sungai Perath.
28. Dan kota Hebron Qiryath-Arba, dan gua yang ada di dalamnya, seluruhnya telah Yakub beli dari saudaranya Esau dengan harga, sebagai milik kepunyaan dan sebagai warisan bagi keturunannya sesudah dia untuk selamanya."
29. Yakub mengambil kitab pembelian dan tanda tangan, perintah-perintah dan ketetapan-ketetapan dan kitab pernyataan, dan dia menempatkannya di dalam bejana tanah liat supaya itu tetap ada untuk waktu yang lama, dan dia menyerahkannya ke dalam tangan anak-anaknya.
30. Esau mengambil semua yang ayahnya tinggalkan setelah kematiannya dari saudaranya Yakub, dan dia mengambil seluruh harta benda, dari manusia dan binatang, unta dan keledai, lembu dan domba, perak dan emas, batu-batu dan bdellium, dan seluruh kekayaan milik kepunyaan Ishak bin Abraham. Tidak ada yang tersisa yang tidak Esau ambil bagi dirinya sendiri, dari segala yang ditinggalkan Ishak setelah kematiannya.
31. Esau mengambil semuanya ini, dan dia dan anak-anaknya pulang ke rumah ke tanah Seir orang Hori, jauh dari saudaranya Yakub dan anak-anaknya.
32. Esau memiliki harta benda di antara bani Seir, dan Esau tidak kembali ke tanah Kanaan mulai dari hari itu sampai seterusnya.
33. Dan seluruh tanah Kanaan menjadi warisan bagi bani Israel sebagai warisan kekal, dan Esau dan seluruh anak-anaknya mewarisi pegunungan Seir.

Cari Pasal

Catatan Kaki:
Kata "Allah" disalin dari kata "Elohim"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar